27 Cara Mengatasi Rambut Rontok Dengan Mudah
Rambut rontok bukan hal yang serius, tapi jika dibiarkan begitu saja, tentu akan menjadi persoalan yang bikin risih atau tidak nyaman. Apalagi rambut adalah mahkota bagi kaum wanita.

Cara Mengatasi Rambut Rontok - Sering kali para wanita dibuat risih hanya karena rambut rontok yang semakin hari semakin banyak. Memang bukan permasalahan yang serius, namun tetap saja ini adalah hal yang patut untuk diseriusi.

Bagi wanita, rambut bagaikan mahkota. Jadi tak heran jika banyak wanita yang selalu mempermasalahkan hal ini dengan sangat serius.

Nah kali ini, kita akan berbagi beberapa cara untuk mengatasi rambut rontok. Yuk simak daftar berikut ini..

1. Kacang-Kacangan

Cara Mengatasi Rambut Rontok
Kacang-Kacangan

Ya, kacang-kacangan mampu mengatasi kerontokan pada rambut di kulit kepala. Pasalnya, di dalam kacang-kacangan terdapat asam lemak omega 3. Dimana asam lemak omega 3 tersebut terbukti mampu mengurangi kerontokan pada rambut.

2. Kerang

Cara Mengatasi Rambut Rontok

Kerang

Dari berbagai jenis makanan yang ada di dunia ini, kerang adalah makanan yang paling banyak mengandung zinc. Zinc sendiri adalah zat mineral yang sangat dibutuhkan rambut untuk memperkuat folikel pada rambut. Jadi kerang juga bisa kamu konsumsi agar kerontokan pada rambut menghilang.

3. Susu

Cara Mengatasi Rambut Rontok

Susu

Umumnya kita hanya mengetahui bahwa susu bisa memperkuat tulang saja. Namun faktanya susu juga bisa memperkuat rambut, dan mengurangi rambut rontok. Hal ini dikarenakan susu mengandung protein yang cukup tinggi, dimana hal ini mampu membantu menguatkan rambut. Apalagi rambut sendiri tersusun dari protein.

4. Ikan Salmon

Cara Mengatasi Rambut Rontok

Ikan Salmon

Sama halnya dengan susu, ikan salmon juga mengandung protein yang sama tingginya dengan susu. Selain itu, dalam ikan salmon juga terdapat asam lemak omega 3 yang juga bermanfaat bagi rambut layaknya kacang-kacangan. Jadi ikan salmon ini memang terbukti mampu menghilangkan rambut rontok secara efektif.

5. Daging Merah

Cara Mengatasi Rambut Rontok

Daging Merah

Mengingat kandungan zat besi yang terdapat pada daging merah cukup tinggi, tentu hal ini juga bisa mengatasi rambut rontok pada kulit kepalamu. Apalagi daging merah juga memiliki kandungan protein. Sehingga tak diragukan lagi jika daging merah mampu menghilangkan rambut rontok.

6. Telur

Cara Mengatasi Rambut Rontok

Telur

Semua orang pasti tahu kalau telur adalah makanan yang mengandung protein. Apalagi putih telur sering dijadikan sebagai sumber protein. Sedangkan kuning telur terbukti mengandung zat besi yang tinggi. Jadi dengan mengkonsumsi satu butir telur, sudah membantu mengurangi rambut rontok.

7. Buah-Buahan

Cara Mengatasi Rambut Rontok

Buah-Buahan

Seperti yang kita ketahui, bahwa buah-buahan mengandung nutrisi serta mineral yang dibutuhkan oleh rambut. Asupan nutrisi tersebut mampu memperkuat sel folikel dalam rambut. Dengan mengkonsumsi buah-buahan tentu rambut akan menjadi semakin kuat dan tidak mudah rontok.

