15 Jenis Dokter Spesialis di Indonesia Lengkap dengan Pengertiannya
Hallo Sobat , saat pertama kali mendengar kata Dokter, pikiran kita akan tertuju pada seseorang yang bekerja di rumah sakit , memakai jas putih , dan dengan senjata sebuah stetoskop beserta alat yang paling menjadi momok tersendiri bagi kita , sebuah jarum suntik. Nah, disini kita tidak hanya mengulas tentang Dokter , tetapi kita akan sedikit mengulas tentang spesialisasi dokter-dokter yang ada di Indonesia . Inilah beberapa jenis spesialisasi Dokter yang lumrah kita temui dalam kehidupa sehari-hari sampai yang mungkin kita baru mengetahuinya , check this out!

1. Dokter Spesialis Anak (Sp.A)

Pengertian 15 Jenis Dokter Spesialis di Indonesia
Dokter Spesialis Anak

 Dokter Spesialis anak atau yang memiliki kata lain Pediatri adalah dokter yang khusus menangani penyakit yang menyerang bayi sampai dengan anak-anak. Nah, ranah kerja dari dokter spesialis anak hampir sama dengan dokter penyakit dalam , hanya saja berbeda cakupan usia . Lama pendidikan menjadi seorang spesialis anak adalah +/- 8 semester dan harus sudah melewati tahap dokter umum terlebih dahulu ya.. 

2. Dokter Spesialis Penyakit Dalam (Sp.PD)

Pengertian 15 Jenis Dokter Spesialis di Indonesia
Dokter Spesialis Penyakit Dalam

 Wah, pasti sobat hampir sudah tahu ranah kerja dari seorang internist atau Sp.PD . Ranah kerja internist adalah mempelajari penyakit sistemik dalam tubuh kita diluar disiplin ilmu spesialisasi organ dalam selain jantung,pencernaan dan paru-paru. Seseorang yang memiliki keluhan dengan sistem hormonal tubuh juga menjadi tanggung jawab internist. Lama studi menjadi internist adalah kurang lebih 9 semester. 

3. Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah (Sp.JP) 

Pengertian 15 Jenis Dokter Spesialis di Indonesia
Dokter Sp.JP

    Sudah terlihat dari nama gelarnya , kita sudah bisa mengetahui disiplin ilmu yang dipelajari. Benar, Sp.JP atau kardiolog menangani hal yang berhubungan dengan penyakit jantung dan pembuluh darah kita, Kardiolog pun dibedakan menjadi dokter ahli yang fokus mendiagnosis dan mengobati penyakit jantung serta dokter yang menangani masalah detak jantung yang tidak normal karena factor-faktor internal. Lama studi kardiolog adalah 10 semester, guys.

4. Dokter Spesialis Bedah (Sp.B)

Pengertian 15 Jenis Dokter Spesialis di Indonesia
Dokter Sp.B

  Dokter spesialis Bedah adalah cabang spesialisasi dokter yang memiliki sub spesialis yang cukup bervariasi dan mungkin kita juga tidak asing mendengarnya , seperti : Bedah Saraf , Bedah Onkologi , Bedah Digestive dll. Dokter spesialis bedah tetap harus bekerjasama dengan dokter spesialis yang bersangkutan untuk melakukan pembedahan. Rata-rata lama studi menjadi seorang ahli bedah adalah 10 semester. Apakah anda tertarik?

5. Dokter Spesialis Anestesiologi dan Terapi Intensif (Sp.An)

Pengertian 15 Jenis Dokter Spesialis di Indonesia
Dokter Sp.An

 Mungkin kita sudah sering mendengar seorang anestisiologist saat kita menjalani sebuah operasi, karena tidak mungkin sebuah operasi atau pembedahan tanpa seorang ahli anestesi . Tugas seorang dokter anestesi adalah memastikan seorang pasien siap untuk dilakukan tindakan operasi dengan cara pemberian obat atau injeksi yang kita kenal sebagai bius. Oleh sebab itu seorang dokter anestesi harus benar-benar paham tentang ilmu dasar kedokteran yaitu farmakologi,fisiologi, anatomi dan dasar-dasar ilmu fisika. Seorang yang ingin menjadi Sp.An harus belajar sekitar 6 semester

6. Dokter Spesialis Kebidahan dan Kandungan (Sp.OG)

Pengertian 15 Jenis Dokter Spesialis di Indonesia
Dokter Sp.OG

 Dokter ObsGin atau Obstetri & Ginekologi adalah dokter yang bertanggung jawab dalam sebuah persalinan dan juga masalah-masalah tentang kewanitaan. Menjadi seorang dokter kandungan memiliki tingkat resiko yang cukup tinggi karena menangani dua nyawa sekaligus dalam sebuah persalinan, sehingga seorang dokter Sp.OG harus memiliki tingkat kesabaran dan keuletan yang tinggi dalam menangani pasien. Lama studi menjadi seorang dokter Sp.OG berkisar +/- 9 semester.

7. Dokter Spesialis Andrologi (Sp.And)

Pengertian 15 Jenis Dokter Spesialis di Indonesia
Dokter Sp.And

 Mungkin beberapa dari kita kurang familiar dengan spesialisasi yang satu ini, namun seorang andrologist cukup penting dalam dunia medis. Disiplin ilmu seorang androlog adalah mempelajari tentang penyakit-penyakit pada reproduksi laki-laki. Saat ini sudah mulai banyak androlog yang ada di Indonesia dan masa studinya relatif singkat yaitu 6 semester, tertarik? 

