15 Cara Mengobati Diabetes Secara Alami
Penyakit diabetes atau yang biasanya disebut sebagai penyakit gula darah termasuk salah satu penyakit yang berbahaya. Semakin hari semakin bertambah banyak orang yang menderita diabetes. Jika tidak diobati, diabetes akan bertambah parah dan berakibat fatal bagi tubuh. Simak 15 cara mengobati diabetes berikut ini.

Diabetes merupakan penyakit yang disebabkan oleh kadar gula darah yang terlalu tinggi. Jika tidak diobati, penyakit ini bisa berakibat fatal bagi kesehatan, seperti mengakibatkan gangguan pendengaran, kerusakan ginjal, penyakit jantung, dan lain sebagainya.

Karena itulah, ada baiknya bila diabetes segera diobati sebelum bertambah parah. Berikut ini adalah 15 cara mengobati diabetes secara alami yang bisa kamu lakukan untuk menurunkan kadar gula dalam darah.

1. Minum Jus Lidah Buaya

15 Cara Mengobati Diabetes Secara Alami
Minum Jus Lidah Buaya

Sebuah penelitian telah membuktikan bahwa jus lidah buaya sangat bermanfaat bagi penderita diabetes. Karena jus lidah buaya dapat memperbaiki kadar glukosa yang ada pada darah. Selain itu, lidah buaya juga dapat menurunkan lemak / molekul lipid darah pada penderita diabetes. Bahkan, lidah buaya juga dapat membantu menyembuhkan luka dan mengurangi bengkak, yang disebabkan oleh komplikasi diabetes.

2. Gunakan Lemon

15 Cara Mengobati Diabetes Secara Alami
Gunakan Lemon

Lemon termasuk buah yang sangat bermanfaat bagi para penderita diabetes. Di dalam lemon, terdapat banyak kandungan serat larut dan vitamin C. Serat larut berguna dalam mengurangi gula darah, menjaga tekanan darah serta menjaga kadar kolestrol. Sedangkan vitamin C dapat memperbaiki resistensi insulin dan menurunkan kadar glukosa pada darah.

3. Gunakan Kunyit

15 Cara Mengobati Diabetes Secara Alami
Gunakan Kunyit

Kunyit dapat membantu kinerja pankreas, mengatur dan menyeimbangkan kadar insulin, serta mencegah resistensi insulin dalam tubuh penderita diabetes. Sebuah studi bahkan menunjukkan kalau kunyit dapat mencegah diabetes dan memperbaiki sel-sel beta pankreas yang rusak.

4. Minum Teh Hijau

15 Cara Mengobati Diabetes Secara Alami
Minum Teh Hijau

Di dalam teh hijau, terdapat antioksidan polifenol tinggi. Antioksidan ini membantu pelepasan zat glukosa dari makanan dan meningkatkan efisiensi dalam penggunaan insulin. Karena itulah, jenis teh ini sangat bagus untuk penderita diabetes.

Teh hijau ini juga dapat menjadi salah satu minuman untuk mencegah diabetes. Sebuah penelitian telah membuktikan kalau mengonsumsi enam atau lebih cangkir teh hijau setiap hari akan mengurangi kemungkinan terkena diabetes sekitar 33 persen.

5. Konsumsi Kayu Manis

15 Cara Mengobati Diabetes Secara Alami
Konsumsi Kayu Manis

Sama seperti jus lidah buaya, kayu manis juga dapat menurunkan kadar glusa darah. Tapi ingat, konsumsilah kayu manis dalam bentuk murni (kayu manis keylon). Hal ini dilakukan agar kamu terhindar dari senyawa kuman beracun yang seringkali ditemukan pada kayu manis biasa.

6. Kontrol Asupan Makanan

15 Cara Mengobati Diabetes Secara Alami
Kontrol Asupan Makanan

Penderita diabetes tipe 1 dan 2 perlu mengubah pola makannya. Mereka perlu mengatur jenis makanan, waktu makan, serta jumlah porsi makan yang akan mereka konsumsi. Akan lebih baik jika penderita diabetes melakukan diet yang memang direncanakan khusus untuk perawatan diabetes. Cara ini akan membantu dalam mengurangi komplikasi dan sejumlah resiko buruk.

