​22 Cara Menghilangkan Bekas Luka Secara Alami dan Paling Ampuh
Memiliki bekas luka tentu merupakan sebuah masalah khususnya bagi seorang wanita. Apalagi jika bekas luka tersebut ada di wajah, jelas tak ada pilihan lain selain mencari cara untuk menghilangkannya secepat mungkin. Namun jika anda mengalami hal tersebut, sebaiknya tidak perlu terlalu dicemaskan. Sebab ada beberapa cara alami yang efektif untuk menghilangkan bekas seperti berikut ini.

Kata.co.id - Memiliki bekas luka tentu merupakan sebuah masalah khususnya bagi seorang wanita. Hal ini karena bekas luka bisa membuat wanita menjadi tidak percaya diri. Apalagi jika bekas luka tersebut ada di wajah, jelas tak ada pilihan selain mencari cara untuk menghilangkannya secepat mungkin.

Bekas luka itu sendiri sebenarnya ada beberapa jenis di antaranya seperti luka karena air panas, luka bakar, luka karena benda tajam, lukas bekas operasi, dan luka karena infeksi pada kulit. Umumnya luka yang sudah sembuh memang sering sekali meninggalkan bekas.

Namun jika anda mengalami hal tersebut, sebaiknya tidak perlu terlalu dicemaskan. Sebab ada beberapa cara alami dan efektif untuk menghilangkan bekas luka. Berikut adalah daftarnya, yuk disimak..

1. Jeruk Nipis

Cara Menghilangkan Bekas Luka dengan Jeruk Nipis
Jeruk Nipis

Buah mungil berwarna hijau ini biasanya memang sering dipakai sebagai bahan pelengkap rasa pada masakan seperti soto. Selain itu, sebenarnya jeruk nipis juga berkhasiat untuk bahan alami kecantikan dan salah satunya juga bisa digunakan untuk menghilangkan bekas luka.

Caranya, cukup siapkan jeruk nipis secukupnya dan peras airnya sampai habis. Jika sudah, kemudian oleskan air perasan jeruk nipis tersebut ke bagian kulit yang terdapat bekas luka. Rasanya memang pedih, namun cara ini akan sebanding dengan hasil yang akan anda dapatkan.

2. Lidah Buaya

Cara Menghilangkan Bekas Luka dengan Lidah Buaya
Lidah Buaya

Memiliki khasiat untuk menghilangkan rambut rontok. Gel lidah buaya ternyata juga ampuh untuk menghilangkan bekas luka pada kulit. Ini karena lidah buaya mengandung senyawa yang dapat membantu mengurangi peradangan dan juga mempercepat regenerasi pada kulit.

Cara menggunakan lidah buaya untuk menghilangkan bekas luka. Siapkan lidah buaya segar dan ambil lendirnya. Kemudian, oleskan lendir lidah buaya tersebut ke bekas luka secara rutin setiap anda selesai mandi. Setelah itu, tunggu selama 1 jam dan bersihkan dengan air dingin.

3. Jeruk Lemon

Cara Menghilangkan Bekas Luka dengan Buah Lemon
Buah Lemon

Jika di poin pertama kita menggunakan jeruk nipis. Kali ini anda juga bisa menggunakan jeruk lemon sebagai obat bekas luka alami. Selain dapat menghilangkan bekas luka, jeruk lemon ini juga dapat mencerahkan kulit secara alami.

Caranya, siapkan 1 buah jeruk lemon dan potong menjadi dua bagian. Untuk menggunakan jeruk lemon ini, pastikan dulu kulit anda sudah dibersihkan dengan air hangat dan keringkan dengan kain bersih. Jika sudah, selanjutnya oleskan air perasan jeruk lemon tersebut ke bagian kulit yang terdapat bekas luka. Diamkan selama 20 menit dan bersihkan dengan air dingin

4. Madu

Cara Menghilangkan Bekas Luka dengan Madu
Madu

Jika ada bahan alami yang bisa digunakan untuk hampir semua masalah kesehatan mungkin salah satunya adalah madu. Cairan kental manis ini memang tidak perlu lagi diragukan khasiatnya. Bahkan, madu ini juga bisa digunakan sebagai obat untuk menghilangkan bekas luka.

Caranya, sediakan madu asli secukupnya. Kemudian, bersihkan terlebih dahulu bagian kulit yang terdapat bekas dan oleskan dengan madu sampai merata. Tunggu sampai kering dan bilas dengan air dingin.

