19 Cara Mengobati Ambeien Secara Alami dan Cepat
Ambeien merupakan penyakit yang cukup berbahaya bila tidak segera diobati dengan cepat dan tepat. Untuk anda yang mungkin saat ini sedang menderita penyakit ambeien. Disarankan untuk tidak terburu-buru mengambil tindakan operasi. Karena dengan cara alami pun anda bisa mengobatinya dengan efektif.

Kata.co.id - Penyakit ambeien adalah penyakit yang terjadi pada pembuluh darah dan menyebabkan pembengkakan pada daerah anus. Ini bisa terjadi karena pada daerah sekitar anus terjadi peningkatan tekanan pembuluh darah yang mengakibatkan terhalangnya aliran darah menuju anus.

Penyakit ambeien ini biasanya terjadi pada orang-orang yang memiliki aktifitas duduk yang lama atau juga pada orang yang sedang mengalami susah buang air besar. Tak hanya itu, bahkan orang yang sering mengangkat beban di tempat kebugaran pun bisa mengalami penyakit ambeien ini.

Dan untuk anda yang sangat suka dengan makanan pedas, mungkin mulai sekarang anda harus mulai mengurangi porsi makanan pedas yang biasa di santap. Sebab salah satu penyebab datangnya penyakit ambeien ini juga berasal dari makanan yang terlalu pedas.

Ada beberapa gejala saat seseorang mengalami yang namanya penyakit ambeien. Gejala-gejalanya seperti gatal pada bagian anus, susah buang air besar, benjolan di anus, dan yang sudah parah biasanya terdapat lendir saat sedang buang air besar.

Nah, sebelum penyakit ambeien anda semakin parah. Tak ada salahnya untuk segera ambil tindakan dan mengobatinya. Namun jangan buru-buru juga untuk mengambil tindakan operasi. Karena dengan cara alami pun anda bisa mengobati penyakit berbahaya ini. Yuk simak 19 cara mengobati penyakit ambeien dengan cepat dan alami berikut ini.

1. Bawang Putih

Cara Mengobati Ambeien dengan Bawang Putih
Bawang putih

Mungkin selama ini anda hanya tahu jika bawang putih hanyalah bumbu dapur biasa yang sering dipakai untuk bumbu masakan. Namun jangan salah, sebab dibalik baunya yag cukup menyengat. Bawang putih memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh. Dan salah satu manfaatnya adalah sebagai obat alami untuk penyakit ambeien yang cukup mujarab.

Caranya adalah dengan menumbuk halus 2 siung bawang putih. Lalu bawang putih yang sudah hancur tersebut bisa langsung ditempelkan pada bagian anus yang terdapat ambeien. Dan untuk medapatkan hasil yang maksimal anda juga bisa membuat jus bawang putih untuk di minum setiap hari. Lakukan cara ini secara rutin agar benjolan ambeien bisa segera hilang.

2. Kulit Manggis

Cara Mengobati Ambeien dengan Kulit Manggis
Kulit Manggis

Bukan rahasia lagi jika buah manggis memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Namun tak hanya buahnya saja yang memiliki khasiat, sebab kulit buah manggis pun memiliki khasiat yang tak kalah hebat.

Salah satunya adalah untuk mengobati penyakit ambeien secara alami. Kandungan-kandungan penting yang terdapat di dalam kulit manggis lah yang berfungsi untuk menghentikan peradangan.

Cara menggunakan kulit manggis untuk obat alami ambeien adalah dengan merebus bagian kulitnya sampai mendidih lalu minum secara rutin setiap hari. Namun sebelum merebusnya, pastikan kulit manggis sudah kering agar mendapatkan hasil yang baik.

3. Tanaman Adas

Cara Mengobati Ambeien dengan Tanaman Adas
Tanaman Adas

Mungkin sebagian dari anda tidak terlalu mengetahui jenis tanaman ini. Sebab tanaman adas ini biasanya hanya tumbuh di daerah pegunungan yang berhawa sejuk. Dan hampir sama dengan cara-cara alami lainnya.

Mengobati penyakit ambeien dengan tanaman adas ini adalah dengan cara direbus. Cukup siapkan 3 sendok teh adas, 10 cm pulasari, dan 5 daun jambu klutuk. Lalu cuci bersih semua bahan tersebut dan hancurkan sampai memar. Kemudian rebus dengan takaran 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas saja. Rutinlah untuk meminum air rebusan tersebut secara rutin 2 kali sehari.

