20 Cara Mengatasi Susah BAB Dengan Mudah
Sembelit atau susah BAB merupakan hal yang paling mengganggu dan membuat pengidapnya tidak merasa nyaman. Nah kali ini ada sejumlah cara mengatasi susah BAB dengan mudah. Buat kamu yang tengah mengalami susah BAB wajib simak artikel berikut ini ya.

Cara Mengatasi Susah BAB – BAB atau buang air besar merupakan sebuah proses pembuangan fases yang sangat umum dilakukan oleh makhluk hidup, khususnya manusia. Meskipun BAB merupakan hal yang biasa, namun tidak semua orang bisa melakukan BAB dengan lancar. Terkadang beberapa orang ada yang mengalami kesulitan atau kesusahan ketika BAB.

Nah, berikut ini ada 15 cara mengatasi susah BAB dengan mudah. Buat kamu yang lagi susah BAB wajib baca sampai selesai ya!

1. Ramuan Pulosari

Cara Mengatasi Susah BAB
Tanaman Pulosari

Pulosari merupakan jenis tanaman yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh, khususnya dalam mengatasi susah BAB. Untuk membuat ramuan ini, kamu perlu menyediakan kulit batang tanaman pulosari, daun jambu biji sebanyak 3 daun, 2 gelas air bersih, dan adas.

Caranya, cuci semua bahan, rebus air hingga mendidih. Lalu masukan semua bahan, biarkan sampai air sangat mendidih. Saring dan minum air tersebut.

2. Air Putih

Cara Mengatasi Susah BAB
Air Putih

Sebagian besar zat yang ada dalam tubuh adalah air, maka tak heran jika kita harus mencukupi asupan mineral di setiap harinya. Nah, buat kamu yang tengah mengalami sembelit atau susah BAB, cobalah untuk mengkonsumsi air putih lebih banyak dari biasanya. Karena air putih memang terbukti mampu mengatasi sejumlah gangguan pencernaan.

3. Sayur Hijau

Cara Mengatasi Susah BAB
Sayur Hijau

Sayur memang salah satu makanan sehat yang kaya akan manfaat, salah satunya dapat mengatasi susah BAB. Sayur-sayur yang dimaksud merupakan sayuran yang kaya akan serat, seperti sawi, kangkung, bayam dan lain-lain. Selain bisa melancarkan sistem pencernaan, sayur juga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

4. Buah

Cara Mengatasi Susah BAB
Buah

Pada umumnya buah mengandung berbagai macam vitamin dan mineral, tak hanya itu saja namun kandungan dalam buah lainnya juga sangat baik untuk tubuh, khususnya untuk sistem pencernaan tubuh. Nah, untuk kamu yang merasa susah BAB, kamu bisa mencoba mengatasinya dengan meng-konsumsi sejumlah buah-buahan seperti mangga, jambu dan alpukat.

5. Madu

Cara Mengatasi Susah BAB
Madu

Seperti yang telah kita ketahui, madu memang salah satu bahan alami yang memiliki sejuta khasiat. Tak heran jika madu juga bisa mengatasi permasalahaan pencernaan seperti susah BAB. Buat kamu yang mau mencoba mengatasi susah BAB dengan madu, kamu bisa menyiapkan beberapa sendok madu, lalu campurkan dengan air putih, aduk dan minum secara rutin, minimal 2 kali sehari.

6. Lidah Buaya

Cara Mengatasi Susah BAB
Lidah Buaya

Cara mengatasi susah BAB selanjutnya yakni dengan menggunakan bahan alami lidah buaya. Ya, tidak perlu susah payah mencari lidah buaya, karena tanaman yang satu ini sudah sangat familiar di Indonesia. Cukup sediakan satu batang daun lidah buaya, pisahkan kulit dan gel yang berada di dalamnya, ambil gel tersebut dan potong kecil-kecil. Seduh dengan air panas, dan alangkah lebih baik lagi jika kamu tambahkan sedikit madu sebagai perasa.

7. Akar Bunga Matahari

Cara Mengatasi Susah BAB
Akar Bunga Matahari

Bunga matahari memang sudah dikenal sebagai tanaman cantik yang kaya akan manfaat. Selain bunga dan daunnya, kamu juga bisa memanfaatkan akarnya sebagai bahan untuk membuat ramuan yang berkhasiat untuk mengatasi susah BAB. Cukup siapkan setidaknya 20 gram akar bunga matahari dan 2 gelas air bersih. Bersihkan akar tersebut, dan rebus hingga mendidih. Air hasil rebusan tersebut bisa kamu konsumsi setiap hari untuk hasil yang lebih memuaskan.

8. Akar Temulawak

Cara Mengatasi Susah BAB
Temulawak

Temulawak juga tak kalah hebatnya dalam memberikan sejumlah manfaat, terbukti dengan banyaknya jenis jamu dan obat tradisional yang menggunakan bahan dasar temulawak. Nah, ternyata akar temulawak juga bisa kamu manfaatkan untuk mengatasi susah BAB. Cukup sediakan akar temulawak dan gula aren, serta 3 buah asam. Rebus semua bahan dalam air mendidih, dan air hasil rebusan tersebut bisa langsung kamu konsumsi.

Baca Juga : 28 Penyebab Keputihan Yang Perlu Kita Ketahui

9. Buah Mengkudu

Cara Mengatasi Susah BAB
Mengkudu

Buah mengkudu atau yang sering disebut dengan buah pace ini terkenal dengan rasanya yang begitu pahit. Meskipun terasa begitu pahit, namun ternyata buah ini menawarkan sejumlah khasiat yang sangat berguna, salah satunya yakni dapat melancarkan sistem pencernaan dalam tubuh.

