9 Bahaya Sedot Lemak Bagi Kesehatan
Dianggap cara termudah untuk dapatkan tubuh langsing, sedot lemak menjadi alternatif pilihan. Namun nyatanya tindakan sedot lemak memiliki dampak buruk bagi kesehatan. Berikut ini ulasan mengenai 9 bahaya sedot lemak bagi kesehatan.

Memiliki tubuh yang langsing dan juga kencang tanpa lemak adalah salah satu impian dari banyak orang terutama wanita. Karena itu, banyak orang yang berusaha mati-matian untuk memangkas lemak. Dan salah satu prosedur instan untuk mengurangi lemak adalah dengan metode sedot lemak.

Meski berbiaya tinggi, namun metode sedot lemak ini adalah pilihan yang sering diambil oleh selebritis. Instan dan memberikan hasil cepat adalah dua hal yang dianggap sepadan dengan biaya mahal yang dikeluarkan.

Perlahan – lahan metode sedot lemak ini pun diikuti oleh banyak wanita untuk mengurangi lemak dalam tubuhnya. Tidak hanya wanita, beberapa pria masa kini pun mulai melirik sedot lemak sebagai solusi mengurangi lemak dalam tubuhnya. Namun meski sudah populer dan dilakukan oleh banyak kalangan, sedot lemak ini ternyata memiliki dampak buruk bagi kesehatan tubuh.

Berikut ini adalah dampak buruk sedot lemak bagi kesehatan.

1) Pembengkakan Tubuh

9 Bahaya Sedot Lemak Bagi Kesehatan
Pembengkakan Tubuh

Pembengkakan akan terjadi pada daerah tubuh yang mengalami penyedotan lemak. Kondisi pembengkakan ini dapat bertahan hingga beberapa bulan lamanya dengan gejala bagian yang mendapat perlakuakn sedot lemak akan terlihat memar dan membiru seperti terhantam benda keras, daerah yang bengkak ini juga akan terasa sakit ketika tersentuh atau ditekan. Kondisi ini dapat menjadi permanen apabila telah terjadi kesalahan prosedur yang dilakukan oleh tenaga medis saat melakukan penyedotan lemak.

2) Kerusakan Struktur Kulit

9 Bahaya Sedot Lemak Bagi Kesehatan
Kerusakan Struktur Kulit

Tindakan sedot lemak dapat menyebabkan kerusakan pada struktur kulit di daerah tubuh yang lemaknya disedot dan dikeluarkan. Kerusakan pada struktur kulit pasien dapat berupa keriput dan benjolan - benjolan, serta tekstur kulit menjadi kasar. Hal ini terjadi karena lemak lemak di bawah kulit hilang secara tiba – tiba akibat tindakan sedot lemak. Kerusakan kulit lebih parah dapat terjadi pada pasien yang memiliki elastisitas kulit yang buruk.

3) Mati Rasa

9 Bahaya Sedot Lemak Bagi Kesehatan
Mati Rasa

Mati rasa dapat terjadi pada bagian tubuh yang telah mendapat tindakan sedot lemak. Hal ini terjadi karena tiba - tiba lemak yang ada di dalam daerah tersebut diambil secara tiba - tiba. Mati rasa menyebabkan berkurangnya sensitifitas peraba pada kulit bagian yang telah disedot lemaknya. Kondisi mati rasa ini dapat terjadi hingga beberapa hari lamanya. Namun kondisi ini tidak akan berlangsung selamanya. Efek mati rasa ini akan hilang dengan sendirinya seiring waktu berjalan.

4) Peradangan

9 Bahaya Sedot Lemak Bagi Kesehatan
Peradangan

Peradangan dapat terjadi apabila bekas luka akibat sedot lemak tidak dirawat dengan benar sehingga bakteri dan kuman masuk kedalam luka tersebut. Masuknya kuman dan bakteri pada luka bekas sedot lemak akan membuat peradangan serta infeksi. Jika terjadi infeksi dan peradangan ini tidak segera dilakukan tindakan pembersihan luka maka infeksi tersebut akan masuk ke dalam tubuh dan dapat menyebabkan infeksi saluran kencing.

