21 Gejala Kanker Payudara Yang Perlu Kita Waspadai
Kanker payudara adalah kanker yang terjadi akibat sel-sel yang berkembang secara abnormal di payudara,adapun gejala kanker payudara dapat kita rasakan,seperti terdapat benjolan payudara,keluarnya cairan aneh dan berbau menyengat dari puting dan masih ada beberapa gejala kanker payudara lainnya.

Kanker payudara adalah kanker yang menyerang payudara,penyakit ini pada umumnya menyerang wanita,namun pria juga beresiko terkena penyakit ini.Kanker payudara merupakan penyakit yang mematikan dan sangat berbahaya,kanker payudara juga di sebut-sebut sebagai pembunuh nomer 1 pada wanita,nah ngomong-ngomong mengenai kanker payudara,kali ini kita akan membahas apa saja gejala kanker payudara yang harus kita waspadai,simak ulasannya berikut ini.

Penyakit kanker payudara bisa menyerang siapa saja,pria ataupun wanita,namun kebanyakan yang mengalaminya adalah wanita,penyakit ini juga tidak mengenal usia,namun orang yang berusia lanjut atau usia diatas 50 tahun lebih berisiko terkena kanker payudara.Kanker payudara terjadi karena berkembangnya sel-sel abnormal pada payudara,dan membentuk tumor ganas yang berkembang dan menyebar secara cepat ke organ tubuh yang lainnya.Adapun gejala kanker payudara yang perlu kita waspadai adalah sebagai berikut.

1.Perubahan Ukuran Payudara

gejala kanker payudara
Image : lampung.tribunnews.com

Gejala kanker payudara yang pertama adalah terjadinya perubahan ukuran payudara,penderita kanker payudara akan merasakan perubahan ukuran payudara,hal tersebut di karenakan terjadinya pembengkakan pada jaringan payudara,yang disebabkan tidak terkontrolnya sel-sel kanker yang sedang berkembang,biasanya perubahan ini terjadi pada stadium awal.

2.Terdapat Benjolan

gejala kanker payudara
Image : jawapos.com

Gejala kanker payudara lainnya adalah terdapat benjolan kecil di sekitar payudara atau ketiak,pada stadium awal,kanker payudara juga di tandai dengan adanya benjolan di payudara,biasanya terletak di dekat ketiak,biasanya benjolan tersebut akan terasa sedikit nyeuri,dan rasa nyeuri itu akan semakin terasa dan benjolan pun akan semakin membesar seiring berjalannya waktu bila tidak segera di tangani.

3.Adanya Kerutan Dipayudara

gejala kanker payudara
Image : tergemes.com

Gejala kanker payudara lainnya adalah terdapat kerutan di sekitar payudara,hal tersebut terjadi karena sel kanker sudah mulai menyebar ke organ di sekitarnya.

4.Warna Kulit Berubah

gejala kanker payudara
Image : lifestyle.bisnis.com

Pada stadium awal,penderita kanker payudara akan mengalami perubahan warna kulit menjadi warna kemerahan di sekitar payudara,perubahan warna kulit itu mirip dengan alergi,hal itu juga di sebabkan karena sel kanker yang sudah menyebar.

Baca Juga : 16 Gejala Kanker Usus Yang Perlu Kita Waspadai

5.Keluarnya Cairan Dari Puting

gejala kanker payudara
Image: solopos.com

Gejala kanker payudara yang paling menonjol pada stadium awal,yaitu keluarnya cairan yang mirip dengan susu,namun lebih kental dan keruh,dan di sertai dengan rasa nyeuri dan cairan tersebut mengeluarkan bau amis yang menyengat,hal tersebut terjadi di akibatkan sel kanker yang tumbuh pesat dan menyebar di sekitar payudara.

6.Nyeuri Yang Luar Biasa Pada Payudara

gejala kanker payudara
Image : grid.id

Penderita kanker payudara akan merasakan sakit yang luar biasa pada payudaranya,rasa nyeuri tersebut akan semakin terasa seiring berjalannya waktu,hal tersebut juga di akibatkan karena sel kanker yang sedang berkembang biak untuk mempercepat penyebarannya ke jaringan lainnya.

7.Panas Dingin

gejala kanker payudara
Image : obatpanas.com

Di lansir dari faktakanker.com,suhu badan pada penderita kanker payudara akan mengalami peningkatan,demam tersebut di akibatkan sel kanker yang tumbuh di jaringan payudara sudah tumbuh dan penderita sulit bertahan dengan rasa sakit tersebut dengan kata lain system imunitas penderita sedang tidak stabil.

