15 Cara Mengatasi Asam Lambung Dengan Mudah Dan Alami
Menderita penyakit asam lambung memang membuat para pengidapnya merasa tidak nyaman, lantaran tidak bisa memakan dengan sepuasnya. Ya, semua makanan yang dimakan oleh pengidap penyakit asam lambung memang harus begitu diperhatikan. Nah berikut ada 15 cara mengatasi asam lambung paling mudah.

Cara Mengatasi Asam Lambung - Asam lambung merupakan salah satu penyakit yang tidak bisa dibiarkan begitu saja. Meskipun tidak begitu berbahaya, akan tetapi penyakit jenis ini harus diatasi dengan segera lantaran bisa menyebabkan sebuah penyakit yang jauh lebih parah lagi. Pada umumnya, asam lambung dapat menimbulkan beberapa penyakit antara lain tukak lambung dan maag. Dalam hal ini, tukak lambung jauh lebih berbahaya daripada penyakit maag lantaran tukak lambung dapat menimbulkan sejumlah luka di dalam lambung.

Maka dari itu menjaga kesehatan lambung merupakan hal yang sangat penting. Jika sudah mengidap penyakit asam lambung, kamu harus mengatasinya dengan segera mungkin. Nah berikut ini ada 15 cara mengatasi asam lambung paling tepat.

1. Meminum Susu Rendah Lemak

Cara Mengatasi Asam Lambung
Susu

Apabila kadar asam dalam lambung sudah mulai naik namun tidak begitu tinggi, kamu bisa mengatasinya dengan meminum susu rendah lemak. Seperti yang kita ketahui, di dalam berbagai jenis obat maag terkandung mineral dan kalsium yang secara alami bisa kamu temukan di dalam susu. Tak hanya itu saja, namun susu juga merupakan salah satu minuman alkali yang sangat dibutuhkan oleh perut untuk membantu perkembangan pH tubuh secara alami.

2. Manisan Jahe

Cara Mengatasi Asam Lambung
Jahe

Manisan jahe sanggup menjadi sebuah makanan yang dapat membantu mu untuk menurunkan asam lemak di lambung. Tentunya kita tahu, sejauh ini jahe sering kali dimanfaatkan sebagai bahan dasar berbagai macam obat herbal untuk mengatasi permasalahan perut atau lambung. Dalam jahe terkandung sejumlah senyawa, salah satunya gingerol yang mampu membuat perut atau lambung menjadi lebih nyaman.

3. Meminum Teh Chamomile

Cara Mengatasi Asam Lambung
Teh Chamomile

Jika kamu menderita asam lambung, mungkin kamu bisa mengatasinya dengan meminum teh chamomile. Tak hanya mampu mengatasi asam lambung saja, namun teh chamomile juga bisa membantumu dalam mengurangi gas di dalam perut yang mungkin mengakibatkan kadar asam dalam lambung menjadi tinggi.

Caranya pun cukup mudah, cukup dengan merendam teh kamu ambil di dalam air matang yang tengah mendidih. Tunggu hingga air teh tersebut menjadi dingin, dan jangan meminumnya saat masih panas karena hal itu bisamembuat asam lambung menjadi naik.

4. Manisan Apel Organik

Cara Mengatasi Asam Lambung
Apel

Apel memiliki kandungan asam yang cukup kuat namun kandungan asam inilah yang justru akan mengatasi asam lambung. Apabila kamu mempunyai beberapa buah apel organik, maka kamu bisa langsung memakannya atau mengolahnya terlebih dahulu menjadi berbagai macam jenis manisan apel. Jika asam lambung sudah stabil kamu tidak perlu mengkonsumsi atau memakan buah apa lagi, karena jika terlalu banyak justru malah akan membuat asam lambung naik.

5. Mengkonsumsi Buah-buahan yang Menenangkan Lambung

Cara Mengatasi Asam Lambung
Buah-Buahan

Pada umumnya sejumlah orang yang menderita asam lambung akan menghindari mengkonsumsi buah-buahan. Hal ini dikarenakan banyak buah-buahan yang bersifat tidak baik untuk para penderita asam lambung. Namun jika kamu bisa memilih buah-buahan, sebenarnya ada beberapa buah yang baik untuk dikonsumsi bagi orang yang mengidap penyakit asam lambung. Misalnya seperti buah anggur, apel, pisang, melon, pir dan semangka.

Baca Juga : 21 Gejala Kanker Payudara Yang Perlu Kita Waspadai

6. Hindari Buah Asam dan Panas

Cara Mengatasi Asam Lambung
Buah Asam

Semua jenis buah yang mengandung asam tentu bisa berakibat buruk bagi orang yang mengidap asam lambung. Buah buah yang dimaksud tersebut meliputi lemon, jeruk, nanas dan stroberi. Sebenarnya tidak cuma buahnya saja, namun berbagai macam jenis olahan dari buah-buahan tersebut juga seharusnya dihindari.

