40 Objek Wisata Menarik Di Papua Selain Raja Ampat
Sebagian orang luar mungkin lebih mengenal Bali dibanding Indonesia. Tapi keindahan Raja Ampat tentu sudah tak asing lagi. Gugusan pulau dan keindahan bawah laut menjadi daya tarik terendiri dari tempat ini. Selain Raja Ampat, masih banyak juga lho wisata cantik lainnya di Papua.

Pulau di ujung paling timur Indonesia ini selalu punya cerita unik tersendiri untuk diperbincangkan. Keindahan dan kekayaan alam Papua mampu menghipnotis siapa saja yang datang ke tempat ini. Dari Puncak Carstensz hingga keindahan Raja Ampat, seakan jadi permata yang menandakan betapa besar potensi wisata Indonesia. Jika menyempatkan menyambangi pulau ini, jangan lupa menyusuri objek wisata lainnya. Karena yang menarik di  Papua bukan hanya Raja Ampat saja. 

1. Danau Sentani

Danau Sentani
Danau Sentani

Danau Sentani memiliki luas 9000 ha dan lokasinya 50 km dari Kota Jayapura. Untuk menuju ke tempat ini, Anda bisa menempuh perjalanan darat selama kurang lebih 2 jam. Terdapat 22 pulau kecil dan 24 desa yang mengelilingi danau. Setiap tahunnya pun diadakan festival yang menampilkan atraksi dan tarian- tarian khas lokal Sentani.

Baca juga: 18 Tempat Wisata Yang Ada di Sekitar Danau Toba

2. Lembah Baliem

Lembah Baliem
Lembah Baliem

Terdapat 100 ribu jiwa lebih yang menghuni Lembah Baliem. Dengan luas sekitar 80 km, lembah yang terletak di Kabupaten Wamenaa ini akan menyuguhkan wisata budaya bagi Anda yang berkunjung ke sini. Setiap awal tahun biasanya diadakan Festival Baliem yang menampilkan hiburan berupa atraksi dari masyarakat setempat. 

3. Pulau Biak

Pulau Biak
Pulau Biak

Pulau Biak merupakan pulau kecil yang berada di Telur Cendrawasih dan masuk dalam gugusan Kepulauan Padaido. Terdapat banyak atol dan terumbu karang di perairan sekitar pulau.

4. Pulau Numfor

Pulau Numfor
Pulau Numfor

Pulau Numfor terletak di wilayah utara Papua dan masih termasuk dalam Kabupaten Biak. Anda bisa ke pulau ini dengan menempuh perjalanan laut via kapal atau dengan pesawat kecil. 

5. Taman Nasional Teluk Cenderawasih

Taman Nasional Teluk Cenderawasih
Taman Nasional Teluk Cenderawasih

Taman ini memiliki luas 1.450.000 ha, di mana 90% wilayahnya adalah lautan. Taman yang diresmikan pada tahun 1993 ini memiliki potensi wisata bawah laut yang begitu memukau. Menyelam di Taman Teluk Cendrawasih, Anda akan disuguhi pemandangan terumbu karang yang indah dan ikan warna- warni. Tak hanya potensi lautnya, di sini pun terdapat beberapa pulau dan jenis fauna darat yang langka.

6. Danau Paniai

Danau Paniai
Danau Paniai

Danau yang berada di dekat Kota Enarotli ini menyuguhkan pemandangan danau dengan latar pegunungan yang berhawa sejuk.

7. Desa Wisata Sauwandarek

Desa Wisata Sauwandarek
Desa Wisata Sauwandarek

Desa yang tak jauh dari Raja Ampat ini memiliki pemandangan berupa pantai dengan pasir putih dan air laut yang jernih. 

8. Pantai Bosnik

Pantai Bosnik
Pantai Bosnik

Pantai yang berjarak 15 km dari Kota Biak ini menyuguhkan pemandangan pantai berpasir putih. Pantai Bosnik juga dianugerahi pepohonan kelapa yang subur sehingga wisatawan bisa menikmati pemandangan cantik sambil menyeruput air kelapa.

9. Pulau Rumberpon

Pulau Rumberpon
Pulau Rumberpon

Banyak yang menjuluki pulau ini sebagai The Little of Raja Ampat. Pulau ini memang memiliki keindahan yang menakjubkan. Sebagian wilayahnya ditumbuhi padang ilalang dan hutan mangrove. 

10. Tugu MacArthur

Tugu MacArthur
Tugu MacArthur

Tugu ini menjadi bukti sejarah perang dunia ke-2 di Tanah Papua. Tak ada yang begitu mencolok di tempat ini, selain taman dengan sebuh tugu berwarna kuning hitam. Anda bisa mengambil foto sambil mencari tahu jejak- jejak sejarah tentang perang dunia yang pernah berkecamuk di tempat ini.

