16 Gejala Kanker Usus Yang Perlu Kita Waspadai
Kanker usus merupakan penyakit yang dapat menyebabkan kematian,karena kesempatan untuk sembuh sangat sedikit,apalagi kanker ususnya sudah mencapai stadium lanjut,salah satu gejala kanker usus yang mudah di kenali adalah keluar darah saat buang air besar.

Gejala kanker usus.Kanker usus terjadi karena berkembangnya sel-sel yang tidak normal di dalam usus,kanker usus merupakan salah satu penyakit yang berbahaya dan menyebabkan kematian,karna peluang untuk sembuh sangat sedikit.

Kanker usus sendiri masih belum diketahui penyebab pastinya,namun banyak hal yang di yakini sebagai faktor yang dapat menyebabkan seseorang terkena penyakit kanker usus.

Faktor yang diyakini sebagai penyebab kanker usus diantaranya,karena gaya hidup yang kurang sehat,kurang olahraga,dan juga karena faktor genetik atau keturunan,dimana bila seseorang yang memiliki saudara atau keluarga yang pernah mempunyai riwayat kanker usus,maka dirinya pun juga beresiko tinggi terkena penyakit yang sama.

Gejala awal dari kanker usus memang tidak terlalu terlihat,sehingga penderita hampir tidak menyadari bahwa dirinya menderita penyakit kanker usus,dan mereka baru sadar setelah sel kanker menyebar dan melangkah ke tingkat yang lebih parah,itulah yang menyebabkan penderita kanker usus sulit untuk sembuh karena terlambat di tangani.

Adapun gejala kanker usus yang wajib kita waspadai adalah sebagai berikut.

1.Sering Ambeien

gejala kanker usus
Image : idejukabata.lv

Ambeien adalah sebuah kondisi peradangan atau pembengkakan pembuluh darah pada bagian rektrum bawah serta area anus,dan bila terlalu sering mengalami ambeien,kita patut waspada,karena bisa jadi ambeien yang kita alami merupakan gejala kanker usus.

Sebaiknya periksakan diri segera kedokter bila mengalami kondisi ini.

2.Feses Bercampur Darah

gejala kanker usus
Image : waktuku.com

Gejala kanker asus lainnya adalah tinja yang disertai keluarnya darah dari anus,hal itu disebabkan karena pada penderita kanker usus,bagian itu terhalang benjolan kanker,dan bila dipaksakan akan menyebabkan pendarahan,dan keluar bersamaan dengan feses.

Segera periksakan diri kedokter,agar tidak terlambat di atasi.

3.Perut Sering Terasa Nyeuri

gejala kanker usus
Image : dream.co.id

Gejala kanker usus yang lainnya lagi adalah seringnya mengalami nyeuri di perut,hal itu di sebabkan karena sel kanker sudah menyebar ke organ disekitarnya dan menyebabkan nyeuri di perut.

Bila mengalami nyeuri perut terlalu sering,sebaiknya segera periksakan ke dokter.

4.Anemia

gejala kanker usus
Image : ctvnews.ca

Anemia atau kekurangan darah pada penderita kanker usus di akibatkan karena pendarahan yang terjadi terus menerus dari anus ketika buang air besar.

Seringnya pendarahan mengakibatkan kekurangan darah merah.

5.Cepat Lelah

gejala kanker usus
Image : tigerlilyacupuncture.com

Gejala kanker usus yang lainnya adalah tubuh mudah sekali lelah walaupun tidak melakukan aktifitas yang berat dan menguras tenaga,hal itu di karenakan penderita kanker usus biasanya mengalami kekurangan darah akibat pendarahan yang terjadi terus menerus.

6.Kulit Pucat

gejala kanker usus
Image : klikdokter.com

Kulit yng berubah menjadi pucat pada penderita kanker usus disebabkan karena kekurangan darah akibat pendarahan yang terjadi saat buang air besar,hal itu menyebabkan tubuh mudah lelah dan tidak bersemangat dan tidak bertenaga,kulit pun berubah menjadi pucat.

7.Nafsu Makan Berkurang

gejala kanker usus
Image : tokogreenworldindonesia.com

Gejala kanker usus lainnya adalah berkurangnya nafsu makan,hal itu disebabkan karena pada penderita kanker usus biasanya sering mengalami nyeuri di perut serta rasa mual yang berakibat berkurangnya nafsu makan.

8.Berat Badan Turun Drastis

gejala kanker usus
Image : merdeka.com

Turunnya berat badan secara drastis pada penderita kanker usus diakibatkan nafsu makan yang berkurang,hingga tubuhpun menjadi lebih kurus dan tidak berisi.

9.Perut Kembung

gejala kanker usus
Image : foxnews.com

Gejala kanker usus lainnya adalah perut terasa penuh dan kembung,hal itu disebabkan karena sel kanker sudah menyebar dan mempengaruhi organ di sekitarnya,dan sel kanker mencoba menginvasi tubuh kita,segera periksakan diri ke dokter bila perut kembung berlangsung lama.

10.Ada Benjolan Diperut

gejala kanker usus
Image : merdeka.com

Para penderita kanker yang sudah sampai di tahap yang parah akan muncul benjolan di perut,bila sudah ada benjolan tersebut di sertai tanda-tanda kanker usus lainnya,kita wajib untuk memeriksakan diri ke dokter,agar kanker usus dapat cepat teratasi sebelum terlambat.

11.Gangguan BAB

gejala kanker usus
Image : amagingfarm.com

Gangguan BAB atau kesulitan saat buang air besar pada penderita kanker usus di sebabkan karena terdapat benjolan kanker di bagian itu yang menyebabkan sumbatan,dan apabila dipaksa akan menyebabkan pendarahan yang keluar berbarengan dengan feses.

12.Keluar Darah Dari Dubur

gejala kanker usus
Image : grid.id

Bila keluar darah secara tiba-tiba dari dubur,itu menandakan bahwa sel kanker sudah menyebar ke bagian lainnya,dan itu artinya kanker usus yang diderita sudah semakin parah dan berada di stadium lanjut.

13.Menyempitnya Bagian Anus

gejala kanker usus
Image : lifestyle.sindonews.com

Menyempitnya bagian anus atau terasa ada sumbatan di bagian anus itu menandakan bahwa sel kanker sudah menyebar ke bagian anus,dan itu artinya kondisi sudah sangat parah.

14.Mual dan Muntah

gejala kanker usus
Image : cbsnews.com

Gejala kanker usus yang lainnya adalah rasa mual dan ingin muntah,hal itu disebabkan karena sel kanker mulai menyebar ke organ lainnya,kondisi ini juga menyebabkan berkurangnya nafsu makan.

15.Diare

gejala kanker usus
Image : hellosehat.com

Diare secara terus menerus sebaiknya jangan di anggap sepele dan segera periksakan diri ke dokter,di takutkan penyebab diare tersebut karena adanya tumor ganas di usus,hingga penyerapan kotoran pun tidak maksimal.

16.Sesak Nafas

gejala kanker usus
Image : sobatcantik.com

Penderita kanker usus yang kondisinya sudah semakin parah biasanya juga mengalami sesak nafas,karena sel kanker sudah menyebar dan mempengaruhi bagian tubuh lainnya.

Demikian gejala kanker usus yang perlu kita waspadai,segera periksakan diri kedokter ketika anda mulai mengalami gejala-gejala seperti yang di atas.

Baca Juga