15 Cara Mengatasi Rambut Bercabang
Masalah rambut bercabang membuat penampilan kita terlihat kurang menarik di mata orang lain. Karena itulah, ada baiknya kamu mengatasi masalah rambut bercabang dengan 15 cara berikut ini.

Semua orang tentu saja menginginkan rambut yang sehat dan juga terlihat berkilau, khususnya kaum wanita. Namun, sekarang ini ada banyak sekali orang yang memiliki masalah pada rambutnya. Mulai dari rambut kusam, kering, berminyak, hingga rambut bercabang. 

Masalah rambut bercabang ini sebenarnya bisa menyerang siapa saja. Namun biasanya, masalah ini terjadi pada kaum wanita yang jarang / malas merawat rambut. Meski masalah rambut bercabang ini adalah hal yang sepele, tapi hal ini cukup menggganggu kecantikan / penampilanmu. Karena itu, ada baiknya kamu simak 15 cara mengatasi rambut bercabang berikut ini.

1. Potong Ujung Rambut

15 Cara Mengatasi Rambut Bercabang
Potong Ujung Rambut

Hal pertama yang bisa kamu lakukan saat melihat rambut bercabang adalah dengan memotong bagian ujung rambut. Dengan demikian, bagian rambut yang bercabang pun akan menghilang. Kendati demikian, kamu perlu melakukan sejumlah hal lain agar masalah rambut bercabang tak lagi terjadi.

2. Hindari Bahan Kimia

15 Cara Mengatasi Rambut Bercabang
Hindari Bahan Kimia

Biasanya rambut bercabang terjadi karena terlalu banyak terkena paparan bahan kimia. Karena itulah, kamu harus berhati-hati dalam memilih shampo. Hindari shampo yang menggunakan bahan petrolatum dan minyak mineral, karena dua bahan tersebut malah mencegah kelembaban pada rambut. Sebagai gantinya, pilihlah shampo yang terbuat dari bahan tanaman herbal.

3. Hindari Mengikat Rambut Terlalu Kuat

15 Cara Mengatasi Rambut Bercabang
Hindari Mengikat Rambut Terlalu Kuat

Kaum wanita biasanya mengikat rambut panjangnya untuk menjaga penampilan. Namun tanpa sadar, mereka malah seringkali mengikat rambut dengan terlalu kuat. Pada akhirnya, hal ini hanya akan menyebabkan akar rambut tertarik dan juga masalah kerontokan. 

4. Jangan Menyisir Rambut Terlalu Sering

15 Cara Mengatasi Rambut Bercabang
Jangan Menyisir Rambut Terlalu Sering

Menyisir rambut terlalu sering atau terlalu lama juga tidak bagus untuk dilakukan, karena hal ini akan membuat bagian kutikel rambut menjadi berkerut dan mudah patah di ujungnya (bercabang). Hindari juga menyisir rambut setelah keramas, karena rambut yang basah mudah sekali rontok ketika disisir.

5. Jangan Memanjangkan Rambut Secara Berlebihan

15 Cara Mengatasi Rambut Bercabang
Jangan Memanjangkan Rambut Secara Berlebihan

Wanita sering sekali memanjangkan rambut mereka, agar terlihat cantik dan anggun. Tapi masalahnya adalah rambut panjang yang tak terurus dengan baik, justru mengakibatkan banyak masalah. Seperti kerusakan rambut, kerusakan kulit kepala, hingga masalah rambut rontok secara berlebihan. Karena itulah, sebaiknya kamu memotong rambutmu secara berkala, yaitu setiap 6 sampai 8 minggu sekali.

6. Hindari Menggunakan Alat Panas 

15 Cara Mengatasi Rambut Bercabang
Hindari Menggunakan Alat Panas

Ada banyak sekali alat-alat untuk menata rambut, seperti alat catok, alat pengering rambut, alat buat mengeriting, dan lain sebagainya. Jika menggunakan alat tersebut satu atau dua kalinya dalam seminggu mungkin tidak masalah. Tapi sebaiknya kamu tidak menggunakannya terlalu sering, karena itu hanya akan merusak rambutmu.

7. Gunakan Serum atau Spray Pelindung Panas

15 Cara Mengatasi Rambut Bercabang
Gunakan Serum atau Spray Pelindung Panas

Banyak yang tak tahu apa manfaat dari serum atau spray pelindung panas. Padahal, serum yang satu ini sangat berguna dalam melindungi rambut, agar tidak rusak saat terkena sinar matahari ataupun saat terkena panas dari penggunaan alat-alat penata rambut.

