25 Gejala Kolesterol Tinggi Yang Perlu Kita Ketahui
Kolesterol tinggi dalam darah dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan,seperti serangan jantung,tekanan darah tinggi,obesitas dan stroek,untuk itu kita harus tahu apa saja gejala kolesterol tinggi,agar kita dapat segera mengatasinya,sebelum hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

Gejala kolesterol tinggi.Kolesterol tinggi atau di sebut juga hiperkolesterolemia adalah keadaan dimana kadar kolesterol dalam tubuh melebihi kadar yang seharusnya.

Normalnya,seseorang mempunyai kadar kolesterol 160-200 mg,bila kadar kolesterolnya melebihi angka 240 mg,itu berarti seseorang mengalami hiperkolesterolemia (kolesterol tinggi),kondisi tersebut cukup berbahaya,karena kadar kolesterol tinggi dapat memicu berbagai masalah kesehatan,seperti penyakit jantung,stroek serta hipertensi (tekanan darah tinggi).

Seperti yang dilansir dari alodokter.com.Kolesterol memang dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu tubuh meproduksi vitamin D,sejumlah hormon,dan asam empedu untuk mencerna lemak,serta untuk membantu membangun sel-sel baru agar tubuh tetap berfungsi secara normal.

Untuk mencegah kolesterol tinggi kita perlu memperhatikan pola hidup yang sehat,hindari makanan yang berlemak tinggi dan berhenti merokok.

Untuk mengetahui bahwa kadar kolesterol di dalam darah kita tinggi atau tidak,kita perlu melakukan pemeriksaan kadar LDL dalam darah,adapun gejala atau tanda kadar kolesterol tinggi dalam tubuh sangat mudah dirasakan karena berdampak langsung pada kinerja tubuh.

Berikut gejala kadar kolesterol tinggi dalam darah,simak ulasannya berikut ini.

1.Sulit Bernafas

gejala kolesterol tinggi
Sulit bernafas

Gejala hiperkolesterolemia yang pertama adalah sulit bernafas,seseorang yang kadar kolesterolnya tinggi akan mengalami kesulitan bernafas,karena jantung sudah tidak bisa memompa darah dengan baik akibatnya tubuh mengalami kekurangan oksigen,yang disebabkan karena menumpuknya kolesterol pada aliran arteri tubuh.

2.Tubuh Terasa Lelah

gejala kolesterol tinggi
Tubuh terasa lelah

Seseorang yang memiliki kadar kolesterol tinggi biasanya cepat merasa lelah,karena ketika plak terbentuk didinding arteri,bisa menyebabkan penyakit jantung koroner,atherosclerosis,dan penyakit microvaskuler koroner,dan kondisi seperti itulah yang menyebabkan tubuh terasa lelah dan capek.

3.Nyeuri Dada

gejala kolesterol tinggi
Nyeuri dada

Nyeuri dada yang dialami oleh seseorang yang memiliki kadar kolesterol tinggi,dapat disebabkan karena menumpuknya lemak di dalam arteri yang menyebabkan aliran darah menuju jantung menjadi tidak lancar.

4.Wajah Merah

gejala kolesterol tinggi
Wajah merah

Gejala kolesterol tinggi yang lainnya adalah wajah yang memerah,pada penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi,kolesterol yang terlalu tinggi akan menyebabkan pembuluh darah di bagian wajah membesar,dan menyebabkan wajah menjadi merah.

5.Sakit Kepala

gejala kolesterol tinggi
Sakit kepala

Kolesterol yang tinggi dapat menyebabkan aliran darah yang mengalir ke otak terhambat,karena terjadinya pengerasan pembuluh darah.

6.Kesemutan Pada Kaki dan Tangan

gejala kolesterol tinggi
Kesemutan pada kaki dan tangan

Kesemutan yang terjadi pada seseorang yang memiliki kolesterol tinggi,ketika seseorang itu melakukan aktivitas duduk dengan waktu yang lama,kesemutan tersebut di sebabkan karena aliran darah menggumpal dan tidak lancar.

7.Telapak Kaki Terasa Dingin

gejala kolesterol tinggi
Telapak kaki terasa dingin

Masalah kesehatan pada kaki akibat kolesterol tinggi disebut dengan PAD (peripherial arterial),kondisi tersebut dapat meningkatkan resiko penyakit jantung.

8.Berubahnya Kuku

gejala kolesterol tinggi
Kuku berubah

Berubahnya kuku akibat kolesterol tinggi,diakibatkan karena sirkulasi darah terganggu,dan menyebabkan kuku menebal.

9.Emosi Yang Tidak Stabil

gejala kolesterol tinggi
Emosi tidak stabil

Ketika kolesterol sudah mengganggu aliran darah sehingga membuat tubuh tidak nyaman,sehingga memnyebabkan gangguan emosi menjadi tidak stabil dan mudah marah.

10.Mati Rasa

gejala kolesterol tinggi
Mati rasa

Gejala kolesterol tinggi lainnya adalah mati rasa,ternyata mati rasa juga tidak hanya dialami oleh seseorang yang menderita asam urat,orang yang memiliki kolesterol tinggi pun dapat mengalaminya.

