17 Cara Paling Cepat dan Ampuh Mengobati Mata Bintitan
Bintitan adalah salah satu penyakit kulit yang sering terjadi di Indonesia. Biasanya bintilan menyerang pada salah satu kelopak mata saja. Untuk mengobatinya bisa dengan menggunakan cara alami.

Cara Mengobati Bintitan - Bintitan merupakan salah satu gangguan kesehatan berupa bintil kecil yang menyerang bagian kelopak mata. Walaupun tidak tergolong penyakit berbahaya, namun bintitan juga menimbulkan rasa nyeri dan tentunya membuat seseorang menjadi tidak percaya diri. Untuk mengobatinya bisa dengan melakukan cara cara ampuh berikut ini:

1. Tidak Mengucek Mata

Cara Mengobati Bintitan
Tidak mengucek mata

Ketika bintitan, sebaiknya jangan terlalu sering menggaruk bagian mata, apalagi menguceknya. Hal ini biasanya tidak disadari, tapi diharapkan untuk menghindarinya karena bakteri dapat menyebar dan infeksi dapat menjadi makin serius. Ketika mengucek-ucek mata, ada potensi besar di mana kuman dari mata yang satu akan pindah ke mata yang lain. Proses infeksi pada mata juga bisa memburuk karena digosok, digaruk atau dikucek. 

2. Tidak Menekan Mata

Cara Mengobati Bintitan 2
Tidak menekan mata

Mata yang bintitan tentu akan terlihat membengkak, membesar dan mengganjal, tapi jangan sampai tangan kita yang kotor menyentuh apalagi menekannya. Bintitan bisa lebih parah saat kita menekannya karena infeksi yang terjadi bisa menjadi lebih serius. Supaya cepat sembuh, salah satu cara yang efektif adalah tidak menyentuh maupun menekannya. Pastikan dulu tangan benar-benar bersih sebelum akhirnya bisa menyentuh bagian yang bintitan, tapi jika tak dapat menjamin tangan kita bersih atau tidak, hindari hal ini supaya tak berpotensi makin parah.

3. Mengistirahatkan Mata

Cara Mengobati Bintitan 3
Mengistirahatkan mata

Ketika bintitan, sangat disarankan agar tidak melakukan kegiatan apapun yang bisa membuat mata merasa kelelahan, seperti misalnya menggunakan komputer berlama-lama atau membaca buku di tempat dengan cahaya yang kurang. Kelelahan mata bisa menyebabkan bintitan teriritasi sehingga rasa nyeri yang seharusnya sudah membaik justru akan menjadi lebih lama sembuhnya. Lelahnya mata juga bisa meningkatkan risiko infeksi dan inilah alasan mengapa kita perlu mengistirahatkan mata sesering mungkin supaya mata bisa cepat sembuh.

4. Mengompres dengan Air Hangat

Cara Mengobati Bintitan 4
Mengompres dengan air hangat

Pada bagian yang terkena pembengkakan atau bintil, cobalah kelopak mata dikompres menggunakan air hangat. Siapkan waslap yang dalam keadaan bersih, lalu basahi menggunakan air panas. Setelah siap, waslap ini boleh diperas sedikit sebelum kemudian bisa diletakkan di bagian permukaan mata; tutup mata dan taruh di atasnya selama kurang lebih 10 menit, langkah ini bisa dilakukan sehari paling tidak 4 kali.

5. Menggunakan Bawang Putih

Cara Mengobati Bintitan 4
Menggunakan Bawang Putih

Salah satu bumbu dapur ini mampu menyembuhkan bintitan secara alami hanya dengan mengompreskannya ke mata kita. Setelah selesai mengompres dengan air hangat, ambil getah bawang putih yang kemudian bisa dioles ke kelopak mata di mana bintitan berada. Memang hasilnya akan beda dari bahan lainnya karena bawang putih punya efek pedas dan perih, jadi ini bisa menjadi referensi saja bila Anda khawatir dan takut mencoba. 

