16 Efek Samping Pil KB Bagi Wanita yang Perlu Diwaspadai
Ada banyak sekali metode kontrasepsi yang bisa digunakan untuk mencegah kehamilan, salah satu yang paling banyak digunakan adalah pil KB. Disamping kegunaannya yang sudah terbukti efektif, namun efek samping yang ditimbulkan juga harus diwaspadai.

Kata.co.id - Penggunaan pil KB adalah salah satu pilihan kontrasepsi yang aman bagi wanita. Tingkat efektifitas pil Kb sendiri mencapai 99% jika dikonsumsi secara tepat. Namun, dibalik efektifitasnya yang tinggi, pil Kb ternyata memiliki beberapa efek samping bagi kesehatan pengguna, terutama bagi wanita yang baru pertama kali menggunakan pil Kb. Apa saja efek sampingnya? Mari kita simak uraian selengkapnya.

1. Sakit Kepala

Efek Samping Pil KB 1
Sakit kepala

Efek samping pil KB yang paling sering dirasakan oleh pengguna adalah sakit kepala, terutama bagi yang memiliki riwayat migrain sebelumnya. Penyebabnya adalah turunnya kadar estrogen dalam tubuh wanita karena mengonsumsi Pil KB jenis tertentu. Rasa sakit pada kepala bisa semaki meningkat dan bisa juga menghilang setelah beradapatasi beberapa waktu. 

2. Mual

Efek Samping Pil KB 2
Mual

Pada tahap awal, konsumsi pil KB bisa menyebabkan mual pada sebagian pengguna. Rasa mual tersebut disebabkan oleh kadar estrogen yang semakin meningkat sehingga mempengaruhi kenaikan asam lambung. Untuk mengatasinya, pengguna disarankan untuk mengonsumsi pil KB sebelum tidur.

3. Pendarahan Diluar Menstruasi

Efek Samping Pil KB 3
Pendarahan diluar menstruasi

Efek samping lainnya yang mungkin terjadi selama penggunaan pil Kb ialah terjadinya pendarahan diluar siklus menstruasi. Hal ini disebabkan oleh perubahan hormon yang mengakibatkan lapisan endometrium menjadi rentan dan rapuh, sehingga kerap mengeluarkan flek. Infeksi bakteri juga menjadi salah satu penyebabnya, hal ini ditandai dengan terjadinya perdarahan lebih dari 5 kali dalam sehari.

4. Bengkak Pada Payudara

Efek Samping Pil KB 4
Bengkak pada payudara

Saat mengonsumsi pil KB, pengguna biasanya akan mengalami bengkak pada payudara seperti pada waktu menjelang menstruasi atau menyusui. Sama seperti sebelumnya, efek tersebut disebabkan oleh perubahan hormon. Rasa nyeri bisa diredakan dengan mengonsumsi kopi yang diberi sedikit garam. Jika nyeri dirasa semakin parah, segeralah berkonsultasi untuk mencegah hal fatal yang mungkin terjadi. 

5. Terjadi Pembekuan Darah

Efek Samping Pil KB 5
Pembekuan darah

Pembekuan darah akibat mengonsumsi pil KB sangat jarang terjadi. Berdasarkan penelitian, efek samping tersebut hanya terjadi sekitar 0,3%. Pembekuan darah juga dapat menjadi indikasi penyakit yang serius jika terjadi dalam jangka waktu yang lama. 

6. Kenaikan Berat Badan

Efek Samping Pil KB 5
Kenaikan berat badan

Kandungan estrogen yang cukup tinggi pada pil KB dapat memicu kenaikan berat badan yang cukup drastis pada pengguna. Namun kondisi seperti ini biasanya hanya berlangsung sementara saja sebagai bentuk penyesuaian tubuh terhadap perubahan hormon yang membuat nafsu makan semakin meningkat. 

7. Perubahan Mood

Efek Samping Pil KB 7
Perubahan mood

Perubahan mood atau suasana hati juga kerap terjadi pada wanita yang mengonsumsi pil KB. Neurotransmitter didalam otak yang tidak seimbang akibat hormon sintetis yang terkandung dalam pil KB akan mengganggu suasana hati sehingga menjadi lebih mudah emosi, sering lupa, sensitif bahkan depresi. 

