15 Ciri Ciri Kucing Sakit Yang Perlu diwaspadai
Kematian hewan peliharan adalah perpisahan yang menyedihkan, kematian hewan peliharaan terjadi terutama karena sakit. Sebelum terlambat, Pemilik kucing harus mewaspadai 15 ciri - ciri kucing sakit. Apa saja ciri -ciri tersebut?

Kematian hewan peliharaan mungkin tidak akan pernah bisa dihalang halangi, namun jika masih ada sedikit harapan untuk menyelamatkan, kenapa tidak dilakukan? Biasanya kematian pada hewan peliharaan , termasuk kucing terjadi akibat pemilik tidak menyadari bahwa hewan peliharaannya tengah sakit. Untuk itu, pemilik kucing harus mengetahui apa saja ciri ciri yang mengindikasikan hewan peliharaannya tengah dalam kondisi sakit. Berikut ini adalah beberapa ciri ciri kucing sakit yang perlu diwaspadai.

1) Kucing Menjadi Pendiam

15 Ciri Ciri Kucing Sakit Yang Perlu Diwaspadai
Kucing Menjadi Pendiam

Perubahan pada kesehatan dan metabolisme tubuh kucing akan merubah juga karakteristik kucing. Perubahan ini biasanya membuat si kucing menjadi lebih pendiam dari biasanya. Jika terjadi perubahan tiba tiba pada diri kucing segera konsultasikan hal tersebut pada dokter hewan.

2) Kucing Mengasingkan Diri

15 Ciri Ciri Kucing Sakit Yang Perlu Diwaspadai
Kucing Mengasingkan Diri

Kucing memiliki insting alamiah untuk mengasingkan diri jika kondisi tubuhnya sekarat. Hal ini dilakukan agar dirinya tidak mudah ditangkap atau dikejar predator, meskipun kucing tersebut merupakan kucing rumahan yang sudah lama menjadi hewan peliharaan, insting ini masih melekat pada diri kucing. Ketika kucing mengasingkan diri, hal ini dapat dijadikan indikator bahwa si kucing tengah sekarat. Jika Kucing berperilaku aneh dan menghilang, Pemilik dapat mencarinya ke loteng, kolong tempat tidur, atau tempat gelap yang sulit dijangkau lainnya

3) Nafsu Makan Berkurang

15 Ciri Ciri Kucing Sakit Yang Perlu Diwaspadai
Nafsu makan Berkurang

Kucing yang tengah dalam kondisi sekarat akan mengalami perasaan enggan untuk makan. Meskipun pemilik sudah mencoba memberikan berbagai jenis makanan, mulai dari yang disukainya hingga makanan yang sudah diberi lemak, kucing tetap enggan untuk makan, segeralah untuk membawanya ke doter hewan untuk mendapatkan pertolongan terbaik.

4) Pola Napas Berubah

15 Ciri Ciri Kucing Sakit Yang Perlu Diwaspadai
Pola Napas Berubah

Pola napas yang biasanya normal, akan berubah drastis sesuai dengan kondisi tubuh dan metabolisme si kucing. Jika kondisi tubuhnya melemah, pola napas juga akan ikut berubah. Pola napas ini akan mudah terlihat jika pemilik peka dan lebih perhatan mengamati kondisi tubuh kucing.

Baca Juga : 15 Cara Merawat Anak kucing yang Baik dan Benar Untuk Pemula

5) Detak Jantung Kucing Melemah

15 Ciri Ciri Kucing Sakit Yang Perlu Diwaspadai
Detak Jantung Kucing Melemah

Melemahnya detak jantung kucing menandakan bahwa kucing tersebut tengah dalam kondisi sakit. Detak jantung normal pada hewan kucing adalah sekitar 140 hingga 220 detak/menit.

6) Kucing Tidak bersemangat Untuk Beraktifitas

15 Ciri Ciri Kucing Sakit Yang Perlu Diwaspadai
Kucing Tidak bersemangat Untuk Beraktifitas

Ketika organ dalam tubuh kucing mulai melemah, maka keinginan kucing untuk melakukan aktifitas pun mulai berkurang. Jadikan ini indikator awal penurunan tingkat kesehatan kucing.

7) Kucing Kesulitan Buang Air Besar Pada Tempatnya

15 Ciri Ciri Kucing Sakit Yang Perlu Diwaspadai
Kucing Kesulitan Buang Air Besar Pada Tempatnya

Kondisi kesehatan yang menurun akan membuat kucing peliharaan akan mengalami keslitandalam melakukan buang air besar. Jika biasanya kucing selalu buang air besar pada kotak berpasir, maka kucing yang tengah sekarat akan membuang kotoran dimana pun ia bisa,hal ini karena kondisi tubuhnya tidak lagi mampu untuk melakukan aktifitas berat seperti berjalan menuju kotak pasir.

