18 Album Terlaris Sepanjang Masa
Setiap musisi pasti merilis sebuah album untuk mempublikasikan setiap karyanya. Pada zaman dahuly, ketika era digital belum semaju saat ini, setiap album direkam dalam kaset, CD, atau DVD. Sementara sekarang, penjualan album lebih melalui bentuk digital dibanding bentuk fisik.

Sejak sebelum era digital, penghitungan penjualan sebuah album musik dihitung melalui jumlah kaset atau CD fisik yang terjual. Dan itulah yang merupakan indikator utama sukses atau tidak sebuah album musik. Manakah album yang memiliki angka penjualan tertinggi? Berikut ulasan 18 album terlaris sepanjang masa.

20. 1 (The Beatles)

1 (The Beatles)
1 (The Beatles)

1 (One) adalah sebuah album kompilasi dari band rock legendaris asal Inggris, The Beatles. Album yang dirilis pada tanggl 13 November 2000 ini adalah kumpulan lagu-lagu The Beatles dari tahun 1962 sampai 1970 yang meraih kesuksesan di Inggris dan Amerika Serikat.

Album yang dikeluarkan pada 30 tahun setelah bubarnya band legendaris ini meraih penjualan mencapai 31 juta kopi.

19. Let's Talk About Love (Celine Dion)

Let's Talk About Love (Celine Dion)
Let's Talk About Love (Celine Dion)

Let's Talk About Love adalah album studio karya penyanyi pop wanita terkenal asa Kanada, Celine Dion, ini dirilis pada tanggal 14 November 1997. Pada album yang dirilis oleh Columbia/Epic Records ini, Celine Dion berkolaborasi dengan beberapa penyanyi lainnya, seperti Barbra Streisand, the Bee Gees, Luciano Pavarotti, dan Diana King, serta Brownstone.

Salah satu lagu paling terkenal dalam album adalah My Heart Will Go On yang menjadi soundtrack utama film Titanic.

18. 21 (Adele)

21 (Adele)
21 (Adele)

21 album studio dari penyanyi wanita asal Inggris, Adele. Album ini dirilis tahun pada tahun 2011 dan meraih sukses di dunia dengan terjual sebanyak 31 juta kopi. Satu single yang membuat album dan Adele menjadi terkenal adalah lagu yang berjudul Someone Like You. Diikuti pula lagu-lagu lain seperti Rolling in the Deep, Don't You Remember, dan Set Fire to the Rain.

17. Dirty Dancing (Various artist)

Dirty Dancing (Various artist)
Dirty Dancing (Various artist)

Dirty Dancing adalah sebuah album yang merupakan soundtrack dari film Dirty Dancing di tahun 1987. Album ini berisi lagu-lagu dari beberapa penyanyi seperti The Ronettes, Eric Carmen,, Bruce Channel, dan lain-lain. Dirty Dancing meraih kesuksesan dari segi penjualannya dengan total 32 juta kopi album ini telah terjual di seluruh dunia.

16. Hotel California (Eagles)

Hotel California (Eagles)
Hotel California (Eagles)

Hotel California adalah album kelima dari band rock asal Amerika Serikat, Eagles. Album yang diproduksi dengan label Asylum ini dirilis pada 8 Desember 1976 dan menjadi album kedua terlaris Eagles dengan total penjualan lebih dari 32 juta kopi di seluruh dunia.

15. Dangerous (Michael Jackson)

Dangerous (Michael Jackson)
Dangerous (Michael Jackson)

Dangerous adalah album kedelapan dari penyanyi pop terkenal, Michael Jackson, yang dirilis pada 26 November 1991 melalui Epic Records. Album ini berisi 14 lagu dan 12 di antaranya ditulis sendiri oleh Michael Jackson. Beberapa single populer di antaranya Black or White, Heal the World, Jam, dan lain-lain. Album ini mampu terjual sebanyak lebih dari 32 juta kopi.

14. Sgt. Pepper's Lonely Hearts Club Band (The Beatles)

Sgt. Pepper's Lonely Hearts Club Band
Sgt. Pepper's Lonely Hearts Club Band (The Beatles)

Album ini album studio kesembilan dari band rock legendaris the Beatles yang dirilis pada tahun 1967 di Inggris. Album yang dianggap sebagai masterpiece atau karya terbaik dari The Beatkes ini mampu terjual sebanyak lebih dari 32 juta kopi di seluruh dunia.

13. Falling into You (Celine Dion)

Falling into You (Celine Dion)
Falling into You (Celine Dion)

Album yang dirilis pada tahun 1996 ini adlah album studio keempat dari penyanyi wanita terkenal, Celine Dion. Album ini yang terjual sebanyak lebih dari 32 juta kopi di seluruh dunia. Selain itu, album ini juga mendapat banyak penghargaan dari seluruh dunia, termasuk Grammy Award untuk Album of the Year dan Best Pop Album.

12. Jagged Little Pill (Alanis Morissette)

Jagged Little Pill (Alanis Morissette)
Jagged Little Pill (Alanis Morissette)

Album debut internasional bagi Alanis Morissette ini dirilis pada tahun 1995 melalui label Maverick. Album ini sempat menempati top chart di sepuluh negara dan terjual sebanyak lebih dari 33 juta kopi di seluruh dunia. Jagged Little Pill juga memenangkan lima dari sembilan nominasi pada Grammy Awards.

