18 Jenis Makanan Yang Dapat Memutihkan Gigi Secara Alami
Saat kita tersenyum orang lain akan melihat diri kita lebih menarik. Gigi putih bersih adalah salah satu hal yang membuat senyuman kita begitu maksimal. Jika menginginkan gigi yang putih berserih anda tentu wajib tahu tentang berbagai jenis makanan yang dapat memutihkan gigi dan berbagai cara memutihkan gigi dan salah satunya adalah mengkomsimsi makanan yang dapat memutihkan gigi, selain murah tentu saja tidak memiliki efek samping bagi diri kita

Saat kita tersenyum orang lain akan melihat diri kita lebih menarik. Gigi putih bersih adalah salah satu hal yang membuat senyuman kita begitu maksimal.

Jika menginginkan gigi yang putih berserih anda tentu wajib tahu tentang berbagai jenis makanan yang dapat memutihkan gigi dan berbagai cara memutihkan gigi dan salah satunya adalah mengkomsimsi makanan yang dapat memutihkan gigi, selain murah tentu saja tidak memiliki efek samping bagi diri kita.

Berikut beberapa jenis makanan yang dapat memutihkan gigi:

 1. Jeruk

Seorang dokter gigi dari Austin bernama Robert D'Alfonso, mengatakan bahwa sebuah penelitian menunjukkan bahwa kandungan enzim bromelain dalam jeruk berfungsi seperti penghilang noda alami. Bromelain juga membantu mencegah munculnya plak yang jika tidak dicegah akan menghasilkan asam yang dapat mengikis enamel gigi dan menyebabkan gigi berlubang.

2. Cranberry

Penelitian menyebutkan, memakan cranberry dapat membantu menyela pembentukan bakteri penyebab plak.

3. Apel

Apel yang renyah berfungsi sebagai scrub pada gigi. Mengunyah apel membantu untuk menggosok gigi. Apel dikemas dengan asam malat, yang digunakan sebagai bahan dalam pasta gigi.

Asam malat meningkatkan produksi air liur yang membantu untuk membersihkan gigi dan juga membantu untuk menghilangkan noda.

4. Nanas

Hasil penelitian menemukan kandungan enzim yang bernama bromelain. Bromelain merupakan enzim yang berperan dalam proses pemecahan pada protein.

Plak yang terdapat pada gigi ternyata juga mengandung protein. Di sinilah enzim bromelain bekerja memecah protein dan pada akhirnya plak akan mudah terangkat sehingga bisa digunakaan untuk menjaga gigi tetap putih. 

5.Srtawberry

Strawberry  mengandung asam malat yang bertindak sebagai zat alami. Enzim yang disebut asam malat berfungsi sebagai astrigent alami untuk menghilangkan perubahan warna. Mengonsumsi strawberry dicampur dengan baking soda dapat membersihkan gigi.

6. Pir

Pir merupakan buah yang di dalamnya terdapat kandungan air yang cukup banyak yang bisa digunakan untuk memicu adanya produksi air liur, selain itu pir juga dapat menetralkan bakteri pewarnaan pada gigi. Peningkatan produksi air liur yang dibawa oleh buah ini dapat menyapu sisa-sisa makanan yang masih tertinggal dibagian gigi dan gusi,  hal ini dapat membuat gigi putih.

7. Pisang

Menggosok gigi menggunakan kulit pisang selama dua menit bisa membantu memutihkan gigi, karena kulit pisang mengandung beberapa mineral penting yang bagus untuk gigi.

8. Almond

 

Kacang almond dinilai sebagai superstar kesehatan gigi. Hal itu karena kacang almond memiliki kadar kalsium dan protein tinggi serta rendah gula.

 Mengonsumsi kacang almond dapat menghilangkan plak pada gigi. Selain itu, kacang almond memiliki protein yang membantu untuk memutihkan gigi.

9. Coklat hitam

Coklat hitam mempunyai kandungan zat di dalamnya yang bisa digunakan untuk memutihkan gigi. Zat ini bernama theobromine yang sudah terbukti bisa membantu memperkuat bagian permukaan pada enamel gigi. Dengan begitu semua makanan yang masuk ke dalam mulut tidak akan mudah merubah warna gigi, karena kondisi permukaan enamel gigi terlindungi oleh zat theobromine.

10. Keju

Kandungan keju yang tinggi kalsium dan protein membantu gigi putih bersinar. Makan keju juga dinilai untuk menaikkan pH mulut sehingga menurunkan resiko kerusakan gigi.

11. Yoghurt

Yoghurt memiliki kalsium yang tinggi dan protein yang sangat penting dalam memperkuat enamel gigi. Selain itu, yoghurt juga memiliki kandungan probiotik dan bakteri sehat untuk membantu melawan gigi berlubang. 

12. Wortel

Wortel dapat membantu untuk memutihkan gigi dengan merangsang air liur. Air liur tersebut dapat membuang sisa-sisa makanan dan juga memperkuat gusi.

13. Seledri

Seledri dinilai sebagai makanan yang ideal untuk meningkatkan kesehatan gigi. Seledri membantu promosikan gusi yang sehat, layaknya sedang menggunakan sirih. Seledri dinilai dapat membantu untuk menggosok bakteri yang tidak sehat yang terdapat pada gigi.

14. Brokoli

Makan brokoli mentah dapat membantu untuk memoles dan membersihkan gigi. Zat besi dalam brokoli memberikan perlindungan pada gigi terhadap asam enamel yang dihasilkan oleh bakter.

15. Kale

Daun sayur kale ternyata dapat membantu seseorang merawat gigi. Kandungan kalsiumnya yang tinggi bermanfaat untuk enamel. Sementara kandungan asam folatnya dapat mengurangi penyakit gusi. Selain itu mengunyah sayur kale dinilai dapat membentuk air liur yang cukup alami untuk membersihkan mulut.

16. Timun

Serat yang ada pada timun akan merawat gigi dan gusi. Selain itu, kandungan air dalam timun juga bermanfaaat terlebih bagi kamu penderita pilor rhea. 

17. Bawang

Senyawa belerang dalam bawang rupanya dapat membantu mencegah pembentukan plak. Caranya mudah, cukup dengah mengunyah beberapa bawang menta saja.

18. Tahu


Berbahan utama kedelai, tahu bukan cuma sebagai pemutih alami gigi, tahu juga akan menjaga kesehatan mulut secara menyeluruh. 

Nah, itulah beberapa jenis makanan yang dapat menjaga dan mutihkan gigi secara alami. Semoga bermanfaat. 


Loading...

Baca Juga