12 Dampak Buruk Tidur Dengan Anjing
Meski dapat mendekatkan diri dengan Anjing peliharaan namun nyatanya tidur bersama Anjing memiliki dampak buruk bagi kesehatan manusia. Simak ulasan mengenai 12 dampak buruk tidur dengan anjing bagi kesehatan berikut ini.

Banyak orang yang menganggap Anjing adalah sahabat terbaik dan layak untuk diajak tidur dalam satu tempat tanpa mengetahui dengan benar bahaya yang sedang mengintai mereka. Berikut ini adalah dampak buruk tidur bersama anjing.

1) Menyebabkan Radang Selaput Otak

12 Dampak Buruk Tidur Dengan Anjing
Menyebabkan Radang Selaput Otak

Bakteri meningococus yang merupakan salah satu penyebab meningitis terkandung pada air liur anjing. Meningitis sering juga disebut sebagai kelainan selaput otak pada manusia. Radang selaput otak mudah muncul saat seseorang sering tidur dengan anjing peliharaannya dalam satu ranjang dan melakukan kontak langsung seperti mencium anjing pada bagian mulut dan hidungnya dimana air liur anjing biasanya berada.

Radang selaput otak tidak langsung terdeteksi dalam jangka waktu sehari atau sebulan. Namun Radang selaput otak akan akan bereaksi dalam waktu beberapa bulan kedepan. Radang selaput otak dapat menyebabkan kerusakan saraf. Penyakit ini diawali dengan kelumpuhan pada separuh bagian tubuh dan berakhir dengan kelumpuhan permanen bagian tubuh.

2) Gangguan Kesehatan Janin

12 Dampak Buruk Tidur Dengan Anjing
Gangguan Kesehatan Pada Janin

Virus Toxoplasma yang terdapat pada liur, bulu dan kotoran anjing sering menyerang wanita yang tengah hamil. Virus ini dapat menggangu kesehatan janin dan menyebabkan Infeksi serius pada orga janin yang belum terbentuk secara sempurna. Virus Toxoplasma dapat masuk melalui rongga mulut wanita hamil yang tidur dengan anjing dalam satu ranjang. Virus akan masuk kedalam jaringan tubuh lain hingga mencapai plasenta janin. Janin yang terinfeksi memiliki kemungkinan lahir dalam kondisi cacat atau bahkan wanita hamil akan mengalami keguguran saat usia kehamilannya kurang dari 2 bulan.

3) Meningkatkan Resiko Terkena Kanker Payudara

12 Dampak Buruk Tidur Dengan Anjing
Meningkatkan Resiko Terkena Kanker Payudara

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ahli virus di universitas Munich menghasilkan kesimpulan bahwa sebanyak 79,7 % penyebab kanker payudara disebabkan oleh seringnya melakukan kontak langsung dengan anjing. Kontak langsung seperti tidur bersama dalam satu ranjang dengan Anjing tentu akan meningkatkan potensi timbulnya kaker payudara pada wanita. Kanker payudara dapat disebabkan oleh mammary tumor virus yang ada pada anjing.

4) Diare

12 Dampak Buruk Tidur Dengan Anjing
Diare

Anjing sebenarnya membawa parasit berupa larva cacing dalam tubuhnya. Parasit cacing itu dapat berpindah ke manusia melalui jilatan lidah Anjing. Jika terus terpapar jilatan lidah Anjing, maka manusia dapat mengalami diare berkepanjangan. Hal ini terjadi karena parasit cacing tersebut melukai menggangu organ usus dan melukai jaringan perut.

5) Penyakit Lyme

12 Dampak Buruk Tidur Dengan Anjing
Penyakit Lyme

Pada bulu Anjing terdapat telur dan kutu jenis Ixodes yang dapat berpindah ketubuh manusia. Perpindahan in isering terjadi pada saat terjadi kontak langsung dengan Anjing. ketika Pemilik tidur bersama Anjing dalam satu ranjang. Maka potensi perpindahan ini semakin besar. Salah satu gejalanya adalah rasa gatal dan ruam pada permukaan kulit yang akan berlanjut pada tahap iritas I danperadangan hingga menimbulkan demam tinggi.

