17 Makanan yang Baik untuk Kesehatan Rambut
Rambut adalah salah satu bagian tubuh yang paling vital dalam penampilan seseorang. Rambut seringkali mendapat berbagai perlakuan atau perawatan yang terkadang justru merusak rambut itu sendiri. Untuk itulah sangat penting untuk merawat rambut kita dengan berbagai makanan sehat khususnya yang kaya akan biotin.

Biotin atau vitamin B7 atau terkadang juga dikenal sebagai vitamin H adalah salah vitamin yang memiliki peranan yang sangat besar untuk berbagai reaksi biokimia dalam tubuh manusia. Biotin sangat bermanfaat bagi kesehatan rambut, kulit, saraf, dan mata.

Biotin cukup terkenal sebagai zat yang mampu menyehatkan rambut dan menghindarkannya dari kerontokan. Untuk itulah, sangat penting mengetahui makanan apa saja yang mengandung banyak biotin yang bisa konsumsi untuk menghindarkan rambut dari kerontokan dan menjaganya agar tetap sehat dan kuat.

1. Kacang Almond

Kacang Almond
Kacang Almond

Kacang almond adalah makanan pertama yang kaya akan kandungan biotin di dalamnya. Tidak hanya biotin, almond juga mengandung vitamin E dan protein yang dapat menghaluskan kulit dan menghilangkan keriput. Namun Anda harus tetap memerhatikan ketika mengkonsumsi kacang ini agar tidak terlalu berlebihan.

2. Wortel

Wortel
Wortel

Selain dikenal sebagai sayuran yang kaya akan vitamin A, wortel ternyata juga merupakan sumber biotin yang baik. Wortel bisa dikonsumsi secara rutin agar rambut lebih kuat dan sehat.

Baca juga: 18 Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami

3. Kacang Kenari

Kacang Kenari
Kacang Kenari

Kacang kenari juga merupakan makanan yang banyak mengandung biotin yang baik untuk pertumbuhan rambut. Anda bisa mengkonsumsinya dengan kombinasi dari makanan lainnya untuk mendapatkan berbagai nutrisi seperti antioksidan, seng, potasium, zat besi, kalsium, dan protein. Antikoksidan adlah zat yang sangat penting untuk mencegah penuaan dini.

4. Bayam

Bayam
Bayam

Bayam adalah makanan yang bsia dikonsumsi siapa saja, apalagi kalau Anda adalah seorang vegetarian dan tidak mau memakan kacang-kacangan. Bayam memiliki kandungan biotin dan protein  yang cukup tinggi, yang akan membuat rambut lebih sehat. Selain itu bayam juga mengadnung vitamin E dan folat.

5. Yogurt

Yogurt
Yogurt

Salah satu produk olahan dari susu ini juga kaya akan kandungan biotin dan protein. Hal ini membuat yogurt adalah makanan terbaik yang bisa dikonsumsi untuk meyehatkan rambut dan kuku.

6. Kacang Kedelai

Kacang Kedelai
Kacang Kedelai

Kacang kedelai juga merupakan salah satu makanan yang kaya akan biotin terbaik. Anda bisa mendapatkan 60 mg biotin hanya dari 10 gram kedelai. Anda juga bisa mengkonsumsi berbagai produk olahan kedelai seperti susu kedelai, tempe atau tahu untuk mendapatkan rambut yang sehat dan kuat.

7. Buah Beri

Buah Beri
Buah Beri

Berbagai macam buah beri seperti rasberi, stroberi, dan kranberi adalah buah0buah yang memiliki kandungan biotin tinggi yang sangat baik untuk membuat rambut sehat secara alami. Selain itu, buah-buah beri juga mengandung antioksidan tinggi yang baik untuk kesehatan tubuh Anda untuk mengatur metabolisme dan menstabilkan kada gula darah.

8. Telur

Telur
Telur

Telur adalah makanan yang kaya akan biotin dan mudah untuk kita temui dan dapatkan. Dengan cukup mengkonsumsi kuning telur, makan rambut akan menjadi lebih sehat dan tidak mudah rontok. Sementara itu, putih telur mampu mencegah hilangnya unsur hara dalam proses masuknya ke tubuh manusia. Anda ingin memiliki rambut yang panjang dan sehat? Konsumsilah telur secara teratur.

