21 Cara Menghilangkan Bruntusan Secara Alami dan Cepat
Bruntusan adalah jerawat yang muncul akibat terjadinya perubahan hormon stres dan juga penggunaan produk kosmetik yang berlebihan. Jika saat ini anda sedang mengalaminya, disarankan untuk tidak sering-sering mengaruknya. Karena jika sering digaruk, maka jerawat bruntusan bisa bertambah parah. Beruntungnya, ada beberapa bahan-bahan alami yang efektif menghilangkan bruntusan dan bisa anda gunakan sendiri di rumah.

Kata.co.id - Bruntusan adalah jerawat yang muncul akibat terjadinya perubahan hormon stres dan juga penggunaan produk kosmetik yang berlebihan. Gejala-gejala bruntusan yang harus anda ketahui antara lain seperti bintik-bintik merah dan rasa gatal yang terjadi terus menerus.

Namun perlu diingat, jika saat ini anda sedang mengalami jerawat beruntusan. Ada baiknya untuk tidak sering-sering menggaruknya. Karena jika sering digaruk, maka jerawat bruntusan ini bisa bertambah parah yang dapat memicu infeksi dan juga bekas jerawat yang sulit untuk dihilangkan.

Beruntungnya, ada beberapa bahan-bahan alami yang bisa anda coba sendiri di rumah. Dan cara ini bisa dipastikan jauh lebih aman daripada menggunakan produk-produk kimia yang belum diketahui efek sampingnya. Nah, berikut adalah 21 cara menghilangkan bruntusan di wajah secara alami dan cepat yang harus anda ketahui.

1. Air Dingin

Cara Menghilangkan Bruntusan dengan Air Dingin
Air Dingin

Cara alami dan aman yang pertama untuk anda coba gunakan mengobati bruntusan adalah air dingin. Perlu diketahui, jerawat bruntusan ini juga bisa muncul karena cuaca yang panas yang dapat memicu peradangan serta gatal pada wajah. 

Untuk mengurangi rasa panas yang ditimbulkan oleh jerawat bruntusan. Anda bisa mencoba air dingin untuk menghilangkannya secara bertahap dan aman. Caranya, siapkan 1 kantong plastik bening dan es batu secukupnya.

Kemudian, masukkan es batu ke dalam kantong plastik dan tutup dengan rapat. Setelah itu, tempelkan bungkusan es batu ke bagian wajah yang terdapat jerawat bruntusan. Tunggu beberapa menit dan ulangi kembali beberapa kali dalam 1 hari.

Catatan : Jangan pernah sekalipun menempelkan es batu secara langsung ke bagian wajah.

2. Baking Soda

Cara Menghilangkan Bruntusan dengan Baking Soda
Baking Soda

Salah satu bahan alami dan mudah sekali dalam penerapannya adalah dengan menggunakan baking soda. Bahan yang satu ini juga sudah terbukti ampuh untuk menghilangkan bruntusan. Caranya, sediakan baking soda dan air secukupnya.

Kemudian, campurkan kedua bahan tersebut sampai membentuk seperti pasta. Oleskan ke bagian wajah dan tunggu beberapa menit sampai kering. Terakhir, anda bisa membilasnya dengan menggunakan air hangat.

3. Cuka Sari Apel

Cara Menghilangkan Bruntusan dengan Cuka Sari Apel
Cuka Sari Apel

Jika biasanya cuka sari apel ini digunakan sebagai obat untuk menurunkan kolesterol. Namun sebenarnya, cuka sari apel ini juga bisa digunakan untuk kecantikan. Dan salah satu khasiatnya cukup ampuh untuk menghilangkan bruntusan di wajah secara alami.

Ini karena cuka sari apel memiliki kandungan penenang yang dapat menghilangkan gatal dan infeksi pada bagian kulit wajah. Cara menggunakan cuka sari apel sebagai obat bruntusan. Siapkan cuka sari apel dan kapas secukupnya.

Kemudian, celupkan kapas ke dalam cuka dan oleskan ke bagian wajah yang terkena bruntusan. Tunggu beberapa menit dan angkat kapasnya. Lakukan cara ini secara rutin sebanyak 3 kali sehari. Sampai bruntusan yang diderita berkurang dan sembuh.