5. Buah Tomat

Cara Menghilangkan Bekas Luka dengan Buah Tomat
Buah Tomat

Sering digunakan sebagai bumbu pada masakan. Buah tomat ternyata juga memiliki kegunaan lain yang tak kalah bermanfaat. Dan salah satunya adalah bisa digunakan untuk mengobati bekas luka secara alami.

Caranya, siapkan 1 buah tomat segar dan blender sampai teksturnya halus. Sebelum menggunakannya, pastikan dulu bagian area luka sudah dibersihkan dengan air hangat. Jika sudah, anda bisa langsung mengoleskannya ke bekas luka dan diamkan selama 30 menit. Terakhir, bilas dengan air bersih. Lakukan setiap hari, agar hasilnya bisa lebih maksimal.

6. Minyak Zaitun

Cara Menghilangkan Bekas Luka dengan Minyak Zaitun
Minyak Zaitun

Bahan alami lain yang juga efektif untuk menghilangkan bekas luka adalah minyak zaitun. Dengan rutin menggunakan minyak zaitun maka bekas luka anda pun akan hilang dan kulit anda pun menjadi lebih awet muda.

Caranya, siapkan minyak zaitun secukupnya dan oleskan ke bagian kulit yang terdapat bekas luka. Kemudian, tunggu selama 2 jam dan bersihkan dengan air dingin. Untuk hasil yang lebih maksimal anda bisa mencampurnya dengan madu atau lidah buaya.

 7. Mentimun

Cara Menghilangkan Bekas Luka dengan Mentimun
Mentimun

Buah mentimun termasuk buah-buahan yang mengandung vitamin C tinggi. Sehingga cukup ampuh jika digunakan untuk menghilangkan bekas luka khususnya pada kulit bagian wajah.

Caranya, siapkan buah mentimun segar secukupnya dan blender sampai halus. Setelah itu, bersihkan kulit yang ingin diobati dengan air hangat. Anda bisa menggunakan jus mentimun sebagai masker pada wajah atau bisa juga mengoleskannya langsung pada bekas luka di bagian tubuh lainnya.

8. Daun Pare

Cara Menghilangkan Bekas Luka dengan Daun Pare
Daun Pare

Jika ada sayuran yang memiliki rasa pahit tetapi sangat nikmat untuk dimakan mungkin jawabannya sayur pare. Namun kali ini, kita tidak akan menggunakan bagian buahnya. Melainkan bagian daunnya yang terbukti ampuh untuk menghilangkan bekas luka.

Caranya, siapkan beberapa lembar daun pare yang sudah dibersihkan dan iris sampai halus. Kemudian, peras daun pare tersebut sampai tak tersisa airnya. Setelah itu, campurkan dengan tepung beras sampai berbentuk seperti pasta. Dan oleskan pasta daun pare tersebut ke bagian kulit yang terdapat bekas luka selama 2 jam. Terakhir, bilas dengan air bersih.

9. Daun Teh Hijau

Cara Menghilangkan Bekas Luka dengan Daun Teh Hijau
Daun Teh Hijau

Teh hijau memang sudah lama dikenal sebagai obat herbal alami yang mampu untuk mengobati berbagai masalah kesehatan. Namun selain itu, teh hijau ini juga bisa dimanfaatkan untuk kecantikan dan salah satunya adalah untuk menyembuhkan bekas luka pada kulit.

Caranya, siapkan beberapa lembar daun teh hijau dan tumbuk sampai halus. Kemudian, oleskan teh hijau tersebut ke bekas luka dan diamkan kurang lebih 1 jam. Terakhir, bilas dengan air bersih.

10. Bawang Merah

Cara Menghilangkan Bekas Luka dengan Bawang Merah
Bawang Merah

Bumbu dapur yang juga ampuh untuk menghilangkan bekas luka adalah bawang merah. Ini karena bawang merah memiliki karakter anti iflamasi yang sangat ampuh untuk menghilangkan bekas luka.

Caranya, siapkan 2 siung bawang merah dan potong menjadi dua bagian. Kemudian, bersihkan bekas luka terlebih dahulu dengan air hangat. Jika sudah, selanjutnya oleskan potongan bawang merah tersebut selama 10 menit. Diamkan beberapa menit dan bersihkan dengan air.

11. Daun Mint

Cara Menghilangkan Bekas Luka dengan Daun Mint
Daun Mint

Biasanya daun mint ini digunakan sebagai obat pemutih gigi alami. Bahkan kini telah banyak sekali produk pasta gigi yang menggunakan daun mint sebagai bahan utamanya. Namun ternyata, khasiat daun mint ini juga bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan bekas luka.