6) Asma

12 Dampak Buruk Tidur Dengan Anjing
Asma

Bagi penderita asma disarankan untuk tidak memlihara anjing. Hal ini untuk mencegah kambuhnya asma yang diderita. Bulu – bulu anjing rentan menjadi penyebab asma ketika masuk ke dalam hidung dan mengganggu sistem pernapasan. Dalam kondisi tidur pulas pemilik anjing tidak akan dapat menghalau masuknya bulu bulu anjing ke dalam rongga hidung, hal ini dapat membahayakan pernapasan.

7) Gangguan Pencernaan

12 Dampak Buruk Tidur Dengan Anjing
Gangguan Pencernaan

Anjing yang bermain - main di lingkungan kotor, dalam tubuhnya akan terdapat bakteri Campylobacteriosis yang dapat menempel pada semua benda didalam rumah seperti meja, kursi, tempat tidur, alat memasak, serta mainan anak - anak. Jika bakteri ini masuk kedalam tubuh maka akan menimbulkan gangguan pada saluran pencernaan dan dapat menyebabkan mual, demam tinggi, hingga Muntah.

8) Penyakit Infeksi Kulit

12 Dampak Buruk Tidur Dengan Anjing
Penyakit Infeksi Kulit

Anjing yang terinfeksi penyakit kulit scabies dan jenis penyakit dermatophytosis dapat menularkan bakterinya kepermukaan kulit manusia yang tidur bersamanya. Bakteri ini nantinya akan menyebabkan infeksi kulit serius. Infeksi kulit tersebut bukan hanya ruam kemerahan dan gatal biasa namun infeksi tersebut dapat menyebabkan permukaan kulit menjadi luka. Biasanya terasa sangat gatal dan memiliki bentuk seperti lingkaran.

Hal ini kerap terjadi pada pemilik Anjing yang tidak peka terhadap kesehatan hewan, sehingga penyakit kulit seperti scabies luput dari pengawasan dan membuat pemiliknya mengalami penularan. Segera konsultasi pada dokter jika Anda menemukan gejala infeksi pada kulit setelah tidur dengan Anjing peliharaan.

9) Menyebabkan Insomnia

12 Dampak Buruk Tidur Dengan Anjing
Menyebabkan Insomnia

Anjing memeiliki kecenderung selalu aktif mengajak majikannya terus berinteraksi meskipun sang pemilik telah mengantuk. Hal in imembuat pemilik mengalami kesulitan tidur karena akan sering terganggu dengan aktifitas Anjing.Perilaku Anjing yang tiba – tiba menggonggong pada tengah malam juga dapat membuat pemilik menjadi stress.

10) Penyakit Kudis

12 Dampak Buruk Tidur Dengan Anjing
Penyakit Kudis

Terlalu sering melaukan kontak langsung dengan Anjing peliharaan apalagi tidur bersama dalam satu ranjang akan membuat tengau pada bulu anjing berpindah ke tubuh manusia dan dapat menyebabkan penyakit kudis.

11) Pembengkakan Kelenjar Limpa

12 Dampak Buruk Tidur Dengan Anjing
Pembengkakan kelenjar Limpa

Anjing yang terkena cacing toxocaracanis dapat menularkan cacing tersebut melalui kontak langsung dengan manusia. Dan kemungkinan ini akan semakin besar jika sang pemilik kerap tidur bersama Anjing dalam satu ranjang. Apabila telur cacing Toxocaracanis masuk ke dalam tubuh manusia akan menyebabkan pembengkakan kelenjar limpa dan penurunan kesadaran pada manusia.

12) Rabies

12 Dampak Buruk Tidur Dengan Anjing
Rabies

Anjing yang telah terinfeksi virus lyssaviruses atau rabies kadang tidak langsung menunjukkan gejala penyakit tersebut. Namun mekipun belum menunjukkan gejala bukan berarti Anjing tersebut tidak dapat menularkan penyakit rabies. Jika Anjing tiba - tiba menggigit saat Anda tengah tidur bersama. Segeralah periksa ke dokter untuk menghindari dari penularan penyakit rabies, karena penyakit ini menular melalui gigitan.

Demikianlah ulasan mengenai 12 dampak buruk tidur dengan anjing bagi kesehatan manusia. Semoga bermanfaat

Baca Juga