6. Cuka Sari Apel

Cara Mengobati Bintitan 6
Cuka Sari Apel

Tak banyak yang menyangka cuka sari apel dapat menyembuhkan bintitan. Selain menjadi penurun gejala kolesterol, mengatasi tekanan darah tinggi, dan menjadi solusi dari jenis-jenis penyakit jantung, cuka sari apel akan mampu meredakan nyeri akibat bintitan pada mata.

Campurkan setengah atau satu sendok teh cuka sari apel ke dalam air secukupnya. Lalu air ramuan sederhana inilah yang dapat Anda terapkan pada mata yang bintitan untuk menurunkan rasa sakitnya. Karena mengandung sifat antiseptik dan antibakteri, bintitan bakal dengan cepat dibasmi dan disembuhkan. Gunakan setidaknya sehari 3 kali demi merasakan sendiri perbedaan dan manfaatnya.

7. Menggunakan Kunyit

Cara Mengobati Bintitan
Kuyit

Tanaman obat lainnya yang termasuk sangat mujarab dalam mengatasi banyak penyakit adalah kunyit. Karena di dalam kunyit ini terdapat kandungan anti-inflamasi dan antibakteri, tentu mengambil dan menggunakan kunyit jauh lebih baik dan disarankan ketimbang harus minum obat kimia anti-inflamasi yang terkadang efek sampingnya harus diwaspadai. 

Cara menggunakan kunyit ini cukup gampang, yaitu tinggal menyiapkan seruas kunyit saja yang lalu bisa kita tumbuk hingga lembut, lalu kompreskan ke mata yang terkena bintitan. Lakukan langkah ini secara rutin dan penyembuhan akan lebih cepat terjadi, bahkan bengkak juga mereda dengan sempurna.

8. Mengoles Lidah Buaya

Cara Mengobati Bintitan 8
Lidah Buaya

Seperti yang kita ketahui, khasiat lidah buaya untuk kulit sangat besar. Rupanya lidah buaya juga mampu menyembuhkan bintitan secara alami dan sangat aman untuk dioleskan ke area mata. Seperti biasa, dari tanaman lidah buaya, selalu yang paling dibutuhkan adalah bagian gel atau lendirnya. Anda bisa menerapkan secara langsung gel lidah buaya ke area mata yang bintitan. Biarkan selama beberapa waktu sebelum bisa Anda bilas menggunakan air biasa.

BACA JUGA: 22 Gejala Penyakit Tipes yang Harus Diwaspadai

9. Memanfaatkan Ketumbar

Cara Mengobati Bintitan 9
Ketumbar

Biji ketumbar boleh dipertimbangkan untuk menjadi obat ampuh bagi yang terkena bintitan di mana ini masih termasuk bahan alami yang terpercaya. Ketumbar mengandung antioksidan yang tinggi sehingga segala bakteri yang menyebabkan mata bintitan akan dibasmi.Caranya tak begitu sulit karena kita hanya memerlukan ketumbar 2-4 sendok makan yang direbus di dalam air. Setelah matang, air rebusan inilah yang dimanfaatkan untuk mengompres bagian yang bintitan.

10. Menggunakan Daun Jambu Biji

Cara Mengobati Bintitan 10
Daun Jambu Biji

Bintitan boleh juga ditangani dengan daun jambu biji di mana daun jambu biji ini biasanya mengandung senyawa anti-inflamasi maupun dan antibakteri sehingga peradangan akan dipercepat masa penyembuhannya. Caranya pun tak akan mengambil waktu banyak, hanya dengan menyiapkan daun jambu biji beberapa lembar dan ditumbuk halus. Setelah lembut, bubuhkan tumbukan halus akan daun jambu biji langsung ke kelopak mata yang teriritasi, obat alami ini bakal sangat efektif untuk mengobati dan mengurangi pembengkakan. Otomatis penyebaran pembengkakan pun akan dicegah dengan baik.