Ini karena daun mint memiliki kandungan mineral yang berguna untuk mempercepat proses regenerasi pada kulit. Cara menggunakan daun mint sebagai obat bekas luka. Siapkan beberapa lembar daun mint dan tumbuk sampai halus. Kemudian, oleskan daun mint tersebut ke bekas kulit selama 30 menit dan bersihkan dengan air hangat.

Catatan : Ramuan daun mint ini tidak cocok jika digunakan pada bagian wajah.

12.  Buah Mengkudu

Cara Menghilangkan Bekas Luka dengan Buah Mengkudu
Buah Mengkudu

Mungkin anda tidak asing dengan buah yang satu ini. Ya, apalagi jika bukan karena baunya yang cukup menyengat. Namun jangan salah, sebab dibalik baunya tersebut. Buah mengkudu memiliki kandungan antioksidan yang tinggi sehingga ampuh untuk digunakan sebagai obat bekas luka.

Caranya, siapkan buah mengkudu segar dan kupas kulitnya. Kemudian, tumbuk halus mengkudu sampai membentuk seperti pasta. Setelah itu, oleskan pasta mengkudu ke bekas luka dan tunggu sampai kering. Terakhir, bilas dengan menggunakan air bersih.

Baca Juga : 18 Obat Rematik Alami dan Paling Ampuh

13. Mentega Kakao

Cara Menghilangkan Bekas Luka dengan Mentega Kakao
Mentega Kakao

Mungkin bahan yang satu ini masih cukup asing bagi sebagian orang. Namun sebenarnya, mentega kakao ini sudah lama dikenal sebagai bahan alami untuk kecantikan. Salah satu khasiatnya juga bermanfaat untuk menghilangkan bekas luka.

Cara menggunakannya. Sediakan 1 batang mentega kakao dan gosokkan pada bekas luka. Tunggu beberapa menit sampai kering dan bersihkan dengan air. Selain bisa menghilangkan bekas luka, mentega kakao ini juga ampuh untuk menghilangkan stretch mark.

14. Biji Pangkal Bunga Mawar

Cara Menghilangkan Bekas Luka dengan Biji Pangkal Bunga Mawar
Biji Pangkal Bunga Mawar

Bahan alami yang mungkin belum anda ketahui adalah biji pangkal bunga mawar. Cara ini memang masih jarang diketahui. Tetapi percayalah, biji pangkal bunga mawar juga merupakan salah satu cara efektif untuk menghilangkan bekas luka.

Caranya, siapkan biji pangkal bunga mawar dan tumbuk halus hingga mengeluarkan minyak. Kemudian, oleskan minyak biji pangkal mawar tersebut ke bekas luka. Diamkan beberapa menit sampai kering dan bilas dengan air.

15. Minyak Kelapa

Cara Menghilangkan Bekas Luka dengan Minyak Kelapa
Minyak Kelapa

Selanjutnya adalah minyak kelapa. Namun jika anda kesulitan mendapatkannya, anda bisa membelinya di pasar-pasar tradisional. Minyak kelapa termasuk bahan alami yang ampuh untuk membantu menghilangkan bekas luka pada kulit. Selain bisa menghilangkan bekas luka, minyak kelapa ini juga efektif untuk mengobati luka pada kulit.

Caranya, siapkan 1 sendok makan minyak kelapa dan rebus sampai hangat. Jika sudah, selanjutnya oleskan minyak kelapa ke bagian yang terdapat bekas luka. Dengan rutin menggunakan minyak kelapa, maka perlahan bekas luka anda akan berangsur hilang.

16. Baking Soda dan Madu

Cara Menghilangkan Bekas Luka dengan Baking Soda dan Madu
Baking Soda dan Madu

Jika pada poin-poin sebelumnya kita telah membahas madu dan juga baking soda. Kali ini anda bisa menggabungkan kedua bahan tersebut untuk menghilangkan bekas luka. Caranya, siapkan 3 sendok makan madu asli dan 1 sendok teh baking soda.

Kemudian, campurkan kedua bahan tersebut sampai membentuk seperti pasta. Jika sudah, anda bisa menggunakan pasta tersebut sebagai masker atau juga mengoleskannya langsung ke bekas luka. Diamkan beberapa menit sampai mengering dan bersihkan dengan handuk hangat.

17. Cokelat Murni

Cara Menghilangkan Bekas Luka dengan Cokelat Murni
Cokelat Murni

Apakah anda menyukai cokelat? Jika iya berarti bahan alami yang satu ini cocok sekali untuk anda gunakan sebagai obat penghilang bekas luka. Ini karena cokelat memiliki kandungan vitamin E dan mineral yang berkhasiat untuk meregenerasi kulit.