8.Perubahan Bentuk Payudara

gejala kanker payudara
Image : manado.tribunnews.com

Penderita kanker payudara juga akan mengalami dimana bentuk payudara berubah dan menjadi bentuk yang tidak beraturan,hal tersebut di karenakan sel kanker yang sedang berkembang pesat dan menyebar ke organ disekitarnya.

9.Puting Masuk Kedalam

gejala kanker payudara
Image : newsmedia.co.id

Gejala kanker payudara yang lainnya adalah puting yang masuk kedalam,itu tandanya kanker payudara sudah mulai parah,dan harus segera di tangani.

10.Gatal Yang Tak Tertahankan

gejala kanker payudara
Image : beritahati.com

Rasa gatal yang tidak tertahankan menunjukkan cairan yang menumpuk,fungsi getah bening yang buruk,atau tubuh sedang mencoba membuat pembuluh darah baru untuk tumor payudara.

11.Nyeri Tulang

gejala kanker payudara
Image : arbamedia.com

Bila sel kanker sudah menyebar dan meningkat ke stadium selanjutnya,maka penderita biasanya akan mengalami nyeuri pada tulang.

12.Mual

gejala kanker payudara
Image : alodokter.com

Gejala kanker payudara selanjutnya adalah mengalami rasa mual dan ingin muntah,itu juga di sebabkan karena sel kanker yang sedang tumbuh dan mencoba menyebar ke organ sekitar payudara,mual juga dapat disebabkan oleh efek terapi penyembuhan.

13.Kehilangan Nafsu Makan

gejala kanker payudara
Image : alodokter.com

Kehilangan nafsu makan pada penderita kanker payudara di akibatkan karena rasa mual yang di alami penderita yang disebabkan sel kanker yang sudah menyebar dan efek dari terapi penyembuhan.

14.Berat Badan Menurun

gejala kanker payudara
Image : news.rambler.ru

Penurunan berat badan pada penderita kanker payudara di sebabkan karena berkurangnya nafsu makan si penderita,yang disebabkan karena rasa nyeuri dan mual.

15.Sesak Nafas

gejala kanker payudara
Image : weziwezi.com

Sesak nafas pada penderita kanker payudara di akibatkan karena sel kanker sudah tumbuh pesat dan sudah menyebar ke organ lainnya,yang menyebabkan terganggunya sistem pernafasan.

16.Sakit Kepala

gejala kanker payudara
Image : solopos.com

Gejala kanker payudara selanjutnya adalah sakit kepala yang mengganggu,itu juga karena sel kanker sudah menyebar ke organ lainnya,sakit kepala juga bisa disebabkan karena efek dari terapi penyembuhan.

17.Batuk

gejala kanker payudara
Image : netralnews.com

Gejala kanker payudara lainnya adalah batuk yang terjadi terus menerus,hal itu di sebabkan karena sel kanker yang sudah mulai menyebar ke organ lainnya.

18.Susah Tidur

gejala kanker payudara
Image : meramuda.com

Penderita kanker payudara juga biasanya mengalami susah tidur atau insomnia,hal tersebut di karenakan rasa sakit yang luar biasa yang menyiksa dan mengganggu,hingga menyebabkan tidak bisa tidur.

19.Melemahnya Otot

gejala kanker payudara
Image : insanmedika.co.id

Gejala kanker payudara selanjutnya adalah melemahnya otot,itu tandanya sel kanker sudah menyebar kebagian tubuh lainnya,yang menyebabkan melemahnya otot.

20.Kehilangan Energi

gejala kanker payudara
Image : penyembuhanalternatif123.com

Gejala kanker payudara lainnya adalah mudah merasa lelah dan lesu dan tidak bertenaga,hal tersebut di akibatkan karena berkurangnya nafsu makan si penderita dan juga efek dari berbagai terapi penyembuhan.

21.Nyeri Punggung

gejala kanker payudara
Image : vebma.com

Gejala kanker payudara lainnya yaitu nyeuri punggung yang tak kunjung mereda,sakit punggung tersebut di akibatkan karena tumor ganas tumbuh dan mendorong saraf serta ligamen.

Baca Juga

Tinggalkan Komentar jika anda pernah kesini:

Tidak ada review,jadilah yang pertama.