47 Makanan Penurun Kolesterol Yang Perlu Dicoba
Sebenarnya kolesterol sangat di butuhkan oleh tubuh,namun apabila kadarnya berlebihan dan melewati batas yang seharusnya,maka akan memicu berbagai masalah kesehatan seperti,tekanan darah tinggi,obesitas,dan diabetes.

Makanan penurun kolesterol.Kolesterol adalah metabolit yang mengandung lemak sterol yang ditemukan pada membran sel dan disirkulasikan dalam plasma darah.

Seperti dilansir dari ceksehat.com,sebenarnya kolesterol sangat di butuhkan oleh tubuh karena merupakan salah satu komponen pembuat asam empedu,hormon steroid dan vitamin D,serta di butuhkan untuk membentuk dinding sel.

Walaupun sangat dibutuhkan oleh tubuh,namun bila kadar kolesterolnya kelebihan melewati batas yang seharusnya,justru akan berakibat tidak baik dan menimbulkan berbagai masalah kesehatan.

Normalnya dalam tubuh seseorang,jika kadar kolesterolnya di bawah 200 mg/dl,bila kadarnya jauh lebih besar dari normalnya,maka kita perlu menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh kita,karena bila kolesterol di dalam tubuh kita tinggi,maka akan menyebabkan timbulnya berbagai masalah kesehatan.

Adapun cara untuk menurunkan kolesterol tinggi,di perlukan pola hidup sehat dan mengkonsumsi makanan yang kaya akan serat,karena makanan yang mengandung serat tinggi dapat menghambat penyerapan kolesterol dan membantu membuangnya melalui kotoran.

Inilah beberapa makanan yang di percaya dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi,simak ulasannya berikut ini.

1.Wortel

makanan penurun kolesterol
Wortel

Wortel adalah jenis sayuran yang dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh,karena wortel mengandung serat yang tidak larut yang bekerja untuk melancarkan pencernaan serta mempercepat berkurangnya kolesterol dalam tubuh.

Selain dapat menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh,wortel juga bagus untuk mata karena kaya akan vitamin A.

2.Kubis

makanan penurun kolesterol
Kubis

Kubis juga dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh karena kubis tinggi akan kandungan seratnya,selain itu,dengan mengkonsumsi kubis secara teratur,kita akan terhindar dari penyakit jantung dan stroek karena kubis dapat mencegah penyempitan arteri.

3.Bawang Putih

makanan penurun kolesterol
Bawang putih

Bawang putih banyak sekali manfaatnya bagi tubuh kita,selain dapat menyedapkan masakan,bawang putih juga bermanfaat untuk menormalkan tekanan darah tinggi,menjaga sistem kekebalan tubuh,serta dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh,karena senyawa yang terkandung di bawang putih,yang baik bagi tubuh.

4.Tomat

makanan penurun kolesterol
Tomat

Tomat adalah buah menyegarkan yang kaya akan antioksidant yang mampu menangkal radikal bebas,tomat banyak manfaatnya terutama bagi kulit,tomat dipercaya dapat menyehatkan kulit tubuh,selain itu,bila kita rutin dan teratur mengkonsumsi tomat,maka kolesterol jahat dalam tubuh kita akan menurun.

5.Kubis Merah

makanan penurun kolesterol
Kubis merah

Kandungan serat yang cukup tinggi yang terdapat di kubis merah dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam darah,serta kandungan antioksidannya yang mampu menangkal radikal bebas,dan membuat kulit tubuh sehat.

6.Kale

makanan penurun kolesterol
Kale

Kale mengandung serat yang tinggi yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh,dan kale juga mengandung antioksidant yang mampu menangkal radikal bebas,hingga dapat melindungi tubuh dari berbagai penyakit,serta dapat mencegah penuaan dini.

7.Terong

makanan penurun kolesterol
Terong

Terong juga merupakan jenis sayuran yang kaya akan kandungan seratnya,yang di percaya dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh,maka dari itu,konsumsilah terong secara teratur dan tidak berlebihan,karena konsumsi terong secara berlebihan tidak baik untuk sistem pencernaan dan dapat menyebabkan sakit maag.

8.Kangkung

makanan penurun kolesterol
Kangkung

Selain dapat mencegah dari penyakit jantung dan stroek,karena dapat mencegah penyempitan arteri,ternyata kangkung juga dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh,karena kangkung mengandung serat yang cukup tinggi.

9.Okra

makanan penurun kolesterol
Okra

Sayuran ini memang tidak terlalu populer,namun perlu kita ketahui,bahwa sayuran ini mempunyai segudang manfaat bagi tubuh kita,diantaranya dapat mencegah penyakit kanker dan dapat menyembuhkan gangguan pencernaan atau sembelit,karena didalam okra terkandung mineral alami,vitamin,dan antioksidant,serta serat yang cukup tinggi yang berguna untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

10.Daun asam

makanan penurun kolesterol
Daun asam

Rebusan daun asam aman untuk di konsumsi dan dipercaya dapat mengatasi penyumbatan darah,dapat mencegah penyempitan arteri yang menjadi penyebab sakit jantung,dan dapat menurunkan kolesterol dalam tubuh.