9. Alpukat

Alpukat
Alpukat

Buah alpukat adalah salah satu makanan dengan kandungan biotin tinggi yang tidak boleh Anda lewatkan. Alpukat merupakan buah yang memiliki berbagai kandungan seperti serat, protein, mineral, dan tentu saja biotin. Anda bisa mengkonsumsinya dengan menambahkan buah alpukat de dalam salad atau bisa juga dengan langsung memakannya. Selain bisa membuat rambut sehat, buah alpukat juga dapat mencegah kanker, meyehatkan mata, mengurangi terjadinya gejala arthritis, dan mampu mamenurunkan berat badan.

10. Roti Gandum

Roti Gandum
Roti Gandum

Makaanan yang merupakanan makanan paling populer di Eropa ini memiliki kandungan biotin yang cukup untuk membuat rambut lebih sehat. Selain itu, roti gandung juga mengandung serat, zat besi, seng, fosfor, kalsium, asam folat, dan vitamin B. Makanan ini juga bisa mencegah sindrom metabolik, mencegah batu empedu, dan mengurangi risiko terkenal diabetes.

11. Ikan Salmon

Ikan Salmon
Ikan Salmon

Kandungan yang paling terkenal ada dalam ikan salmon adalah omega-3 dan proteinnya. Namun, ternyata ada juga kandungan vitamin di dalam ikan yang satu ini. Karena kandungan biotinnya itulah, ikan salmon juga bisa dikonsumsi untuk mempersehat dan memperkuat rambut.

12. Selai Kacang

Selai Kacang
Selai Kacang

Selain merupakan makanan yang lezat, selai kacang juga merupakan makanan yang kaya akan biotin. Selain itu, selai kacang juga mengandung protein dan kalori tinggi. Makanan ini merupakan makanan yang baik untuk menurunkan lemak, mencegah diabetes, dan mencegah penyakit jantung.

13. Keju

Keju
Keju

Keju merupakan makanan yang mengandung sodium tinggi, kolesterol, dan lemak. Karena itulah banyak orang yang menghindari makanan ini karena takut gemuk. Padahal ada pula kandungan kandungan sehat seperti vitamin B12, kalsium, dan biotin. Anda bisa mengkonsumsi keju dengan menambahkannya ke dalam kue, sandwich, pizza, yogurt, dan berbagai makanan lainnya.

14. Kuaci

Kuaci
Kuaci

Kuaci dari biji bunga matahari memiliki berbagai kandungan sepeerti vitamin B, vitamin E, magnesium, kalsiu, kalium, zat besi, dan tentu saja biotin. Dengan berbagai kandungannya itulah, rutin mengkonsumsi makanan ini bisa memberi barbagai manfaat bagi tubuh, di antaranya menyehatkan rambut, kuku, dan kulit Anda. Selain itu, biotin juga mampu mensatbilkan gula darah, meningkatkan energi, dan mencegah diabetes.

15. Kembang Kol

Kembang Kol
Kembang Kol

Kembang kol adalah makanan yang sangat baik untuk mencegah penyakit jantung, kanker, dan berbagai masalah kesehatran lainnya. Sayuran ini memiliki berbagai nutrisi baik termasuk di antaranya adalah biotin. Anda bisa menambahkan kembang kol ke dalam pizza atau makanan-makanan lainnya. Dengan kandungan biotinnya, kembang kol jugasangat baik untuk kesehatan rambut.

16. Ikan Tuna

Ikan Tuna
Ikan Tuna

Ikan tuna merupakan salah satu jenis ikan yang sehat lainnya yang memiliki banyak kandungan nutrisi, termasuk salah satunya tentu saja biotin. Selain itu, ikan tuna juga kaya akan protein, vitamin B, dan asam lemak omega-3 yang bermanfaat untuk menstabilkan kadar gula darah, mencegah stroke, penyakit jantung, obesitas, kanker, dan memperbaiki sistem kekebalan tubuh.

17. Pisang

Pisang
Pisang

Pisang adalah buah yang memiliki banyak kandungan nutrisi. Buah ini mampu menghilangkan stres, kecemasan, dan memperbaiki mood Anda. Pisang memiliki kandungan biotin, potasium dan rendah garam. Selain mampu membuat rambut lebih sehat, buah ini juga mampu mencegah beberapa penyakit seperti stroke, jantung, dan tekanan darah tinggi.

Baca Juga