20 Makanan Sehat yang Cocok untuk Diet Alami
Menjalani program diet tidak lengkap apabila tidak diimbangi dengan mengkomsumsi makanan yang sehat. Makanan sehat yang dikonsumsi bisa tergantung dari diet apa yang dijalankan. Namun yang pasti,pola makanan yang tepat sangat menentukan hasil dari diet yang kita lakukan.

Untuk menurunkan berat badan, ada banyak sekali jenis diet yang bisa dilakukan. Namun diet tidak akan maksimal tanpa mengkonsumsi makanan yang sehat juga. Ada banyak sekali makanan yang berasal dari buah-buahan dan sayur-sayuran yang bisa dikonsumsi ketika kita sedang dalam program diet atau menurunkan berat bedan. Berikut kami berikan 20 makanan yang cocok untuk diet.

1. Bayam

Bayam
Bayam

Seperti halnya sayuran-sayuran hijau yang lainnya, bayam juga merupakan yang sangat baik bagi kesehatan dan sangat cocok dikonsumsi orang yang diet. Bayam menganung berbagai nutrisi bermanfaat seperti zat besi, kalium, serat, dan protein.

2. Kembang Kol

Kembang Kol
Kembang Kol

Kembal kol adalah sayuran yang memiliki kandungan berbagai vitamin seperti B, C, dan K, serta mangan, klorin, foliate, dan omega-3. Kembang kol juga bisa menjadi pengganti karbodihrat seperti nasi atau gandum yang sangat baik bagi kamu yang sedang menjalani diet.

3. Beras Merah

Beras Merah
Beras Merah

Dibanding dengan beras putih biasa, beras merah mengandung serta yang sangat tinggi yang sangat baik bagi mereka yang sedang diet. Selain itu, beras merah juga mengandung karbohidrat kompleks yang dapat menyuplai energi pada tubuh secara berkala, sehingga kamu akan meras kenyang lebih lama.

Kandungan beras merah yang lain di anataranya adalah vitamin B, magnesium, kalium, kalsium, dan fosfor.

4. Semangka

Semangka
Semangka

Semangka adalah buah yang mengandung banyak air. Dengan begitu, mengkonsumsi semangka akan menjaga kita tetap terhidrasi. Semangka akan mempertahankan kadar air yang ada dalam tubuh kita. Selain itu mengkomsumsi smangka yang mengandung banyak air juga bisa membuat semua sistem dalam tubuh kita (termasuk metabolisme) akan bekerja lebih maksimal.

5. Ikan Tuna

Ikan Tuna
Ikan Tuna

Dalam satu ekor ikan tuna, terdapat kandungan satu gram lemak, 40 gram protein, dan tidak mengadnung karbohidrat. Selain itu, ikan tuna juga memiliki kandungan selenium untuk meningkatkan tiroid dan mampu membakar lemak lebih banyak. Kandungan lainnya yaiut vitamin B12 dan vitamin D.

6. Apel

Apel
Apel

Daripada mengkonsumi makanan-makanan dengan pemanis buatan, lebih baik mengkomsumsi buah apel yang juga memiliki rasa manis. Kulit apel juga dipercaya mengandung banyak serat yang mambu membantu menyerap kalori Anda.

Buah apel memiliki kandungan antioksidan yang cukup besar yang mampu mencegak sindrom metabolik, suatu kondisi yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan obesitas.

7. Tomat

Tomat
Tomat

Di dalam tomat terkandung kombinasi antara likopen antioksidan, air, dan kalium yang membuat tomat menjadi salah satu makanan yang sangat baik untuk kesehatan. Kandungan ini juga menjadi penangkal dari berbagai masalah kesehatan.

8. Buncis

Buncis
Buncis

Buncis adalah sayuran yang mengandung asam amino yang membuat kandunga folatnya mudah terserap tubuh. Selain iut, buncis juga mengandung vitamin A, kalsium, dan kalium, serta betakaroten yang berguna untuk menguatkan tulang. Buncis juga mengandung lemak rendah yang cocok bagi mereka yang berdiet.

9. Paprika

Paprika
Paprika

Sayuran berwarna-warni ini yang mengandung vitamin A an C. Paprika adalah salah satu makanan yang bisa membuat metabolisme tubuh kita meningkat. Maka dari itu, dengan mengkonsum paprika akan membuat kalori akan terbakar lebih besar.

