25 Serial Manga Terpopuler dan Terfavorit Di Indonesia
Serial TV Indonesia memang lebih banyak mengadaptasi kartun Jepang di era 1990-an. Bagi generasi 1990-an tentu masih ingat dengan sejumlah serial kartun berikut. Tapi, tahukah Anda tentang sejarah dan pengarang dari Doraemon, One Piece, atau Naruto?

Menyaksikan serial kartun favorit di minggu pagi hingga siang menjadi hiburan tersendiri bagi anak jaman 1990-an. Dari serial kartun tentang petualangan, drama keluarga, hingga superhero kerap menghiasi layar kaca Indonesia di tahun 1990 hingga 2000-an. Serial seperti Doraemon, Detective Conan, dan Naruto selalu memiliki penggemar setia.

1. Doraemon

Doraemon
Doraemon

Mulanya, Doraemon hanya dibuat dalam versi komik. Di awal kemunculannya pada tahun 1969, serial ini disisipkan dalam halaman majalah. Lambat laun dibuat versi bukunya dan mulai laris manis di pasaran. Tahun 1980, serial Doraemon mulai diedarkan dalam versi bahasa Inggris. Layanan e-book Amazon bahkan pernah merilis komik versi digital Doraemon dan mencapai penjualan 100 juta copy. Pencapaian ini pun menjadikan karya Fujiko F. Fujio ini masuk dalam jejeran komik terlaris sepanjang masa.

Serial yang berkisah tentang seorang kucing ajaib ini memang selalu menarik ditunggu kelanjutannya. Istilah pintu ke mana saja, kantong ajaib, dan baling- baling bambu menjadi ikut- ikutan populer berkat Doraemon. Uniknya, meski sudah puluhan tahun hadir, cerita Doraemon tetap konsisten dengan seputar kehidupan Nobita di masa sekolahnya.

2. Detective Conan

Detective Conan
Detective Conan

Komik yang muncul pada tahun 1994 ini ditulis oleh  Gōshō Aoyama. Awalnya pun hanya dipublikasikan lewat majalah sebelum akhirnya dibukukan. Di Indonesia, komik Conan diterbitkan oleh Elex Media Komputindo hingga akhir 2015. Komik yang bercerita tentang detektif anak SMA ini selalu mendapat sambutan baik dari penggemarnya. Terlebih saat serialnya mulai ditayangkan di layar kaca Indonesia.

Baca juga: 16 Aplikasi Baca Komik Terbaik di Android

3. Naruto

Naruto
Naruto

Anime karya  Masashi Kishimoto ini pertama kali diterbitkan oleh Majalah Shonen Jump pada tahun 1999. Di Indonesia, komik Naruto diterbitkan oleh penerbit Elex Media Komputindo. Kartun yang berkisah tentang kehidupan ninja ini banyak digemari orang Indonesia. Kostum Naruto bahkan sering digunakan untuk pertunjukan seni.

4. Dragon Ball Z

Dragon Ball Z
Dragon Ball Z

Karya Akira Toriyama ini mulai diterbitkan pada tahun 1984. Di Indonesia, komiknya dipublikasikan oleh Elex Media Computindo dan Rajawali Grafiti. Kisah Goku ini pun sempat diangkat ke layar lebar Hollywood pada tahun 2009. 

5. One Piece

One Piece
One Piece

One piece pertama kali dipublikasikan pada tahun 1997 di Majalah Shonen Jump. Karya ini Monkey D pun sempat masuk dinobatkan sebagai anime paling laris sepanjang masa. One Piece menjadi anime dengan penjualan paling cepat sebanyak 100.000 eksemplar dan berhasil membukukan rekor penjualan 260 juta copy.

6. Bleach

Bleach
Bleach

Manga karangan Tite Kubo ini mulai diterbitkan pada tahun 2001. Saat itu juga serial animenya diadaptasi ke layar lebar dan game. Bleach mengisahkan seorang pelajar SMA bernama Ichigo Kurosaki yang memiliki kemampuan melihat dunia lain. Ia lalu bertemu dengan seorang dewa kematian bernama Rukia Kuchiki. Keduanya pun bekerjasama dalam memburu arwah jahat yang bergentayangan.

