21 Cara Menghilangkan Nyeri Haid Secara Alami dan Cepat
Nyeri haid merupakan masalah yang umum terjadi pada perempuan setiap bulannya. Hampir semua perempuan pasti pernah merasakan yang namanya nyeri haid. Dan biasanya nyeri haid itu ditandai dengan beberapa gejala seperti pusing, lelah, dan juga mual. Tetapi anda tidak perlu lagi bingung untuk mengatasinya. Sebab nyeri haid ini juga bisa disembuhkan dengan cara-cara alami dan pastinya efektif untuk anda coba.

Kata.co.id - Nyeri haid merupakan masalah yang umum terjadi pada para perempuan setiap bulannya. Hampir semua perempuan pasti pernah merasakan yang namanya nyeri haid. Hanya saja, nyeri haid untuk setiap perempuan itu berbeda-beda.

Ada yang nyerinya sedikit, normal, dan ada juga yang parah sehingga dapat mengganggu aktifitas. Dan nyeri haid itu sendiri sebenarnya bisa muncul kapan saja dan biasanya akan ditandai dengan beberapa gejala seperti pusing, lelah, dan juga rasa mual setelah selesai makan.

Nah, jika sudah seperti itu sudah pasti anda merasa bingung dan mencari cara agar nyeri haid tersebut bisa segera hilang dan sembuh. Tetapi anda tidak perlu lagi bingung. Karena sebenarnya nyeri haid ini juga bisa disembuhkan dengan cara-cara alami dan pastinya efektif untuk anda coba. Berikut ulasan selengkapnya.

1. Air Kelapa Muda

Cara Menghilangkan Nyeri Haid dengan Air Kelapa Muda
Air Kelapa Muda

Buah yang satu ini memang sudah sejak dulu dikenal sebagai salah satu minuman yang berkhasiat untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Dan salah satu khasiatnya tersebut juga bisa digunakan untuk menghilangkan nyeri haid yang anda alami.

Caraya, siapkan air kelapa muda dan gula kelapa. Kemudian, campurkan kedua bahan tersebut sampai merata. Anda bisa meminumnya secara rutin sebanyak 2 kali setiap hari sampai nyeri haid yang anda rasakan menghilang dan sembuh kembali.

2. Lengkuas

Cara Menghilangkan Nyeri Haid dengan Lengkuas
Lengkuas

Bahan lain yang bisa anda coba untuk menghilangkan nyeri haid adalah lengkuas. Jika biasanya anda menggunakannya pada masakan. Kali ini anda bisa membuatnya sebagai ramuan penghilang nyeri haid.

Caranya, siapkan 1 potong lengkuas, kunyit yang sudah dimemarkan, 3 tanaman meniran, dan 1 sendok makan ketumbar. Jika semua bahan sudah siap, kemudian rebus semua bahan tersebut dengan 4 gelas air bersih sampai hanya tersisa setengahnya. Terakhir, minum ramuan tersebut secara rutin setiap pagi dan sore hari.

3.  Bawang Putih

Cara Menghilangkan Nyeri Haid dengan Bawang Putih
Bawang Putih

Bahan dapur ini memang terbilang bahan alami yang memiliki banyak sekali khasiat bagi kesehatan. Dan salah satu manfaatnya yang bisa anda dapatkan dari bawang putih adalah sebagai ramuan untuk menghilangkan nyeri haid.

Caranya, siapkan 2 siung bawang putih dan kupas bersih. Kemudian, kunyah hingga halus dan telan. Terakhir, minum dengan air hangat. Namun, jika anda merasa mual dengan rasa bawang putih yang begitu menyengat. Anda juga bisa mencampurnya dengan beberapa bahan lain agar rasa menyengatnya dapat berkurang.

4. Kencur

Cara Menghilangkan Nyeri Haid dengan Kencur
Kencur

Jika poin sebelumnya kita menggunakan bawang putih, kali ini anda juga bisa memakai kencur sebagai obat alami nyeri haid. Caranya juga mudah, cukup siapkan 1 potong kencur, 1 biji cengkeh, 1 helai daun trengguli, dan ½ sendok teh adas.

Kemudian, rebus semua bahan tersebut dengan air bersih sampai mendidih. Setelah itu, angkat dan saring airnya. Minum secara rutin ramuan ini sebanyak 2 kali sehari sampai nyeri haid anda hilang dan sembuh.