Catatan : Cuka sari apel ini terkadang tidak selalu cocok untuk jenis-jenis kulit tertentu. Jadi, untuk lebih amannya anda bisa mencampurkan cuka sari apel dengan sedikit air agar anda tidak merasakan iritasi saat memakainya.

4. Masker Oatmeal

Cara Menghilangkan Bruntusan dengan Masker Oatmeal
Masker Oatmeal

Bahan yang satu ini merupakan makanan sehat yang sering sekali digunakan untuk sarapan pada pagi hari. Namun selain bisa menyehatkan dari dalam. Ternyata oatmeal ini juga berkhasiat jika digunakan sebagai obat luar. Dan salah satunya adalah masker yang bisa menghilangkan bruntusan.

Cara menggunakan oatmeal sebagai obat bruntusan. Sediakan oatmeal dan air secukupnya. Kemudian, campurkan sampai tercampur merata dan membentuk seperti bubur. Setelah itu, usapkan masker oatmeal ke seluruh bagian wajah yang berjerawat.

Biarkan selama 30 menit dan bilas dengan menggunakan air bersih. Dengan rutin menggunakan oatmeal sebagai masker, maka kulit wajah anda akan semakin bersih dan lembut berseri.

5. Lidah Buaya

Cara Menghilangkan Bruntusan dengan Lidah Buaya
Lidah Buaya

Berkhasiat sebagai obat pelurus rambut alami. Ternyata lidah buaya juga cukup ampuh untuk digunakan sebagai obat bruntusan alami. Ini karena lidah buaya juga memiliki kandungan anti bakteri dan anti inflamasi yang sangat efektif untuk membantu mengobati peradangan pada wajah akibat munculnya bruntusan.

Cara menggunakan lidah buaya untuk bruntusan. Siapkan batang lidah buaya segar dan ambil bagian gelnya. Kemudian, oleskan bagian gel nya tersebut ke bagian wajah yang terkena bruntusan. Tunggu selama setengah jam dan bilas dengan air bersih. Lakukan cara ini secara rutin sebanyak 3 kali sehari sampai bruntusan anda hilang dan sembuh seperti sediakala.

6. Minyak Cengkeh

Cara Menghilangkan Bruntusan dengan Minyak Cengkeh
Minyak Cengkeh

Bahan alami yang juga efektif untuk menghilangkan bruntusan adalah minyak cengkeh. Ini tak mengherankan, karena di dalam minyak cengkeh terdapat senyawa eugenol yang sangat efektif untuk menghilangkan rasa gatal di wajah.

Caranya, siapkan minyak cengkeh dan air secukupnya. Kemudian, campurkan kedua bahan tersebut dan usapkan pada bagian wajah yang terdapat bruntusan. Tunggu beberapa menit dan bersihkan dengan handuk yang sudah dihangatkan.

7. Madu dan Kayu Manis

Cara Menghilangkan Bruntusan dengan Madu dan Kayu Manis
Madu dan Kayu Manis

Kombinasi bahan alami yang tak boleh anda lewatkan adalah kombinasi antara madu dan kayu manis. Perpaduan antara keduanya benar-benar sangat efektif untuk mengobati bruntusan. Caranya, siapkan kayu manis bubuk dan madu asli secukupnya.

Kemudian, campurkan kedua bahan tersebut dan oleskan ke seluruh bagian wajah. Tunggu 15 menit, lalu bilas dengan air bersih. Terakhir, tepuk-tepuk pelan wajah sampai kering.

8. Minyak Zaitun

Cara Menghilangkan Bruntusan dengan Minyak Zaitun
Minyak Zaitun

Jika anda ingin menggunakan bahan alami yang benar-benar aman tanpa efek samping. Anda bisa menggunakan minyak zaitun ini untuk mengobati bruntusan di wajah. Caranya, sediakan minyak zaitun dan madu asli secukupnya.

Kemudian, campurkan sampai merata dan oleskan ke bagian wajah yang terkena bruntusan. Lakukan cara ini secara rutin sampai jerawat bruntusan di wajah anda menghilang dan sembuh.

9. Sayuran

Cara Menghilangkan Bruntusan dengan Sayuran
Sayuran

Jika cara-cara sebelumnya menghilangkan dari luar. Kali ini anda juga bisa menggunakan cara lain yakni menghilangkan bruntusan dari dalam. Caranya, anda hanya perlu mengkonsumsi sayuran sehat secara rutin setiap hari. Umumnya sayuran memiliki banyak kandungan vitamin yang sangat bagus untuk membantu menghilangkan jerawat.