11.Sakit Pada Kaki dan Tangan

gejala kolesterol tinggi
Sakit kaki dan tangan

Sakit kaki dan tangan pada penderita kolesterol tinggi di akibatkan karena aliran darah pada tangan dan kaki tidak lancar.

12.Warna Kaki Berubah

gejala kolesterol tinggi
Warna kaki berubah

Seseorang yang kadar kolesterolnya tinggi biasanya mengalami gejala seperti berubahnya warna kaki,awalnya kaki akan berwarna putih pucat dan lama kelamaan berubah menjadi merah keunguan,hal tersebut di sebabkkan karena pembuluh darah mengalami pelebaran dan darah mulai mengalir ke kaki.

13.Penyembuhan Luka Berjalan Lamban

gejala kolesterol tinggi
Penyembuhan luka berjalan lamban

Gejala kolesterol tinggi berikutnya adalah luka yang lama sembuhnya,atau terkadang cepat namun tidak sembuh total,hal tersebut di sebabkan karena sirkulasi yang menurun.

14.Diare

gejala kolesterol tinggi
Diare

Diare juga bisa jadi merupakan gejala kolesterol tinggi,disebabkan karena pada kondisi dimana tubuh tidak bisa memetabolisme lemak secara sempurna,akan berpotensi menimbulkan masalah dalam sistem pencernaan dan penyerapan.

15.Perut Kembung

gejala kolesterol tinggi
Perut kembung

Seseorang yang kadar kolesterol dalam darahnya tinggi,rentan mengalami perut kembung,karena terjadi masalah ketika mencerna makanan dan memetabolisme lemak,saluran cerna akan menyimpan kelebihan gas yang terhambat pada saluran usus yang mengarah ke daerah perut.

16.Kram Pada Malam Hari

gejala kolesterol tinggi
Kram pada malam hari

Gejala kolesterol tinggi selanjutnya adalah sering mengalami kram pada malam hari,hal tersebut di sebabkan karena aliran darah dalam tubuh kurang lancar.

17.Otot Kaki Melemah

gejala kolesterol tinggi
Otot kaki melemah

Seseorang yang memiliki kadar kolesterol tinggi rentan mengalami otot kaki melemah,itu disebabkan karena arteri tidak mendapatkan aliran darah yang cukup sehingga menyebabkan otot kaki melemah.

18.Kehilangan Keseimbangan 

gejala kolesterol tinggi
Kehilangan keseimbangan

Orang yang memiliki kadar kolesterol tinggi juga dapat kehilangan keseimbangan,itu terjadi karena ketika ada sistem syaraf pusat yang mengalami gangguan akibat plak kolesterol pada arteri,maka akan membuat si penderita kehilangan keseimbangan.

19.Mual dan Muntah

gejala kolesterol tinggi
Mual dan muntah

Mual dan muntah sering terjadi pada seseorang yang memiliki kadar kolesterol tinggi,karena kolesterol tinggi dapat menyebabkan sistem pencernaan terganggu dan tubuh tidak bisa mencerna makanan dengan baik.

20.Sakit Leher dan Punggung

gejala kolesterol tinggi
Sakit leher dan punggung

Pada seseorang yang memiliki kadar kolesterol tinggi rentan mengalami sakit leher dan punggung,hal tersebut di karenakan adanya penyempitan di pembuluh darah yang disebabkan oleh tekanan darah tinggi.

21.Kaki Bengkak

gejala kolesterol tinggi
Kaki bengkak

Gejala kolesterol tinggi lainnya adalah kaki bengkak,orang yang memilki kolesterol tinggi rentan sekali mengalami pembengkakan pada kaki,itu disebabkan karena kurangnya asupan oksigen dan darah menyempit.

22.Leher terasa kaku

gejala kolesterol tinggi
Leher kaku

Kaku pada bagian leher juga merupakan gejala kadar kolesterol didalam darah tinggi,hal tersebut karena arteri di penuhi lemak yang menyebabkan menyempitnya pembuluh darah.

23.Tubuh Menjadi Lebih Gemuk

gejala kolesterol tinggi
Tubuh lebih gemuk

Tubuh menjadi lebih gemuk karena menumpuknya timbunan lemak dalam tubuh dan darah yang menyebabkan peningkatan berat badan.

24.Mata Kunang-Kunang

gejala kolesterol tinggi
Mata berkunang-kunang

Mata sering berkunang-kunang pada seseorang yang kadar kolesterolnya tinggi,itu disebabkan karena tidak lancarnya aliran darah yang menuju kemata.

25.Tidak Kuat Berolahraga

gejala kolesterol tinggi
Tidak kuat olahraga

Orang yang kadar kolesterolnya tinggi biasanya tidak kuat berolahraga,karena kolesterol menyebabkan otot kaki dan bagian tubuh lainnya melemah.

Itulah beberapa gejala kolesterol tinggi,bila mengalami gejala-gejala di atas,segera lakukan pemeriksaan,dan segera atasilah untuk mencegah timbulnya berbagai penyakit serius.

Baca Juga