8) Kucing Mengalami Kesulitan Berjalan

15 Ciri Ciri Kucing Sakit Yang Perlu Diwaspadai
Kucing Mengalami Kesulitan Berjalan

Melemahnya organ didalam tubuh kucing akan membuat kucing mengalami kesulitan untuk berjalan. Jika kucing memaksakan diri untuk mencapai suatu tempat, cara berjalan kucing akan nampak seperti sedang sempoyongan.

9) Kucing Menjadi Mudah Gelisah

15 Ciri Ciri Kucing Sakit Yang Perlu Diwaspadai
Kucing Menjadi Mudah Gelisah

Meski sudah diberikan tempat khusus, dan diberi perlindungan, namun kucing yang sedang sekarat akan tetap terus merasa gelisah,karena organ di dalam tubuhnya mulai melemah. Kegelisahan kucing ini jangan dianggap sepele, mungkin saja kondisi kucing masih dapat ditolong, maka segeralah konsultasikan kegelisahan kucing ini ke dokter hewan.

10) Nafas Kucing yang Mulai Tidak Beraturan

15 Ciri Ciri Kucing Sakit Yang Perlu Diwaspadai
Nafas Kucing yang Mulai Tidak Beraturan

Kondisi tubuh yang sekarat, tentu akan mempengaruhi kinerja paru paru, kinerja paru paru yang melemah akan membuat pasokan oksigen berkurang, karena itu kucing akan bernapas dengan cepat untuk memperbanyak pasokan oksigen di dalam tubuh.

11) Kucing Lebih Banyak Istirahat

Kondisi tubuh yang mulai melemah akan membuat kucing lebih banyak menghabiskan waktu untuk istirahat. Jika Pemilik memergoki kondisi kucing yang lebih banyak menghabiskan waktu untuk intirahat lebih lama dari biasanya, Pemilik dapat memeriksa kondisi kucing dan jika menemukan kondisi yang tak biasa, segera hubungi dokter hewan.

12) Penurunan Suhu Tubuh

15 Ciri Ciri Kucing Sakit Yang Perlu Diwaspadai
Penurunan Suhu Tubuh

Normalnya suhu tubuh kucing adalah sekitar 37 hingga 39 derajat celcius. Penurunan kinerja jantung akan membuat suhu tubuh kucing menurun. Dan penurunan suhu tubuh yang perlahan ini biasanya akan berakhir dengan kematian. Untuk itu, jika tubuh kucing mengalami penurunan suhu yang signifikan, segera konsultasikan ke dokter hewan. Jangan sepelekan penurunan suhu pada tubuh kucing.

13) Kucing Mengeluarkan Bau Tidak Enak

15 Ciri Ciri Kucing Sakit Yang Perlu Diwaspadai
Kucing Mengeluarkan Bau Tidak Enak

Saat Organ di dalam tubuh kucing melemah, maka kucing akan mengeluarkan bau yang tidak sedap. Tingkat bau ini akan semakin tak sedap seiring berjalannya waktu. Bau tak sedap ini juga dapat menjadi indikator bahwa kondisi kesehatan kucing tidak baik. Jika sepat bawa kucing ke dokter hewan.

14) Kucing Memuntahkan Kembali Makanannya

15 Ciri Ciri Kucing Sakit Yang Perlu Diwaspadai
Kucing Memuntahkan Kembali Makanannya

Kondisi buruk pada organ tubuh akan membuat kucing, baik disengaja ataupun tidak disengaja memuntahkan kembali makanannya. Kondisi ini tentu akan memperburuk keadaan kucing yang sudah lemas karena kesehatan yang buruk menjadi tambah lemas karena tidak ada asupan makanan yang masuk.

15) Kucing Mengerang kesakitan Saat salah Satu bagian Tubuhnya Disentuh

15 Ciri Ciri Kucing Sakit Yang Perlu Diwaspadai
Kucing Mengerang kesakitan Saat salah Satu bagian Tubuhnya Disentuh

Kucing yang kondisi tubuhnya memburuk biasanya akan merasa nyeri pada salah satu bagian tubuhnya ketika disentuh oleh pemilik. Rasa nyeri ini ditandai dengan tangisan atau jeritan dari kucing. Jika memungkinkan konsultasikan hal ini ke dokter hewan.

Demikian 15 ciri - ciri kucing sakit yang perlu diwaspadai.

Baca Juga