10. Buah Pepaya

Cara Menghilangkan Bruntusan dengan Buah Pepaya
Buah Pepaya

Pepaya memang sudah lama dikenal sebagai bahan alami untuk merawat kulit. Maka tak heran, jika buah pepaya ini juga bisa digunakan untuk menghilangkan bruntusan. Ini karena buah pepaya memiliki kandungan papain yang efektif untuk mengurangi peradangan pada bruntusan.

Cara menggunakan buah pepaya sebagai obat bruntusan alami. Siapkan 1 buah pepaya segar dan lumat sampai hancur. Kemudian, gunakan pepaya yang sudah hancur tersebut sebagai masker. Tunggu selama 30 menit dan bilas dengan air hangat.

Baca Juga : 22 Cara Menghilangkan Bekas Luka Secara Alami dan Paling Ampuh

11. Susu

Cara Menghilangkan Bruntusan dengan Susu
Susu

Bahan alami selanjutnya yang ampuh untuk membantu menghilangkan jerawat bruntusan adalah susu. Namun harus diingat, susu di sini bukanlah susu yang sudah diberi penambah rasa seperti gula. Tetapi gunakan susu murni agar hasilnya bisa maksimal. Cara menggunakannya, sediakan susu hangat dan gunakan sebagai pencuci wajah. Setelah itu, bilas dengan air hangat sampai bersih. 

12. Minyak Pohon Teh

Cara Menghilangkan Bruntusan dengan Minyak Pohon Teh
Minyak Pohon Teh

Obat alami selanjutnya yang tak kalah ampuh adalah minyak pohon teh. Cara penggunaannya pun terbilang mudah. Siapkan sedikit minyak pohon teh, kapas, dan air bersih secukupnya. Kemudian, campurkan kedua bahan tersebut dan celupkan kapas ke dalamnya.

Selanjutnya, oleskan kapas ke bagian yang berjerawat. Jika kulit anda termasuk kulit yang sensitif, anda bisa mencampurkan gel lidah buaya ke dalam ramuan ini.

13. Ketumbar

Cara Menghilangkan Bruntusan dengan Ketumbar
Ketumbar

Umumnya ketumbar hanya digunakan sebagai bumbu pada masakan. Namun tahukah anda, jika sebenarnya ketumbar ini juga bermanfaat untuk hal lain seperti menghilangkan bruntusan. Hampir sama dengan beberapa bahan alami lainnya, di dalam ketumbar ini juga terdapat kandungan anti inflmasi dan anti septik yang sangat efektif untuk menyembuhkan jerawat bruntusan.

Caranya, siapkan beberapa biji ketumbar dan rebus dengan air sampai mendidih. Kemudian, minum air rebusan ketumbar tersebut secara rutin sampai bruntusan yang anda derita menghilang dan sembuh total.

14. Kulit Pisang

Cara Menghilangkan Bruntusan dengan Kulit Pisang
Kulit Pisang

Tak hanya buahnya saja yang enak dan menyehatkan. Sebab ternyata kulit buah pisang juga memiliki khasiat yang tak kalah bermanfaat. Dan salah satu khasiatnya bisa digunakan untuk mengobati bruntusan. Ini karena di dalam kulit pisang terdapat kandungan antioksidan yang tinggi sehingga mampu mengatasi peradangan yang ditimbulkan oleh bruntusan.

Cara menggunakannya, siapkan kulit pisang segar secukupnya dan usapkan ke bagian wajah yang terkena jerawat bruntusan. Tunggu selama 30 menit dan bilas dengan air sampai bersih.

15. Daun Neem

Cara Menghilangkan Bruntusan dengan Daun Neem
Daun Neem

Mungkin masih banyak yang belum mengetahui terhadap tanaman yang satu ini. Namun, jika kebetulan di daerah terdapat pohon neem. Mungkin tak ada salahnya untuk menggunakannya sebagai obat alami bruntusan.

Caranya, siapkan beberapa lembar daun neem, 1 gelas air bersih, dan kapas secukupnya. Kemudian, rendam daun neem ke dalam air selama 30 menit. Setelah itu, celupkan kapas ke dalamnya dan oleskan ke bagian wajah yang berjerawat. Lakukan secara rutin setiap hari dan anda akan langsung merasakan khasiatnya.

