18 Cara Mengatasi Bayi Yang Sungsang Di Dalam Kandungan
Jangan duluan panik jika anda atau saudara yang lain mengalami peristiwa bayi sungsang dalam kandungan ini, sebab ada berbagai cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasinya.

Kebanyakan kasus yang terjadi pada wanita pada saat mau melahirkan adalah posisi janin yang sungsang. Dengan posisi ini sang bunda harus melakukan operasi caesar karena nantinya bayi akan tersangkut dibagian tangan. Sungsang sendiri merupakan kondisi bayi di dalam rahim tidak benar. Yaitu posisi kepala yang seharusnya berada di bawah malah berada diatas. Biasanya dokter akan menyarankan untuk melakukan operasi agar ibu hamil terselamatkan nyawanya.

Faktor Penyebab Bayi Sungsang.

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan semual ini terjadi diantaranya adalah:

  1. Mengandung bayi kembar. Jika pada bayi kembar, maka hanya akan satu saja yang mengalami sungsang
  2. Kadar cairan ketuban yang berlebihan sehingga nantinya bayi akan mengalami kecepatan berotasi diatas normal
  3. Bobot bayi terlalu kecil
  4. Gangguan rahim, dan kelainan 
  5. Melakukan aktifitas tidak normal pada saat hamil, seperti banyak tidur dan kurang bergerak.

Cara Mengatasi Bayi Sungsang

1. Melakukan Senam Ibu Hamil

Melakukan Senam Ibu Hamil

Melakukan Senam Ibu Hamil

Gerakan-gerakan yang ada dalam senam ibu hamil memang di design untuk memposisikan janin dalam rahim. Makanya jika diperhatikan geralannya berbeda antara satu dengan lainnya, termasuk pada bulan pertama dan pada kehamilan usia tua. Pada saat mengikuti program ini biasanya selalu ada pemeriksaan dan jika dokternya teliti akan melihat kondisi bayi, jika ada kemungkinan sungsang maka gerakannya akan segera di robah.

2. Melakukan Metode External Cephalic Version (ECV)

External Cephalic Version (ECV)

External Cephalic Version (ECV)

ECV Yaitu suatu metode khusus yang diciptakan untuk mengembalikan posisi bayi ke posisi yang seharusnya. Kelemahannya adalah cara ini masih terbatas, sebab hanya bisa dilakukan oleh tim dokter profesional dan usia kehamilan masih pada 37 minggu. Jika setelah itu maka akan kesulitan. Tingkat keberhasilannya mencapai 50% dan resiko paling parahnya adalah dapat mengalami pecah ketuban sebelum waktu seharusnya.

3. Stimulasi Cahaya.

Stimulasi Cahaya

Stimulasi Cahaya

Bayi yang sudah berusia 32 minggu sudah dapat mengenali cahaya, mereka akan bergerak-gerak mengikuti cahaya matahari. Pergerakan ini bisa dimanfaatkan untuk mengembalikan posisi bayi. Caranya adalah dengan menyinari perut ibu hamil bisa menggunakan senter ataupun lampu led khusus yang ada di rumah sakit. Arahkan pada bagian perut bagian bawah. Nanti si bayi akan mengejar cahaya itu dengan memutar tubuhnya.

Baca juga : Sumber Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil yang Mengandung Gizi Penting

4. Dengan Musik

Dengan  Musik

Dengan Musik

Musikyang dapat digunakan apa saja, asal bisa menarik perhatian sang bayi. Caranya pun sama dengan yang pakai cahaya, posisikan pada bagian bawah perut. Anda bisa menggunakan Handphone atau alat khusus seperti stetoskop yang ada di rumah sakit.

5. Senam Yoga Kneechest.


Senam Yoga Kneechest

Senam Yoga Kneechest

Berbeda dengan senam ibu hamil. Senam yoga gerakannya dilakukan dengan lambat dan dalam rentan waktu yang cukup lama, yaitu hampir beberapa detik sampai menit. Tergantung kelasnya. Nah pada beberapa sekolah senam yoga disediakan instruktut khusus untuk ibu yang mengalami sunsang.

6. Merangkang

Merangkang

Merangkang

Kalau dalam bahasa sundanya ‘ngorondang’ cara ini sangat ampuh. Sebab mau tak mau posisi bayi akan berada dalam posisi ini, makanya pada adat sunda wanita yang sudah hamil usia 7 bulan akan merangkak beberapa kali perhari, hal ini bukan mitos sebab dapat dibuktikan secara ilmiah.

7. Jalan Kaki.

Jalan Kaki ibu hamil

Jalan Kaki ibu hamil

Jalan kaki sebaiknya anda lakukan pada saat awal-awal masa hamil, sebab cara ini tergolong lebih lamban. Tidak perlu lama-lama cukup 30 menit setiap waktu pagi, siang dan sore hari. Selain akan memposisikan bayi dengan benar juga akan membuat ibu hamil kesehatannya terjaga. Dengan jalan kaki darah akan mengalir secara baik sekali.