8. Sayur-Sayuran

Cara Mengatasi Rambut Rontok

Sayuran

Umumnya sayuran mengandung vitamin, nutrisi, dan juga mineral yang sebenarnya dibutuhkan oleh rambut. Sama halnya dengan nutrisi yang terkandung dalam makanan sebelumnya, nutrisi yang terdapat pada sayuran juga mampu memperkuat folikel rambut. Dengan mengkonsumsi sayuran, tentu kerontokan rambut pada kulit kepala akan semakin berkurang, bahkan hilang.

9. Lidah Buaya

Cara Mengatasi Rambut Rontok

Lidah Buaya

Kita semua tentu tahu, bahwa di dalam produk-produk perawatan rambut seperti shampo pasti banyak yang mengandung lidah buaya. Hal ini dikarenakan adanya beberapa senyawa dalam gel lidah buaya yang dibutuhkan oleh rambut. Apalagi tanaman yang satu ini juga mempunyai sifat eksfoliate, dimana sifat ini akan menghambat penyumbatan kulit kepala yang didominasi oleh sel kulit-kulit mati.

Dengan mengoleskan lidah buaya ke kulit kepalamu, pastinya akan mengurangi tingkat kerontokan rambutmu. Selain itu, mengkonsumsi teh lidah buaya di pagi hari juga sangat bermanfaat bagi kesehatan rambutmu.

10. Fenugreek

Cara Mengatasi Rambut Rontok

Fenugreek

Fenugreek sejenis dengan biji-bijian, hanya saja Fenugreek ini mempunyai kadar protein yang cukup tinggi, dimana hal ini bermanfaat bagi rambut. Selain itu, dalam Fenugreek juga terdapat asam nikotinik yang berguna untuk memicu pertumbuhan rambut dengan cepat. Apalagi adanya hormon antecedents yang terkandung dalam Fenugreek, dimana hormon yang satu ini berguna untuk merawat folikel rambut.

Dengan mengoleskan biji Fenugreek yang sudah dihaluskan terlebih dahulu ke kulit kepala, tentu tingkat kerontokan rambut pada kulit kepalamu akan semakin menurun.

11. Bawang Merah

Cara Mengatasi Rambut Rontok

Bawang Merah

Bawang merah mengandung sulfur, dan senyawa anti bakteri. Sulfur pada bawang merah bermanfaat bagi rambut lantaran bisa memperkuat sel folikel pada rambut. Selain itu, sulfur juga berguna untuk memicu regenerasi folikel. Sedangkan senyawa anti bakteri pada rambut mampu membunuh sejumlah bakteri yang menyebabkan infeksi pada kulit kepala.

Dengan mengoleskan bawang merah yang sudah diblender ke kulit kepala, tentu akan mengurangi tingkat kerontokan rambut pada kulit kepalamu. Jangan lupa gunakan shampo, agar bau bawang merah di rambutmu tidak begitu menyengat.

12. Indian Gooseberry

Cara Mengatasi Rambut Rontok

Indian Gooseberry

Indian Gooseberry juga sering dikenal dengan nama amla. Bahan herbal yang satu ini sanggup digunakan sebagai penguat rambut, lantaran amla mengandung vitamin c yang sangat tinggi. Selain itu, Indian Gooseberry ini juga mempunyai sifat anti inflammasi, anti bakteri, antioksidan dan eksfoliate yang berfungsi sebagai penguat rambut dan pemusnah bakteri. Dengan mengoleskan sari buah Indian Gooseberry, tentu menghilangkan rambut rontok bukanlah hal yang sulit lagi.

13. Teh Hijau

Cara Mengatasi Rambut Rontok

Teh Hijau

Dalam teh hijau terdapat senyawa antioksidan yang mampu mengurangi tingkat kerontokan rambutmu. Pasalnya, antioksidan layaknya catechin yang terdapat pada teh hijau ini mampu memicu pertumbuhan rambut. Selain itu, teh hijau juga mempunyai anti bakteri yang mampu mengusir bakteri-bakteri yang menginfeksi kulit kepala. Dalam hal ini teh hijau tidak di konsumsi secara langsung, melainkan dengan cara dibasuhkan ke rambut dan kulit kepala secara merata.