11. Bad (Michael Jackson)

Bad (Michael Jackson)
Bad (Michael Jackson)

Album ketujuh dari King of Pop Michael Jackson ini dirilis pada 31 Agustus 1987 melalui Epic Records di AS dan CBS Records untuk internasional. Album yang lima single-nya pernah menduduki peringkat pertama dalam Billboard Hot ini terjual sekitar 35 juta kopi di seluruh dunia.

10. Led Zeppelin IV (Led Zeppelin)

Led Zeppelin IV
Led Zeppelin IV

Album keempat dari band rock asal Inggris, Led Zeppelin, ini dirilis pada 8 November 1971 oleh Atlantic Records. Album yang sebenarnya tidak memiliki judul ini juga tidak menampilkan nama band-nya pada cover albumnya. Album yang terjual sebanyak 37 juta eksemplar ini berisikan beberapa single populer seperti Black Dog, Rock and Roll, Stairway to Heaven, dan lain-lain.

9. Come On Over (Shania Twain)

Come On Over (Shania Twain)
Come On Over (Shania Twain)

Album ketiga daru penganyi wanita asal Kanada, Shania Twain, ini adalah album musik country dengan penjualan terbanyak di dunia. ALbum yang dirilis pada 4 November 1997 ini memiliki nilai penjualan sebanyak lebih dari 40 juta kopi.

8. Rumours (Fleetwood Mac)

Rumours (Fleetwood Mac)
Rumours (Fleetwood Mac)

Rumours adalah album ke-11 dari band rock Fleetwood Mac yang dirilis pada 4 Februari 1977 melalui Warner Bros.. Album ini pernah meraih posisi puncak baik di Billboard chart AS maupun di Inggris raya. Album yang memiliki beberapa single populer seperti Go Your Own Way, Dreams, Don't Stop, dan You Make Loving Fun ini telah terjual sebanyak lebih dari 40 juta kopi.

7. Saturday Night Fever (Bee Gees/Various artist)

Saturday Night Fever
Saturday Night Fever

Album ini adalah album soundtrack dalam film Saturday Night Fever yang dirilis pada tahun 1977. Album ini diisi beberapa penyanyi seperti Bee Gees, Yvonne Elliman, Walter Murphy, dan lain-lain. Album yang berada di puncak tangga lagu Billboard 24 kali beruntun dari Januari hingga Juli 1978 ini telah terjual lebih dai 40 juta kopi.

6. Their Greatest Hits (Eagles)

Their Greatest Hits (Eagles)
Their Greatest Hits (Eagles)

Album ini adalah album kompilasi band rock Eagles yang dirilis pada tahun 1976. Album ini berisikan lagu-lagu dari empat album pertama mereka dari tahun 1971 hingga 1975. Total penjualan album ini adalah sekitar 42 juta kopi di seluruh dunia.

5. Bat Out of Hell (Meat Loaf)

Bat Out of Hell (Meat Loaf)
Bat Out of Hell (Meat Loaf)

Album ini adalah album studio kedua dan debut di label mayor dari penyanyi rock Amerika, Meat Loaf. Album ini dirilis pada 21 Oktober 1977 melalui label Cleveland International/Epic. Album yang terbagi menjadi dua bagian dengan total tujuh lagu ini terjual sekitar 43 juta kopi.

4. The Bodyguard (Whitney Houston/Various artists)

The Bodyguard (Whitney Houston)
The Bodyguard (Whitney Houston)

Album ini adalah album soundtrack dari film berjudul The Bodyguard yang dirilis pada bulan November 1992 melalui Arista Records. Enam dari 13 lagu dinyanyikan oleh Whitney Houston, dengan salah satunya yang paling terkenal adalah I WIll Always Love You. Terhitung hingga Januari 2012, album ini terjual lebih dari 45 juta kopi di seuruh dunia.

3. The Dark Side of the Moon (Pink Floyd)

The Dark Side of the Moon (Pink Floyd)
The Dark Side of the Moon (Pink Floyd)

The Dark Side of the Moon adalah album kedelapan dari band rock asal Inggris, Pink Floyd, yang dirilis pada 1 maret 1973 oleh Harvest Records. Lagu-lagu dalam album ini dituis oleh Roger Waters dan direkam dalam dua sesi di tahun 1972 dan 1973 di Abbey Road. Album ini meraih total penjualan mencapai lebih dari 45 juta kopi di seluruh dunia.

2. Back in Black (AC/DC)

Back in Black (AC/DC)
Back in Black (AC/DC)

Back in Black adalah album ketujuh dari band hard rock asal Australia, AC/DC yang dirilis pada 25 Juli 1980 melalui Albert Productions dan Atlantic Records. Album ini adalah album pertama AC/DC dengan vokalis baru, Brian Johnson, yang menggantikan Bon Scott, yang meninggal pada bulan Februari. Dari situs wikipedia.org, album ini adalah album musik terlaris di dunia dengan angka penjualan menyentuh angka 50 juta kopi.

1. Thriller (Michael Jackson)

Thriller (Michael Jackson)
Thriller (Michael Jackson)

Inilah album musik dengan jumlah penjualan terbanyak di dunia. Album keenam dari mendiang raja pop Michael Jackson ini dirilis pada 30 November 1982 melalui Epic Records dan CBS Records. Beberapa single populer dalam album ini di antaranya Thriller, Beat It, Billie Jean, dan enam lagu lainnya.

Album ini total telah terjual sekitar 66 juta kopi di seluruh dunia. Album ini juga dinobatkan sebagai album terbaik dekade 1980-an oleh Slant Magazine.

Baca Juga