15 Cara Mengendalikan Emosi Agar Tidak Berlebihan
Emosi sendiri tidak dapat dipisahkan dari jiwa raga makhluk hidup. Emosi dapat berbentuk ungkapan marah, sedih ataupun senang. Namun bila seseorang tidak dapat mengontrol emosi dengan baik hal ini bisa mencelakakan diri sendiri. Cara Mengendalikan Emosi nyatanya tidaklah mudah bila kita percaya pada diri sendiri untuk berubah.

Cara Mengendalikan Emosi - Manusia dilahirkan untuk memiliki rasa emosional yang diungkapkan dengan hati gembira, sedih, menangis ataupun tertawa. Emosi tersebut timbul karena suatu sebab dan faktor lingkungan. Bila emosi tersebut timbul secara berlebihan pastinya akan membuat orang di sekitar menganggap orang tersebut aneh ataupun gila. Berikut ini cara mengendalikan emosi.

1.    Lingkungan yang Tepat

Cara Mengendalikan Emosi
Lingkungan yang Tepat

Cara mengendalikan emosi yang pertama adalah memilih lingkungan yang tepat. Lingkungan sendiri adalah faktor penting untuk mengendalikan emosi. Bila kita hidup di lingkungan yang rusak pastinya emosi kita juga akan menjadi rusak. Berbeda bila kita hidup di lingkungan yang baik maka cerminan diri kita juga akan menjadi baik. Mendapatkan lingkungan yang baik pastinya sangatlah susah. Oleh karena itu berhati-hati dalam memilih lingkungan khususnya sebagai tempat tinggal. 


2.    Kepala Dingin

Cara Mengendalikan Emosi
Kepala Dingin

Disaat kita menghadapi sebuah diskusi ataupun perdebatan yang cukup panjang dan membutuhkan sebuah keputusan, yang perlu dilakukan adalah berkepala dingin. Meluapkan emosi dengan cara marah ataupun ngotot nyatanya akan sangat membuang waktu serta tenaga. Bila pendapat yang kita berikan tidak diterima ada baiknya bila berkepala dingin serta menerima yang ada bila faktanya kita yang melakukan kesalahan. Berkepala dingin sendiri nyatanya membuat hati menjadi tentram. 


3.    Sabar

Cara Mengendalikan Emosi
Sabar

Segala suatu hal bila dihadapkan dengan kesabaran pastinya akan membuat sejuk dan ketenangan. Kesabaran nyatanya tidak mudah dilakukan bagi banyak orang karena terkadang orang berpikir bahwa bersabar akan menurunkan derajat seseorang. Bersabar sendiri dapat mendatangkan persaudaraan di antara umat manusia untuk saling berkawan. 


4.    Tidak Terburu-buru

Cara Mengendalikan Emosi
Tidak Terburu-buru

Segala hal yang dilakukan secara terburu-buru pastinya akan menghasilkan yang tidak maksimal. Segala masalah dalam hidup ini perlu dipelajari dengan seksama bahkan dicari faktanya untuk menentukan kebenaran dalam mencari jalan keluar. Bila terburu-buru dalam mengerjakan pekerjaan pastinya hal ini akan merugikan bahkan membuat celaka. Oleh karena itu, sikap tidak terburu-buru perlu ditanamkan dalam benak dalam diri tubuh kita masing-masing. 


5.     Belajar Bersyukur

Cara Mengendalikan Emosi
Belajar Bersyukur

Belajar bersyukur nyatanya tidak semua orang dapat melakukannya. Bersyukur sendiri dapat membuat hati menjadi tentram dan damai karena menerima keadaan yang ada. Di saat belajar bersyukur itulah pikiran hati menjadi jernih untuk berpikir. 


6.     Piknik 

Cara Mengendalikan Emosi
Piknik

Salah satu hal yang dapat mengendalikan emosi adalah dengan cara piknik. Piknik sendiri dibutuhkan dalam hidup untuk membuat hati menjadi gembira setelah berlelah dengan aktifitas pekerjaan yang cukup berat. Piknik baiknya dilakukan dengan orang tersayang. Bila kamu mempunyai banyak uang lakukan piknik selama sebulan sekali. Namun bila uang tidak terlalu banyak piknik dapat dilakukan selama 6 bulan sekali.  