11.Rumput Laut

makanan penurun kolesterol
Rumput laut

Rumput laut di percaya sangat efektif dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh,karena zat yang terkandung di dalamnya,yang baik bagi tubuh.

12.Seledri

makanan penurun kolesterol
Seledro

Selain bermanfaat untuk membuat aroma masakan yang khas,seledri ternyata banyak sekali manfaatnya bagi tubuh,diantaranya dapat menurunkan tekanan darah,menurunkan kolesterol jahat,dan dapat menjaga kesehatan jantung,konsumsilah seledri secara rutin untuk menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.

13.Bayam

makanan penurun kolesterol
Bayam

Bayam mengandung serat yang cukup tinggi sehingga bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh,dan dapat mencegah dari obesitas,serta dapat memelihara sistem pencernaan.

14.Kacang panjang

makanan penurun kolesterol
Kacang panjang

Kacang panjang kaya akan kandungan serat dan lemak tak jenuh yang dapat memperlambat penyerapan kolesterol dalam darah sehingga kadar kolesterol dapat terkontrol,serta dapat meningkatkan kadar kolesterol baik untuk menekan jumlah kolesterol jahat.

15.Buncis

makanan penurun kolesterol
Buncis

Buncis kaya akan karbohidrat yang baik untuk penderita diabetes,dan buncis mengandung lemak tak jenuh ganda yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

16.Daun sirih

makanan penurun kolesterol
Daun sirih

Rebusan daun sirih juga bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah,selain itu daun sirih juga dapat mencegah kita dari serangan jantung,dan dapat merawat kulit tubuh kita,karena daun sirih mengandung antibakteri dan antiseptik yang baik bagi kulit.

17.Brokoli

makanan penurun kolesterol
Brokoli

Sayuran yang satu ini juga kaya akan serat yang berguna untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah,hingga dapat mencegah dari penyumbatan darah,selain itu brokoli juga dapat membantu menjaga sistem pencernaan.

18.Gandum

makanan penurun kolesterol
Gandum

Gandum memang sangat baik untuk di konsumsi,karena dapat menyehatkan tubuh,gandum juga bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah,karena gandum mengandung serat yang larut yang berguna untuk menyaring kolesterol jahat dalam darah.

19.Yogurt

makanan penurun kolesterol
Yogurt

Yogurt mengandung protein,kalsium dan microorganisme lactobacilus yang dapat menyehatkan tubuh,gandum juga bebas lemak hingga tidak akan menimbulkan penimbunan lemak di tubuh,selain itu yogurt juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

20.Apel

makanan penurun kolesterol
Apel

Makanan penurun kolesterol selanjutnya adalah apel,karena apel mengandung zat beta glucan yang berfungsi untuk mengontrol produksi kolesterol,apel juga mengandung serat larut yang dapat mencegah arteri mengeras dan dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

21.Buah anggur

makanan penurun kolesterol
Anggur

Buah yang satu ini juga sangat bermanfaat bagi tubuh,anggur mengandung zat catechin dan serat yang berguna untuk menurunkan kolesterol jahat dalam darah,dan anggur juga mengandung senyawa flavonoid yang berfungsi untuk mencegah penggumpalan darah,menangkal radikal bebas dalam tubuh.

22.Jeruk Nipis

makanan penurun kolesterol
Jeruk nipis

Selain terkenal dengan kandungan vitamin C nya yang dapat menyehatkan tubuh,ternyata jeruk juga bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah,karena jeruk nipis juga mengandung zat hesperidin.

23.Teh hitam

makanan penurun kolesterol
Teh hitam

Teh hitam dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh,teh juga dapat memberikan efek rasa tenang dan juga dapat mencegah pembekuan darah,serta dapat mengurangi resiko serangan jantung dan stroek,karena teh hitam mengandung zat antioksidant.

Jangan mengkonsumsi teh hitam secara berlebihan,karena akan menyebabkan resiko batu ginjal.

24.Kedelai

makanan penurun kolesterol
Kedelai

Kedelai mengandung isoflavin yang berguna untuk menekan kolesterol jahat agar tidak berkembang,sehingga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

25.Buah zaitun

makanan penurun kolesterol
Buah zaitun

Zaitun memang mempunyai segudang manfaat bagi kesehatan maupun bagi kecantikan,diantaranya bermanfaat untuk mencegah obesitas,memelihara kesehatan jantung,mencegah dari diabetes,serta dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah karena kandungan zat hydroxytyrosol yang terdapat dalam zaitun.

26.Alpukat

makanan penurun kolesterol
Alpukat

Alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal dan mengandung beta sitosterol yang merupakan lemak nabati yang berguna untuk mengurangi banyaknya kolesterol yang di serap tubuh.