16. Cuka Putih dan Bawang Putih

Cara Menghilangkan Bruntusan dengan Cuka Putih dan Bawang Putih
Cuka Putih

Jika anda kesulitan mendapatkan bahan-bahan alami untuk menghilangkan bruntusan. Kombinasi kedua bahan ini bisa anda coba dan bahkan hasilnya bisa sangat maksimal untuk menghilangkan bruntusan di wajah.

Caranya, siapkan bawang putih dan cuka putih secukupnya. Kemudian, lumat bawang putih sampai hancur dan campurkan dengan cuka putih. Setelah itu, oleskan ramuan ini ke seluruh bagian wajah dan bilas dengan air hangat.

17. Buah Lemon

Cara Menghilangkan Bruntusan dengan Buah Lemon
Buah Lemon

Bahan alami lain yang bisa anda coba dan mudah sekali didapatkan adalah buah lemon. Di dalam buah lemon terdapat kandungan vitamin C yang tinggi sehingga sangat bagus untuk digunakan menghilangkan bruntusan di wajah.

Caranya, siapkan buah lemon segar dan blender sampai menjadi jus. Kemudian, usapkan jus buah lemon tersebut ke seluruh area wajah dengan menggunakan kapas bersih. Terakhir, bilas wajah dengan air bersih.

18. Putih Telur

Cara Menghilangkan Bruntusan dengan Putih Telur
Putih Telur

Jika biasanya putih telur ini digunakan sebagai masker wajah untuk menghilangkan komedo. Namun selain itu, putih telur juga ampuh untuk menghilangkan jerawat bruntusan di wajah. Caranya, siapkan 3 putih telur dan kocok sampai berbusa.

Kemudian, campurkan tepung jagung ke dalamnya dan aduk sampai merata hingga membentuk pasta. Setelah itu, oleskan ramuan putih telur ke seluruh wajah yang terdapat bruntusan. Tunggu selama 30 menit dan bilas dengan air bersih.

19. Buah Mangga

Cara Menghilangkan Bruntusan dengan Buah Mangga
Buah Mangga

Selain rasa buahnya yang manis dan menyegarkan. Ternyata buah mangga ini juga berkhasiat untuk mengobati bruntusan di wajah. Caranya juga sangat mudah, cukup siapkan beberapa buah mangga segar dan blender sampai menjadi jus.

Jika sudah, selanjutnya oleskan ramuan jus mangga tersebut ke seluruh wajah hingga merata. Diamkan selama 10 menit dan bilas dengan air bersih. Lakukan cara ini secara rutin sampai jerawat bruntus hilang dan kulit wajah anda halus kembali.

20. Jeruk Nipis

Cara Menghilangkan Bruntusan dengan Jeruk Nipis
Jeruk Nipis

Kandungan yang ada di dalam jeruk nipis ini hampir serupa dengan yang ada di dalam buah lemon. Jadi tak mengherankan jika jeruk nipis juga bisa digunakan untuk menyembuhkan jerawat bruntusan. Caranya, siapkan beberapa buah jeruk nipis dan peras airnya sampai habis.

Kemudian, celupkan kapas ke dalamnya dan oleskan ke bagian wajah yang berjerawat. Diamkan selama 10 menit dan bilas dengan air hangat. Dengan rutin menggunakan jeruk nipis sebagai obat alami. Maka bruntusan di wajah anda pun bisa segera hilang.

21. Kayu Manis dan Lemon

Cara Menghilangkan Bruntusan dengan Kayu Manis dan Lemon
Kayu Manis dan Lemon

Bahan alami terakhir yang bisa anda coba adalah kayu manis. Jika pada poin sebelumnya kita mengkombinasikannya dengan madu. Kali ini anda bisa menggunakan kayu manis dan buah lemon.   

Caranya, siapkan 1 sendok teh jus lemon dan 1 sendok teh kayu manis bubuk. Kemudian, campurkan dan oleskan ke bagian wajah yang terdapat jerawat bruntus. Diamkan selama 15 menit dan bersihkan dengan air hangat. Lakukan cara ini secara rutin sebanyak 2 kali sehari. 

Loading...

Baca Juga