20 Cara Meluruskan Rambut Secara Alami Dan Mudah
Pada umumnya, kaum wanita selalu memperhatikan setiap detail dari penampilan mereka, termasuk rambut. Tidak sedikit wanita yang menginginkan rambut lurus, walaupun pada kenyataanya memang sudah banyak model rambut sekarang ini. Jika anda ingin mendapatkan rambut lurus, maka anda bisa mencoba 20 Cara Meluruskan Rambut Secara Alami Dan Mudah berikut ini.

Cara Meluruskan Rambut - Rambut adalah mahkota wanita yang tentunya harus selalu dijaga. Tidak sedikit wanita yang mengahabiskan lumayan banyak uang setiap bulannya untuk melakukan perawatan. Hal ini dikarenakan kaum wanita memang lebih memperhatikan penampilan daripada pria, atau dalam hal ini kita anggap di dalam bidang kecantikan.

Begitu juga dengan urusan rambut, tidak sedikit wanita yang ingin memiliki rambut indah, lurus, dan panjang. Namun pada kenyataanya tidak semua wanita memiliki rambut lurus, melainkan ada yang berambut keriting ataupun ikal. Jika anda ingin meluruskan rambut, banyak cara yang bisa anda lakukan, mulai dari cara - cara alami, hingga dengan cara obatan - obatan. Berikut adalah 20 Cara Meluruskan Rambut Secara Alami Dan Mudah.

1. Minyak Almond

Cara Meluruskan Rambut
Minyak Almond

Anda mungkin seringkali menggunakan berbagai kondisioner untuk meluruskan rambut anda, namun ternyata kondisioner tersebut tidak selamanya memberikan efek meluruskan rambut. Untuk lebih bagusnya, anda bisa mencampurkan kondisioner yang anda pakai dengan beberapa tetes minyak almond, dan menggunakanya untuk keramas seperti biasa.

2. Telur dan Susu

Cara Meluruskan Rambut
Telur dan susu

Kita tentu sudah kenal betul dengan kedua  bahan yang mudah ditemukan ini. Untuk menggunakanya sebagai obat meluruskan rambut, maka anda perlu mengambil bagian putih dari telur, kemudian mencampurkannya dengan susu putih. Setelah menambahkan sedikit gula, maka anda bisa mengoleskannya pada rambut anda.

3. Minyak Zaitun

Cara Meluruskan Rambut
Minyak zaitun

Kita tentu tidak asing lagi jika mendengar berbagai khasiat minyak zaitun di bidang kesehatan dan kecantikan. Minyak zaitun ini juga bisa anda gunakan untuk meluruskan rambut. Caranya, anda perlu memanaskan setengah cangkir minyak zaitu, lalu kemudian membiarkannya dingin. Minyak zaitun yang sudah dingin tersebut bisa anda oleskan pada rambut sembari memijatnya untuk mendapatkan rambut yang lurus.

4. Santan Kelapa

Cara Meluruskan Rambut
Santan kelapa

Untuk mendapatkan rambut lurus secara alami, anda juga bisa menggunakan santan kelapa. Setelah anda memarut kelapa dan mendapatkan santan kental, maka anda bisa menambahkan 2 dendok makan air perasan jeruk nipis dan mengaduknya. Campuran kedua bahan ini bisa anda oleskan pada rambut anda dan membungkusnhya dengan handuk. Ada baiknya agar anda melakukan perawatan ini dengan rutin 1 kali setiap minggu.

5. Susu Murni

Cara Meluruskan Rambut
Susu murni

Cara menggunakan susu murni untuk mendapatkan rambut lurus tidak lah sulit. Anda perlu mencampurkan susu murni dengan setengah cangkir air, lalu kemudian mengaduknya hingga rata. Setelah itu, campuran kedua cairan ini bisa anda semprotkan ke bagian rambut dan membiarkanya selama 1 jam.

6. Cuka

Cara Meluruskan Rambut
Cuka

Jika kulit kepala anda tidak terlalu sensitif terhadap asam, maka anda bisa melakukan salah satu perawatan ini untuk mendapatkan rambut lurus dengan cara alami. Caranya adalah, anda hanya perlu mengoleskan cuka pada rambut anda hingga memijatnya dengan lembut untuk meluruskan rambut keriting anda.

7. Seledri

Cara Meluruskan Rambut
Seledri

Sayuran yang satu ini juga bisa anda gunakan untuk meluruskan rambut secara alami. Caranya, anda perlu menghaluskan seledri dan mengoleskannya pada rambut anda. Ada baiknya agar anda membungkus rambut anda selama 1 malam dan keramas pada keesokan harinya.

8. Yogurt

Cara Meluruskan Rambut
Yogurt

Campuran yogurt dan telur juga bisa anda gunakan untuk mendapatkan rambut lurus. Caranya adalah dengan menambahkan sedikit bagian putih telur pada yogurt yang sudah anda siapkan sebelumnya. Setelah mengaduknya hingga rata, campuran kedua bahan ini kemudian bisa anda gunakan sebagai masker rambut. Anda perlu mengoleskannya pada rambut sembari memijat dan membiarkanya selama kurang lebih 30 menit.

9. Pisang

Cara Meluruskan Rambut
Pisang

Selain berguna buat melancarkan pencernaan, ternyata pisang juga memiliki manfaat dalam meluruskan rambut. Caranya, anda haluskan pisang dengan menggunakan blender, kemudian mengoleskannya pada rambut secara merata. Biarkan selama 1 jam penuh, lalu kemudian bilas hingga bersih.

10. Pepaya

Cara Meluruskan Rambut
Pepaya

Untuk meluruskan rambut secara alami, anda juga bisa menggunakan buah pepaya yang sudah matang. Sama seperti pisang, anda perlu menghaluskan buah pepaya menggunakan belender, lalu kemudian mengoleskannya pada rambut secara merata. Setelah itu, biarkan selama 1 jam, kemudian bilas menggunakan air bersih.