27.Salmon

makanan penurun kolesterol
Salmon

Ikan salmon memang sangat baik untuk di konsumsi karena mengandung omega-3 yang penting bagi tubuh,selain dapat menyehatkan jantung kita,kandungan yang terdapat dalam ikan salmon juga berguna untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

28.Coklat

makanan penurun kolesterol
Coklat

Selain dapat mengurangi stress dan ketegangan,senyawa yang terdapat dalam coklat juga berguna untuk menurunkan kadar kolesterol,yaitu zat antioksidat dan flavonoid.

29.Beras Merah

makanan penurun kolesterol
Beras merah

Beras merah juga berguna untuk menurunkan kadar kolestrol dan kadar gula dalam darah,karena beras merah mengandung vitamin B,Selenium,fitonetrien dan magnesium yang baik bagi tubuh.

30.Hazelnut

makanan penurun kolesterol
Hazelnut

Kandungan lemak monosaturated yang dimiliki hazelnut berkhasiat untuk menurunkan kadar kolesterol dan mencegah penyumbatan arteri jantung koroner.

31.Biji bunga matahari

makanan penurun kolesterol
Biji bunga matahari

Biji bunga matahari memang dapat di jadikan sebagai cemilan yang enak,ternyata biji bunga matahari ini mengandung sterol yang bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol.

32.Jambu biji

makanan penurun kolesterol
Jambu biji

Jambu biji juga berkhasiat untuk menurunkan kolesterol,karena jambu biji mengandung likopen yang berfungsi untuk mengendalikan produksi kolesterol.

33.Delima

makanan penurun kolesterol
Delima

Delima dapat meningkatkan produksi oksida nitrat yang membantu mengurangi plak dalam pembuluh darah,dan kandungan yang di miliki buah delima juga dapat bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol.

34.Blueberry

makanan penurun kolesterol
Blueberry

Buah yang satu ini juga dapat menurunkan kadar kolesterol,blueberry mengandung pterostilbene yang berfungsi sebagai antioksidant dalam tubuh.

35.Lemon

makanan penurun kolesterol
Lemon

Lemon mengandung antioksidant yang berperan mengurangi oksidan LDL,dan mengandung senyawa yang dapat mengurangi produksi apo-B.

36.Kayu Manis

makanan penurun kolesterol
Kayu manis

Air rebusan kayu manis dapat menurunkan kadar kolesterol dan dapat menurunkan kadar gula darah,dan mencegah penyakit diabetes.

37.Biji ketumbar

makanan penurun kolesterol
Biji ketumbar

Air rebusan biji ketumbar juga dapat di gunakan untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh,karena biji ketumbar juga mengandung senyawa yang baik bagi tubuh,termasuk dapat menurunkan kolesterol.

38.Rimpang jahe

makanan penurun kolesterol
Rimpang jahe

Rimpang jahe bermanfaat untuk melancarkan sirkulasi darah,mengurangi resiko terkena stroek dan dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

39.Olive Oil

makanan penurun kolesterol
Minyak zaitun

Oliv Oil atau minyak zaitun mengandung low-density lipoprotein yang berguna untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi,dan mengandung campuran antioksidant yang dapat menekan kolesterol jahat tanpa mengganggu kadar kolesterol baik.

40.Mangga

makanan penurun kolesterol
Mangga

Kandungan vitamin C yang terdapat dalam mangga berguna untuk mencegah penimbunan kolesterol jahat yang menyebabkan plak,dan dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi.

41.Pir

makanan penurun kolesterol
Pir

Pir mengandung pektin yaitu bentuk serat larut yang menawarkan manfaat kesehatan bagi tubuh,menurut penelitian,kandungan pektin yang terdapat dalam buah pir berguna untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

42.Semangka

makanan penurun kolesterol
Semangka

Buah berwarna merah ini mempunyai kandungan mineral dan kaya akan vitamin yang di butuhkan oleh tubuh,semangka di percaya dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh karena semangka dapat melebarkan pembuluh darah sehingga dapat memudahkan kerja jantung dan kadar kolesterol pun akan turun.

43.Almond

makanan penurun kolesterol
Kacang almond

Kacang almond mengandung banyak sekali nutrisi yang di butuhkan oleh tubuh,salah satu manfaatnya adalah dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik dan juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

44.Kacang Kenari

makanan penurun kolesterol
Kacang kenari

Kacang kenari mengandung protein dan rendah lemak,hingga bagus untuk menurunkan berat badan,almond juga membantu memelihara kesehatan jantung dan dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi.

45. Kacang Polong

makanan penurun kolesterol
Kacang polong

Selain enak dijadikan sebagai cemilan,kacang polong juga bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

46.Pisang

makanan penurun kolesterol
Pisang

Pisang mengandung serat yang berguna untuk membantu memperlambat penyerapan kolesterol dan gula dalam darah.

47.Teh Hijau

makanan penurun kolesterol
Teh hijau

Teh hijau mengandung antioksidant yang dapat mencegah pertumbuhan sel kanker dan dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Itulah beberapa makanan yang dapat menurunkan kolesterol.

Baca Juga

Tinggalkan Komentar jika anda pernah kesini:

Tidak ada review,jadilah yang pertama.