21 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Paling Ampuh
Jerawat memang seringkali mengganggu. Terkadang setelah jerawat itu menghilang tetap saja masih mengganggu karena meninggalkan bekas yang sulit hilang. Nah, berikut ini ada sejumlah cara cepat untuk menghilangkan jerawat.

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat - Timbulnya jerawat terkadang memang meresahkan banyak orang, khususnya bagi wanita yang terlalu memprioritaskan kecantikan. Tak hanya saat timbul saja, saat jerawat menghilang terkadang juga tetap meresahkan sebagian orang, lantaran menghilangnya jerawat seringkali meninggalkan bekas yang sulit untuk di hilangkan.

Namun tak perlu khawatir, karena disini kita akan membahas tentang bagaimana caranya menghilangkan bekas jerawat dengan mudah. Yuk simak langsung sejumlah daftar berikut ini.

1. Minyak Zaitun

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat
Minyak Zaitun

Banyak orang yang menganggap bahwa minyak zaitun adalah salah satu jenis minyak yang kaya akan manfaat. Flek hitam yang timbul karena jerawat bisa kamu hilangkan secara mudah dan cepat dengan menggunakan minyak zaitun.

Pada malam hari sebelum tidur, oleskan minyak zaitun ke bagian wajah, dan pijat selama beberapa menit. Dengan melakukannya secara rutin, tentu bekas jerawat dan flek hitam akan menghilang.

2. Lidah Buaya

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat
Lidah Buaya

Sekarang ini banyak produk perawatan kulit yang berbahan dasar lidah buaya. Pasalnya lidah buaya memang memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan kulit dan kecantikan.

Cara penggunaanya pun cukup mudah, yakni kamu tinggal siapkan satu daun lidah buaya. Ambil lendir atau gel yang terdaapat di dalam daun lidah buaya. Lalu oleskan ke wajah secara merata dan biarkan selama 20 menit sebelum membilasnya dengan air bersih.

3. Ampas Teh Hitam

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat
Ampas Teh Hitam

Selain dikenal sebagai minuman tradisional, ternyata ampas teh juga bisa kamu manfaatkan untuk membersihkan atau menghilangkan bekas jerawat.

Caranya pun cukup mudah, yakni kamu hanya siapkan saja ampas teh yang baru digunakan. Ambil dan oleskan ke seluruh wajah, tunggu sekitar 10 menit. Setelah itu bilas menggunakan air hangat.

4. Pepaya Muda

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat
Pepaya Muda

Dalam pepaya terkandung sejumlah nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit, khususnya pepaya muda. Untuk menggunkan pepaya muda sebagai penghilang bekas jerawat pun sebenarnya cukup mudah. Cukup potong pepaya kecil-kecil dan cuci dengan air bersih sampai getahnya menghilang. Setelah itu, haluskan pepaya dan oleskan di wajah secara merata.

5. Kentang

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat
Kentang

Begitu juga dengan kentang. Kentang terbukti mampu membersihkan bekas jerawat lantaran mengandung vitamin yang dibutuhkan oleh kulit.

Penggunaanya pun cukup mudah yakni kamu tinggal mengiris kentang secara tipis-tipis. Gunakan irisan kentang tersebut sebagai masker wajah. Letakan dibagian wajah yang kamu inginkan (sesuai dengan letak bekas jerawat). Lalu biarkan selama 15 menit dan bersihkan menggunakan air hangat.

6. Minyak Kelapa

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat
Minyak Kelapa

Minyak kelapa juga terbukti mampu menghilangkan bekas jerawat lantaran mengandung asam kaprat dan laurat. Untuk menggunakan minyak kelapa sebagai bahan penghilang bekas jerawat pun caranya cukup mudah.

Karena kamu cukup sediakan minyak kelapa, pastikan minyak kelapa asli yang tidak dicampuri dengan bahan-bahan lain. Oleskan ke area wajah secara rata dan biarkan selama beberapa saat. Setelah itu basuh dengan air hangat. Dan akan lebih baik lagi jika dilakukan pada malam hari dan membilasnya pada pagi hari.