Baca Juga : 24 Cara Memutihkan Ketiak Secara Alami Dan Paling Ampuh

11. Lidah Buaya

Cara Meluruskan Rambut
Lidah buaya

Cara yang satu ini tentu sudah sangat sering kita dengar, terlebih kaum wanita. Anda hanya perlu memotong - motong lidah buaya, kemudian mengambil bagian gel nya saja. Gel lidah buaya ini kemudian bisa anda oleskan secara merata pada rambut anda, kemudian membiarkannya beberapa saat. Sisir rambut anda untuk mendapatkan rambut lurus alami.

12. Minyak Jarak

Cara Meluruskan Rambut
Minyak jarak

Minyak jarak memang memiliki beberapa manfaat buat kesehatan dan kecantikan, salah satunya adalah untuk meluruskan rambut. Anda hanya perlu memanaskan minyak jarak selama beberapa saat hingga hangat, kemudian mengoleskannya secara merata pada seluruh rambut anda. Lakukan selama 30 menit untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

13. Tepung Beras

Cara Meluruskan Rambut
Tepung beras

Ternyata tepung beras tidak hanya berguna dan bisa digunakan untuk membuat kue saja. Bahan ini juga bisa anda gunakan untuk meluruskan rambut anda, namun terlebih dahulu mencampurnya dengan putih telur. Anda bisa mengaduk kedua bahan ini hingga merata, lalu kemudian mengoleskannya pada seluruh bagian rambut anda. Selanjutnya sisir rambut anda untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

14. Madu

Cara Meluruskan Rambut
Madu

Jika anda mencampur dan mengaduk bahan madu dengan susu, maka campuran kedua bahan tersebut bisa anda gunakan untuk mendapatkan rambut lurus secara alami. Anda hanya perlu mengoleskan campuran kedua bahan ini pada seluruh bagian rambut anda hingga merata, kemudian biarkan selama kurang lebih 2 jam.

15. Minyak Katsor

Cara Meluruskan Rambut
Minyak katsor

Anda mungkin kurang sering atau tidak pernah mendengar nama minyak yang satu ini, namun pada dasarnya minyak ini tidak berbeda jauh dengan minyak jarak. Caranya juga tidak jauh beda dengan penggunaan minyak jarak, yakni dengan memanaskan minyak katsor. Setelah hangat, minyak ini bisa digunakan untuk mengolesi seluruh bagian rambut dan memijatnya secara perlahan selama kurang lebih 5 menit.

16. Minyak Rambut

Cara Meluruskan Rambut
Minyak rambut

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan minyak rambut. Ternyata bahan yang satu ini juga bisa anda manfaatkan untuk meluruskan rambut anda yang bergelombang. Caranya adalah dengan mengahangatkan minyak rambut sampai hangat. Kemudian anda gunakan untuk mengolesi rambut dan memijatnya secara perlahan. Setelah itu, sisirlah rambut anda untuk mendapatkan rambut lurus yang alami.

17. Susu Sapi

Cara Meluruskan Rambut
Susu sapi

Anda mungkin merasa risih jika harus menggunakan susu sapi sebagai bahan meluruskan rambut anda. Namun jika anda ingin mendapatkan rambut lurus, maka anda bisa mencoba cara yang satu ini, dengan syarat susu yang digunakan adalah susu sapi murni yang belum diolah. Anda perlu mencampurkan susu sapi murni dengan sedikit air, kemudian mengolesakannya pada rambut selama kurang lebih 1 jam. Untuk menghilangkan bau amis dari susu sapi, maka anda  bisa menggunakan shampoo berbau wangi sesudahnya.

18. Minyak Kemiri

Cara Meluruskan Rambut
Minyak kemiri

Minyak yang satu ini merupakan minyak rambut yang sudah ada sejak dulu dan sudah sangat terkenal. Minyak yang banyak dijual di toko - toko ini sangat ampuh untuk meluruskan rambut, asalkan anda rutin merawatnya. Selain mudah didapatkan, minyak kemiri ini juga sangat tergolong sangat murah. Cara menggunakanya adalah dengan mengoleskannya pada rambut anda, lalu kemudian keramas untuk membersihkan rambut.

19. Minyak Argan

Cara Meluruskan Rambut
Minyak argan

Walaupun memang lumayan jarang kita dengar, namun minyak jenis yang satu ini sangat ampuh dalam meluruskan rambut. Caranya juga sangat mudah, anda hanya perlu mengoleskan minyak argan ini ke seluruh bagian rambut anda. Jika menginginkan hasil yang lebih maksimal, maka anda bisa sambil memijat kepala anda, lalu membersihakannya dengan air bersih. Lakukan setiap anda sebelum tidur dengan rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

20. Jangan Mengikat Rambut

Cara Meluruskan Rambut
Mengikat rambut

Jika anda melakukan berbagai cara diatas, namun anda tetap membiasakan diri mengikat rambut, maka hasilnya akan tidak efektif, atau bahkan mungkin akan sia - sia. Tentu anda sudah tahu kalau mengikat rambut akan dengan mudah menyebabkan rambut bergelombang, terlebih jika anda mengikatnya dengan ikatan yang kuat.

Siapa sih yang tidak menginginkan rambut lurus dan sehat alami?. Memang belakangan ini sudah begitu banyak trend dan model rambut, yang sudah tidak terlalu mengandalkan rambut lurus lagi. Namun jika anda termasuk orang yang menginginkan rambut lurus, maka anda bisa mencoba 20 Cara Meluruskan Rambut Secara Alami Dan Mudah diatas tadi, semoga bermanfaat.

Baca Juga