16 Cara Merawat Wajah Dengan Bahan-Bahan Alami
Sebagian orang sering merasa tidak percaya diri ketika wajahnya tampak kusam, kering dan berminyak. Dan banyak dari mereka yang memutuskan untuk membeli berbagai macam produk kecantikan untuk mengatasi hal tersebut, padahal dengan menggunakan bahan-bahan alami saja kita sudah bisa mengatasi sejumlah permasalahan kulit wajah.

Cara Merawat Wajah - Wajah memang selalu menjadi daya tarik paling utama setiap individu. Dan setiap individu menginginkan wajah bersih dan terbebas dari jerawat, Kulit berminyak, kusam, komedo, flek hitam dan berkerut. Saat ini, ada begitu banyak produk kecantikan yang menjawab semua masalah wajah anda. Namun biaya yang dikeluarkan pun terbilang cukup mahal.

Nah, pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan sejumlah cara merawat kulit wajah secara alami dengan biaya murah namun tetap efektif.

1. Kulit Jeruk

Cara Merawat Wajah
Kulit Jeruk

Kulit Jeruk memiliki Vitamin C. Antioksida yang berperan penting untuk memperbaiki kerusakan kulit yang disebabkan oleh radikal bebas. Dan juga berperan untuk menghilangkan kekusaman wajah akibat sinar matahari.

Cara yang harus digunakan cukup mudah. Pisahkan kulit jeruk dengan buahnya. Haluskan kulit jeruk, dan campurkan sedikit air. Selanjutnua oleskan pada kulit wajah. Sesudah kering, Basuhlah dengan air hangat. Dan Lakukan 2 kali dalam seminggu untuk hasil yang lebih baik.

2. Tomat

Cara Merawat Wajah
Tomat

Kandungan vitamin dalam tomat mampu menghilangan jerawat, komedo dan flek wajah anda. Cara penggunannya cukup mudah. Masukkan tomat dalam blender. Tomat yang sudah di blender di oleskan pada kulit wajah. Pastikan tidak ada campuran air tambah didalamnya. Dan bersihkan dengan air.

3. Pisang

Cara Merawat Wajah
Pisang

Mungkin anda sudah sering mendengar hal ini. Kandungan vitamin pada pisang berperan untuk melembapkan wajah. Cara merawat wajah dengan bahan dasar pisang sebenarnya cukup mudah, yakni tinggal haluskan pisang, lalu tambahkan sedikit madu. Selanjutnya gunakan campuran tersebut sebagai masker wajah. Diamkan kurang lebih 15 menit, dan bersihkan dengan air hangat.

4. Apel

Cara Merawat Wajah
Apel

Untuk merawat wajah dengan bahan dasar apel, caranya cukup mudah. Masukkan apel ke dalam blender. Apel yang sudah diblender dioleskan pada kulit wajah sebagai masker. Dan basuhlah dengan air bersih. Lakukan perawatan 2 kali dalam seminggu.

5. Pepaya

Cara Merawat Wajah
Pepaya

Kandungan vitamin dalam pepaya berperan untuk melembabkan kulit dan juga menutri wajah dengan baik. Caranya cukup mudah. Potong pepaya kemudian haluskan. Pepaya yang sudah halus kemudian dioleskan pada wajah sebagai masker. Sesudah kering cucilah dengan air hangat. Lakukan 2 sampai 3 kali dalam seminggu.

6. Bengkoang

Cara Merawat Wajah
Bengkoang

Masker wajah anda dengan bengkoang. Caranya cuci bengkuang lebih dulu. Sesudah di cuci, kupas bengkuang dan parut. Siapkan gelas atau mangkuk. Peras Parutan bengkoang dan ambil airnya. Tuangkan pada gelas atau mangkuk tersebut dan buang ampasnya. Biarkan beberapa saat hingga berbentuk endapan. Endapan tersebut digunakan sebagai masker wajah anda.

7. Air Beras

Cara Merawat Wajah
Air Beras

Kandungannya yang cukup baik bagi kulit, mampu melindungi sekaligus sebagai pencerah wajah. Saat anda mencuci beras. Jangan buang airnya. Tuang air kedalam suatu wadah. Biarkan beberapa saat hingga berbentuk endapan. Endapan tersebut digunakan sebagai masker wajah anda.