7.    Beribadah

Cara Mengendalikan Emosi
Beribadah

Semua manusia percaya penguasa hidup ini lah yang memberikan rasa emosi kepada makhluknya. Bila kamu mempercayai dengan keberadaan Tuhan, kamu perlu beribadah bila emosi yang sedang kamu rasakan sedang berlebihan. Dengan beribadah kamu bisa mencurahkan seluruh isi hatimu kepada dirinya. Beribadah sendiri dipercaya dapat menghilangkan stress dan beban pikiran yang menempel pada otak manusia. Rajin-rajin lah beribadah bila ingin emosimu tetap stabil. 

8.    Berwudhu 

Cara Mengendalikan Emosi
Berwudhu

Bagi umat muslim, cara mengendalikan emosi dapat dilakukan dengan cara melakukan berwudhu. Berwudhu sendiri dimaksudkan untuk membersihkan badan dari beraneka kotoran yang menempel pada tubuh. Selain itu, berwudhu membuat sejuk pikiran. Setelah berwudhu biasanya dilakukan solat. 


9.    Mandi   

Cara Mengendalikan Emosi
Mandi

Mandi sendiri selain membuat badan menjadi segar ternyata juga menghilangkan kuman-kuman yang hinggap di dalam tubuh. Mandi dapat dilakukan dengan air hangat ataupun air dingin. Mandi sendiri juga membuat tubuh menjadi sehat dan bugar kembali. Ada baiknya bila mandi dilakukan pada pagi hari dan sore hari.    

 

10.    Berteriak 

Cara Mengendalikan Emosi
Berteriak

Cara mengendalikan emosi yang lainnya adalah dengan berteriak. Berteriak sendiri tidak boleh secara sembarangan karena bila berteriak secara bersembarangan pastinya akan menganggu lingkungan sekitar. Kamu dapat berteriak dengan sekencang-kencangnya bila berada di tebing ataupun pantai. Meluapkan emosi dengan berteriak sekencang-kencangnya dapat membuat hati menjadi lega. 


11.    Menangis

Cara Mengendalikan Emosi
Menangis

Beberapa orang mencurahkan emosinya agar tidak berlebihan dengan cara menangis. Menangis sendiri bagus untuk psikologis tubuh dan dapat membuang energi negatif yang menempel pada tubuh. Menangis yang baik adalah menangis yang sesuai dengan waktunya dan tempatnya. Dengan menangis, emosi akan menjadi terkontrol dengan baik karena hati tercurahkan dengan sebuah tangisan. 


12.    Curhat

Cara Mengendalikan Emosi
Curhat

Teman yang baik pastinya mengendalikan emosi temannya agar tidak berlebihan. Untuk mengetahui emosi tersebut, seseorang biasanya akan melakukan curhat kepada orang yang dipercayainya dengan berharap dapat memberikan petunjuk ataupun petuah. Dalam hal ini, kita perlu selektif untuk memilih teman yang akan dicurhat karena bila kita salah memilih orang bukan emosi yang terkontrol namun akan membuat emosi menjadi tidak karuan. 


13.    Mengembangkan Hobi

Cara Mengendalikan Emosi
Mengembangkan Hobi

Tak ada salahnya bila kita mempunyai suatu hobi untuk diasah menjadi lebih baik. Hobi sendiri dapat membuat hati menjadi gembira karena waktu yang digunakan untuk aktifitas yang berguna dan menyenangkan. Selain itu, hobi sendiri dapat menghasilkan uang. Seseorang yang mempunyai hobi biasanya dapat mengontrol emosinya dengan baik.

14. Bernyanyi

Cara Mengendalikan Emosi
Bernyanyi

Di saat sedih ataupun senang, ada seseorang yang mengontrol emosinya dengan cara menyanyi musik kesukaannya di rumah ataupun karaoke. Bahkan bila seseorang tersebut sedang sedih, lagu yang dinyanyikan akan selalu mengandung lagu sedih. Sedangkan bila dalam keadaan senang, seseorang akan menyanyi lagu dengan gembira. Lagu sendiri dapat mencerminkan perasaan emosional orang tersebut saat itu juga. Maka tak heran bila bernyanyi dapat digunakan untuk pengobatan. 


15. Meditasi

Cara Mengendalikan Emosi
Meditasi

Cara Mengendalikan Emosi yang terakhir adalah dengan cara meditasi. Meditasi melatih seseorang untuk bersikap sabar dalam keadaan apapun. Meditasi juga memberikan kesegaran pada tubuh. Di samping itu, meditasi dapat membuat tubuh menjadi sehat.

Baca Juga

Tinggalkan Komentar jika anda pernah kesini:

Tidak ada review,jadilah yang pertama.