24 Cara Mengatasi Insomnia Dengan Mudah Secara Alami
Cara mengatasi insomnia dapat dilakukan secara alami ataupun bantuan dokter. Beberapa cara dapat dilakukan di rumah bila tidak menyalahi aturan. Selain itu, insomnia dapat hilang bila kita merubah pola hidup untuk hidup yang lebih baik lagi.

Cara Mengatasi Insomnia - Tidur adalah kebutuhan manusia yang sangat indah dilakukan setiap hari. Tidur membuat energi badan menjadi bugar kembali. Tidur pada umumnya dilakukan selama 4-8 jam setiap harinya tergantung pada setiap kebutuhan manusia. Tidur sendiri adalah hal yang wajib perlu dilakukan agar badan untuk beristirahat sejenak. Namun bila tubuh tidak mendapatkan tidur pastinya akan membuat masalah pada sistem tubuh. Salah satu penyakit yang berkaitan dengan tidur yaitu insomnia. Insomnia adalah penyakit yang menyebabkan seseorang untuk susah tidur di malam hari. Berikut ini cara mengatasi insomnia. 

 

1. Tidak mengonsumsi kafein

Cara Mengatasi Insomnia
Tidak mengonsumsi kafein

Cara mengatasi insomnia adalah dengan tidak mengonsumsi kafein. Kafein biasanya terdapat pada sebuah kopi. Kopi sekarang ini sudah menjadi sebuah kebutuhan yang harus diminum setiap hari. Kafein sendiri membuat seseorang untuk tidak tidur bahkan penghilang rasa ngantuk. Mengonsumsi kafein saat malam hari sangat tidak dianjurkan karena hal ini dapat membuat seseorang untuk tidak cepat tidur.

 

2. Mengubah suasana kamar

Cara Mengatasi Insomnia
Mengubah suasana kamar

Kamar adalah salah satu ruangan paling penting untuk memulihkan tenaga setelah beraktifitas sehari-hari. Kamar juga dapat menentukan mood seseorang menjadi baik ataupun buruk. Kamar yang rapi dan bersih pastinya akan membuat penghuninya merasakan kenyamanan. Salah satu fungsi kamar adalah membuat penghuninya untuk cepat tidur. Bila penghuninya sendiri tidak suka cepat tidur maka yang perlu dilakukan adalah mengubah tatanan di kamar menjadi lebih beda dari sebelumnya.

 

3. Membaca buku

Cara Mengatasi Insomnia
Membaca buku

Membaca buku adalah kegiatan yang dapat membuat seseorang menjadi pintar. Buku adalah jendela ilmu. Seseorang yang tidak tahu akan menjadi tahu karena membaca buku. Membaca buku dapat menjadi solusi untuk menghilangkan insomnia. Hal yang perlu diperhatikkan bahwa pilihlah buku kesenangan yang kamu minati kemudian baca buku tersebut pada malam hari menjelang waktu tidur. Lambat laun dunia bawah sadar akan menyadarkan untuk tidur secara perlahan-lahan.

4. Mandi

Cara Mengatasi Insomnia
Mandi

Mandi membuat tubuh menjadi segar kembali. Setelah mandi, tubuh akan mengajak tidur secara perlahan-lahan. Mandi yang baik pada malam hari adalah menggunakan air hangat. Lakukan mandi bila merasa tubuh kurang fit. Mandi sendiri membuat tubuh menjadi rileks.

 

5. Berhenti Makan

Cara Mengatasi Insomnia
Berhenti Makan

Salah satu godaan di saat malam hari yaitu memakan makanan cemilan. Makan pada malam hari membuat tubuh menjadi segar kembali karena mendapatkan asupan. Makan pada malam hari sebaiknya dihindari bila telah masuk waktu tidur. Hal inilah yang membuat seseorang menjadi insomnia.

 

6. Berhenti Berolahraga

Cara Mengatasi Insomnia
Berhenti Berolahraga

Berolahraga di malam hari nyatanya sangat baik untuk tubuh namun sayangnya hal ini membuat seseorang untuk susah tidur. Berolahraga di malam hari khususnya pada jam tidur membuat tubuh menjadi bugar kembali. Ada baiknya bila olahraga dilakukan 3-4 jam sebelum tidur.