4. Daun Wungu

Cara Mengobati Ambeien dengan Daun Wungu
Daun Wungu

Obat alami lainnya untuk mengobati penyakit ambeien adalah dengan menggunakan daun wungu. Caranya cukup mudah yakni dengan merebus 15 daun wungu , 1 ruas kunyit, gula aren, dan air matang. Rebus dengan takaran 4 gelas sampai tersisa 2 gelas. Minum secara rutin setiap 2 kali sehari pada pagi hari dan malam hari.

5.Minyak Kelapa

Cara Mengobati Ambeien dengan Minyak Kelapa
Minyak Kelapa

Tak hanya bisa digunakan sebagai minyak goreng pada masakan. Minyak kelapa juga termasuk bahan alami yang memiliki banyak khasiat bagi tubuh. Dan salah satunya adalah untuk mengobati penyakit ambeien dari luar dan dalam.

Cara dari luar adalah sebagai obat oles yang bisa anda oleskan setiap hari ke bagian anus yang terdapat ambeien. Sedangkan dari dalam adalah dengan meminum 1 sendok teh minyak kelapa secara rutin setiap hari.

6. Lada Hitam

Cara Mengobati Ambeien dengan Lada Hitam
Lada Hitam

Mungkin tak banyak juga yang tahu jika lada hitam juga berkhasiat untuk obat alami ambeien. Namun jangan salah, sebab lada hitam juga memiliki khasiat penting yang sangat ampuh untuk menyembuhkan penyakit ambeien bahkan yang sudah berdarah sekalipun.

Caranya cukup mudah yakni dengan rutin mengkonsumsi lada hitam di pagi hari saat perut anda sedang kosong. Konsumsilah sebanyak 6 lada hitam setiap hari sampai ambeien sembuh secara total.

7. Perbanyak Minum

Cara Mengobati Ambeien dengan Air Putih
Air Putih

Cara alami dan paling mudah adalah dengan rutin minum air putih setiap hari. Hal ini bisa terjadi karena air mampu untuk mengendalikan proses buang air besar dan juga mengurangi sembelit. Jika selama ini anda terbiasa minum minuman berkafein seperti kopi atau teh. Atau juga minuman beralkohol ada baiknya jika anda segera menguranginya demi untuk bisa segera menghilangkan penyakit ambeien yang sedang diderita.

8. Daun Sosor Bebek

Cara Mengobati Ambeien dengan Daun Sosor Bebek
Daun Sosor Bebek

Daun ini dikenal oleh masyarakat Indonesia sebagai tanaman hias yang bisa tumbuh di mana saja. Namun siapa sangka, jika tanaman berbentuk unik ini juga berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit ambeien.

Caranya, cukup siapkan beberapa lembar daun sosor bebek lalu bersihkan. Jika sudah kering, lalu tumbuk sampai halus. Selanjutnya ambil 1 sendok makan daun sosor bebek yang dihaluskan dan seduh dengan air panas. Aduk sampai merata dan minum selagi panas.

Minumlah ramuan ini secara rutin sebanyak 3 kali sehari. Untuk mengurangi rasa pahitnya, anda bisa menambahkan madu ke dalamnya.

9. Daun Komfrey

Cara Mengobati Ambeien dengan Daun Komfrey
Daun Komfrey

Salah satu daun-daunan yang juga memiliki khasiat untuk obat ambeien adalah daun komfrey. Caranya adalah dengan merebusnya bersama dengan garam. Namun jika daun yang lain diminum air rebusannya. Untuk daun komfrey ini anda bisa menggunakannya sebagai lalapan pada makanan. Namun jika kurang suka dengan lalapan daun komfrey, anda juga bisa merebusnya dan meminumnya seperti cara yang sudah disebutkan di atas.

Baca Juga : 16 Obat Batuk Alami Paling Manjur Untuk Anak

10. Es Batu

Cara Mengobati Ambeien dengan Es Batu
Es Batu

Cara yang cukup simple untuk mengobati penyakit ambeien adalah dengan menggunakan kantong es batu. Caranya adalah dengan menggunakan handuk tipis, lalu taruh beberapa es batu ke dalamnya dan bungkus.

Kemudian oleskan bungkusan es batu tersebut ke bagian anus hingga beberapa menit. Lakukan cara ini secara setiap hari. Namun perlu diingat, jangan langsung menempelkan es batu pada bagian anus yang terdapat ambeien.

