18 Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami
Ketombe adalah pengelupasan kulit kepala berwarna putih atau abu-abu yang biasanya jatuh dan menempel di rambut dan bahu kita. Ketombe termasuk masalah pada rambut yang dialami oleh hampir semua orang.

Rambut berketombe tentu menjadi masalah dan bisa mengakibatkan menurunnya rasa percaya diri. Maka dari itu, penting bagi kita untuk mengetahui bagaimana cara mengatasi masalah itu dengan bahan-bahan alami yang mudah didapatkan. Berikut 18 bahan alami tersebut.

1. Bawang Putih

Bawang putih
Bawang putih

Dengan sifat anti-jamur yang dikandungnya, bawang putih putih bisa digunakan sebagai salah satu alternatif untuk mengatasi ketombe yang membandel. Itu karena salah satu penyebab munculnya ketombe adalah jamur yang menghuni kepala kita.

Cara menggunakannya sederhana, cukup menumbuk satu siung bawang dan mencapurkannya dengan sedikit air. Campuran itu bisa langsung kamu oleskan ke kulit kepala, lalu diamkan selama 15 menit.

2. Cuka

Cuka
Cuka

Dengan sifat anti-jamurnya, cuka bisa bermanfaat untuk menghilangkan jamur-jamur yang merupakan penyebab ketombe. Selain itu, cuka mampu mengikis sel-sel kulit mati pada kulit kepala yang menutupi por-pori kulit penyebab ketombe.

Cara menggunakannya, rebus cuka dengan air biasa, perbandingannya 1:8. Setelah mendidih, dinginkan sebentar rebusan campuran air dan cuka tadi. Setelah itu oleskan ke kulit kepala dan biarkan selama 3-5 menit.

3. Lidah Buaya

Lidah Buaya
Lidah Buaya

Lidah buaya memang dikenal sebagai tanaman yang sangat baik bagi kesehatan rambut. Di dalam lidah buaya terdaopat sifat exfoilate yang mampu menghilangkan adanya penumpukan sel kulit mati pada kepala.

Kamu bisa langusng mengoleskan gel dari tanaman lidah buaya ke rambutmu. biarkan selama kurang-lebih 15 menit, lalu bilas dengan sampo biasa.

Baca juga: 15 Cara Merawat Rambut Gimbal Agar Halus Dan Indah

4. Lemon

Lemon
Lemon

Lemon memiliki sifat asam yang tinggi yang sangat bagus untuk mengatasi jamur penyebab muncunya ketombe di kulit kepala.

Cara menggunakannya, campurkan dua sendok makan jus lemon dengan dau sendok makan air biasa, lalu aduk hingga merata. Campuran itu bisa langsung dioleskan ke kulit kepala yang terdapat banyak ketombe.

5. Yogurt

Yogurt
Yogurt

Di dalam yogurt terdapat kandungan probiotik, bakteri baik yang bisa bermanfaat untuk mengatasi masalah banyaknya ketombe di kulit kepala.

Sebelum menggunakan yogurt, ada baiknya kamu mencuci rambutmu menggunakan sampo terlebih dahulu. Baru setelahnya, kamu bisa mengoleskan yogurt ke kulit kepala dan diamkan 15 menit. Setelah itu, cuci lagi rambut dengan sampo.

6. Kuning Telur

 Kuning Telur
Kuning Telur

Pada umumnya, bagian telur yang sering dimanfaatkan untuk kesehatan adalah bagian putihnya. Itu karena putih telur mengandung protein lebih banyak dibanding bagian kuningnya.

Meski demikian, bagian kuning telur juga memiliki manfaat bagi kesehatan. Kuning telur dipercaya mengandung biotin yang mampu mengatasi masalah ketombe.

Kamu bisa menggunakan kuning telur yang sebelumnya telah diaduk, langsung ke kulit kepala. Setelah satu jam, baru kamu bisa membilasnya dengan sampo biasa.

7. Minyak Pohon Teh

Minyak Pohon Teh
Minyak Pohon Teh

Minyak pohon teh atau tea tree oil adalah minyak alami yang sangat berguna bagi kesehatan kulit kita. Minyak pohon teh memiliki sifat anti-jamur yang mampu untuk menyingkirkan jamur-jamur penyebab munculnya ketombe.

8. Minyak Kelapa

Minyak Kelapa
Minyak Kelapa

Di dalam minyak kelapa terdapat kandungan asam laurat dan asam kaprat. Dua senyawa yang memiliki sifat anti-jamur dan sifat anti-bakteri. Karena itulah minyak kelapa bisa digunakan untuk mengatasi masalah ketombe pada kulit kepala.

Kamu bisa langsung mengaplikasikan minyak kelapa ke kulit kelapa untuk mengilangkan banyak ketombe yang membandel.

9. Minyak Zaitun

Minyak Zaitun
Minyak Zaitun

Minyak zaitun ini memiliki kandungan senyawa anti-jamur yang bisa dengan mudah diserap oleh kulit kepala. Karena itulah ketombe di kepala abisa dihilangkan dengan menggunakan minyak zaitun ini.