 

7.  Tidak tidur siang

Cara Mengatasi Insomnia
Tidak tidur siang

Seorang bayi yang tidur pada siang hari biasanya akan terbangun pada malam hari. Sama halnya dengan orang dewasa. Bila aktifitas tidur dilakukan pada siang hari hal ini akan mengacaukan jam tidur malam bahkan membuat seseorang untuk susah tidur karena jatah tidur yang sudah digunakan pada siang harinya.

 

8. Minum Obat Resep Dokter

Cara Mengatasi Insomnia
Minum Obat Resep Dokter

Sebelum minum obat tidur pastikan bahwa sudah melakukan konsultasi dengan dokter. Obat sendiri tidak boleh dikonsumsi secara sembarangan karena akan mengakibatkan hal fatal untuk tubuh. Obat tidur yang baik pastinya sudah diresepkan oleh dokter. Bila mengalami hal gangguan pada organ tubuh sebaiknya lakukan konsultasi agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

9. Minum teh herbal

Cara Mengatasi Insomnia
Minum teh herbal

Teh herbal biasanya digunakan untuk membuat tubuh menjadi sehat. Teh hebal sendiri mengandung ramuan alami yang dapat menyembuhkan beberapa penyakit salah satunya yaitu insomnia. Teh herbal dapat disajikan sebelum tidur. Tetapi ada baiknya memperhatikkan kandungan teh herbal sendiri karena beberapa orang memiliki alergi terhadap teh herbal.

 

10. Minum susu

Cara Mengatasi Insomnia
Minum susu

Pada waktu kecil sebelum tidur biasanya orang tua kita akan memberikan susu sebelum tidur. Minum susu sebelum tidur dapat membuat stimulasi tubuh menjadi rileks dan membuat segar badan untuk tidur. Hal ini dapat membuat tidur menjadi berkualitas. Perlu diperhatikkan setelah minum susu ada baiknya menggosok gigi.

 

11.  Menulis diary

Cara Mengatasi Insomnia
Menulis diary

Menulis segala hal yang telah dilakukan pada hari sebelumnya pastinya akan menyenangkan bila ditulis pada sebuah buku. Hal ini akan membuat seseorang menjadi ingat kembali dengan kenangan sebelumnya. Menulis diary dapat membuat kegelisahan tentang apa yang terjadi sebelumnya atau tentang hari besok dapat hilang sejenak karena telah dituangkan dalam diary. Hal ini membuat kamu akan nyenyak untuk tidur.

 

12. Mengurangi cahaya kamar

Cara Mengatasi Insomnia
Mengurangi cahaya kamar

Menurut penelitian jurnal kesehatan dari Amerika Serikat menyebutkan bahwa 40 % penduduk susah tidur dikarenakan tingkatnya intensitas cahaya lampu. Tidur nyenyak dapat diperoleh bila penggunaan lampu dikurangi bahkan dimatikan. Selain membuat badan menjadi sehat, di sisi lain juga menghemat biaya listrik.

 

13. Memindahkan Alat Elektronik

Cara Mengatasi Insomnia
Memindahkan Alat Elektronik

Dalam kehidupan sehari-hari untuk berkomunikasi kita tidak bisa lepas dari yang namanya telepon genggam, TV, ataupun komputer. Untuk membuat seseorang menghindar dari yang namanya insomnia ada baiknya bila barang-barang elektronik seperti tersebut dihindarkan dari rumah. Hal ini guna untuk membuat tubuh beristirahat secara sempurna tanpa gangguan apapun.

 

14. Mengubah Ukuran Jam

Cara Mengatasi Insomnia
Mengubah Ukuran Jam

Mengubah ukuran jam dari yang besar ke kecil ternyata sangat berguna untuk menghilangkan insomnia. Pengubahan ukuran jam ini untuk membuat kita tidak selalu mengecek waktu. Apabila jam tersebut sangat menganggu di dalam kamar dapat dipindahkan ke ruangan lain. Hindari menggunakan jam dinding yang berbunyi agar suasana tidur menjadi tenang.