5. Bunga Cengkeh

Cara Menghilangkan Nyeri Haid dengan Bunga Cengkeh
Bunga Cengkeh

Tak hanya bisa digunakan sebagai penambah rasa pada makanan dan juga obat sakit gigi. Cengkeh juga bisa digunakan untuk mengobati nyeri haid. Caranya, siapkan 2 biji cengkeh, 7 ketumbar, kunyit, dan 1 sendok teh biji pala bubuk. Kemudian, campurkan dan rebus semua bahan tersebut dengan 1 gelas bersih hingga tersisa setengahnya. Terakhir, anda bisa meminumnya selagi masih hangat.

6. Berbaring

Cara Menghilangkan Nyeri Haid dengan Berbaring
Berbaring

Cara yang tak kalah efektif untuk anda coba adalah dengan berbaring. Mungkin terdengar simpel, tetapi percayalah sebab cara ini sudah banyak dibuktikan dan berhasil. Caranya, siapkan bantal dan letakkan sebagai penyanggang lutut anda. Kemudian, tarik nafas panjang dan hembuskan. Lakukan cara ini secara berulang-ulang sampai rasa nyeri yang anda alami berkurang dan sembuh.

7. Konsumsi Makanan Sehat

Cara Menghilangkan Nyeri Haid dengan Makanan Sehat
Makanan Sehat

Kebiasaan lain yang bisa anda mulai lakukan adalah rutin mengkonsumsi makanan sehat yang memiliki banyak kandungan vitamin serta beberapa kandungan bermanfaat yang baik bagi tubuh. Makanan sehat yang bisa anda coba antara lain seperti buah-buahan, sayuran, ikan laut, dan juga makanan yang memiliki kandungan protein nabati tinggi.

8. Kompres dengan Air Hangat

Cara Menghilangkan Nyeri Haid denga Kompres Air Hangat
Kompres Air Hangat

Cara lain yang mungkin belum anda ketahui adalah mengompres bagian perut yang nyeri dengan air hangat. Caranya juga mudah, cukup siapkan kain bersih yang sudah dibasahi dengan air hangat. Lalu usapkan ke bagian perut yang terasa nyeri. Untuk hasil yang lebih maksimal, anda bisa menggunakan bantal pemanas di bawah punggung anda agar nyeri bisa segera hilang.

9. Olahraga Secara Teratur

Cara Menghilangkan Nyeri Haid dengan Bersepeda
Bersepeda

Biasanya yang merasakan nyeri haid adalah wanita yang jarang melakukan olahraga. Nah, maka dari itu jika anda tidak ingin merasakan lagi rasanya nyeri haid. Mulai sekarang anda harus lebih rajin berolahraga seperti bersepeda atau berenang.

10. Pijatan Lembut

Cara Menghilangkan Nyeri Haid dengan Pijatan Lembut
Pijatan Lembut

Cara lain yang bisa membantu menghilangkan nyeri haid adalah dengan memijat lembut bagian perut secara merata. Namun harus anda ingat, cara ini benar-benar harus dilakukan dengan hati-hati agar tidak menyebabkan masalah ke depannya. Dan agar hasilnya lebih maksimal, anda juga bisa memijat bagian tulang kering dari bagian atas hingga ke bagian bawah.

Baca Juga : 22 Cara Menghilangkan Lemak Diperut Secara Alami dan Cepat

11. Kunyit Asam

Cara Menghilangkan Nyeri Haid dengan Kunyit Asam
Kunyit Asam

Jika pada poin-poin sebelumnya kita telah menggunakan bahan-bahan dapur sebagai obat nyeri haid. Kali ini anda juga bisa menggunakan kunyit asam sebagai ramuan yang tak kalah ampuh untuk menghilangkan nyeri haid. Dengan rutin meminum ramuan kunyit asam, maka menstruasi anda bisa kembali lancar.

12. Olahraga Ringan

Cara Menghilangkan Nyeri Haid dengan Jalan Santai
Jalan Santai

Cara berikutnya yang paling gampang untuk dilakukan adalah dengan berolahraga ringan seperti jalan santai. Cukup dengan rutin berjalan kaki selama 30 menit setiap hari, maka metabolisme tubuh anda akan semakin meningkat. Sehingga peredaran darah pun bisa kembali lancar.