8. Infeksi Jamur

Efek Samping Pil KB 8
Infeksi jamur

Penggunaan pil KB dapat meningkatkan risiko terkena infeksi jamur pada pengguna. Saat kadar estrogen yang rendah maka akan berpengaruh pada keseimbangan hormon progesteron dan estrogen sehingga dapat menyebabkan infeksi jamur. Gejala yang ditimbulkan diantaranya rasa nyeri, gatal, nyeri, panas dan bisa iritasi.

BACA JUGA: 21 Cara Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi yang Terbukti Mujarab

9. Mengalami Gangguan Mata

Efek Samping Pil KB 9
Mengalami gangguan mata

Efek samping yang satu ini termasuk jarang terjadi bagi pengguna pil KB. Gangguan mata biasanya hanya terjadi pada wanita yang sering menggunakan kacamata dan lensa kontak. Perubahan hormonal akibat mengonsumsi pil KB dapat menyebabkan retensi cairan pada kornea mata. Bagi penderita rabun mata sebaiknya hindari penggunaan pil KB dalam jangka waktu yang lama karena dapat menyebabkan kerusakan saraf optik.

10. Gairah Seks Menurun

Efek Samping Pil KB 10
Gairah seks menurun

Efek samping berikutnya yang bisa timbul karena mengonsumsi Pil KB adalah penurunan gairah berhubungan intim. Hal tersebut disebabkan oleh hormon dalam pil KB yang berfungsi mencegah terjadinya pembuahan. Pil KB juga menghentikan produksi hormon testosteron. Perlu diketahui, kondisi seperti ini dapat berlangsung selama 3-4 bulan.

11. Bengkak Pada Kaki dan Paha

Efek Samping Pil KB 11
Kaki bengkak

Saat mengonsumsi Pil KB, bagian kaki dan paha akan terasa nyeri dan kemudian membengkak. Pembengkakan dapat diatasi dengan merendam kaki dengan air hangat yang telah dicampur dengan air garam. Kondisi seperti ini biasanya akan berangsur menghilang setelah beberapa minggu pemakaian pil KB.

12. Nyeri Perut

Efek Samping Pil KB 12
Nyeri perut

Pada pengguna pil KB jangka panjang, nyeri perut sangat sering terjadi. Nyeri perut masih dianggap wajar jika tidak sampai menyerang ulu hati. Jika sampai muntah dan sakit pada tulang bagian belakang, maka pengguna pil KB harus segera memeriksakan diri pada ahli medis.

13. Terjadi Komplikasi

Efek Samping Pil KB
Terjadi komplikasi

Komplikasi saat menggunakan pil KB bisa terjadi jika pengguna memiliki riwayat penyakit kronis seperti diabetes, depresi penyakit jantung, ataupun kolesterol tinggi. Perubahan hormon yang terus menerus menyebabkan kondisi berlanjut sampai kurang lebih tiga bulan. Jadi segeralah berkonsultasi pada ahli medis dokter sebelum berakibat fatal.

14. Bercak Cokelat Pada Kulit

Efek Samping Pil KB
Bercak pada kulit

Penggunaan pil KB juga membawa efek samping terhadap kulit. Sebagaian besar wanita yang mengonsumsi pil KB kerao mengalami bercak coklat pada kulit bagian kulit wajah. Hal ini biasanya terjadi karena dosis obat yang terlalu banyak atau kurang tepat. Untuk mengatasinya, anda bisa berkonsultasi pada dokter agar bisa menentukan jenis pil KB yang tepat dan cocok untuk anda. 

15. Sensitivitas Matahari

Efek Samping Pil KB
Sensitivitas terhadap matahari

Efek lain pada kulit yang bisa disebabkan oleh pil KB juga ialah menjadi rentan terhadap sinar matahari. Sebagai akibatnya, kulit yang sering terpapar sinar matahari akan berubah warna menjadi lebih gelap. Kondisi seperti ini sering dikenal dengan melasma. Melasma sendiri  biasanya berupa bercak hitam yang sering muncul pada dahi, pipi, hidung, dahi, dan bibir,

16. Nyeri Dada

Efek Samping Pil KB
Nyeri dada

Bagi wanita yang baru mulai mengonsumsi pil KB, kerapkali mengalami nyeri di bagian dada bahkan sesak nafas. Kondisi seperti ini biasanya hanya terjadi dua minggu awal penggunaan, jika nyeri terus berlanjut dan bertambah parah, maka segera konsultasikan pada ahli medis untuk memilih metode kontrasepsi yang tepat.

Loading...

Baca Juga