 

15. Berwudhu

Cara Mengatasi Insomnia
Berwudhu

Bila kamu beragama muslim hal yang dapat kamu lakukan sebelum tidur adalah berwudhu. Berwudhu sebelum tidur sama halnya membersihkan kotoran yang menempel pada tubuh khususnya tangan ataupun kaki. Berwudhu juga dapat membuat tenang untuk tubuh agar segera tidur.

 

16. Konsultasi dengan Dokter

Cara Mengatasi Insomnia
Konsultasi dengan Dokter

Bila kamu merasa insomnia yang kamu rasakan sudah sangat lama dan terbilang sangat parah ada baiknya bila melakukan konsultasi ke dokter. Hal ini guna untuk mengetahui penyebab insomnia yang di rasakan khususnya cara untuk menyembuhkan ataupun pengobatan yang perlu dilakukan.

 

17. Minum Air Putih

Cara Mengatasi Insomnia
Minum Air Putih

Minum air putih sebanyak 8 liter air dapat menghindari tubuh dari dehidrasi. Seseorang yang susah tidur dapat disebabkan karena kurangnya tidur. Untuk membuat badan agar cepat tidur dengan cara rajin minum air putih setiap harinya khususnya sebelum dan bangun tidur.

 

18. Membuat Jadwal Tidur

Cara Mengatasi Insomnia
Membuat Jadwal Tidur

Agar membuat waktu tidur secara teratur Anda dapat membuat catatan tentang waktu tidur setiap hari. Hal ini dapat mereview mengenai jam tidur setiap hari. Dari sinilah kita dapat menentukan waktu tidur yang tepat sebagai alarm. 

 

19. Tidur tiduran

Cara Mengatasi Insomnia
Tidur tiduran

Bila kamu merasa tidak ingin tidur tetapi kamu diharuskan untuk segera tidur. Salah satu hal yang perlu dilakukan adalah tidur tiduran di kamar. Penjamkan mata kemudian telentang di tempat tidur. Lakukan hal tersebut agar badan segera untuk tidur.

 

20. Meditasi

Cara Mengatasi Insomnia
Meditasi

Meditasi sebelum tidur dapat mengurangi stress pada tubuh. Meditasi dapat menenangkan pikiran pada tubuh. Hal ini membuat pikiran menjadi jernih saat akan tidur tanpa memikirkan masalah apapun.

 

21. Berhitung Mundur

Cara Mengatasi Insomnia
Berhitung Mundur

Salah satu cara untuk menghilangkan insomnia adalah menghitung mundur. Lakukan dengan cara menghitung angka dari terbesar ke terkecil. Selain itu dapat pula dengan cara menghitung nilai dengan cara kelipatan.

 

22. Menekuk Jari Kaki

Cara Mengatasi Insomnia
Menekuk Jari Kaki

Hal yang perlu dilakukan adalah menekuk jari kaki. Pertama yang perlu dilakukan dengan cara telentang pada tempat tidur kemudian angkat kaki ke atas dan tekuk jari kaki selama beberapa menit. Hal ini dipercaya ampuh untuk mempercepat tidur.

 

23. Melakukan aktifitas berat di siang hari

Cara Mengatasi Insomnia
Melakukan aktifitas berat di siang hari

Saat melakukan aktifitas berat pada siang hari pastinya tubuh akan merasa lelah dan tidak semangat pada malam harinya. Hal inilah yang membuat tubuh untuk segera tidur karena membutuhkan istirahat yang cukup.

 

24. Mendengarkan Musik

Cara Mengatasi Insomnia
Mendengarkan Musik

Cara mengatasi insomnia terakhir adalah mendengarkan musik. Musik sendiri dapat menjadi solusi untuk menghilangkan insomnia. Pada saat menjelang tidur ada baiknya bila mendengarkan musik lambat agar membuat suasana menjadi ingin tidur. Hindari mendengarkan lagu dengan tempo cepat atau keras yang mana membuat suasana menjadi semangat.

Baca Juga