16 Cara Menghilangkan Duri di Tenggorokan
Cara menghilangkan duri di tenggorokan sendiri dapat dilakukan di rumah dengan bantuan bahan yang ada di dapur. Ikan sendiri mempunyai duri yang sangat tajam sehingga tidak boleh tertelan ke dalam tubuh.

Cara Menghilangkan Duri di Tenggorokan - Cara menghilangkan duri di tenggorokan nyatanya susah susah gampang. Sebuah duri menempel pada tenggorokan pastinya disebabkan beberapa sebab salah satunya adalah makanan ikan. Ikan sendiri mengandung banyak protein yang bagus untuk tubuh. Berikut ini cara menghilangkan duri di tenggorokan.

 

1. Minum Air

Cara Menghilangkan Duri di Tenggorokan
Minum Air

Cara menghilangkan duri di tenggorokan yang pertama adalah dengan minum air yang banyak. Meminum air putih yang banyak diharapkan duri akan terbawa keluar. Cara ini sendiri sangat aman dilakukan.  Dianjurkan untuk meminum air putih sebanyak-banyaknya agar duri cepat keluar dari tenggorokan.

 

2. Makan makanan tekstur keras

Cara Menghilangkan Duri di Tenggorokan
makanan tekstur keras

Cara lain untuk menghilangkan duri adalah dengan cara memakan makanan yang memiliki tekstur keras. Hal ini agar duri menempel pada makanan. Hindari memakan makanan yang lembek saat duri berada di tenggorokan. Makanan yang keras dapat berupa buah-buahan seperti apel. Sedangkan makanan yang lembek yaitu seperti bubur.  

 

3. Berkumur dengan air garam

Cara Menghilangkan Duri di Tenggorokan
air garam

Bagaimana rasanya bila kita ingin menelan air garam pastinya ingin sekali meludahinya. Nah, oleh karena itu untuk menghilangkan duri salah satunya dengan cara berkumur dengan air garam. Saat berkumur otomatis duri akan ikut terdorong keluar untuk dimuntahkan. Pada saat ingin berkumur pastikan air dalam keadaan hangat sehingga garam akan menyatu dengan air. Di samping itu, perbanyak garam dibandingkan dengan airnya.

 

4. Jangan Memasukkan Tangan

Cara Menghilangkan Duri di Tenggorokan
Jangan Memasukkan Tangan

Di saat duri berada di tenggorokan jangan sekali-kali memasukkan tangan ke tenggorokan. Hal ini tidak baik dilakukan karena dapat membuat diri sendiri menjadi muntah bahkan kebersihan tangan yang belum terjamin. Bila tangan tidak higienis pastinya kuman akan masuk ke dalam tenggorokan. Dari sinilah muncul penyakit di dalam tenggorokan.

 

5. Batuk

Cara Menghilangkan Duri di Tenggorokan
Batuk

Cara yang lainnya adalah dengan cara batuk. Batuk yang keras dapat membuat duri keluar. Bila sulit untuk batuk dapat dilakukan dengan menepuk pundak sebagai bantuannya. Untuk membuat batuk secara keras diperlukan kekuatan ekstra oleh mulut ketika akan batuk.

 

6. Memakan Nasi

Cara Menghilangkan Duri di Tenggorokan
Memakan Nasi

Untuk menghilangkan duri di tenggorokan dengan cara memakan nasi. Nasi dimakan tanpa perlu dikunyah dan dibuat sebesar bola. Perlu diperhatikkan agar nasi bola tidak terlalu besar. Selain itu pastikan bila nasi tidak terlalu panas pada saat akan dikunyah.

 

7. Minum Minyak Zaitun

Cara Menghilangkan Duri di Tenggorokan
Minum Minyak Zaitun

Minyak zaitun yang digunakan untuk diminum adalah minyak zaitun yang khusus di konsumsi oleh tubuh. Setelah itu campurkan dengan air hangat dan minum secara perlahan-lahan. Minyak zaitun sendiri ada yang tidak diperbolehkan untuk diminum dan biasanya hanya untuk perawatan tubuh. Sebelum menggunakan minyak zaitun pastikan tidak salah memilih.