Caranya, pastikan terlebih dahulu bagian kulit yang ingin diobati sudah dibersihkan dengan air hangat. Jika sudah, anda bisa langsung mengoleskan cokelat ke bekas luka dan sekitarnya. Setelah itu, beri sedikit pijatan lembut dengan gerakan yang searah dengan bekas luka. Untuk mendapatkan hasil maksimal, lakukan cara ini secara rutin selama 3 kali seminggu.

18. Cuka Sari Apel

Cara Menghilangkan Bekas Luka dengan Cuka Sari Apel
Cuka Sari Apel

Bahan alami yang juga sangat efektif untuk menghilangkan bekas luka adalah cuka sari apel. Selain bisa mengembalikan kulit seperti semula. Cuka apel ini juga memiliki kandungan asam yang berkhasiat untuk menghilangkan sel-sel kulit mati pada kulit.

Cara menggunakan cuka apel untuk menyembuhkan bekas luka. Siapkan cuka apel dan kapas secukupnya. Sebelum menggunakannya, pastikan bagian kulit yang ingin diobati sudah dibersihkan dengan air hangat.

Jika sudah, selanjutnya celupkan kapas ke dalam cuka apel dan oleskan ke bekas luka. Tunggu 20 menit dan bersihkan dengan kain bersih. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan cara ini secara rutin selama 3 kali dalam seminggu.

19. Minyak Bunga Lavender

Cara Menghilangkan Bekas Luka dengan Minyak Bunga Lavender
Minyak Bunga Lavender

Bahan alami selanjutnya adalah minyak bunga lavender. Memiliki bau yang wangi, ternyata bunga lavender juga cukup efektif untuk meregenerasi kulit. Cara menggunakan minyak bunga lavender sebagai obat bekas luka.

Siapkan minyak lavender secukupnya dan teteskan beberapa kali ke bagian kulit yang terdapat bekas luka. Selanjutnya, pijat bekas luka tersebut dengan perlahan selama setengah jam. Terakhir, bersihkan dengan handuk hangat.

20. Putih Telur

Cara Menghilangkan Bekas Luka dengan Putih Telur
Putih Telur

Bahan yang tak kalah efektif dan mudah didapatkan salah satunya adalah putih telur. Dengan menggunakan putih telur maka bekas luka pun bisa cepat hilang. Ini karena kandungan yang ada di dalam putih telur dapat membantu merangsang pertumbuhan sel kulit baru sehingga menggantikan sel-sel kulit yang sudah mati.

Cara menggunakan putih telur sebagai obat bekas luka. Siapkan putih telur secukupnya dan kocok sampai berbentuk seperti pasta. Kemudian, bersihkan bekas luka tersebut dengan menggunakan air hangat.

Selanjutnya, oleskan putih telur ke bagian kulit yang ada bekas lukanya dan biarkan sampai mengering. Tarik masker putih telur secara perlahan dan bersihkan dengan kain hangat. Lakukan cara ini sebanyak dua kali seminggu agar hasil yang didapatkan bisa lebih maksimal.

21. Kombinasi Yogurt, Air Lemon dan Kunyit

Cara Menghilangkan Bekas Luka dengan Yogurt, Baking Soda, dan Lemon
Yogurt, Baking Soda, dan Lemon

Jika anda menginginkan hasil yang lebih cepat, kombinasi bahan alami berikut ini bisa menjadi alternatif yang harus anda coba. Yogurt, air lemon, dan kunyit memiliki kandungan yang sangat bermanfaat untuk membantu penyembuhan pada bekas luka.

Cara membuatnya, siapkan yogurt, air lemon, dan kunyit. Kemudian, aduk ketiga bahan tersebut sampai membentuk seperti pasta. Selanjutnya, oleskan pasta tersebut ke bekas luka dengan sambil dipijat lembut. Tunggu sampai mengering dan bersihkan dengan air hangat.

22. Masker Bubuk Cendana

Cara Menghilangkan Bekas Luka dengan Bubuk Cendana
Bubuk Cendana

Cara terakhir yang bisa anda coba adalah masker dari bubuk cendana. Cara yang satu ini termasuk jarang diketahui namun sangat efektif untuk digunakan. Bahkan, anda bisa menggunakan bubuk cendana ini untuk menghilangkan bekas luka akibat operasi.

Caranya, siapkan bubuk cendana dan minyak zaitun secukupnya. Kemudian, campurkan kedua bahan tersebut sampai membentuk pasta lembut. Bersihkan dengan air hangat dan usapkan pasta bubuk cendana ini ke bagian bekas luka. Lakukan cara ini secara rutin sampai bekas luka anda menghilang. 

Baca Juga