18 Cara Mengatasi Gatal di Selangkangan Secara Mudah  dan  Alami
Salah satu penyakit yang dapat membuat rasa tidak pede adalah rasa gatal di selangkangan. Selain itu, gatal di selangkangan membuat selangkangan tidak menjadi indah lagi. Untuk menghilangkan gatal sendiri butuh waktu yang cukup. Cara mengatasi gatal di selangkangan sendiri dapat memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada di dapur.

Cara Mengatasi Gatal di Selangkangan – Setiap orang pastinya pernah merasakan gatal di selangkangan karena beberapa faktor seperti kurangnya menjaga kebersihan, ataupun alergi makanan. Gatal di selangkangan membuat rasa tidak nyaman bahkan membuat selangkangan tidak indah lagi. Berikut ini cara mengatasi gatal di selangkangan.

 

1. Baking Soda

Cara Mengatasi Gatal di Selangkangan
Baking Soda

Cara mengatasi gatal di selangkangan yang pertama adalah menggunakan baking soda. Baking soda adalah bahan yang digunakan untuk membuat kue. Baking soda juga dimanfaatkan dalam dunia kecantikan sebagai perawatan. Untuk menggunakan baking soda sebagai obat penghilang gatal di selangkangan caranya sangat mudah sekali. Hanya perlu mencampurkan baking soda dengan air kemudian oleskan baking soda pada gatal di selangkangan. Lakukan hal tersebut setelah mandi karena selangkangan dalam keadaan bersih.

 

2. Alkohol

Cara Mengatasi Gatal di Selangkangan
Alkohol

Alkohol yang biasa digunakan untuk membersihkan luka ini dapat mengatasi gatal di selangkangan. Alkohol mengandung desinfektan dan anti mikroba untuk mencegah infeksi. Caranya dengan menggosokkan alkohol pada kapas kemudian oleskan pada gatal di selangkangan. Lakukan ini selama beberapa kali dalam sehari. Pastikan selangkangan bersih dari kotoran sebelum memberikan alkohol.

 Baca juga : 65 Manfaat Daun Binahong Bagi Kesehatan dan Kecantikan

3. Minyak Kelapa

Cara Mengatasi Gatal di Selangkangan
Minyak Kelapa

Minyak kelapa yang biasa dimanfaatkan oleh ibu-ibu di dapur untuk memasak beraneka makanan ternyata juga berguna untuk mengatasi gatal yang ada di selangkangan. Untuk mengolah minyak kelapa menjadi obat perlu ditambahkan dengan daun kecubung. Daun kecubung pertama kali perlu di tumbuk agar menjadi halus kemudian campurkan dengan minyak kelapa. Oleskan pada selangkangan setelah mandi setiap harinya.

 

4. Daun Sirih

Cara Mengatasi Gatal di Selangkangan
Daun Sirih

Daun sirih adalah benda yang menjadi favorit orang tua untuk  menyirih. Daun sirih menjadi dewa untuk berbagai pengobatan ataupun perawatan. Daunnya sangat berguna untuk menghilangkan bakteri ataupun luka. Selain itu, juga dapat mengatasi gatal di selangkangan. Caranya hanya perlu menghaluskan daun sirih menjadi halus. Kemudian di satu sisi rebus daun sirih. Daun sirih yang sudah dihaluskan ditempelkan pada selangkangan. Diamkan selama 1 jam. Setelah itu bilas dengan air rebusan daun sirih.

 

5. Cuka Apel

Cara Mengatasi Gatal di Selangkangan
Cuka Apel

Selain buahnya disukai oleh semua orang karena rasanya yang sangat manis, cuka apel ternyata juga bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai penyakit bila dilakukan secara telaten. Cuka apel biasanya dimanfaatkan untuk perawatan muka. Cara menggunakan cuka apel sebagai obat dengan cara mencampurkan cuka apel dengan air. Lalu gunakan kapas dan celupkan kapas pada cuka apel. Taruh pada gatal di selangkangan selama beberapa menit. Lakukan hal ini hingga beberapa kali.

 

6. Es Batu

Cara Mengatasi Gatal di Selangkangan
Es Batu

Es batu digunakan untuk membuat minuman menjadi dingin sehingga menyejukkan tenggorokan. Selain itu, es batu juga dimanfaatkan untuk mengkompres mata yang sembab ataupun bengkak. Sebelum melakukan makeup, beberapa wanita menggunakan es batu sebagai pelembab wajah. Es batu sendiri hanya perlu ditempelkan pada selangkangan untuk mengatasi gatal.  

 

7. Garam

Cara Mengatasi Gatal di Selangkangan
Garam

Siapa yang tidak mengenal garam yang memiliki rasa asin yang sangat tinggi ini ternyata dapat menghilangkan berbagai penyakit. Garam sendiri berasal dari air laut. Garam dapat dimanfaatkan untuk spa bahkan penyedap rasa pada makanan. Cara mengolah garam sebagai penghilang gatal adalah dengan cara mencampurkan garam dengan air hangat kemudian tempelkan pada selangkangan. Lakukan hal ini disaat kulit sangat bersih.