11. Pantai Tablanusu

Pantai Tablanusu
Pantai Tablanusu

Terletak di Desa Tablanusu, Waiya, berjarak 60 km dari Jayapura. Untuk menuju lokasi bisa ditempuh dengan mobil selama 2 jam. Salah satu keunikan pantai ini adalah permukaan pantai yang dipenuhi kerikil. 

12. Taman Wisata Alam Sorong

Taman Wisata Alam Sorong
Taman Wisata Alam Sorong

Taman Wisata Alam Sorong adalah gerbang untuk menuju Raja Ampat. Di sini Anda bisa menikmati suasana hutan lindung dan menemukan hewan- hewan unik khas Papua. Di taman ini, Anda juga bisa berkemah dan melakukan kegiatan outbond.

13. Pantai Batu Pica

Pantai Batu Pica
Pantai Batu Pica

Pantai yang terletak di Biak Numfor ini memiliki pantai dengan batu karang yang rendah. Terdapat fenomena unik yang seringkali terjadi di Pantai Batu Pica. Ombak yang menghantam pinggir pantai yang berupa batu karang bisa menghasilkan suara gemuruh besar.

14. Museum Cendrawasih

Museum Cendrawasih
Museum Cendrawasih

Masih di lokasi Biak Numfor tepatnya di Jl. Ahmad Yani Samofa, Anda bisa menemukan museum dengan bangunan unik ini. Rumah adat Papua yang berada dalam kompleks TNI AU Biak ini sering disebut “Rumstram” oleh penduduk setempat.

15. Pasar Sentral Timika

Pasar Sentral Timika
Pasar Sentral Timika

Pasar ini terletak di Jl. Serui Mekar, Mimika Baru. Di pasar yang beroperasi 24 jam ini, Anda bisa berburu oleh- oleh khas Papua dengan harga yang terjangkau. Anda juga bisa mencicipi berbagai kuliner khas Papua dan menemukan hasil alam yang jarang ditemui di Papua.

16. Pantai Pasir Putih

Pantai Pasir Putih
Pantai Pasir Putih

Pantai Pasir Putih berlokasi di Manokwari Timur, Papua Barat. Karena lokasinya yang lumayan terpencil membuat pantai ini masih belum begitu ramai pengunjung. Keindahan pantai dengan pasir putih dan air yang jernih mampu menghipnotis siapapun yang berkunjung ke sini.

17. Pantai Gedo

Pantai Gedo
Pantai Gedo

Pantai Gedo terletak di daerah Sanoba Nabire. Selain pemandangan pantai yang indah, di sini juga disediakan fasilitas taman bermain anak dan permandian yang dekat dari area pantai.

18. Kebun Raya Wamena

 Kebun Raya Wamena
Kebun Raya Wamena

Lokasinya di Lembah Gunung Susu Wamena. Pertama kali dibuka tahun 1995, tempat ini menjadi proyek dan pusat penelitian LIPI. Selain jadi tempat penelitian, Kebun Raya Wamena juga diperuntukkan untuk wisata pendidikan dan jasa lingkungan.

19. Wasul National Park

Wasul National Park
Wasul National Park

Sebagian besar wilayah taman ini ditumbuhi padang rumput. Sisanya berupa rawa- rawa dan hutan. Datang ke tempat ini, Anda akan disuguhi pemandangan hewan- hewan langka Papua seperti kanguru pohon, kasuari gelambir, buaya, dan burung cendrawasih.

20. Teluk Triton

Teluk Triton
Teluk Triton

Konon, tempat ini lebih indah dari Raja Ampat. Hal ini dikarenakan gugusan pulau di Teluk Triton lebih banyak ditumbuhi pepohonan dibanding Raja Ampat yang sedikit lebih tandus.

21. Puncak Jaya (Carstensz Pyramid)

Puncak Jaya
Puncak Jaya

Salah satu tempat tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 4.884 m. Bukan hanya salju abadi yang bisa Anda temukan di sini, medannya pun sangat berat. 

22. Lorentz National Park

Lorentz National Park
Lorentz National Park

Dengan luas 2,4 juta hektar, taman ini dinobatkan sebagai taman nasional terbesar di Asia Tenggara. Tempat ini pun sudah diakui dunia dan masuk dalam situs warisan dunia versi UNESCO PBB. 

23. Pantai Dok II

Pantai Dok II
Pantai Dok II

Karena lokasinya di tengah kota membuat pantai ini selalu ramai pengunjung. Pantai Dok II tepat berada di depan Kantor Gubernur Provinsi Papua. Di sepanjang pantai dibangun kursi permanen dari semen. Di sini Anda bisa berwisata kuliner sambil menikmati keindahan pantai dan hamparan air laut.

