7 Bahaya Tindik Telinga Bagi Kesehatan
Bagi sebagian orang menindik telinga adalah trend yang harus diikuti. Namun sayangnya perkara menindik telinga ternyata memiliki dampak buruk bagi kesehatan. Berikut ini ulasan mengenai 7 bahaya tindik telinga bagi kesehatan

Menindik telinga saat ini sudah tidak lagi menjadi monopoli seorang wanita, tak sedikit kaum pria yang mulai melakukan tindik pada bagian telinga sebagai bagian dari trend dan fashion. Beragam bentuk tindik pun mulai berkembang seiringnya perkembangan jaman.

Sebenarnya tindik telinga bukanlah hal yang baru, perkara tindik menindik sudah dilakukan sejak zaman dahulu. Tujuan melakukan tindik pada zaman dulu bermacam-macam, seperti bagian dari tanda keanggotaan suku, spiritualitas, identitas budaya atau mode. Saat ini pun beberapa suku masih menggunakan tindik pada telinga sebagai nilai kecantikan seorang wanita.

7 Bahaya Tindik Telinga Bagi Kesehatan
Tindik Telinga Pada Suku di Thailand

Pada wanita tindik telinga dilakukan sebagai bagian dari identitas gender. Ketika dahulu tindik telinga diidentikan dengan wanita, kini hal tersebut mulai bergeser karena banyak pria yag sudah melakukan tindik pada telinga mereka.

Meski mengikuti trend yang sedang berkembang namun menindik telinga sebenarnya memberikan dampak buruk bagi kesehatan.

Beberapa bahaya tindik telinga adalah sebagai berikut.

1) Infeksi

7 Bahaya Tindik Telinga Bagi Kesehatan
Infeksi

Jika alat yang digunakan untuk melakukan tindikan pada telinga tidak steril dan higienis, dapat menimbulkan infeksi pada luka tindikan. Infeksi berasal dari bakteri yang menempel pada peralatan tindik yang tidak steril. Bakteri dengan cepat akan segera menyerang luka terbuka akibat proses penindikan yang tidak higienis. Disarankan sebelum melakukan tindik telinga pastikan terlebih dahulu apakah alat yang digunakan higenis atau tidak. Kemampuan penindik juga perlu diperhatikan, jika Anda mendatangi tukang tindik yang belum pernah menindik sebelumnya atau sedang dalam tahap belajar menindik, hal tersebut dapat meningkatkan potensi infeksi pada luka bekas tindikan.

2) Kerusakan Saraf

7 Bahaya Tindik Telinga Bagi Kesehatan
Kerusakan Saraf

Luka tindikan yang terinfeksi akan menyebabkan telinga menjadi mati rasa. Mati rasanya telinga ini dapat berpotensi pada kerusakan saraf telinga. Infeksi pada tindik telinga lebih beresiko pada telinga bagian atas atau yang biasa disebut cartilage. Penindikan pada daerah cartilage memiliki potensi bahaya yang lebih besar dibandingkan dengan daerah telinga lainnya dan dapat menyebabkan kecacatan pada telinga jika terjadi infeksi. Yang terburuk adalah dapat menganggu kesehatan sistem saraf otak.

3) Alergi

7 Bahaya Tindik Telinga Bagi Kesehatan
Alergi

Kondisi ini memang tidak dialamai oleh setiap orang, alergi dapat terjadi pada bahan tindik maupun alat yang digunakan untuk menindik. Efek dari alergi ini berkisar seputar bengkak, gatal-gatal,sampai bernanah pada bagian telinga yang ditindik. Alergi terjadi karena tubuh menolak keberadaan benda atau zat zat tertentu. Efek alergi pada tiap orang berbeda – beda, ada yang berupa rasa gatal, bersin, muntah, mual atau bahkan pusing. Untuk menghindari hal tersebut ada baiknya berkonsultasi ke dokter sebelum melakukan tindakan tindik pada telinga.