7. Bawang Putih

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat
Bawang Putih

Selain dikenal sebagai bumbu masakan, ternyata bawang putih juga bermanfaat bagi kulit, dan terbukti mampu menghilangkan bekas jerawat.

Caranya pun sangat mudah, karena kamu tinggal haluskan saja bawang putih, lalu oleskan pada bagian wajah yang terdapat bekas jerawat. Biarkan selama beberapa menit dan bilas menggunakan air bersih.

8. Scrub Gula

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat
Gula

Selain bawang putih, ternyata gula juga mampu membersihkan bekas jerawat secara cepat. Selain mudah di dapat, cara menghilangkan bekas jerawat dengan gula pun juga terbilang cukup mudah untuk diterapkan.

Cukup sediakan sedikit gula dan sedikit minyak zaitun. Aduk sampai merata hingga adonan tersebut menjadi scrub. Oleskan pada bekas jerawat dan pijat selama beberapa menit. Basuh menggunakan air bersih.

9. Madu

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat
Madu

Madu memang terkenal kaya akan manfaat, tak heran jika madu juga bisa menghilangkan bekas jerawat dengan cepat. Hal ini dikarenakan kandungan antiseptik yang terdapat pada madu sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit.

Untuk penggunaanya pun cukup mudah, yakni kamu cukup oleskan sedikit madu ke bagian wajah yang terdapat bekas jerawat. Lalu diamkan dulu sekitar 15 menit sebelum membersihkannya dengan air bersih.

10. Lemon

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat
Lemon

Vitamin C yang terkandung dalam lemon sangat baik bagi kulit, karena mampu meregenerasi sel kulit, khususnya kulit wajah. Oleh karena itu lemon juga terbukti mampu menghilangkan bekas jerawat.

Caranya pun cukup mudah, yakni tinggal peras lemon dan masukkan air perasan lemon tersebut ke dalam gelas yang sudah berisi air setengah penuh. Lalu celupkan handuk ke dalam campuran air tersebut dan kompreskan ke bagian wajah yang terdapat bekas jerawat.

Baca Juga : 27 Cara Mengatasi Rambut Rontok Dengan Mudah

11. Kulit Jeruk

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat
Kulit Jeruk

Kulit jeruk terbukti mampu mengangkat kotoran, debu dan sel kulit mati. Untuk menggunakan kulit jeruk sebagai penghilang bekas jerawat pun caranya cukup mudah, yakni dengan mengumpulkan kulit-kulit jeruk, lalu menjemurnya sampai kering. Setelah itu, haluskan dengan cara ditumbuk sampai berwujud seperti tepung. Lalu campurkan dengan sedikit air, dan jadikan sebagai masker wajah. Diamkan selama 20 menit sebelum membasuhnya dengan air bersih.

12. Putih Telur

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat
Putih Telur

Dalam telur terdapat sejumlah nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit, khususnya putih telur. Ya, putih telur terbukti mampu mengangkat sel kulit mati dan menghilangkan bekas jerawat ataupun flek hitam.

Cara menggunakanya cukup sediakan putih telur, kocok sampai mengeluarkan busa. Lalu oleskan pada wajah. Memang cara yang satu ini agak sedikit bau, namun kamu bisa menyamarkan bau amis tersebut dengan mencampurkan putih telur dengan jeruk nipis sebelum menggunakannya.

13. Minyak Bunga Mawar

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat
Minyak Bunga Mawar

Selain bisa menyembuhkan luka bakar, minyak bunga mawar ini juga mampu menghilangkan bekas jerawat. Kamu bisa mendapatkan minyak yang satu ini di apotik atau di toko-toko lainnya.