8. Dokter Spesialis Mata (Sp.M)

Pengertian 15 Jenis Dokter Spesialis di Indonesia
Dokter Sp.M

 Dokter Spesialis Mata memiliki disiplin ilmu yang cukup spesifik yaitu untuk menangani salah satu panca indera kita, yaitu indera penglihatan kita. Seorang dokter spesialis mata dapat membuka praktik mandiri ataupun bekerja di rumah sakit atapun klinik mata, bagi teman-teman yang ingin berkonsultasi dan merawat kesehatan mata sangat diajurkan untuk ke dokter mata walaupun hanya sekedar check up rutin. Lama studi untuk menjadi seorang oftamologist rata-rata adalah 7 semester

9. Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin (Sp.KK)

Pengertian 15 Jenis Dokter Spesialis di Indonesia
Dokter Sp.KK

 Bagi teman-teman yang sangat concern dengan kesehatan kulit pasti sudah cukup sering berkonsultasi dengan seorang dermatologist , baik sekedar konsultasi ataupun berobat. Saat ini seorang dermatologist cukup digandrungi oleh khalayak remaja karena tuntutan penampilan dan tingkat stress yang semakin tinggi dapat berpengaruh ke kulit kita lhoo. Jadi apabila sobat ingin berkonsentrasi dan tertarik dengan kesehatan kulit , tidak ada salahnya mengambil spesialisasi ini , tentunya apabila sobat seorang mahasiswa kedokteran. Rata-rata waktu studi adalah 7 semester untuk menjadi seorang dermatologist

10. Dokter Spesialis Telinga Hidung Tenggorok- Bedah Kepala Leher (Sp.THT-KL) 

Pengertian 15 Jenis Dokter Spesialis di Indonesia
Dokter Sp.THT

  Spesialisasi ini memang cukup panjang dan memiliki disiplin ilmu yang agak kompleks daripada yang lain , namun Spesialis THT-KL memiliki cakupan ilmu yang saling berhubungan secara sistem sehingga tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lain. Dokter Spesialis THT-KL menangani penyakit yang berhubungan dengan telinga, hidung, tenggorokan dan kepala leher termasuk kelenjar getah bening yang ada area tersebut. Lama studi untuk mendapatkan gelar inin adalah +/-  8 semester , mau mencoba? 

11. Dokter Spesialis Saraf (Sp.S)

Pengertian 15 Jenis Dokter Spesialis di Indonesia
Dokter Sp.S

 Apakah sobat pernah menemui seseorang penderita stroke , kelumpuhan , saraf terjepit? . Ya , keluhan-keluhan diatas adalah termasuk ranah ilmu dari seorang neurologist. Seorang ahli saraf harus paham betul mengenai saraf yang ada di otak ataupun di tulang belakang , dan apabila membutuhkan tindakan operasi atau bedah, tindakan akan dibantu juga oleh Dokter spesialis bedah saraf .  Waktu studi yang diperlukan untuk menjadi seorang neurologist rata-rata adalah 8 semester .

12. Dokter Spesialis Patologi Anatomi (Sp.PA)

Pengertian 15 Jenis Dokter Spesialis di Indonesia
Dokter Sp.PA

 Mungkin banyak dari sobat baru mendengar dengan spesialisasi ini. Spesialis Patologi Anatomi memiliki disiplin ilmu yang mempelajari hal-hal mikroskopis seperti sel kanker , tumor , ataupun kelainan yang perlu pemeriksaan laboratorium . Jadi , setelah dokter mendiagnosa untuk uji lab , yang melalukan pemeriksaan di laboratorium adalah seorang dokter Sp.PA ini , menarik bukan? . Masa studi untuk menjadi seorang dokter Sp.PA kurang lebih 6 semester .

13. Dokter Spesialis Radiologi (Sp.Rad)

Pengertian 15 Jenis Dokter Spesialis di Indonesia
Dokter Sp.Rad

 Saat ke rumah sakit atau ke seorang dokter , sobat pernah mendengar untuk foto rontgen ataupun x-ray ?. Itulah ranah kerja seorang radiologist , seorang dokter spesialis radiologi bertanggung jawab penuh terhadap tindakan foto x-ray dan menginterpretasikan hasil foto tersebut . Kemudian yang khas juga , seorang radiologist memiliki ruangan tersendiri , dan memiliki persiapan khusus bagi pasien ataupun seseorang yang ingin memasuki ruangan ini. Lama studi menjadi seorang ahli radiologi adalah 7 semester .

14. Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa (Sp.KJ)

Pengertian 15 Jenis Dokter Spesialis di Indonesia
Dokter Sp.KJ

 Dokter spesialis kedokteran jiwa atau biasa disebut psikiater memiliki perbedaan dengan seorang psikolog . Seorang psikiater harus mendiagnosa dan memberikan pengobatan agar seorang pasien yang mengalami gangguan dapat pulih atau tidak bertambah buruk. Seorang psikiater bekerja di RSJ , sedangkan psikolog dapat menjadi pendamping secara sosial dan memberikan psikoterapi. Masa studi menjadi psikiater adalah 8 semester 

15. Dokter Spesialis Bedah Orthopaedi dan Traumatologi (Sp.OT) 

Pengertian 15 Jenis Dokter Spesialis di Indonesia
Dokter Sp.OT

 Dokter spesialis orthopedi dan traumatologi atau yang lebih dikenal sebagai spesialis tulang memiliki disiplin ilmu yang menangani segala macam penyakit yang menyerang tulang dan dan penyakit yang menyebar sampai ke tulang , selain itu orang yang mengalami trauma seperti pasca kecelakaan juga menjadi disiplin ilmu seorang Sp.OT . Bagi sobat yang ingin menjadi seorang spesialis orthopedi dan traumatologi harus menjalani masa studi selama 9 semester.

Loading...

Baca Juga