7. Death Note

Death Note
Death Note

Karya Tsugumi Ohba dan Takeshi Obata ini mulai dipublikasikan pada Januari 2004. Manga yang bercerita tentang dewa kematian ini juga pernah ditayangkan serialnya di SCTV dan Global TV. Selain di Indonesia, film anime Death Note juga sempat diadaptasi di Singapura, Jepang, Hongkong, dan Amerika Serikat.

8. Captain Tsubasa

Captain Tsubasa
Captain Tsubasa

Kaptain Tsubasa mulai diterbitkan pada tahun 1981. Manga karya Yoichi Takahashi ini bercerita tentang seorang pelajar yang ingin sekali jadi pemain bola. Bakat dan kemampuannya dalam mengocek kulit bundar sudah terlihat sejak kecil. Hingga akhirnya Tsubasa bisa bermain di klub ternama di Brazil. 

Serial TV Kapten Tsubasa sudah tersebar hingga ke 21 negara bahkan sampai Eropa. Tak heran jika serial ini sudah melegenda di kalangan pecinta sepakbola. Istilah tendangan tsubasa bahkan sudah jadi tren untuk menjuluki seseorang yang lihai merobek jaring gawang. Di Indonesia, serial ini begitu digemari anak- anak. Kapten Tsubasa pernah ditayangkan sejumlah TV di Indonesia seperti TVRI, Global TV, Spacetoon, Trans 7, dan RCTI.

9. Crayon Shinchan

Crayon Shinchan
Crayon Shinchan

Kisah seorang anak beralis tebal yang jahil dan nakal ini juga memiliki banyak penggemar. Komiknya selalu diburu setiap kali serial terbarunya terbit. Manga Shinchan pertama kali diterbitkan pada tahun 1990, menyusul serial TV-nya pada tahun 1992. Di Indonesia, komik karya Yoshito Usui ini diterbitkan oleh Elex Media Computindo. Sedangkan serial TV Shinchan pernah ditayangkan RCTI dan Trans 7. 

10. Ninja Hattori

Ninja Hattori
Ninja Hattori

Pertama kali dirilis pada tahun 1981, serial ninja ini juga laku keras dipasaran pecinta serial kartun dan komik. Di Indonesia, karya Fujiko Fujio ini ditayangkan pertama kali oleh RCTI pada tahun 1997. Soundtrack Ninja Hattori cukup populer kala itu dan dibawakan Bondan Prakoso dalam bahasa Indonesia. Lirik awal “mendaki gunung lewati lembah, sungai mengalir indah ke samudera” ini bahkan seringkali dinyanyikan anak- anak kecil kala itu. 

11. Sailor Moon

Sailor Moon
Sailor Moon

Sailor Moon pertama kali dipublikasikan pada tahun 1991 kemudian diangkat ke layar TV mulai tahun 1992.  Karya Naoko Takeuchi ini bercerita tentang kisah lima perempuan tangguh yang memiliki kekuatan super. Kelimanya kemudian memanfaatkan kekuatan ini untuk melawan musuh dan membasmi kejahatan. Yang populer dari serial ini adalah kostum pemainnya. Banyak yang bahkan menjadikan kostum Sailor Moon sebagai tren fashion saat serial ini lagi booming- boomingnya.

12. Pokemon

Pokemon
Pokemon

Awalnya, Pokemon merupakan video game yang kemudian diadaptasi ke layar TV. Karya Satoshi Tajiri ini menjadi video game kedua tersukses setelah Mario di bawang naungan Nintendo. Pencapaian penjualan 180 juta copy bahkan mengalahkan kesuksesan games Transformers. Selain games, serial Pokemon juga banyak digemari anak- anak di Indonesia. Sejumlah TV di Indonesia seperti Indosiar, MNCTV, dan SCTV pernah menayangkan serial ini. 