13. Konsumsi Makanan Penambah Darah

Cara Menghilangkan Nyeri Haid dengan Masakan Kepiting
Masakan Kepiting

Salah satu penyebab anda merasakan lelah dan lemas saat sedang menstruasi adalah karena banyaknya darah yang keluar dari dalam tubuh. Mengatasi hal tersebut anda bisa mengkonsumsi makanan-makanan yang memiliki kandungan penambah darah seperti kepiting, tiram, dan hati sapi.

14. Hindari Pakaian yang Terlalu Ketat

Cara Menghilangkan Nyeri Haid dengan Tidak Memakai Pakaian Ketat
Tidak Memakai Pakaian Ketat

Kebiasaan lain yang harus anda hilangkan jika tidak ingin merasakan sakitnya nyeri haid adalah dengan tidak membiasakan memakai pakaian ketat. Mungkin ini sepele, tetapi kenyataannya ruang gerak yang sesak dapat menghambat aliran darah dalam tubuh. Maka dari itu, gunakanlah pakaian yang benar-benar membuat anda nyaman dan tidak membuat sesak.

15. Istirahat Cukup

Cara Menghilangkan Nyeri Haid dengan Istirahat Cukup
Istirahat Cukup

Saat sedang mengalami menstruasi ada baiknya anda menambah jam istirahat anda. Hal ini karena saat menstruasi sedang terjadi tubuh anda menjadi lebih sensitif terhadap penyakit. Selain itu, istirahat yang cukup juga dapat meningkatkan kebugaran tubuh anda.

16. Mandi dengan Air Hangat

Cara Menghilangkan Nyeri Haid dengan Mandi Air Hangat
Mandi Air Hangat

Cara lain yang bisa anda coba untuk menyembuhkan nyeri haid adalah dengan mandi air hangat. Selain bisa menghilangkan nyeri haid, dengan mandi air hangat maka tubuh anda bisa menjadi lebih nyaman dan sehat.

17. Hindari Tidur dengan Posisi Tengkurap

Cara Menghilangkan Nyeri Haid dengan Jangan Tidur Tengkurap
Jangan Tidur Tengkurap

Jika anda sedang mengalami menstruasi atau haid, ada baiknya untuk tidak tidur dengan posisi tengkurap. Hal ini karena tidur tengkurap bisa membuat darah dari uterus keluar lebih banyak. Selain itu, tidur tengkurap juga bisa membuat anda mengalami kebocoran atau tembus.

18. Mengatur Pola Makan

Cara Menghilangkan Nyeri Haid dengan Mengatur Pola Makan
Mengatur Pola Makan

Hal lain yang harus anda perhatikan saat sedang mengalami haid adalah pola makan. Jangan karena nafsu makan anda sedang baik, kemudian mengkonsumsi segala makanan yang anda sukai. Sering makan boleh, tapi usahakan pilih makanan yang sehat dan tidak berlebihan.

19. Hindari Rokok dan Minuman Beralkohol

Cara Menghilangkan Nyeri Haid dengan Tidak Merokok
Tidak Merokok

Saat sedang menstruasi, usahakan untuk tidak merokok dan tidak mengkonsumsi minuman beralkohol. Dan jika anda memang bukan perokok, ada baiknya juga tidak berada di dekat orang yang sedang merokok. Hal ini karena asap rokok cukup berbahaya bagi orang yang sedang menstruasi.

20. Kompres Air Dingin

Cara Menghilangkan Nyeri Haid dengan Kompres Air Dingin
Kompres Air Dingin

Jika poin sebelumnya menggunakan air hangat, kali ini anda juga bisa menggunakan air dingin untuk mengompres bagian perut yang nyeri. Caranya cukup siapkan es batu dan handuk bersih. Kemudian, bungkus es batu dengan handuk dan tempelkan ke bagian perut yang terasa nyeri.

Namun perlu diingat, jangan terlalu lama menempelkan handuk dingin ke bagian yang nyeri. Karena beresiko untuk memicu kematian sel-sel yang terdapat di bagian tubuh yang dikompres.

21. Posisi Menungging

Cara Menghilangkan Nyeri Haid dengan Menungging
Menungging

Cara terakhir, yang bisa anda coba adalah dengan melakukan posisi menungging. Ya, menungging ini juga cukup ampuh untuk menghilangkan nyeri yang sedang anda alami. Ini karena dengan menungging, rahim anda bisa tergantung ke bawah sehingga tubuh anda menjadi lebih rileks.

Baca Juga