14. Minyak Kelapa

Cara Mengatasi Rambut Rontok

Minyak Kelapa

Asam lauric yang terkandung di dalam minyak kelapa mampu menghilangkan semua jenis bakteri yang berada di folikel rambut. Selain itu, minyak kelapa juga bermanfaat untuk menjaga rambutmu agar tetap lembab dan tidak kering.

Baca Juga : 15 Penyebab Rambut Rontok Yang Harus Kamu Ketahui

15. Minyak Lavender

Cara Mengatasi Rambut Rontok

Minyak Lavender

Minyak lavender mempunyai kandungan antiseptik dan antioksidan. Antiseptik pada minyak lavender berfungsi untuk menghilangkan segala hal yang menyebabkan kulit kepala terkena infeksi. Sedangkan antioksidan pada minyak lavender berfungsi untuk memicu perkembangan rambut. Dengan mengoleskan minyak lavender ke rambut dan kulit kepala, tentu rambut rontok akan berkurang dengan sendirinya.

16. Minyak Zaitun

Cara Mengatasi Rambut Rontok

Minyak Zaitun

Minyak yang kaya akan manfaat ini ternyata juga berguna untuk mengatasi rambut rontok. Dengan kandung antioksidannya, membuat minyak zaitun dibutuhkan oleh rambut. Dengan mengoleskan minyak zaitun ke kulit kepala secara rutin, lama-kelamaan rambut rontok pasti akan berkurang.

17. Santan

Cara Mengatasi Rambut Rontok

Santan 

Kata siapa santan hanya berguna sebagai pelengkap masakan saja? Sudah terbukti asam lemak omega 3 yang terdapat pada santan juga bisa mengatasi rambut rontok. Selain itu, santan juga bisa kita manfaatkan sebagai pemicu tumbuhnya rambut. Dengan mengoleskan santan yang sudah di masak ke kulit kepala, tentu rambut rontok di kepalamu pasti akan menghilang.

18. Bawang Putih

Cara Mengatasi Rambut Rontok

Bawang Putih

Tak hanya bawang merah saja yang berguna untuk mengatasi rambut rontok, faktanya bawang putih juga bisa mengatasi rambut rontok. Sama halnya bawang merah, bawang putih juga mengandung sulfur dan antibakteri yang sangat berguna bagi kesehatan rambut.

19. Madu

Cara Mengatasi Rambut Rontok

Madu

Selain bisa mengatasi rambut rontok, madu juga bisa mengatasi gatal-gatal pada kulit kepala. Hal ini karena madu mengandung antibakteri yang mampu mengusir bakteri yang menyebabkan infeksi pada kulit kepala. Dengan mengoleskan campuran air dan madu ke kulit kepala pasti akan membuat rambut rontokmu menghilang.

20. Daun Neem

Cara Mengatasi Rambut Rontok

Daun Neem

Daun Neem mengandung antibakteri dan antijamur, dimana kedua kandungan tersebut mampu mengusir bakteri dan jamur yang menginfeksi kulit kepala. Selain itu, daun neem juga mampu membuat kulit kelapa menjadi tetap lembab. Dengan begitu, folikel pada rambut akan tetap terjaga dan tetap kuat.

Untuk mengaplikasikan daun neem pun cukup mudah, yakni hanya dengan menghaluskan daun neem dan mencampurkannya dengan sedikit air, lalu tinggal oleskan di bagian kulit kepala.

21. Minoxidil

Cara Mengatasi Rambut Rontok

Minoxidil

Minoxidil adalah suatu obat jenis topikal yang mampu mengatasi rambut rontok. Minoxidil sendiri dapat kamu temukan dengan mudah di apotek-apotek terdekat.