Caranya, sediakan 2 buah mengkudu dan sedikit garam. Bersihkan buah mengkudu dan blender atau haluskan buat tersebut dengan menambahkan sedikit air. Saring, lalu ambil air hasil perasan buah mengkudu dan tambahkan sedikit garam.

10. Nanas dan Pepaya

Cara Mengatasi Susah BAB
Nanas dan Pepaya

Kedua buah yang kaya akan serat ini sudah dikenal oleh banyak masyarakat indonesia sebagai buah yang mampu mengatasi permasalahan pencernaan. Caranya cukup mudah, bersihkan buah nanas dan pepaya lalu kupas kedua buah tersebut. Blender kedua buah tersebut dengan menambahkan sedikit air, lalu konsumsi hasil air dari bahan tersebut secara rutin. Alangkah lebih baik lagi jika kamu mengkonsumsi jus ini saat satu jam sebelum makan.

11. Kopi

Cara Mengatasi Susah BAB
Kopi

Dalam takaran yang tepat, kafein dalam kopi bisa jadi hal yang bermanfaat bagi tubuh, salah satunya mampu mengatasi permasalahan dalam sistem pencernaan tubuh. Selain bermanfaat untuk melancarkan pencernaan, kafein pada kopi juga berguna untuk orang-orang yang mengidap penyakit stroke, penyakit jantung dan kanker. Tak cukup itu saja, bahkan kopi juga bisa meningkatkan energi, menambah fungsi otak, membangun suasana hati, meningkatkan kecerdasan dan masih banyak lagi.

12. Minyak Zaitun

Cara Mengatasi Susah BAB
Minyak Zaitun

Ya, minyak yang terkenal dengan sejuta manfaatnya ini juga bisa mengatasi sembelit atau susah BAB. Caranya, siapkan satu sendok minyak zaitun dan satu sendok jus jeruk nipis dalam keadaan dingin ataupun hangat. Campurkan kedua bahan tersebut dan konsumsi secara teratur.

13. Olahraga

Cara Mengatasi Susah BAB
Jogging

Untuk mengatasi sembelit tidak hanya bisa dilakukan dari dalam saja, namun juga bisa dilakukan dari luar seperti latihan fisik atau olahraga. Sudah tidak diragukan lagi, olahraga memang salah satu gaya hidup sehat yang bisa kamu terapkan. Tak hanya bermanfaat untuk mengatasi sembelit saja, namun dengan olahraga kamu akan menemukan sejumlah manfaat lainnya.

14. Jus Lemon

Cara Mengatasi Susah BAB
Jus Lemon

Tanpa disadari, lemon bisa dijadikan sebagai stimulan yang bagus bagi pencernaan dalam tubuh. Tak hanya itu saja, lemon juga terbukti bisa mengeluarkan sejumlah racun dari sisa-sisa makanan yang ada di dalam tubuh.

Untuk mengatasi susah BAB dengan jus lemon caranya sangat mudah, cukup sediakan 1 buah lemon serta 1 cangkir air matang yang masih hangat. Blender buah lemon, atau cukup dengan memerasnya saja lalu campur air hasil perasaan lemon ke dalam air matang yang masih hangat.

15. Mengkonsumsi Buah Pisang

Cara Mengatasi Susah BAB
Pisang

Ya, kandungan dalam buah pisang memang terbukti ampuh dalam mengatasi sembelit atau susah BAB. Tidak ada cara khusus dalam hal ini, cukup konsumsi buah pisang yang masih segar sebanyak 3 buah saat satu jam sebelum makan. Lakukan cara ini setiap kamu hendak makan.

16. Terapi Akupuntur

Cara Mengatasi Susah BAB
Akupuntur

Ya, terapi akupuntur memang salah satu pengobatan alternatif yang sudah di kenal sejak dulu. Banyak orang menganggap akupuntur terlalu ribet, padahal atas keribetannya tersebut akupuntur dapat memberikan sejumlah manfaat untuk kita, termasuk mengatasi sembelit atau susah BAB.

17. Plum

Cara Mengatasi Susah BAB
Plum

Sejak dulu, tepatnya seja jaman Romawi Kuno, buah yang satu ini sudah dipercayai sebagai buah yang mampu melunakan feses. Hal ini dikarenakan buah plum mengandung banyak serat yang bagus bagi kesehatan usus besar.

18. Yogurt

Cara Mengatasi Susah BAB
Yogurt

Walaupun sampai saat ini belum ada bukti ilmiah mengenai yogurt mampu mengatasi gangguan pencernaan, namun buat kamu yang mau mencoba mengatasi susah BAB dengan yogurt, silahkan dicoba. Karena memang tidak ada satupun efek buruknya.

19. Beras Merah

Cara Mengatasi Susah BAB
Beras Merah

Tentu kita semua tahu bahwa beras merah lebih baik dari beras biasa. Ya, sejumlah kandungan dalam beras merah memang memiliki banyak manfaat, salah satunya dapat melancarkan sistem pencernaan dalam tubuh. Nah, buat kamu yang mengalami susah BAB atau gangguan pencernaan lainnya, kamu bisa nih mencoba mengkonsumi beras merah untuk mengatasinya.

20. Mengkonsumsi Makanan Probiotik

Cara Mengatasi Susah BAB
Makanan Probiotik

Makanan probiotik memang terbukti sangat baik bagi kesehatan usus kita. Nah, jika kita mengkonsumsi makanan probiotik secara rutin, tentu hal ini akan membantu usus dalam melancarkan pencernaan dalam tubuh. Dengan begitu BAB sudah tidak susah lagi.

Baca Juga