20 Cara Mengatasi Telat Datang Bulan Secara Alami
Setiap wanita pasti akan merasa cemas jika datang bulan yang ditunggu-tunggu tak kunjung datang. Namun sebenarnya telat datang bulan pada setiap wanita itu juga berbeda-beda. Ada yang hanya telat beberapa hari, beberapa minggu, bahkan juga bulanan. Namun untuk yang hanya telat beberapa hari itu berarti masih normal. Dan anda tidak perlu khawatir, sebab hal tersebut bisa disembuhkan dengan beberapa cara alami.

Kata.co.id - Setiap wanita pasti akan merasa cemas jika saat waktunya datang bulan justru mengalami keterlambatan dari hari yang sudah diperkirakan. Telat datang bulan pada setiap wanita juga berbeda-beda. Ada yang hanya terlambat beberapa hari, beberapa minggu, bahkan sampai bulanan.

Namun yang harus anda tahu, terlambat datang bulan yang masih normal di sini adalah terlambat datang bulan yang hanya beberapa hari saja. Sedangkan untuk terlambat datang bulan yang sampai berminggu-minggu dan berbulan-bulan itu berarti anda harus segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Sebenarnya ada beberapa hal yang menjadi penyebab terlambat datang bulan selain kehamilan. Di antaranya seperti hidup yang tidak sehat, pola makan yang tidak seimbang, tiroid, dan turunnya berat badan.

Tetapi jika terlambat datang bulan anda masih normal, itu berarti anda tidak perlu khawatir. Sebab, terlambat datang bulan juga bisa diatasi dengan beberapa cara alami dan pastinya aman untuk anda coba. Berikut adalah 20 cara mengatasi terlambat datang bulan secara alami.

1. Makanan Sehat

Cara Mengatasi Telat Datang Bulan dengan Makanan Sehat
Makanan Sehat

Hal pertama yang harus anda coba adalah sering mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi. Jika setiap hari anda rutin mengkonsumsi makanan-makanan sehat seperti sayur-sayuran, buah-buahan, sup, dan makanan sehat lainnya. Maka akan membuat jadwal datang bulan anda menjadi lebih lancar.

Sedangkan untuk makanan atau minuman yang harus anda hindari antara lain seperti kopi, teh, dan juga minuman beralkohol. Namun jika anda merasa kesulitan untuk tidak mengkonsumsi minuman ringan. Anda juga bisa menggantinya dengan minum susu.

2. Latihan Fisik

Cara Mengatasi Telat Datang Bulan dengan Latihan Fisik
Latihan Fisik

Cara lain yang harus anda coba adalah rutin melakukan latihan fisik setiap hari. Dengan rutin berolahraga, maka hormon tubuh anda bisa menjadi lebih seimbang. Untuk anda yang mungkin agak malas berolahraga.

Anda bisa mencoba beberapa olahraga yang santai tapi tetap menyehatkankan seperti yoga dan sejenisnya. Dengan rutin berolahraga maka siklus menstruasi anda bisa menjadi lebih teratur.

3. Daun Parsley

Cara Mengatasi Telat Datang Bulan dengan Daun Parsley
Daun Parsley

Cara alami selanjutnya adalah dengan mengkonsumsi daun parsley. Dengan rutin mengkonsumsi daun parsley, maka aliran darah menstruasi anda bisa menjadi lebih lancar. Caranya, siapkan beberapa lembar daun parsley dan rebus dengan air sampai mendidih.

Kemudian, seduh teh dengan menggunakan air rebusan parsley agar rasa pahitnya bisa ternetralisir. Minum secara rutin sampai anda bisa kembali lancar datang bulan. Namun harus diingat, ramuan daun parsley ini tidak cocok untuk wanita yang sedang  hamil dan juga wanita yang memiliki masalah dengan ginjal karena bisa mengakibatkan masalah kesehatan.

4. Buah Pepaya

Cara Mengatasi Telat Datang Bulan dengan Buah Pepaya
Buah Pepaya

Cara alami lain yang efektif untuk mengobati telat datang bulan adalah buah pepaya. Caranya, anda hanya perlu mengkonsumsinya secara rutin setiap hari setiap sebelum tidur dan saat pagi hari. Dengan rutin mengkonsumsi buah pepaya, maka tubuh anda bisa menjadi lebih nyaman dan datang bulan pun menjadi lancar.