11. Daun Sirih

Cara Mengobati Bintitan 11
Daun Sirih

Untuk mengobati bintitan, daun sirih pun mampu memberikan kesembuhan secara alami, yaitu dengan menyediakan daun sirih 1-3 lembar saja. Cucilah lebih dulu beberapa lembar daun sirih tersebut sampai bersih sebelum akhirnya bisa kita campurkan dengan air secukupnya. Rebus sampai mendidih, lalu angkat dan bersabarlah sampai air rebusan dingin. Setelah itu celupkan mata dan kedip-kedipkan pada air rebusan tadi

12. Kentang

Cara Mengobati Bintitan 12
Kentang

Kentang adalah obat sakit mata yang diyakini ampuh, termasuk dalam mengobati bintitan. Caranya tidak pakai sulit karena kita hanya memerlukan sebuah kentang yang sudah dicuci bersih dan dikupas. Selanjutnya, bahan satu ini dapat dihaluskan menggunakan blender atau boleh juga memarutnya. Siapkan juga kain halus yang nantinya akan dipakai untuk membungkus parutan kentang, dari situ parutan kentang yang dibungkus boleh langsung dikompreskan ke bagian mata bintitan. Tempelkan selama kurang lebih 10-15 menit sebelum diangkat dan membilasnya dengan air bersih.

13. Madu

Cara Mengobati Bintitan 13
Madu

Bahan alami lainnya yang patut untuk dipertimbangkan untuk mengatasi bintitan adalah madu. Madu yang murni adalah bahan yang baik dalam mengobati banyak penyakit, baik luar maupun dalam. Untuk bintitan, madu pun bisa dicoba karena sakit mata dapat ditangani secara efektif oleh madu. Hanya dengan madu secukupnya, teteskan di bagian kelopak mata yang diserang bintitan. Menggunakannya sehari sebanyak tiga kali secara rutin akan mempercepat penyembuhan dan Anda tak akan rugi telah mencoba menggunakan bahan ini.

14. Kompres dengan Teh Celup

Cara Mengobati Bintitan 14
Kompres dengan teh celup

Cara mudah lainnya dalam menyembuhkan bintitan adalah dengan menggunakan teh celup, apalagi jika kebetulan kita selesai mengonsumsinya. Kantong teh celup yang telah digunakan sebaiknya tidak dibuang dulu karena bintitan pada dasarnya dapat disembuhkan lebih cepat dengan bahan ini. Kantong teh tadi berfungsi memperkecil peradangan karena teh sendiri juga mengandung antioksidan pada kadar tinggi yang tentunya menjadikan bahan ini terpercaya dalam mengurangi nyeri berikut bintitan.

15. Daun Patikan Kebo

Cara Mengobati Bintitan 15
Daun Patikan Kebo

Pernah mendengar nama tanaman ini atau Anda memilikinya di rumah? Getahnya adalah yang diyakini ampuh dalam mengobati bintitan secara alami. Walau nama tanaman ini termasuk asing di telinga kita, sebenarnya tanaman ini cukup banyak di sekitar lingkungan tempat tinggal kita. Untuk mengobati bintitan, temukan tanaman patikan kebo dan ambil sekitar 2-3 tangkai dan juga getahnya sekitar 2-3 tetes saja. Getah tersebut adalah yang bakal kita pakai dengan meneteskannya ke mata bintitan kita; setidaknya 2-3 tetes sehari 2 kali akan membantu kesembuhan lebih cepat.

16. Air Garam

Cara Mengobati Bintitan 16
Air Garam

Air garam pun tak kalah efektif untuk dijadikan obat bintitan. Kaya akan mineral magnesium, garam mampu meredakan rasa sakit dengan menghancurkan bakteri yang menginvasi mata. Siapkan air panas secukupnya dan tambahkan garam. Solusi dapat diaduk dengan baik dan kain bersih pun dapat Anda celupkan ke dalamnya. Peras lebih dulu dan kompreskan ke bagian mata yang perlu diobati. Tunggu selama maksimal 20 menit untuk hasil terbaik.

17. Membiarkan Sembuh Sendiri

Cara Mengobati Bintitan 17
Membiarkan sembuh sendiri

Jika Anda terlalu malas mencari obat atau meramu dengan bahan-bahan yang disebutkan di atas, tak masalah jika membiarkannya hingga akhirnya bintitan sembuh sendiri. Hanya dalam hitungan hari, bintitan pun akan membuka sendiri dan ada cairan yang keluar dari sana, jadi siapkan lap bersih untuk menyerap cairan tersebut serta untuk membersihkan luka dengan air.

Baca Juga