 

8. Memakan Pisang

Cara Menghilangkan Duri di Tenggorokan
Memakan Pisang

Pisang adalah buah kesukaan bagi setiap orang. Rasanya yang sangat manis dan gizinya yang baik sangat baik untuk dikonsumsi. Untuk menghilangkan duri dengan cara memotong pisang menjadi beberapa potong dan telan pisang tanpa perlu dikunyak. Lakukan hingga duri keluar. Pisang yang digunakan ada baiknya bila sudah matang sehingga enak bila dikonsumsi.

 

9. Konsultasi ke Dokter

Cara Menghilangkan Duri di Tenggorokan
Konsultasi ke Dokter

Bila sudah melakukan berbagai cara namun duri belum juga keluar. Salah satu hal yang dapat dilakukan adalah langsung bertemu dokter. Dokter akan melakukan pengobatan secara langsung sesuai dengan aturan untuk mengeluarkan duri dari tenggorokan. Setelah melakukan pengobatan biasanya dokter akan memberikan panduan dan cara untuk menghindari duri agar tidak masuk ke tenggorokan kepada pasien.    

10. Menarik daun telinga

Cara Menghilangkan Duri di Tenggorokan
Menarik daun telinga

Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk menarik duri dari tenggorokan adalah dengan cara menarik daun telinga. Di saat menarik daun telinga pastikan mulut sedang memakan makanan sehingga duri bisa ikut keluar dari tenggorokan. Pastikan ketika sedang memakan badan dalam posisi duduk agar tidak tersendak oleh makanan. Lakukan secara perlahan lahan hingga duri keluar.

 

11. Jangan Panik

Cara Menghilangkan Duri di Tenggorokan
Jangan Panik

Di saat duri masih tertinggal dalam tenggorokan yang perlu dilakukan adalah jangan panik. Tenangkan pikiran kemudian minum air putih lalu duduk dan pikirkan cara menghilangkan duri secara tenang.  Bila tidak yakin dengan diri sendiri tanyakan kepada teman ataupun keluarga untuk membantu menghilangkan duri dalam tenggorokan. Jangan melakukan suatu hal yang sangat gegabah yang dapat mencelakakan diri sendiri di saat panik.

 

12. Makan Marshmallow

Cara Menghilangkan Duri di Tenggorokan
Marshmallow

Marshmallow mempunyai tekstur yang sangat kenyal. Di samping itu, marshmallow dapat membantu menghilangkan duri dari tenggorokan dengan cara mengunyahnya kemudian ditelan. Duri akan ikut terbawa yang mana menuju ke pencernaan. Makanlah beberapa buah marshmallow hingga merasa duri sudah tidak berada di tenggorokan.

 

13. Memukul pundak

Cara Menghilangkan Duri di Tenggorokan
Memukul pundak

Dalam hal ini memukul pundak jangan terlalu keras agar badan tidak mengalami rasa yang sakit. Memukul pundak perlu dilakukan oleh orang lain agar duri bisa keluar dari tenggorokan. Pada saat pundak akan dipukul ada baiknya bila posisi badan dalam keadaan duduk. Hal ini agar mempermudah dalam menepuk pundak.

 

14. Manuver Heimlich

Cara Menghilangkan Duri di Tenggorokan
Manuver Heimlich

Hal yang perlu dilakukan adalah mengepal tangan kanan dan tangan kiri melindungi tangan kanan. Setelah itu taruh kepalan di depan perut. Kemudian bungkukkan badan dan lepas kepalan. Lakukan hingga beberapa kali.

 

15. Minyak Sayur

Cara Menghilangkan Duri di Tenggorokan
Minyak Sayur

Minyak sayur yang berada di dapur ternyata juga dapat berguna untuk menghilangkan duri di tenggorokan. Olesi minyak sayur pada luar tenggorokan agar membuat hangat tenggorokan. Diamkan dan tunggu hingga duri  keluar dari tenggorokan.

 

16.  Berdoa

Cara Menghilangkan Duri di Tenggorokan
Berdoa

Cara menghilangkan duri di tenggorokan yang terakhir adalah dengan cara berdoa. Berdoa kepada sang pencipta diharapkan segala masalah yang kita punya dapat terselesaikan dengan cepat.

Baca Juga