24. Danau Love

Danau Love
Danau Love

Disebut Telaga Cinta karena dari atas danau ini berbentuk “Love”. Danau dikelilingi bukit kecil dengan pemandangan rumput hijau. Penduduk setempat biasa menyebut tempat ini Danau Imfote.

25. Teluk Youtefa

Teluk Youtefa
Teluk Youtefa

Teluk yang terletak di Abepura ini diapit oleh dua tanjung yakni Tanjung Saweri dan Tanjung Pie. Di Youtefa, Anda akan disuguhkan pemandangan danau dan pantai yang cantik.

26. Pantai Base G

Pantai Base G
Pantai Base G

Pantai Base G atau Pantai Tanjung Ria merupakan wisata unggulan Kota Jayapura. Pasir putih dan air laut yang jernih menjadi daya tarik tersendiri dari pantai ini.

27. Museum Negeri Provinsi Papua

Museum Negeri Provinsi Papua
Museum Negeri Provinsi Papua

Di Museum Negeri Provinsi Papua, Anda akan disuguhi pajangan benda- benda kuno peninggalan zaman prasejarah dan zaman penjajahan bangsa Eropa.

28. Puncak Trikora

Puncak Trikora
Puncak Trikora

Nama lain dari Puncak Trikora adalah Ettiakup. Trikora berada di wilayah Papua Barat, memiliki ketinggian 4.751 meter dari permukaan laut.

29. Pegunungan Foja

Pegunungan Foja
Satwa langka di Pegunungan Foja

Pegunungan Foja lokasinya di Papua Utara. Terdapat Sungai Mamberamo yang menjadi sumber mata air dari tempat ini. Di Foja, Anda bisa menemukan dua jenis mamalia baru yakni tikus raksasa Mallomys dan possum Cercartetus pygmy.

30. Pegunungan Arfak

Pegunungan Arfak
Pegunungan Arfak

Terletak di wilayah Papua Barat, tempai ini menyuguhkan pemandangan lembah hijau yang menawan dan danau dengan air biru.

31. Air Terjun Kiti Kiti

Air Terjun Kiti Kiti
Air Terjun Kiti Kiti

Air terjun yang berada di wilayah Fak Fak ini terbilang unik karena airnya jatuh langsung ke laut lepas.

32. Tanjung Kasuari

Tanjung Kasuari
Tanjung Kasuari

Pemandangan hamparan oase dengan deretan pohon kelapa bisa Anda temukan di tempat ini. 

33. Pulau Misool

Pulau Misool
Pulau Misool

Pulau ini merupakan wilayah kecil dari Raja Ampat. Dianggap surga tersembunyi karena lokasinya yang lumayan terpencil. Dari Misool Anda bisa menikmati keindahan pasir putih, laut biru dengan latar gugusan gunung kecil.

34. Pulau Salawati

Pulau Salawati
Pulau Salawati

Tempat ini juga masih sepi pengunjung. Keunikan dari Pulau Salawati adalah daerah pantai yang ditumbuhi banyak pohon sagu.

35. Pantai Amai

 Pantai Amai
Pantai Amai

Pantai yang menawarkan suasana tenang ini lokasinya di Tablasupa, Depapre. Konon di tempat ini Anda bisa menyaksikan pertemuan air laut dan air tawar di satu tempat.

36. Pantai Harlem

Pantai Harlem
Pantai Harlem

Tidak hanya pasir putih dan pohon kelapa yang ada di pantai ini. Terdapat juga gugusan batu kecil di sepanjang pantai.

37. Tapurarang

Tapurarang
Tapurarang

Terdapat lukisan dan jejak manusia jaman prasejarah di dinding tebing sepanjang pantai. Tempat ini mungkin sedikit horror bagi Anda yang penakut karena di beberapa sudut akan ditemukan tengkorak dan sisa tulang- tulang manusia jaman dulu.

38. Kabupaten Asmat

Kabupaten Asmat
Kabupaten Asmat

Asmat adalah situs warisan dunia yang diakui UNESCO PBB. Setiap tahunnya digelar Festival Asmat yang menampilkan kesenian dan atraksi Suku Asmat.

39. Pantai Tuturaga

Pantai Tuturaga
Pantai Tuturaga

Tak hanya menyuguhkan keindahan pasir putih dan laut yang biru, di sini juga banyak penyu dan ikan yang beraneka ragam.

40. Pantai Kaironi

Pantai Kaironi
Pantai Kaironi

Karena termasuk cagar alam, pantai yang lokasinya di Manokwari ini berstatus dilindungi. Di antara hamparan pasir coklat, Anda bisa menemukan penyu di Pantai Kaironi.

Ternyata ada banyak sekali objek wisata di Tanah Papua. Jika Raja Ampat saja selalu mampu menghipnotis pengunjung, tentu tempat lain juga tak kalah menariknya. Patut dicoba, berpetualang di Papua sambil menyusuri setiap keindahan alamnya. 

Baca Juga