13. Samurai X

Samurai X
Samurai X

Manga karya Nobuhiro Watsuki ini mulai diterbitkan pada September 1994. Di Indonesia, Elex Media Computindo mulai mempublikasikan komik Samurai X pada tahun 2002. Sejumlah negara seperti Amerika Serikat, Kanada, Inggris, dan Australia ini juga menerbitkan serial Samurai X dalam bentuk komik. 

14. Inuyasha

Inuyasha
Inuyasha

Mulai diterbitkan pada November 1996, manga karya Rumiko Takahashi ini juga mendapat respon yang cukup positif di kalangan pecinta anime. Di Indonesia, serial Inuyasha pernah ditayangkan di Global TV, Spacetoon, dan Indosiar.

15. Chibi Maruko Chan

Chibi Maruko Chan
Chibi Maruko Chan

Manga karangan Momoko Sakura ini juga cukup populer di Indonesia. Boneka karakter Maruko bahkan digemari anak perempuan untuk dijadikan aksesoris. Salah satu ciri Maruko yang berbeda dari yang lain adalah poni zigzag. Cerita Maruko pertama kali dipublikasikan pada tahun 1986. 

16. P- Man

P- Man
P- Man

Serial kartun P-Man pertama kali tayang di Indonesia pada September 1987. Serial ini kemudian pindah channel di Indosiar pada tahun 1995. Selain ceritanya yang seru, soundtrack P-Man juga populer kala itu.

17. Slam Dunk

Slam Dunk
Slam Dunk

Manga yang dikarang oleh Takehiko Inoue ini bercerita tentang tim basket anak SMA. Dipublikasikan tahun 1990- 1996 cerita Slam Dunk cukup populer di kalangan anak- anak maupun remaja saat itu. Penggemarnya bahkan banyak yang terobsesi untuk menjadi pemain basket setelah menyaksikan serial Slam Dunk.

18. Hamtaro

Hamtaro
Hamtaro

Serial kartun ini bercerita tentang kehidupan hamster. Di Indonesia mulai ditayangkan pada tahun 2002. Kepopuleran hamtaro di Indonesia terlihat dari banyaknya pernak- pernik Hamtaro yang menyebar saat itu. 

19. Astro Boy

Astro Boy
Astro Boy

Seri anime Astro Boy karangan Osamu Tezuka ini pertama kali muncul tahun 1952. Di Indonesia, serial ini sempat ditayangkan sejumlah TV swasta. 

20. Gintama

Gintama
Gintama

Ditulis oleh Hideaki Sorachi, mangga ini telah mencapai penjualan hingga 44 juta copy sepanjang 10 tahun pertamanya.

21. Hunter x Hunter

Hunter x Hunter
Hunter x Hunter

Manga karya  Yoshihiro Togashi ini bercerita tentang petualangan seorang anak berusia 12 tahun dalam mencari sang Ayah.

22. Digimon

Digimon
Digimon

Digimon merupakan singkatan dari Digital Monster. Di Indonesia, Indosiar sempat menayangkan serial ini.

23. Kungfu Boy

Kungfu Boy
Kungfu Boy

Di Jepang, karya Takeshi Maekawa ini disebut Tekken Chinmi. Selain Indonesia, komik Kungfu Boy juga diterbitkan di Inggris dan Jepang. 

24. Kobo Chan

Kobo Chan
Kobo Chan

Di Indonesia, komik Kobo Chan diterbitkan Elex Media Computindo dan disiarkan RCTI pada tahun 2000 hingga 2001 dan NET TV sejak tahun 2013.

25. Mojacko

Mojacko
Mojacko

Karakter Mojacko ini mirip seperti Doraemon. Tak heran, sebab pengarangnya memang sama, yakni Fujiko F. Fujio.

Dari daftar kartun Jepang di atas, yang manakah favorit kamu? Kabar baiknya, beberapa judul manga Jepang ini akan kembali tayang di TV lho. Bahkan ada diantaranya akan kembali diangkat ke layar lebar. 

Baca Juga