10. Sawi Hijau

Sawi Hijau
Sawi Hijau

Sawi hijau adalah sayuran yang kaya akan vitamin K, berserat tinggi, sedikit kalori, dan berbagai mineral yang baik tubuh kit. Selain itu ada juga kandungan lain seperti folat, choline, fosfor, dan thiamin yang juga tak kalah pentingnya bagi tubuh kita. Karena berbagai kandungan itulah, sawi hijau sangat cocok dikonsumsi orang yang sedang menajalani diet.

11. Ubi Jalar

Ubi Jalar
Ubi Jalar

Ubi jalar mengandung karbohidrat sehat yang sangat baik sebagai pengganti karbohidrat lain seperti nasi. Karbohidrat dalam ubi jalar adalah karbohidrat kompleks yang kaya akan serat yang dapat menurunkan berat badan. Ubi yang paling baik adalah yang berwarna ungu, karena mengandng banyak betakaroten sebagai ahan pembentuk vitamin A.

12. Oatmeal

Oatmeal
Oatmeal

Makanan yang biasa dikenal juga dengan bubur gandum ini adalah makanan yang mengandung erbagai nutrisi yang sangat baik bagi tubuh kita. Oatmela mengandung serat yang tinggi, magnesium, protein, fosfor, dan thiamni (vitamin B1), yang memiliki peran sangat penting dalam produksi energi.

Sebuah penelitian mengatakan bahwa anak-anak yang rutin mengkonsumsi oatmeal memiliki risiko obesitas yang lebih rendah.

13. Pisang

Pisang
Pisang

Pisang memang sangat baik untuk diet. Bahkan ada orang Jepang yang menemukan metode diet pisang yang terbukti dapat menurunkan berat dengan dengan efektif. Pisang memiliki beberapa kandungan yang sangat baik bagi tubuh kita seperti kalium, kalsium, karbohidrat, dan vitamin C, vitamin B6, dan mineral-mineral lainnya.

14. Telur

Telur
Telur

Telur adalah salah satu sumber protein yang hargaya relatif murah dan mudah ditemukan di mana-mana. Telur juga mengandung beragai nutrisi lainnya seperti vitamin B12 dan D, zat besi, folat, asam lemak omega-3, dan berbagai mineral lainnya. Pada setiap butir juga hanya mengandung 60-70 kalori.

15. Kubis

Kubis
Kubis

Untuk menurunkan berat badan, kubis sering dibuat menjadi sup. Kubis adalah mengandung serta yang sangat tinggi. Kubis juga mengandung kalori rendah yang sangat baik untuk diet. Selain itu, sayur kubis juga memiliki berbagai kadungan nutrisi lain seperti vitamin, A< C, B6, dan K, serta mangan, potassium, dan folat.

16. Brokoli

Brokoli
Brokoli

Brokoli termasuk salah satu makanan palings sehat di dunia. Brokoli mengandung beberapa nutrisi seperti vitamin A, B, dan C, serta selenium, zat besi, mangan, kalium, kalsium, magnesium, dan seng. Selain itu, sayuran ini juga terkenal sebagai pencegah kanker.

17. Ikan Salmon

Ikan Salmon
Ikan Salmon

Salmon adalah ikan yang kaya akan kandungan omega-3-nya. Ikan salmon, apalagi yang jenis salmon liar, memiliki kandungan vitamin dan mineral yang sangat tinggi. Ikan salmon juga mengandung kolesterol rendah yang sangat baik bagi mereka yang memiliki penyakit kolesterol tinggi dan sedang dalam program diet.

18. Blueberry

Blueberry
Blueberry

Dengan kandungan antioksidan yang tinggi, buah blueberry dapat melancarkan sistem metabolisme tubuh kita dan mencegah obesitas.

19. Wortel

Wortel
Wortel

Wortel adah sayuran yang memiliki berbagai nutrisi yang sangat baik bagi tubuh kita. Wortel mengandung beberapa vitamin seperti vitamin A, C, E, B2, dan B2. Selain itu, wortel juga memiliki kandungan antioksidan dan karotenoid yang sangat baik bagi yang mengalami masalah darah gula dalam darah.

20. Cokelat Hitam

Cokelat Hitam
Cokelat Hitam

Kita sebelumnya mungkin menganggap cokelat sebagai salah satu makanan yang bisa menyebabkan naiknya berat badan. Namun ada juga jenis cokelat yang justru bisa dikonsumsi ketika sedang diet.

Cokelat hitam kaya aka antioksidan yang bermafaat untuk menangkal radikal bebas yang merupakan penyebab utama dari rusaknya oksidatif pada sel. Selain itu, cokealt hitam juga mengandung berbagai vitamin dan mineral.

Baca Juga