8. Kentang

Cara Merawat Wajah
Kentang

Kandungan pada kentang berperan untuk menyamarkan flek pada wajah anda. Caranya, kupas kentang kemudian rebus hingga matang. Kemudian haluskan. Campurkan 1 sendok susu dan minyak zaitun. Lalu oleskan pada wajah anda. Sesudah kering, bilaslah dengan air hangat.

9. Susu

Cara Merawat Wajah
Susu

Susu berpean untuk menjaga kelembapan wajah dan tetap sehat. Caranya mudah, Tuang 2 sendok susu kedalam wadah dan campurkan dengan 1 sendok madu. Lalu oleskan pada wajah anda dan bilas dengan air hangat sesudah kering.

Baca Juga : 16 Cara Membuat Masker Lemon Yang Baik Untuk Perawatan Kulit Wajah

10. Alpukat

Cara Merawat Wajah
Alpukat

Kandungan yqng ada didalamnya dapat menghalusan dan melembapkan kulit. Juga mampu melindungi kulit dan radiasi sinar matahari. Caranya, Ambil daging alpukat kemudian haluskan. Tambahkan 1 sendok madu. Lalu oleskan pada wajah anda. Sesudah kering, bilaslah dengan air. Lakukan 2 kali dalam seminggu untuk hasil maksimal.

11. Teh Hijau

Cara Merawat Wajah
Teh Hijau

Teh hijau dapat mengangkat sel kulit mati. Caranya cukup mudah. Rendam teh hijau atau teh celup kedalam air panas selama 4-5 menit. Ambil kapas dan celupkan pada air rendaman tersebut. Kapas kemudian dioleskan pada wajah.

12. Lidah Buaya

Cara Merawat Wajah
Lidah Buaya

Lidah buaya dapat menghambat pertumbuhan melanin yang menyebabkan gelap. Caranya, Ambil lidah buaya dan pisahkan dari gelnya. Gel tersebut digunakan sebagai masker pada wajah anda. Dan jangan sampai anda mengoleskannya pada luka di wajah anda. Dan jika sudah kering bilaslah dengan air hangat. Lakukan perawatan 2 kali dalam sehari.

13. Lemon

Cara Merawat Wajah
Lemon

Lemon memiliki kandungan vitamin yang berperan untuk mengangkat sel kulit mati dan menghilankan kekusman akibat terpapar sinar matahari. Penggunaannya cukup mudah. Belah lemon jadi 2 bagian. Kemudian peras. Ambil kapas dan celupkan kedalam perasan. Kapas tersebut lalu dioleskan pada wajah. Sesudahnya bilaslah dengan air hangat.

14. Madu

Cara Merawat Wajah
Madu

Kandungan madu berperan untuk mencerahkan dan mengangkat sel kulit mati. Caranya mudah saja. Ambil 2 sendok madu dan oleskan pada wajah anda sebagai masker. Dan bilaskah dengan air hangat. Kamu bisa menggunakannya setiap hari untuk hasil yang lebih maksimal.

15. Timun

Cara Merawat Wajah
Timun

Kandungan pada timun berperan untuk mengatasi kekusaman kulit dan menghilangkan bekas jerawat serta menghilangkan lingkaran merah pada wajah. Cara penggunaanya. Iris timun dan taruh langsung pada wajah. Biarkan selama beberapa menit dan bilaslah dengan air hangat. Atau anda juga bisa menjadikannya sebagai masker dengan memarut timun dan campurkan dengan 1 sendok madu dan oleskan langsung pada wajah. Lakukan 2-3 kali dalam seminggu untuk hasil maksimal.

16. Paprika (Lada Manis)

Cara Merawat Wajah
Paprika

Kandungan paprika sangat berperan baik sebagai pemutih kulit wajah secara alami. Caranya dengan memblender Paprika. Paprika yang sudah diblender kemudian dioleskan pada wajah. Diamkan beberapa saat. Dan bilas dengan air hangat sesudah kering.

Itulah beberapa bahan dan cara yang bisa anda gunakan untuk merawat wajah anda secara alami. Tidak harus pergi melakukan perawatan dengan hiaya mahal. Anda bisa melakukannya sendiri dirumah. Terima kasih, semoga bermanfaat.

Baca Juga