11. Tanaman Pegagan

Cara Mengobati Ambeien dengan Tanaman Pegagan
Tanaman pegagan

Tanaman pegagan ini biasanya tumbuh liar di kebun, di sawah, bahkan juga di pekarangan rumah. Selain bisa digunakan sebagai sayuran yang menyehatkan. Tanaman pegagan ini ternyata juga memiliki khasiat ampuh untuk menyembuhkan penyakit ambeien.

Caranya, rebus satu genggam tanaman pegagan dengan sedikit air selama beberapa menit. Jika sudah dingin, anda bisa meminumnya secara rutin setiap 2 kali sehari.

12. Daun Jambu Biji

Cara Mengobati Ambeien dengan Jambu Biji
Jambu Biji

Selain bisa digunakan sebagai obat diare, daun jambu biji juga bisa digunakan sebagai obat alami ambeien. Caranya juga sangat mudah yakni cukup siapkan beberapa lembar daun biji dan pisang batu. Lalu tumbuk keduanya sampai halus. Terakhir peras airnya dan minum.

13. Daun Sirsak

Cara Mengobati Ambeien dengan Daun Sirsak
Daun Sirsak

Sudah bukan rahasia lagi jika daun sirsak merupakan bahan herbal yang sangat ampuh untuk mengobati berbagai penyakit bahkan kanker sekalipun. Namun kali ini anda pun bisa menggunakannya sebagai obat ambeien.

Caranya adalah dengan merebus beberapa lembar daun sirsak bersama dengan air matang. Rebus beberapa menit sampai tersisa 1 gelas. Terakhir, anda bisa meminumnya secara rutin pada pagi hari dan malam hari.

14. Lidah Buaya

Cara Mengobati Ambeien dengan Lidah Buaya
Lidah Buaya

Selain bisa digunakan untuk obat alami untuk menyuburkan rambut. Anda juga bisa menggunakan lidah buaya sebagai obat alami ambeien. Caranya adalah dengan membuat jus lidah buaya. Cukup siapkan beberapa batang lidah buaya yang sudah dibersihkan. Lalu blender sampai halus. Dan jangan lupa untuk meminumnya secara rutin setiap hari.

15. Akar Jeruk Nipis

Cara Mengobati Ambeien dengan Akar Jeruk Nipis
Akar Jeruk Nipis

Salah satu bahan alami lainnya untuk obat penyakit ambeien adalah akar jeruk nipis. Caranya, cukup rebus akar jeruk nipis beserta air sampai mendidih. Jika sudah dingin, lalu saring dan minum secara rutin sampai ambeien sembuh.

16. Bunga Pakoda

Cara Mengobati Ambeien dengan Bunga Pagoda
Bunga Pagoda

Bunga pakoda ini merupakan tanaman hias yang sering sekali ditanam dipekarangan rumah. Namun siapa sangka jika tanaman ini juga cukup ampuh untuk mengobati ambeien. Ini tak mengherankan sebab bunga pakoda memiliki beberapa kandungan penting yang sangat bermanfaat untuk proses penyembuhan ambeien. Caranya cukup rebus bunga pakoda dan minum setiap hari.

17. Akar Kangkung

Cara Mengobati Ambeien dengan Akar Kangkung
Akar Kangkung

Jika biasanya sayuran kangkung hanya digunakan sebagai sayuran dan akarnya dibuang begitu saja tanpa dimanfaatkan. Namun sekarang jangan buang lagi akar kangkung yang tak terpakai jika anda sedang memiliki penyakit ambeien. Cara mengobati ambeien dengan akar kangkung adalah dengan merebusnya bersama dengan air. Air rebusan inilah yang nantinya bisa anda minum setiap hari.

18. Daun Urang Aring

Cara Mengobati Ambeien dengan Daun Urang Aring
Daun Urang Aring

Umumnya daun urang aring ini adalah bahan yang sering sekali digunakan sebagai bahan untuk membuat obat untuk menyuburkan rambut. Namun selain itu, ternyata daun urang aring juga bermanfaat untuk mengobati ambeien.

Caranya sama dengan cara-cara yang lainnya dengan merebusnya dengan air matang sampai mendidih dan meminumnya secara rutin. Selai itu, anda juga bisa menumbuk halus daun urang aring. Lalu mengoleskannya pada bagian anus yang terdapat ambeien.

Demikian artikel tentang 19 cara mengobati ambeien secara alami dan cepat. Semoga artikel ini bermanfaat untuk membantu anda menyembuhkan penyakit ambeien yang sedang diderita. Semoga berhasil!

Baca Juga