5. Biji Wijen dan Gula Palem

Cara Mengatasi Telat Datang Bulan dengan Biji Wijen
Biji Wijen

Ramuan alami selanjutnya adalah kombinasi ramuan wijen dan gula palem. Dengan menggunakan ramuan ini maka datang bulan anda bisa menjadi lebih lancar seperti sebelumnya. Caranya, siapkan wijen hitam dan putih. Kemudian, sangrai wijen tersebut sampai matang dan haluskan.

Selanjutnya, campurkan bubuk wijen dengan gula palem hingga tercampur merata dan seduh dengan air panas. Beberapa menit kemudian, ramuan ini akan berubah bentuk menyerupai permen. Konsumsilah ramuan ini secara rutin sampai datang bulan anda kembali lancar.

6. Kunyit

Cara Mengatasi Telat Datang Bulan dengan Kunyit
Kunyit

Jika biasanya kunyit digunakan sebagai campuran masakan. Namun selain itu, anda pun juga bisa  menggunakan kunyit sebagai obat telat datang bulan. Caranya, cukup siapkan 1 kunyit segar dan asam jawa. Kemudian, rebus kedua bahan alami tersebut sampai mendidih dan minum selagi hangat. Selain menyehatkan, rutin mengkonsumsi rebusan kunyit juga bisa membuat kulit anda menjadi lebih cerah.

7. Daun alpukat

Apakah anda sering mengkonsumsi jus alpukat? Jika ya, berarti ini adalah kabar bagus untuk anda. Karena selain buahnya yang enak dan menyehatkan. Daun alpukat ternyata juga ampuh digunakan melancarkan datang bulan. Caranya, cukup siapkan beberapa lembar daun alpukat dan rebus dengan air sampai mendidih. Jika sudah cukup dingin, anda bisa langsung meminumnya.

8. Daun Iler

Cara Mengatasi Telat Datang Bulan dengan Daun Iler
Daun Iler

Daun berwarna ungu ini biasanya tumbuh liar di pinggir-pinggir jalan pedesaan. Nah, mungkin selama ini anda tidak mengetahui jika daun iler juga memiliki khasiat yang bermanfaat. Dan salah satunya juga berkhasiat untuk mengobati telat datang bulan.

Caranya, siapkan beberapa lembar daun iler dan 2 gelas air bersih. Kemudian, rebus daun iler sampai mendidih. Jika sudah dingin, kemudian saring dan minum secara rutin setiap hari.

9. Jahe

Cara Mengatasi Telat Datang Bulan dengan Jahe
Jahe

Biasa digunakan sebagai minuman penghangat. Jahe ternyata juga berkhasiat untuk melancarkan datang bulan. Hal ini karena di dalam jahe terdapat kandungan zingerone yang dapat membantu mengurangi nyeri dan melancarkan pengeluaran darah dari rahim.

Caranya, siapkan 1 jahe segar yang sudah dibersihkan dan juga teh. Kemudian, seduh kedua bahan tersebut dengan air panas. Terakhir, minum ramuan jahe ini secara rutin sebanyak 3 kali sehari.

Baca Juga : 21 Cara Menghilangkan Nyeri Haid Secara Alami dan Cepat

10. Buah Pare

Cara Mengatasi Telat Datang Bulan dengan Buah Pare
Buah Pare

Biasanya buah pare sering sekali digunakan sebagai sayuran yang menyehatkan. Namun selain itu, buah pare juga cukup ampuh untuk melancarkan datang bulan. Hal ini karena buah pare memiliki banyak kandungan penting seperti zat besi, folat, kalsium, dan beta karoten yang dapat membantu melancarkan siklus haid.

Caranya, anda hanya perlu rutin mengkonsumsi buah pare setiap hari. Namun, jika anda tidak menyukai rasa pahitnya. Anda bisa mencampurnya dengan makanan lain seperti nasi pecel atau gado-gado untuk menetralisir rasa pahitnya.

11. Biji Lobak

Cara Mengobati Telat Datang Bulan dengan Biji Lobak
Biji Lobak

Umumnya, bagian lobak yang sering dikonsumsi adalah umbinya. Tetapi ternyata, biji lobak juga memiliki khasiat yang tak kalah penting yakni dapat mengatasi datang bulan yang terlambat. Caranya, siapkan 1 genggam biji lobak yang sudah dihaluskan dan 1 gelas susu.