7. Makan Sayuran

Cara Mengatasi Asam Lambung
Sayuran

Sebagian orang yang mengidap penyakit asam lambung mungkin akan menghindari berbagai macam buah-buahan dan sayuran. Hal ini dikarenakan banyaknya kandungan yang buruk bagi kesehatan lambung. Seperti yang kita ketahui sebelumnya bahwa tidak semua buah-buahan buruk bagi pengidap asam lambung, begitu juga dengan sayuran. Ada beberapa sayuran yang sangat direkomendasikan bagi pengidap penyakit asam lambung, seperti kentang, brokoli, kubus, wortel, kacang panjang, kacang hijau dan jenis kacang-kacangan lainnya.

8. Gandum

Cara Mengatasi Asam Lambung
Gandum

Di sini kita tidak menyarankan kamu untuk memakan gandum secara langsung, namun kamu bisa mencoba mengkonsumsi sejumlah makanan hasil olahan gandum. Misalnya seperti roti gandum, bubur gandum, oatmeal, dan pasta gandum. Makanan hasil olahan gandum sangat baik untuk pengidap asam lambung, lantaran dapat dicerna oleh usus dengan begitu baik. Sehingga dapat mengurangi tingkat asam lambung.

9. Tidak Mengkonsumsi Daging Berlemak

Cara Mengatasi Asam Lambung
Daging

Ketika mengidap penyakit asam lambung, segala jenis makanan yang mengandung kadar lemak cukup tinggi memang harus dihindari. Hal ini dikarenakan usus tidak bisa bekerja dengan baik ketika menerima makanan yang mengandung lemak tinggi, sehingga juga akan sulit diterima oleh lambung.

10. Mencukupi Kebutuhan Mineral dalam Tubuh

Cara Mengatasi Asam Lambung
Minum Air Putih

Ketika terdapat sebuah gangguan asam lambung, maka tubuh sangat memerlukan asupan mineral yang cukup. Diketahui juga saat tubuh mengalami dehidrasi, penyakit asam lambung bisa muncul lebih cepat dari keadaan biasanya. Sebaiknya cukupi kebutuhan mineral dalam tubuhmu, kurang lebih 6 sampai 8 gelas dalam sehari.

11. Menghindari Kafein

Cara Mengatasi Asam Lambung
Kopi

Tentunya kita semua tahu bahwa minuman-minuman yang mengandung kafein memang merupakan salah satu penyebab asam lambung. Diketahui juga bahwa kafein mampu meningkatkan proses timbulnya asam lambung. Maka dari itu hindari lah berbagai macam jenis minuman yang mengandung kafein layaknya kopi, coklat, teh dan teh herbal yang terbuat dari daun mint.

12. Hindari Kebiasaan Makan Cepat

Cara Mengatasi Asam Lambung
Makan Cepat

Sebagian besar orang mempunyai kebiasaan makan dengan begitu cepat. Tanpa disadari hal ini membuat usus menjadi bekerja lebih keras dalam mengolah makanan, sehingga produksi asam lambung akan meningkat. Dari itu mulai sekarang dari kebiasaan makan cepat, lantaran hal ini benar-benar buruk bagi kesehatan organ pencernaan dalam tubuh.

13. Hindari Makanan Gorengan

Cara Mengatasi Asam Lambung
Gorengan

Semua jenis makanan yang digoreng tidak baik bagi seseorang yang mengidap penyakit asam lambung. Hal ini dikarenakan tingginya lemak pada makanan yang digoreng, sehingga dapat mengganggu pencernaan dalam tubuh dan meningkatkan produksi asam lambung.

14. Menghindari Makanan Cepat Saji

Cara Mengatasi Asam Lambung
Makanan Cepat Saji

Biasanya makanan cepat saji dimasak dengan cara digoreng, tak hanya itu saja namun makanan cepat saji juga mengandung MSG dan mengandung garam dengan kadar cukup tinggi. Sedangkan garam yang cukup tinggi dapat membuat tubuh mu membutuhkan asupan mineral lebih banyak, bahkan kadar garam yang tinggi juga bisa membuatmu merasa mual dan ingin muntah. Parahnya, beberapa kandungan dalam makanan cepat saji tersebut bisa membuat asam lambung naik.

15. Mengkonsumsi Madu

Cara Mengatasi Asam Lambung
Madu

Madu memang sudah dikenal sebagai bahan obat-obatan yang kaya akan khasiat, sehingga tidak heran jika madu juga dapat mengatasi asam lambung. Madu sendiri mengandung sejumlah mineral yang begitu baik untuk asam lambung, seperti magnesium, seng dan kalsium. Untuk mengatasi asam lambung dengan madu, kamu bisa mencampurkan sedikit madu ke dalam 1 gelas air hangat, lalu aduk dan minumlah selagi hangat.

Baca Juga