5) Alergi Kulit

9 Bahaya Sedot Lemak Bagi Kesehatan
Alergi Kulit

Obat yang diberikan atau dikonsumsi setelah operasi sedot lemak dapat menyebabkan alergi pada orang – orang tertentu. Alergi yang muncul biasanya dalam bentuk ruam atau bercak -bercak merah pada kulit disertai dengan rasa gatal dan juga terkadang terasa perih dan sakit. Jika hal ini terjadi segeralah berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

6) Gangguan Ginjal

9 Bahaya Sedot Lemak Bagi Kesehatan
Gangguan Ginjal

Obat-obatan yang harus diminum setelah melakukan prosedur sedot lemak biasanya dapat mempengaruhi kondisi ginjal pasien. Hal ini terjadi karena tidak semua jenis obat yang diberikan cocok dengan tubuh pasien, sehingga adakalanya beberapa jenis obat menyebabkan ginjal pasien bekerja lebih keras dari biasanya dalam melakukan penyaringan. Usaha keras yang dilakukan ginjal dapat menyebabkan munculnya berbagai macam penyakit ginjal.

7) Kematian

9 Bahaya Sedot Lemak Bagi Kesehatan
Kematian

Kematian adalah kemungkinan terburuk yang dapat terjadi dari operasi ringan ini. Metode sedot lemak memang tidak dapat menyebabkan kematian jika dilakukan dengan prosedur yang benar. Namun tidak semua tubuh dapat mentolerir obat bius yang diberikan selama proses penyedotan lemak. Penolakan tubuh terhadap obat bius atau obat yang diberikan saat melakukan operasi sedot lemak dapat menurunkan kondisi tubuh pasien dan dapat menyebabkan kematian mendadak. Keterbukaan pasien mengenai riwayat kesehatan dan alergi yang pernah dialami pada tim medis sangatlah penting dilakukan. Informasi yang diberikan pasien dapat membantu tim medis saat melakukan apa yang harus dan tidak harus dilakukan saat melakukan operasi sedot lemak nantinya.

8) Gangguan Pada Metabolisme Tubuh

9 Bahaya Sedot Lemak Bagi Kesehatan
Gangguan Pada Metabolisme Tubuh

Metabolisme tubuh adalah salah satu hal yang penting untuk menjaga daya tahan tubuh. Pengurangan lemak pada tubuh secara drastis setelah melakukan prosedur sedot lemak dapat menggangu metabolisme tubuh.

Metabolisme tubuh yang terganggu dapat mempengaruhi daya tahan tubuh saat menghadapi perubahan cuaca atau aktifitas berat. Perubahan daya tubuh yang menurun dapat membuat tubuh mudah terserang penyakit dan mudah merasa lelah setelah melakuan aktifitas.

9) Penyakit Jantung

9 Bahaya Sedot Lemak Bagi Kesehatan
Penyakit Jantung

Tidak semua jenis obat yang diberikan setelah tindakan sedot lemak cocok dengan metabolisme tubuh pasien. Dengan berkurangan lemak dalam tubuh secara drastis, metabolisme tubuh juga ikut terganggu. Efek obat yang diberikan dan gangguan pada metabolisme tubuh dapat menyebabkan kinerja jantung tidak optimal. Kerja jantung yang tidak optimal akan berdampak pada munculnya penyakit - penyakit pada jantung.

Untuk menghindari hal yang tidak dinginkan seperti yang sudah disebutkan diatas maka disarankan untuk mengurangi lemak dengan cara yang lebih aman seperti olahraga, diet, mengatur pola makan sehat, dan mengkonsumsi makanan dengan gizi yang seimbang.

Demikianlah ulasan mengenai 9 dampak buruk sedot lemak bagi kesehatan. Semoga Bermanfaat

Loading...

Baca Juga