20 Cara Efektif dan Ampuh Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi
Perut yang kembung dapat membuat bayi menjadi tidak nyaman dan rewel. Para orangtua kerap merasa bingung mengatasinya. Jika anada salah satunya, maka jangan khawatir, anda dapat mengikuti cara-cara efetkif seperti berikut.

Kata.co.id - Perut kembung adalah salah satu hal yang paling sering terjadi pada bayi. Penyebabnya beragam, mulai dari cara menyusui yang salah hingga cuaca yang tidak mendukung. Perut kembung harus segera diatasi karena membuat bayi menjadi sangat tidak nyaman dan cenderung rewel. Untuk mengatasinya, lakukan beberapa langkah mudah berikut ini.

1. Menggosok perut bayi

Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi
Menggosok perut bayi

Hal pertama yang harus dilakukan untuk mengatasi kembung pda bayi adalah dengan menggosok perutnya. Dengan menggosok perut bayi, akan sangat membantu mengeluarkan angin sehgingga mengurangi kembung. Caranya melakukannya yaitu dengan menggosok lembut perut bayi dari punggung ke bagian pusar.

2. Memanfaatkan chamomile

Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi 2
Memanfaatkan chamomile

Chamomile adalah salah satu bahan alami yang sangat baik untuk kesehatan, terutama untuk mengatasi perut kembung pada bayi dan balita. Chamomile mengandung bahan zat yang sangat membantu mengurangi gas pada perut. Selain itu, chamomile juga dapat membantu otot-otot pada saluran pencernaan menjadi lebih rileks dan otomatis bisa meningkatkan fungsi pencernaan dan mengurangi pembentukan gas yang berlebihan.

3. Menepuk punggung bayi 

Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi 3
Menepuk punggung bayi

Anda juga bisa menggendong bayi anda dengan posisi tegak dan tepuk perlahan pada bagian punggungnya untuk mengatasi kembung. Tunggulah hingga bayi anda bersendawa. Dengan bersendawa, biasanya kembung pada perut bayi akan teratasi karena sebagian gas sudah dikeluarkan melalui mulut. 

4. Menggunakan air hangat

Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi 4
Menggunakan air hangat

Air hangat dapat membuat perut bayi menjadi terasa nyaman dan mengurangi kembung. Cara yang satu ini dapat dilakukan pada bayi baru lahir ataupun yang telah berusia beberapa bulan. Untuk bayi baru lahir, anda hanya perlu memandikannya dengan air hangat. Sedangkan untuk bayi yang sudah berusia beberapa bulan, berikan bayi air hangat dan untuk diminum. 

5. Biarkan bayi aktif

Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi 5
Biarkan bayi aktif

Gerakan bayi yang aktif dapat membantu perut bayi mengeluarkan gas usus dengan baik. Karena itu, sebaiknya anda tidak terlalu sering menggendongnya. Agar tetap aktif, Anda dapat mengajak bayi belajar atau bermain sesuai dengan perkembangan motoriknya. Cara ini sebaiknya dilakukan setelah bayi diberi ASI atau susu formula.

6. Kurangi susu formula

Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi 6
Kurangi susu formula

Perut kembung yang sering dialami bayi biasanya berkaitan dengan susu formula yang berlebihan pada perut bayi. Untuk itu, Anda sebaiknya mengurangi asupan susu formula. Yang perlu diperhatikan adalah bila bayi Anda kembung setiap selesai meminum susu formula, kemungkinan besar bayi anda jmengalami alergi susu sapi atau bisa juga karena karena kandunga didalam susu formula tidak cocok dengan perut bayi. Solusinya, anda bisa mengganti susu formula dengan merek lain.

7. Membuat gerakan pada kaki bayi

Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi 7
Membuat gerakan pada kaki bayi

Membuat kaki bayi bergerak aktif dapat membantu mengeluarkan gas berlebih didalam perut. Anda tidak perlu repotm, cukup biarkan bayi berguling-guling di tempat tidur atau hanya mengangkat kakinya ke atas. Gerakan tersebut makan membuat tekanan pada otot kaki dan perut sehingga membuat gas pada perut bayi berkurang bahkan menghilang dengan sendirinya. 

8. Menyusui dengan benar

Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi 8
Menyusui dengan benar

Menyusui dengan cara yang salah bisa menjadi penyebab kembung pada perut bayi. Karena itu, anda harus berusaha menyusui dengan cara yang benar. Saat menyusui, posisikan leher dan kepala bayi lebih tinggi dari perut. Pastikan bayi mendapatkan ASI dengan baik dan tidak ada udara yang masuk kedalam mulut bayi. 

9. Pastikan bayi tidak terlalu cepat atau terlalu lambat menghisap ASI

Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi 9
Pastikan bayi tidak terlalu cepat atau terlalu lambat menghisap ASI

Untuk membuat perut bayi menjadi nyaman, menyusui perlu dilakukan dengan benar dan tepat sesuai usia bayi. Usahakn bayi tidak menghisap asi terlalu lambat ataupun terlalu cepat. Saat bayi menghisap terlalu kuat, sebaiknya puting payudara agak ditekan guna menghentikan ASI. Hal ini sangat penting agar bayi tidak tersedak dan menjadi kembung.