7. Kontrol Aktivitas Fisik

15 Cara Mengobati Diabetes Secara Alami
Kontrol Aktivitas Fisik

Diabetes biasanya akan mengakibatkan berbagai penyakit komplikasi, seperti stroke, serangan jantung, atau hipertensi. Karena itulah, ada baiknya bila penderita diabetes melakukan olahraga ringan sekitar 30 menit setiap harinya. 

Baca Juga: 15 Cara Menghilangkan Rasa Ngantuk yang Paling Efektif

8. Akupuntur

15 Cara Mengobati Diabetes Secara Alami
Akupuntur

Jenis perawatan yang dilakukan dengan cara menusuk jarum ke bagian tubuh tertentu ini dapat mengurangi rasa sakit akibat diabetes. Akupuntur juga dapat mengatasi masalah syaraf yang sering terjadi pada para penderita diabetes. Pengobatan ini juga disebut-sebut dapat mengatasi kadar gula darah yang di atas tingkat kewajaran.

9. Minum Ramuan Ginseng

15 Cara Mengobati Diabetes Secara Alami
Minum Ramuan Ginseng

Di China, ginseng seringkali digunakan sebagai obat untuk mengobati diabetes secara alami. Karena ramuan ginseng terbukti memiliki manfaat bagi penderita diabetes, di antaranya yaitu dapat menurunkan kadar gula darah secara efektif. 

10. Konsumsi Makanan yang Mengandung Magnesium

15 Cara Mengobati Diabetes Secara Alami
Konsumsi Makanan yang Mengandung Magnesium

Kekurangan magnesium hanya akan membuat kondisi penderita diabetes semakin parah, karena bisa meningkatkan kadar glukosa dalam darah. Tak hanya itu, kekurangan magnesium juga dapat mengganggu kinerja dari pankreas dalam memproduksi insulin. 

Karena itulah, penderita diabetes biasanya dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung magnesium. Contohnya seperti aneka sayuran berwarna hijau, kacang-kacangan, dan juga biji-bijian. Akan tetapi, cara ini hanya efektif untuk penderita diabetes tipe 2.

11. Minum Ramuan Jahe

15 Cara Mengobati Diabetes Secara Alami
Minum Ramuan Jahe

Jahe juga merupakan salah satu obat tradisional untuk penderita diabetes. Kandungan dalam jahe dapat mengontrol kadar gula dalam darah, serta meningkatkan penyerapan gula dalam darah ke bagian otot. Caranya adalah ambil jahe segar, dan hancurkan secara kasar. Lalu rebus jahe dan minum air dari rebusan jahe tersebut. 

12. Konsumsi Blueberry

15 Cara Mengobati Diabetes Secara Alami
Konsumsi Blueberry

Buah yang satu ini agak sulit untuk ditemukan, karena termasuk salah satu buah impor. Namun, kamu bisa mendapatkannya di toko buah khusus. Blueberry membantu mengatasi diabetes karena mengandung banyak serat larut yang dapat mengontrol lemak dan mengatur kadar gula dalam darah. 

13. Makan Ikan Salmon

15 Cara Mengobati Diabetes Secara Alami
Makan Ikan Salmon

Ikan salmon memiliki banyak protein yang sangat bagus bagi penderita diabetes. Jenis ikan yang satu ini dapat mengatasi masalah pada pembuluh darah, stroke hingga serangan jantung. Karena itulah, kamu bisa memanfaatkan ikan salmon untuk mengobati diabetes.

Kamu bisa memanggang atau mengolah ikan salmon dengan cara dikukus. Hindari mengolah ikan dengan cara menggoreng.

14. Minyak Zaitun

15 Cara Mengobati Diabetes Secara Alami
Minyak Zaitun

Minyak yang tidak mengandung lemak jenuh ini sangat dianjurkan untuk penderita diabetes. Karena minyak zaitun dapat melindungi tubuh dari berbagai efek kerusakan serta membantu mengatasi masalah penyakit jantung.

15. Buah Mengkudu

15 Cara Mengobati Diabetes Secara Alami
Buah Mengkudu

Buah mengkudu juga bisa membantu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh secara cepat. Karena itulah, buah yang satu ini sangat dianjurkan bagi para penderita diabetes.

Itulah 15 cara mengatasi diabetes secara alami yang dapat kamu lakukan. Perlu diingat kalau efek dari pengobatan ini biasanya berbeda-beda pada setiap orang, tergantung kondisi fisiknya. Semoga artikel ini bermanfaat.

Baca Juga

Tinggalkan Komentar jika anda pernah kesini:

Tidak ada review,jadilah yang pertama.