Selain itu, minyak zaitun juga dapat membuat kulit kepala menajdi lebih lembab. Kulit kepala yang lebab bisa membuat bakteri penyebab ketombe tidak bisa berkembang dengan baik.

10. Minyak Ikan

Minyak Ikan
Minyak Ikan

Satu kandungan yang paling terkenal pad minyak ikan adalah omega-3. Selain itu, minyak juga mempunyai sifat anti-inflamasi yang memiliki manfaat untuk melembabkan kulit kepala dan mengatasi ketombe yang sulit dihilangkan.

Kamu cukup mengkonsumsi suplemen minyak ikan dua tablet setiap ahrinya untuk mengurangi ketombe pada kulit kepala.

11. Minyak Lavender

Minyak Lavender
Minyak Lavender

Minyak yang bisa digunakan untuk aromaterapi ini ternyata juga memiliki manfat untuk mengatasi masalah ketombe pada kulit rambut. Minyak lavender juga dapat menyegarkan kulit kepala kita.

Kamu bisa menggunakan minyak ini hanya dengan mentestekan minya lavender ke telapak tangan, lalu pijat kulit kepada secara. Biarkan dalam kondisi seperti itu selama kurang lebih 30 menit.

12. Kulit Jeruk

Kulit Jeruk
Kulit Jeruk

Kulit jeruk mengandung sifat asam yang cukup tinggi yang dapat mengurangi berlebihnya produksi minyak pada kulit kepala.

Untuk menggunakannya, kamu harus memblender kulit jeruk dan mencampurnya dengan air secukupnya. Setelah kulit jeruk menjadi halus, barulah bisa dioleskan ke kulit kepala. Diamkan olesan itu selama 30 menit pada kepala.

13. Daun Basil

Daun Basil
Daun Basil

Daun yang memiliki bentuk mirip dengan daun kemangi ini mengandung zinc yang cukup tinggi. Zinc adalah mineral yang sangat umum terkandung dalam berbagai merek sampo anti-ketombe. Itu karena zinc mampu menguatkan kulit kepada dan mematikan ketombe yang membandel.

Untuk pemakaiannya, kamu harus menumbuk daun basil menjadi kecil-kecil. Setelah itu campurkan air dan aduk sampau merata. Air campuran itu bisa langsung digunakan pada kulit kepala.

14. Daun Neem

Daun Neem
Daun Neem

Daun Neem memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-jamur yang dapat melembabkan kulit kepada dan menyingkirkan berbabagi jamur penyebab ketombe.

Cara menggunakannya mudah, cukup menghancurkan daun neem menjadi lebih kecil, lalu campurkan ke dalam air. Air campuran itu bisa langsung diplikasikan ke kulit kepala. Diamkan itu selama kurang-lenih 30 menit.

15. Tomat

Tomat
Tomat

Salah satu yang penyebab munculnya ketombe ada tidak seimbangnya pH keasaman pada kulit kepala. Sementara itu, tomat memiliki kandungan sifat asam yang bisa membuat pH pad kulit kepala kita menjadi seimbang. Apabila pH kulit kepala sudah seimbang, ketombe aka sulit untuk tumbuh lagi.

Untuk menggunakannya, cukup hancurkan dua buah tomat, lalu oelskan tomat itu ke kulit kepala secara perlahan. Biarkan selama 30 menit sampai benar-benar meresap.

16. Baking Soda

Soda Kue
Baking Soda

Sama seperti lidah buaya, baking soda mempunyai sifat exfoliate yang bisa menyingkirkan sel-sel kulit mati pada kepala penyebab timbuh-kembangnya ketombe.

Cara pengaplikasiannya bisa dengan mengisi satu mengkuk kecil berisi air panas dan satu sendok teh baking soda. Campuran itu bisa langsung digunakan untuk dioleskan ke kulit kelapa, lalu biarkan sampai mengering dengan sendirinya.

17. Kelabat

Kelabat
Kelabat

Biji tanaman kelabat atau fenugreek ini memiliki sifat anti-jamur yang mampu menghambat tumbuh-kembangnya jamur pada kulit kepala.

Cara menggunakannya adalah dengan menumbuk biji kelabat sampai menjadi butiran-butiran halus. Setelah itu campurkan butiran kelabat tadi ke dalam satu mengkuk berisi air panas.

Biarkan campuran itu selama satu malam. Barulah pada keesokannya air campuran bisa disaring. Air itu bisa langsung dioleskan ke klit kepala.

18. Teh Hijau

Teh Hijau
Teh Hijau

Teh hijau memiliki kandungan anti-oksidan tinggi yang sangat berguna bagi kesehatan kita. Ada satu kandungan anti-oksidan bernama catechin dalam teh hijau yang dipercaya memiliki sifat anti-jamur. Ada pula, senyawa polifenol yang sangat baik bagi kesehatan kulit kepala.

Baca Juga