4) Rasa Sakit Pada Telinga

7 Bahaya Tindik Telinga Bagi Kesehatan
Rasa Sakit Pada Telinga

Rasa sakit akibat proses tindik pada telinga akan bertahan selama bereberapa jam setelah penusukan jarum pertama kali. Meski mendapat bius lokal namun rasa sakitnya tetap akan dapat dirasakan setelah bius berkurang atau hilang. Anda tidak dapat menghindari rasa sakit ini, rasa sakit ini akan semakin terasa sangat menggangu ketika terjadi infeksi pada luka bekas tindikan. Perawatan rutin dan menjaga kebersihan tubuh terutama daerah bekas luka tindikan adalah hal yang harus dilakukan setiap saat. Jika luka terbuka bekas tindikan terkena kuman atau bakteri akan menyebabkan infeksi yang menimbulkan rasa sakit yang sangat parah.

5) Penularan Penyakit

7 Bahaya Tindik Telinga Bagi Kesehatan
Penularan Penyakit

Penggunaan jarum tindik yang tidak steril secara beramai – ramai dan bergantian dapat menyebabkan penularan penyakit seperti Hepatitits C, Hepatitis B dan AIDS/HIV. Jika salah satu pengguna jarum tindik menderita penyakit tersebut maka potensi penyebaran ke penindik lain yang menggunakan jarum dan alat yang sama sangat besar. Untuk dapat menghindari dampak fatal seperti ini, pembersihan dan pergantian alat tindik harus diperhatikan. Hal ini biasanya terjadi pada penindik amatiran pinggir jalan yang melakukan penindikan tanpa memperhatikan kesehatan dan kebersihan alat tindik. Jika sudah terkena penularan penyakit, hal terburuk adalah tindakan medis, namun jika sudah terlambat menyadari penularan penyakit, kematian menjadi hal terburuk yang dapat terjadi.

6) Cacat Pada Telinga

Cacat Pada Telinga

Cacat pada telinga karena tindikan dapat dibagi menjadi dua menurut penyebabnya.

Yang pertama adalah cacat telinga karena infeksi parah pada bekas luka tindikan sehingga harus dilakukan tindakan pemotongan oleh dokter pada daerah yang terkena infeksi parah. Tindakan pemotongan pada luka tindikan harus dilakukan jika infeksi sudah sangat parah dan tidak lagi dapat diobati karena kerusakan jaringan pada daerah bekas luka sudah tidak dapat lagi disembuhkan.

Yang kedua adalah luka sobek akibat tindikan tersangkut sesuatu. Hal ini kerap terjadi pada pengguna tindik besar dan tajam saat menggunakan helm, bentuk tindikan yang besar dapat menyebabkan tersangkut saat melepaskan helm. Terutama karena terburu - buru melepaskan helm. Kecenderungan terjadinya sobek pada tindikan semakin besar jika pemilik tindik memiliki gaya hidup yang tidak sehat dan cenderung sembrono.

7). Telinga Bernanah

Telinga Bernanah

Jika terjadi infeksi pada bekas tindikan maka munculnya nanah tidak dapat dihindari, hal ini terjadi karena saat terinfeksi, bakteri akan membuat peradangan pada bekas luka tindikan. Jika sudah terjadi infeksi yang mengeluarkan nanah, dapat diobati dengan mencopot tindikan dan membersihkan luka tindikan dengan cairan antiseptik. Disarankan untuk tidak melakukan tindakan pelepasan tindikan dan pembersihan luka sembarangan. Konsultasi ke dokter untuk mendapatkan perawatan adalah pilihan terbaik. Karena jika melakukan pelepasan tindikan secara sembarangan hanya akan membuat infeksi semakin parah dan luka semakin lebar karena pelepasan tindikan yang tidak tepat.

Demikianlah ulasan mengenai 7 bahaya tindik telinga bagi kesehatan. Semoga bermanfaat.

Baca Juga