8. Berenang

Berenang

Berenang

Berenang bukan hanya dilakukan pada saat awal hamil, tapi juga pada saat kehamilan tua. Namun pada usia kandungan sudah menginjak 8-9 bulan sebaiknya ditemani suami atau orang terdekat. Dengan berenang naluri bayi akan memposisikan tubuhnya menjadi normal, sebab cahaya pada bagian perut akan lebih terang pada saat berenang, dan gerakannya juga akan memijit sang bayi ke posisi siap melahirkan.

9. Melakukan Terapi Pijat

Terapi Pijat ibu hamil

Terapi Pijat ibu hamil

Terapi ini harus hati-hati, sebab jika terlalu kasar maka akan mempengaruhi organ bagian tubuh janin. Di rumah sakit sendiri sudah ada tim ahli yang disertai dengan peralatan canggih, sehingga waktu memijit bisa melihat posisi bayi seperti apa jadi mudah dalam mengarahkan kepala bayi kebagian bawah.

10. Hypnobrithing

Hypnobirthing

Hypnobirthing

Cara yang dilakukan ini terbilang baru, yaitu dengan mengusap-ngusap perut seolah-olah si ibu mengajak berkomunikasi dengan sang anak. Caranya adalah dengan mengusap bagian perut ibu hamil. Nanti sang bayi akan merasa terangsang untuk mengikuti komunikasi sang ibu, biasanya sang ibu juga melakukann pembicaraan hangat. Lebih bagus jika sang aya membantu, nanti sang aya berkata dan bermain-main dengan sang anak. Cara ini dinilai sangat mujarab dan ampuh untuk dilakukan.

11. Memperbanyak minur air Putih

Minum air Putih

Minum air Putih

Air putih dapat mencegah bayi dehidrasi sehingga tidak terlalu aktif bergerak, Jika bayi sudah sungsang dengan banyak minum air putih bisa mengembalikan posisi bayi ke posisi normal. Pastikan air putih yang diminum adalah air sehat

12. Merangsang dengan menggunakan Es Batu

Menggunakan Es

Menggunakan Es

Caranya sama dengan terapi musik, dengan rasa dingin bayi otomatis akan melakukan pergerakan untuk menyesuaikan posisi. gunakan Es Batu yang tidak terlalu besar agar bayi tidak merasa kedinginan.


13. Makan Buah-buahan

Buah-Buahan

Buah-Buahan

Fungsi dari sayuran dan tumbuhan yang anda makan adalah dapat mempengaruhi ph makanan, hal ini dapat membuat bayi mencari posisi yang pas untuk tubuhnya. rahim yang tidak sehat maka akan menyebabkan bayi merasa kurang nyaman.

14. Melakukan Yoga Viparita Karini

Yoga Viparita Karini

Yoga Viparita Karini

Caranya sangat mudah anda cukup keataskan kaki seperti digambar. dan kepala berada sedikit dibawah. selain dapat mengembalikan bayi sungsang cara ini juga bermanfaat untuk memperlancar aliran darah. hal inilah yang dianggap para ahli bermanfaat mengatasi bayi sungsang dalam kandungan

15. Melakukan Yoga Pelvil Lifts

Yoga Pelvil Lifts ibu hamil

Yoga Pelvil Lifts ibu hamil

Gerakannya cukup mudah, pertama anda merangkang, setelah itu anda angkat kedua kaki anda secara bergantian, waktu yang dibutuhkannya antara 2 menit sekali jika mampu, jika tidak kuat cukup 1 menit. dengan cara ini bayi akan merasa posisinya salah dan perlahan kembali ke posisi normal.

16. Melakukan Yoga Downward

Yoga Downward ibu hamil

Yoga Downward ibu hamil

Gerakan ini harus dilakukan dengan waspada dan pelan-pelan agar bayi dalam kandungan tidak merasa terguncang. Caranya anda mengangkat perut dan menggerakan kaki secara perlahan tujuannya agar meronta dan kepalanya keatas. atas disini berarti bagian mulut rahim.

17. Memperlama ketika Sujud.

Sujud Ibu Hamil

Sujud Ibu Hamil

Bagi anda muslimah cara ini sangat efektif menurut para ilmuan kandungan. Anda bisa melamakan sujud jika mengalami bayi sungsang. gerakan-gerakan yang ada pada shalat sepertinya sudah dirancang untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan terutama buat ibu hamil, gerakan yang baik untuk bayi sungsang adalah ruku dan sujud jadi perlamalah sambil sematkan do'a.

18. Mengelap lantai

Mengepel Lantai ibu hamil

Mengepel Lantai ibu hamil

Cara ini sebaiknya anda lakukan pada saat masih hamil muda karena hasilnya tidak secepat cara-cara lain yang diatas. anda bisa mengelap lantai sapu-sapu dan mengerjakan pekerjaan lainnya jangan terlalu kecapean sebab akan menimbulkan sakit. cukup beberapa menit saja setelah itu jika cape berhenti dan nanti dilanjut lagi.

Itulah Ke 18 cara yang bisa anda lakukan, alangkah baiknya pada saat melakukan cara diatas anda ditemani oleh seseorang yang ahli dan melakukan konsultasi ke dokter terlebih dahulu. Sebab jika melakukan secara mandiri maka dikhawatirkan akan membuat keadaan tidak ada perubahan. 

Baca Juga