15 Cara Mengatasi Telinga Kemasukan Air Secara Mudah
Kegiatan berenang sangat baik untuk tubuh. Selain itu, berenang dapat membentuk badan kita menjadi lebih baik. Namun sayangnya di saat kita berenang terkadang air dapat masuk. Cara mengatasi telinga kemasukan air sendiri dapat dilakukan secara mudah dan tidak diperkenankan untuk panik.

Cara mengatasi telinga kemasukan air -  Sehabis mandi ataupun berenang terkadang kita merasa air masuk ke dalam telinga. Air yang masuk ke dalam telinga pastinya tidaklah enak. Bahkan hal ini sangat menganggu kita. Selain itu, untuk mengatasinya kita tidak perlu panik. Berikut ini cara mengatasi telinga kemasukan air.

 

1. Membiarkan Begitu Saja

Cara Mengatasi Telinga Kemasukan Air
Membiarkan Begitu Saja

Cara mengatasi telinga kemasukan air yang pertama adalah membiarkannya begitu saja. Hal yang perlu kita lakukan ketika telinga kemasukan air adalah tidak perlu panik. Namun di saat kita tidur pada malam harinya ada baiknya bila kepala menghadap ke telinga yang kemasukan air. Setelah itu biarkan saja hingga kita tertidur lelap.  

 

2. Cuka

Cara Mengatasi Telinga Kemasukan Air
Cuka

Cuka adalah bahan yang dibutuhkan dalam memasak. Biasanya cuka disimpan di dapur. Cuka digunakan untuk menambah cita rasa pada masakan. Cuka sendiri dapat dimanfaatkan untuk mengatasi telinga kemasukan air. Caranya hanya perlu mencampurkan cuka dengan alkohol perbandingan 1:1. Lalu teteskan pada telinga  sebanyak 3-4 tetes. Lakukan secara hati-hati.

 

3. Air Hangat

Cara Mengatasi Telinga Kemasukan Air
Air Hangat

Cara untuk mengatasi telinga kemasukan air yang ketiga adalah memanfaatkan air hangat. Pertama yang perlu dilakukan adalah dengan memanfaatkan kain bersih. Kemudian siapkan air hangat setelah itu celupkan kain ke air panas. Jangan lupa untuk memeras kain hingga kering. Setelah itu taruh pada telinga yang kemasukan air dengan posisi telinga di miringkan. Lakukan hingga air keluar dari telinga.

 

4. Hair Dryer

Cara Mengatasi Telinga Kemasukan Air
Hair Dryer

Hair dryer biasa digunakan untuk mengeringkan rambut. Di sisi lain, hair dryer dapat dimanfaatkan untuk mengeluarkan air dari telinga. Jarak antara hair dryer ke telinga sekitar 30 cm. Lakukan hingga merasa air keluar dari telinga. Udara panas dari hair dryer berguna untuk air menguap dengan cepat. Selain itu diperlukan sebuah kehati-hatian agar telinga tidak menjadi luka.

 

5. Air

Cara Mengatasi Telinga Kemasukan Air
Air

Salah satu benda yang sangat mudah ditemui di rumah adalah air. Air yang dapat dimanfaatkan untuk mengeluarkan air dari telinga adalah air hangat. Setelah itu miringkan telinga ke arah kemasukan air kemudian teteskan air sebanyak 2 tetes. Tunggu hingga 5 menit. Lalu miringkan telinga kembali ke arah berlawanan dan teteskan air lagi sebanyak 2 tetes dan tunggu hingga 5 menit. Lakukan hal tersebut sebanyak 3 kali agar air cepat keluar.

 

6. Menggerakan Rahang dan Mulut

Cara Mengatasi Telinga Kemasukan Air
Menggerakan Rahang dan Mulut

Ketika kita kedapatan air yang masuk ke telinga pastinya hal ini akan berkaitan dengan lubang telinga sehingga bisa mempengaruhi rahang tenggorokan ataupun mulut. Kita dapat menggerakan rahang dan mulut agar air cepat keluar. Selain itu, kegiatan seperti mengunyah dan menguap dapat mempermudah pengeluaran air.

 

7. Menggoyangkan Telinga

Cara Mengatasi Telinga Kemasukan Air
Mengoyangkan Telinga

Salah satu hal yang dapat kita coba untuk mengeluarkan air dari daun telinga adalah dengan mengoyangkan telinga. Pertama yang perlu dilakukan adalah dengan memiringkan kepala ke telinga yang kemasukan air. Kemudian goyangkan kepala ke arah telinga yang kemasukan air dan sebaliknya.