 

8. Krim Anti Jamur

Cara Mengatasi Gatal di Selangkangan
Krim Anti Jamur

Bila kamu tidak mau bersusah payah untuk mengolah bahan-bahan yang ada di dapur untuk menghilangkan gatal di selangkangan, kamu dapat memanfaatkan krim anti jamur. Krim anti jamur sendiri dapat mudah ditemukan di apotik terdekat. Krim anti jamur sangat mudah digunakan hanya dengan cara menempelkan pada selangkangan sebanyak 2-3 hari setiap harinya setelah mandi.

 

9. Tea Tree Oil

Cara Mengatasi Gatal di Selangkangan
Tea Tree Oil

Tea Tree oil biasanya dimanfaatkan untuk membuat wajah menjadi bersih serta membuat wajah menjadi halus. Selain itu, tea tree oil juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi gatal di selangkangan. Caranya hanya perlu menempelkan tea tree oil pada selangkangan dengan menggunakan kapas. Lakukan hal ini di saat setelah mandi karena keadaan kulit masih bersih.

 

10. Obat Kumur Listerine

Cara Mengatasi Gatal di Selangkangan
Obat Kumur Listerine

Obat kumur Listerine biasanya dimanfaatkan untuk menghilangkan kuman atau bakteri yang ada pada mulut. Selain itu, obat kumur Listerine juga bisa digunakan untuk mengatasi gatal di selangkangan karena memiliki kandungan untuk melawan bakteri ataupun jamur. Cara peggunaannya hanya perlu meneteskan obat kumur Listerine pada selangkangan dengan kapas. Diamkan hingga kering. Lakukan secara rutin untuk penyembuhan secara cepat.

 

11. Cuka Putih

Cara Mengatasi Gatal di Selangkangan
Cuka Putih

Cuka putih dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan gatal di selangkangan karena mengandung melawan anti bakteri. Caranya hanya perlu mencampurkan air dengan cuka putih perbandingan 1:4. Kemudian teteskan pada gatal di selangkangan. Lakukan hal ini setelah mandi ketika kulit masih dalam keadaan bersih.

 

12. Bawang Putih

Cara Mengatasi Gatal di Selangkangan
Bawang Putih

Bawang putih yang dimanfaatkan untuk memberi perasa pada makanan ternyata juga bermanfaat untuk mengatasi gatal di selangkangan karena bawang putih mempunyai kandungan antibiotik. Caranya hanya perlu menghaluskan bawang putih dengan cara diulek kemudian tempel pada selangkangan selama 30 menit dan bilas dengan air bersih. Sebelumnya bersihkan dahulu selangkangan.

 

13. Madu

Cara Mengatasi Gatal di Selangkangan
Madu

Selain rasanya yang sangat manis ternyata madu juga sangat dibutuhkan dalam dunia kecantikan karena manfaatnya yang sangat luar biasa khususnya untuk menyembuhkan penyakit pada badan. Caranya hanya perlu mengoleskan madu pada gatal di selangkangan. Diamkan selama 30 menit dan bilas dengan air bersih.

 

14. Cranberry

Cara Mengatasi Gatal di Selangkangan
Cranberry

Selain mendapatkan pengobatan dari luar tubuh, selangkangan juga perlu mendapatkan pengobatan dari dalam tubuh. Caranya hanya perlu membuat jus cranberry tanpa tambahan pemanis apapun setiap harinya. Minumlah jus cranberry hingga sembuh total dari gatal.

 

15. Yogurt

Cara Mengatasi Gatal di Selangkangan
Yogurt

Yogurt biasa dimanfaatkan untuk melancarkan pencernaan pada tubuh. Ternyata yogurt mempunyai kandungan untuk melawan bakteri-bakteri jahat yang berada pada tubuh. Cukup meminum yogurt setiap hari dapat menghindarkan gatal di selangkangan.

 

16. Bedak Antibakteri

Cara Mengatasi Gatal di Selangkangan
Bedak Antibakteri

Salah satu cara lainnya untuk mengatasi gatal di selangkangan adalah dengan menggunakan bedak antibakteri. Bedak antibakteri banyak sekali jenisnya di pasaran. Berhati-hatilah dalam memilih bedak antibakteri karena tidak semua kulit dapat cocok.

 

17.  Bayam Duri

Cara Mengatasi Gatal di Selangkangan
Bayam Duri

Untuk memanfaatkan bayam duri dalam menghilangkan gatal di selangkangan adalah dengan memanfaatkan air rebusan bayam duri. Siapkan bayam duri kemudian potong-potong dan rebus selama 15 menit. Setelah itu campurkan dengan 1 sendok garam. Tunggu hingga hangat dan manfaatkan airnya sebagai siraman pada selangkangan.

 

18. Lengkuas

Cara Mengatasi Gatal di Selangkangan
Lengkuas

Cara mengatasi gatal di selangkangan yang terakhir adalah dengan memanfaatkan lengkuas. Hal yang pertama dilakukan adalah dengan menghaluskan lengkuas dengan tambahan bawang putih dengan cuka. Setelah itu olesi pada selangkangan.

Baca Juga