Baca Juga: 17 Cara Mengatasi Sembelit Secara Cepat dan Alami

8. Jangan Sering Melakukan Bleaching

15 Cara Mengatasi Rambut Bercabang
Jangan Sering Melakukan Bleaching

Teknik mewarnai rambut (bleaching) sangat mempengaruhi kesehatan rambut seseorang. Karena teknik bleaching ini sebenarnya dapat mengubah struktur rambut, dan membuatnya rentan mengalami kerusakan. Untuk itu, sebaiknya kamu berpikir ulang sebelum memutuskan melakukan bleaching.

9. Gunakan Pelembab Rambut

15 Cara Mengatasi Rambut Bercabang
Gunakan Pelembab Rambut

Pelembab rambut adalah salah satu solusi ampuh untuk mengatasi rambut bercabang, karena mencegah rambut agar tidak kering dan juga patah. Gunakanlah pelembab rambut setiap malam, lalu bungkus rambut dengan handuk agar tidak mengotori tempat tidur. Lakukan perawatan ini secara rutin, minimal satu kali dalam seminggu.

10. Gunakan Kondisioner

15 Cara Mengatasi Rambut Bercabang
Gunakan Kondisioner

Jangan hanya menggunakan shampo saja, kamu juga harus menggunakan kondisioner pada saat keramas. Karena kondisioner memiliki berbagai macam manfaat, salah satunya adalah dapat mengatasi rambut bercabang. 

Setelah selesai menggunakan kondisioner, bilaslah hingga bersih dan keringkan rambut dengan memakai handuk. Usahakan untuk tidak memakai alat pengering rambut agar kerusakan rambutmu tidak bertambah parah.

11. Perhatikan Kandungan Pada Produk Perawatan Rambut

15 Cara Mengatasi Rambut Bercabang
Perhatikan Kandungan Pada Produk Perawatan Rambut

Sebisa mungkin pilihlah produk perawatan rambut yang memiliki bahan-bahan alami. Seperti mengandung minyak zaitun, minyak kemiri, dan lain sebagainya. Beberapa bahan alami ini dipercaya mampu mengatasi masalah rambut bercabang. 

12. Hindari Panas dan Polusi

15 Cara Mengatasi Rambut Bercabang
Hindari Panas dan Polusi

Terlalu lama terkena sinar matahari dan polusi hanya akan membuat rambutmu semakin rusak. Oleh karena itu, lakukan berbagai cara agar terhindar dari sinar matahari dan juga polusi. Seperti memakai topi atau payung ketika keluar rumah pada siang hari. 

13. Konsumsi Makanan yang Bagus untuk Rambut

15 Cara Mengatasi Rambut Bercabang
Konsumsi Makanan yang Bagus untuk Rambut

Tak hanya tubuh, rambut juga butuh nutrisi agar tetap sehat dan juga berkilau. Maka dari itu, konsumsilah sejumlah makanan yang memang bagus untuk kesehatan rambutmu, seperti bayam, wortel, salmon, kerang, dan lain sebagainya. Jangan sampai kekurangan nutrisi, karena hal tersebut hanya akan membuat rambutmu kusam hingga rontok. 

14. Gunakan Telur

15 Cara Mengatasi Rambut Bercabang
Gunakan Telur

Telur bisa digunakan sebagai bahan perawatan alami untuk rambut bercabang. Caranya campurkan telur yang sudah dikocok dengan air, lalu gunakan di kepala dan biarkan selama setengah jam. Setelah itu, keramaslah dengan shampo seperti biasa dan bilas hingga bersih.

15. Gunakan Minyak Zaitun

15 Cara Mengatasi Rambut Bercabang
Gunakan Minyak Zaitun

Tak hanya bagus untuk kesehatan kulit, minyak zaitun ternyata juga bermanfaat untuk rambut yang rusak. Caranya yaitu hangatkan minyak zaitun, lalu setelah dingin, gunakan minyak zaitun tersebut di bagian kulit kepala. Diamkan selama 1 jam, lalu keramas seperti biasa.

Demikianlah 15 cara mengatasi rambut bercabang yang dapat kamu coba. Semoga artikel ini bermanfaat.

Baca Juga