 

8. Obat Tetes

Cara Mengatasi Telinga Kemasukan Air
Obat Tetes

Bila kamu tidak mau repot untuk mengeluarkan air dari dalam telinga, kamu dapat menggunakan obat tetes di apotik. Obat tetes biasanya terbuat dari alkohol yang berfungsi untuk membuang kotoran pada telinga. Selain itu, gunakan obat tetes secara tidak berlebihan.

 

9. Tetesan Hidrogen Peroksida

Cara Mengatasi Telinga Kemasukan Air
Tetesan Hidrogen Peroksida

Salah satu cara untuk mengatasi telinga kemasukan air yaitu dapat memanfaatkan hydrogen peroksida. Hidrogen peroksida dapat bermanfaat mengatasi kotoran pada telinga. Hal yang perlu disiapkan adalah siapkan pipet bersih, kemudian isi dengan 3 tetes higrogen peroksida. Tunggu hingga 5 menit agar hydrogen peroksida dapat bekerja dengan baik. Setelah itu tetesi pada telinga agar air keluar.

 

10.Uap Panas

Cara Mengatasi Telinga Kemasukan Air
Uap Panas

Untuk mengatasi telinga kemasukan air, kita dapat memanfaatkan uap panas. Uap panas bagus sekali untuk pengobatan. Selain itu uap panas juga dilakukan untuk perawatan tubuh. Pertama yang perlu disiapkan adalah air panas. Kemudian taruh air panas pada baskom. Setelah itu ambil handuk agar uap panas tidak meluas kemudian dekatkan telinga yang kemasukan air pada uap panas. Diamkan hingga beberapa menit. Lakukan beberapa kali hingga merasa air telah keluar.

 

11. Bawang Putih

Cara Mengatasi Telinga Kemasukan Air
Bawang Putih

Bawang  putih biasanya dikonsumsi dengan cara dimasak terlebih dahulu. Namun bagi beberapa orang lanjut usia, bawang putih dapat menyembuhkan berbagai penyakit dalam tubuh serta mencegah datangnya kanker yang mematikan. Selain itu, bawang putih dapat mengatasi  telinga yang kemasukan air. Caranya hanya perlu memeras bawang putih untuk diambil airnya. Kemudian teteskan pada telinga sebanyak 3 tetes. Tunggu hingga 1 menit agar air  bawang putih bekerja.  

 

12. Garam

Cara Mengatasi Telinga Kemasukan Air
Garam

Bahan dapur yang tidak bisa lepas dari masakan adalah garam. Garam sendiri memiliki rasa asin yang sangat tinggi. Garam dapat menyerap air. Hal yang perlu dilakukan adalah memanaskan garam pada microwave. Kemudian taruh pada kain katun lalu bungkus. Setelah itu taruh pada luar telinga selama 5 menit.  

 

13. Gerakan Valsava

Cara Mengatasi Telinga Kemasukan Air
Gerakan Valsava

Cara lainnya untuk mengatasi telinga kemasukan air adalah dengan melakukan gerakan valsava. Caranya adalah kita menarik nafas, kemudian tutup mulut. Setelah itu tutup hidung dengan 1 jari. Lakukan secara berulang-ulang pada hidung untuk menutupnya.

 

14. Keringkan dengan kain

Cara Mengatasi Telinga Kemasukan Air
Keringkan dengan kain

Cara yang paling mudah untuk mengeluarkan air dari telinga adalah dengan menggunakan kain kering. Setelah itu miringkan kepala ke arah telinga yang kemasukan air. Tempelkan kain pada luar telinga untuk mengeringkan telinga. Jangan lupa bila telinga di miringkan ke bawah.

 

15. Tissue

Cara Mengatasi Telinga Kemasukan Air
Tissue

Cara mengatasi telinga kemasukan air yang terakhir adalah dengan menggunakan tissue. Tissue sendiri diputer-puter hingga menjadi kecil. Kemudian masukkan ke dalam telinga agar air berpindah kepada tissue. Pastikan tissue dalam keadaan kering ketika di masukkan ke dalam telinga. Setelah itu gantilah tissue disaat air masih berada pada telinga.

Baca Juga