Caranya pun begitu mudah, cukup oleskan minyak bunga mawar ke wajah secukupnya sambil memijat wajah dengan lembut. Lakukan cara ini selama beberapa menit. Setelah itu bersihkan dengan air bersih.

14. Masker Alpukat

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat
Alpukat

Jika kita sering menjumpai berbagai macam olahan alpukat yang lezat, ternyata dibalik itu alpukat menyimpan berbagai khasiat yang baik untuk kulit. Apalagi kandungan alpukat mampu membantu pembentukan sel kulit baru. Selain itu, alpukat juga bisa kita gunakan untuk menghilangkan bekas jerawat.

Caranya pun sangat mudah, pisahkan kulit alpukat dengan dagingnya, lalu haluskan sampai lembut. Tambahkan juga sedikit madu, aduk sampai merata. Setelah itu oleskan pada wajah dan biarkan selama setengah jam.

15. Timun

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat
Timun

Kandungan mineral, vitamin E dan antioksidan dalam timun memang terbukti mampu menangkal radikal bebas, dan menjaga kulit dari kerusakan. Jadi tak heran jika timun sering digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat.

Caranya pun cukup mudah, siapkan satu buah timun yang sudah dihaluskan dan sudah dicampuri dengan madu. Lalu oleskan pada madu dan diamkan selama 10 menit. Basuh menggunakan air hangat.

16. Teh Hijau

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat
Teh Hijau

Teh yang kaya akan khasiat ini ternyata juga berkhasiat untuk menghilangkan bekas jerawat. Lantaran kandungan antiseptiknya yang baik bagi kesehatan kulit.

Sediakan 1 gelas air hangat dan tambahkan bubuk teh hijau. Jika bubuk teh hijau sudah larut, basahi kapas menggunakan air tersebut. Lalu usapkan ke wajah sampai merata.

17. Baking Soda

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat
Baking Soda

Baking soda bersifat pembersih, jadi cocok untuk membersihkan bekas jerawat yang susah untuk dihilangkan. Apalagi dalam baking soda terdapat natrium bikarbonat yang mampu mengangkat flek hitam di kulit wajah.

Untuk penerapannya, siapkan sedikit baking soda lalu tambahkan dengan air hangat. Aduk sampai rata dan oleskan pada wajah. Biarkan selama 5 menit sambil memijat wajah.

18. Hindari Berbagai Macam Sumber Noda

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat
Asap

Tentu kita tahu bahwa salah satu penyebab munculnya jerawat adalah noda. Jadi untuk menghilangkan jerawat ataupun bekas jerawat, maka kita harus sebisa mungkin untuk menghindari berbagai macam sumber noda seperti asap kendaraan, asap rokok, debu dan lain sebagainya.

19. Berolahraga

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat
Olahraga

Olahraga memang aktivitas yang sangat berguna. Selain bisa membuat badan sehat, olahraga juga mampu menghilangkan bekas jerawat yang membandel. Pasalnya dengan berolahraga tentu dapat mengatasi kandungan lemak yang menumpuk, dan membuang berbagai macam kotoran di kulit melalui keringat yang keluar.

Dengan melakukan aktivitas olahraga yang rutin, tentu kandungan lemak di dalam tubuh, dan kotoran pada kulit bisa keluar melalui keringat yang dihasilkan ketika berolahraga.

20. Mencuci Wajah

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat
Mencuci Wajah

Mencuci muka juga salah satu cara menghilangkan jerawat yang cukup efisien. Dengan menjaga kebersihan kulit wajah, tentu noda hitam dan bekas jerawat lama-kelamaan akan menghilang juga. Selain itu, menjaga kebersihan wajah juga bisa menghambat timbulnya jerawat.

21. Es Batu

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat
Es Batu

Dengan menempelkan es batu atau air es secara langsung ke wajah, tentu akan membuat pori-pori di wajah menjadi semakin kecil. Dengan begitu bekas jerawat akan menghilang seiring dengan mengecilnya pori-pori kulit.

Baca Juga