10. Terapi fisik 

Mengatasi kembung pada bayi 10
Terapi fisik

Bayi yang fisiknya lelah bisa menjadi pemicu kembung pada perut. Bayi yang belum bisa bergerak dengan baik, posisi tubuhnya terkadang akan sangat monoton, hal ini akan membuatnya lelah. Anda dapat melakukan terapi fisik untuk mengatasinya dengan membawanya ke ahli terapi. Terapi pada bayi akan merangsang beberapa titik tubuh bayi dengan pijatan atau tekanan lembut. 

BACA JUGA: 18 Cara Mengatasi Sembelit Pada Bayi dengan Cepat



11. Sendawakan bayi

Mengatasi kembung pada bayi 11
Sendawakan bayi

Saat bayi selesai meminum ASI, anda harus membuatnya bersendawa untuk mencegah terjadinya kembung pada perut. Bersendawa sangat berguna agar tidak ada udara berlebih pada pencernaan bayi. Caranya, gendong bayi dengan menegakkan kepalanya. Cara ini, selain bisa mengatasi kembung, juga baik untuk mencegah bayi muntah.

12. Perhatikan cara minum bayi dari botol susu

Mengatasi kembung pada bayi 12
Perhatikan cara minum bayi dari botol

Jika bayi anda meminum susu dari botol, anda harus memastikan bayi anda minum dengan benar. Jika ada suara “blub” berarti bayi Anda minum dengan cara yang salah dan menghisap udara dari botol. Untuk mengatasinya, posisikan botol susu senyaman mungkin, jangan sampai posisi botol susu terlalu kebawah dan membuat bayi kesulitan mendapatkan susu dan malah menelan udara.

13. Pijat bayi

Mengatasi kembung pada bayi 13
Pijat bayi

Pijat bayi juga salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi perut kembung pada bayi. Pijatan dapat dimulai dari titik pencernaan bayi. Agar lebih efektif, anda perlu membawa bayi anda untuk melakukan spa khusus bayi. Cara tersebut dapat membantu bayi untuk tidur lebih nyaman.

14. Pilih botol susu yang tepat

Mengatasi kembung pada bayi 14
Pilih botol susu yang tepat

Berikutnya, anda perlu memperhatikan bentuk, jenis dan ukuran botol susu. Pilihlah botol susu yang lembut dengan bentuk yang sesuai dengan mulut bayi dan mudah dijangkau bayi. Jika pilihan botol susu sudah tepat, bayi biasanya akan jarang mengalami masalah perut kembung.

15. Pijat dengan bawang merah

Mengatasi kembung pada bayi 15
Bawang merah

Melakukan pemijatan dengan bawang mrah merupakan salah satusolusi yang baik untuk menghilangkan kembung pada bayi, Kupas dan cuci bawang merah, lalu haluskan dan usapkan dengan lembut ke perut bayi dengan menggunakan tiga jari Anda. Penggunaan bawang merah jangan terlalu banyak agar tidak menyebabkan iritasi pada kulit bayi.

16. Posisikan bayi seperti akan terbang

Mengatasi kembung pada bayi 16
Posisi bayi seperti terbang

Posisi yang satu ini cukup manjur untuk mengeluarkan gas pada perut bayi. Caranya sangat mudah, posisikan wajah bayi di lengan Anda dengan kaki diatas pergelangan tangan lainnya. Saat tubuh bayi sudah bertumpu pada perut, gosok punggung bayi dengan lembut. 

17. Biarkan bayi tengkurap

Mengatasi kembung pada bayi 17
Biarkan bayi tengkurap

Cara ini dapat dilakukan jika bayi sudah bisa tengkurap. Biarkan bayi anda tengkurap lebih lama dari biasanya, dan perhatikan apakah bayi merasa tidak nyaman, sakit, atau ekspresi wajahnua aneh. Saat bayi tengkurap, maka gas dalam perut akan mendapat tekanan dari berat badan badan bayi. Hal ini akan membantu bayi buang angin dengan mudah. 

18. Bedong bayi 

Mengatasi kembung pada bayi 18
Bedong Bayi

Membedong bayi yang berusia sekitar 2 bulan akan dapat memuat perut bayi menjadi nyaman. Bayi baru lahir biasanya akan merasa udara atau kondisi yang ada disekitarnya tidak nyaman. Selain itu, bayi juga kerap kedinginan dan mudah kembung. Untuk itu, anda perlu membedong bayi anda dengan benar.

19. Gerakkan kaki bayi seperti bersepeda

Mengatasi kembung pada bayi 19
Gerakkan kaki bayi seperti mengayuh sepeda

Cara lain yang bisa anda lakukan adalah menggerakkan kaki bayi seolah-olah sedang mengayuh sepeda. Anda bisa melakukan cara tersebut dengan lembut sambil mengajaknya berkomunikasi. Gerakan tersebut akan menekan perut bayi dan mendorong gas menuju kerongkongan bayi dan gas akan keluar melalui sendawa.

20. Jangan memberikan empeng

Mengatasi kembung pada bayi 20
Jangan memberikan empeng

Sebagian bayi memang terbiasa menggunakan empeng. Namun kebiasaan ini dapat membuat perut bayi menjadi tidak nyaman dan kembung. Untuk itu, usahakan jangan selalu memberikan empeng saat bayi anda menangis tapi berusahalah mencari tahu apa yang menyebabkan ia menangis, dan hibur hingga bayi merasa nyaman.

Baca Juga