Kemudian, campurkan kedua bahan tersebut sampai merata dan minum secara rutin setiap hari selama 3 bulan. Dengan konsisten mengkonsumsi ramuan biji lobak, maka menstruasi anda bisa kembali lancar seperti sebelumnya.

12. Kompres Air Hangat

Cara Mengatasi Telat Datang Bulan dengan Air Hangat
Air Hangat

Tak hanya nyeri datang bulan yang bisa diatasi dengan kompres air hangat. Sebab ternyata terlambat datang bulan juga bisa diatasi dengan menggunakan air hangat. Caranya, sediakan 1 gelas air hangat dan kain bersih. Kemudian, usapkan kain yang sudah dibasahi tersebut ke bagian perut. Lakukan cara ini secara rutin, sampai datang bulan anda menjadi lancar.

13. Jus Wortel

Cara Mengatasi Telat Datang Bulan dengan Wortel
Wortel

Selain bagus untuk mata, jus wortel juga bagus untuk digunakan mengobati telat datang bulan. Hal ini karena wortel memiliki banyak kandungan bermanfaat seperti vitamin A, vitamin C, kalsium, dan iron yang dapat menyeimbangkan hormon tubuh. Cara menggunakannya, anda hanya perlu rutin mengkonsumsi jus wortel setiap hari dan rasakan khasiatnya.

14. Air Kelapa Muda

Cara Mengatasi Telat Datang Bulan dengan Air Kelapa Muda
Air Kelapa Muda

Selain rasanya yang manis dan menyegarkan. Air kelapa muda juga kaya akan kandungan yang bermanfaat yang berguna untuk melindungi tubuh dari serangan berbagai penyakit. Jadi tidak salah jika anda menggunakan air kelapa muda ini untuk membantu melancarkan kembali menstruasi.

15. Rajin Minum Air Putih

Cara Mengatasi Telat Datang Bulan dengan Air Putih
Air Putih

Jika anda tidak ingin repot dan mau cara yang lebih mudah. Anda bisa mencoba cara yang satu ini yakni minum air putih. Selain dapat mencukupi cairan dalam tubuh, rutin mengkonsumsi air putih juga dapat membantu melancarkan metabolisme dalam tubuh sehingga datang bulan anda pun bisa kembali lancar.

16. Istirahat

Cara Mengatasi Telat Datang Bulan dengan Istirahat Cukup
Istirahat Cukup

Jika anda tidak kunjung datang bulan, ada baiknya meluangkan waktu untuk beristirahat. Selain membuat tubuh jadi lebih segar, dengan istirahat yang cukup juga membantu anda mengurangi stres yang sedang dialami. Sehingga haid pun bisa kembali lancar.

17. Mengelola stress

Cara Mengatasi Telat Datang Bulan dengan Mengelola Stress
Mengelola Stress

Salah satu penyebab yang membuat anda mengalami terlambat datang bulan adalah stress. Jika saat ini anda sedang mengalami stres, ada baiknya untuk lebih banyak beribadah dan juga refreshing ke tempat-tempat yang baru. Datang bulan bisa kembali lancar, saat stress yang sedang anda alami berkurang dan normal kembali.

18. Minum Jamu

Cara Mengatasi Telat Datang Bulan dengan Minum Jamu
Minum Jamu

Salah satu kebiasaan sehat yang harus anda coba mulai dari sekarang adalah rutin mengkonsumsi jamu. Mungkin agak berat untuk anda yang tidak menyukai jamu. Namun, jika anda ingin datang bulan kembali lancar. Maka cara ini bisa menjadi alternatif terbaik untuk dilakukan. Karena selain dapat melancarkan datang bulan, tubuh anda pun bisa lebih sehat.

19. Menggunakan Pakaian Dalam yang Nyaman

Cara Mengatasi Telat Datang Bulan dengan Pakaian Dalam yang Nyaman
Pakaian Dalam yang nyaman

Cara terakhir dan mungkin terdengar sepele adalah menggunakan pakaian dalam yang nyaman. Pakaian yang ketat hanya akan membuat anda tersiksa. Maka dari itu, gunakanlah pakaian dalam yang nyaman dan tidak sesak. Hal ini agar demi bisa membantu saat anda tiba-tiba mengalami datang bulan.

Baca Juga