Umumnya minoxidil digunakan untuk mengatasi kebotakan yang terjadi di kulit kepala. Namun obat yang satu ini juga bisa mengatasi masalah rambut rontok, lantaran sifatnya yang memicu pertumbuhan rambut.

22. Finasteride

Cara Mengatasi Rambut Rontok

Finasteride

Sama halnya dengan Minoxidil, finasteride juga merupakan salah satu jenis obat yang mampu mengatasi rambut rontok. Jika Minoxidil digunakan dengan cara mengoleskan kebagian kulit kepala, sedangkan finasteride di konsumsi secara langsung. Umumnya obat yang satu ini digunakan untuk mencegah kebotakan, jadi cocok banget untuk mengatasi rambut rontok.

23. Jangan Terlalu Stress

Cara Mengatasi Rambut Rontok

Yoga

Mungkin banyak yang kurang mengetahui akan hal ini. Ya, stres ternyata menjadi salah satu pemicu kebotakan dan kerontokan pada rambut. Nah, jika ingin terhindar dari masalah rambut rontok dan kebotakan, mungkin kamu harus menjaga tingkat stres kamu. Karena selain mampu memicu kebotakan, stres juga bisa membuat rambutmu beruban meskipun umurmu sendiri masih menginjak remaja.

24. Olahraga

Cara Mengatasi Rambut Rontok

Olahraga

Olahraga terbukti mampu memperkuat rambut dan membuat rambut tidak mudah rontok. Pasalnya, ketika kita sedang berolahraga, biasanya otak akan memproduksi endorfin. Endorfin sendiri merupakan sebuah hormon yang mampu membuatmu merasa bahagia. Dengan begitu tingkat stres pasti akan menurun. Jika tingkat stres rendah, tentu rambut rontok juga akan berkurang.

25. Biarkan Rambut Mengering Dengan Sendirinya

Cara Mengatasi Rambut Rontok

Mengeringkan Rambut

Sebagian orang selalu menggunakan hairdryer setelah mandi untuk mengeringkan rambutnya. Sebagian orang lainnya selalu menggosok rambut dengan handuk secara kasar. Dan apakah kamu tahu bahwa kebiasaan mengeringkan rambut seperti itu bisa menyebabkan rambut jadi lebih mudah rontok?

Kita tahu hairdryer mengeringkan rambut dengan cara memanaskan rambut. Hal ini bisa membuat rambut merasa panas dan menipis, serta juga membuat kulit kepala menjadi kering. Dan tentunya hal ini adalah penyebab utama terjadinya kerontokan rambut. Begitu juga dengan menggosok rambut dengan handuk secara kasar. Karena menggosok secara kasar dapat menyebabkan panas layaknya penggunaan hairdryer.

Jadi akan jauh lebih baik lagi jika rambut mengering dengan sendirinya. Selain terhindar dari panas yang merugikan rambut dan kulit kepala, proses penyerapan air di rambut yang basah juga bisa meningkatkan kelembaban pada rambut dan kulit kepala.

26. Kemiri

Cara Mengatasi Rambut Rontok

Kemiri

Selain mampu mengatasi kerontokan rambut, minyak kemiri juga bisa kita gunakan untuk menghitamkan rambut, merangsang rambut dan menguatkan akar rambut.

Penggunaannya pun cukup mudah, yakni hanya dengan menyangrai kemiri yang sebelumnya sudah di haluskan terlebih dahulu. Lalu tinggal usapkan saja ke bagian kulit kepala.

27. Buah Alpukat

Cara Mengatasi Rambut Rontok

Alpukat

Protein yang terdapat pada buah alpukat mampu memberikan nutrisi kepada rambut. Alpukat memang terbukti efektif dalam mengatasi masalah rambut rontok. Caranya pun cukup mudah, yakni blender buah alpukat, dan balurkan di rambutmu. Tunggu beberapa menit dan bila menggunakan sampho.

Baca Juga