Mampir ke Sembalun Sambil Naik Rinjani, Ini 5 Spot yang Bakal Kamu Temukan
Sembalun biasanya dilewati para pendaki Rinjani sebagai jalur pendakian. Kamu gak perlu naik gunung sampai ke puncaknya jika ingin berwisata ke Rinjani. Cukup berkeliling di Sembalun saja.

Pecinta traveling, jangan lupa pesan tiket pesawat ke Lombok sekarang juga! Karena, kini Lombok memiliki banyak tempat wisata yang semakin sayang untuk dilewatkan. Salah satunya, Sembalun.

Kalau kamu gak familiar dengan Sembalun, maka kamu harus kenalan dulu melalui Gunung Rinjani. Karena, Sembalun berada di gunung yang terletak di Lombok tersebut.

Berikut 5 destinasi wisata yang bisa kamu temukan di jalur pendakian Rinjani tersebut.

Bukit Pergasingan

Bagi pendaki, Bukit Pergasingan menjadi salah satu tempat pemanasan. Ketinggiannya mencapai 1.700 mdpl. Di bukit ini kita bisa bermalam, camping bersama para pendaki.

Tapi, walaupun kamu gak berniat ke puncak dan hanya akan sampai ke jalur ini, untuk mencapai Bukit Pengasingan kamu harus menyiapkan keberanian. Kemiringannya kurang lebih 60o  dan ini termasuk curam bagi yang gak biasa. 

Malam hari, kamu akan melihat pemandangan Desa Sembalun dengan lampu-lampu cantik yang dinyalakan di rumah penduduknya. Kalau cerah, bintang-bintang pun pasti bisa kamu lihat. Begitu pagi, kamu bisa menyaksikan keindahan matahari terbit.

Rumah Adat

sumber:rinjaniexplore.com

Di Sembalun ada sebuah desa yang masih menjaga tradisi, bernama Desa Beleq. Hal tersebut dapat kita lihat dari 7 rumah adat yang ada di sini. Rumah ini dibangun jaman dulu oleh nenek moyang mereka dengan menggunakan bahan-bahan alami, seperti daun-daun kering sebagai atap.

Pada kesempatan khusus, jika ada tamu tertentu yang datang ke sini, penduduk biasanya menyambut tamu tersebut dengan musik gamelan.

Pusuk Sembalun

Masih di Sembalun, kamu juga bisa ke Pusuk Sembalun jika ingin melihat pemandangan desa ini dari atas. Selain ramai oleh pendaki yang beristirahat, tempat ini kini ramai juga oleh wisatawan. Pemandangan di sekitarnya dengan perbukitan hijau dan lembah-lembahnya sangat cocok untuk dijadikan objek fotografi. 

Air Terjun Mangku Sakti

sumber:pinezrinjanitrekker.com

Keindahan alam Sembalun terasa semakin sempurna dengan adanya air terjun ini. Di sini, selain menikmati pemandangannya, kamu juga bisa berenang. Namun, karena arus air terjun ini cukup deras, kamu harus berhati-hati.


Lokasi air terjun ini masih baru-baru diketahui. Jadi, belum banyak dikunjungi wisatawan. Airnya masih jernih dengan bebatuan alami yang memenuhi aliran sungainya.

Bukit Dandaun


Sembalun masih bisa kita lihat dari atas bukit, selain dari Bukit Pergasingan, ada Bukit Dandaun. Bedanya, di bukit ini padang rumputnya lebih luas. Ada juga sapi-sapi milik penduduk di sana yang digembalakan di padang rumput tersebut.
Kalau berniat camping, Bukit Dandaun juga bisa menjadi spot yang tepat. Karena, dari sini gagahnya Gunung Rinjani dapat kita saksisan langsung.


Mendaki gunung memang membutuhkan banyak pengalaman. Namun, Rinjani kini sudah membuka jalur bagi wisatawan yang memang masih pemula. Jadi, kalau ingin sampai ke puncaknya pun gak perlu takut.


Kamu bisa pesan tiket pesawat ke Lombok sekaligus tour ke Rinjani tersebut. Di Sembalun saja kamu bisa sangat puas, apalagi jika sampai ke puncak.


Saat ini, banyak juga lho yang menawarkan promo tiket pesawat ke Lombok. Kamu bisa manfaatkan kesempatan ini. Keliling Lombok hingga ke Rinjani pasti semakin hemat. Update terus informasi promonya dan  jangan ditunda, langsung pesan saja!

Baca Juga