15 Cara Memelihara Ikan Koi Dengan Baik di Rumah
Ikan koi merupakan ikan asli yang berasal dari Jepang. Masyarakat Jepang sangat mempercayai kalau ikan ini membawa hoki bagi pemiliknya. Ikan ini juga dipercaya oleh masyarakat Jepang sebagai simbol cinta dan persahabatan yang abadi.

Ikan koi merupakan aset bagi setiap orang yang memeliharanya. Baik dari segi finansial maupun segi keindahan rumah tinggal pemiliknya. Sayangnya masih ada saja orang yang belum mengetahui bagaimana cara merawat ikan koi dengan benar. Sayangkan kalau ikan yang memiliki harga cukup tinggi ini tak terawat bahkan harus mati sia-sia. Untuk mengurangi resiko tersebut ada baiknya anda mempelajari bagaimana memelihara koi dengan baik dan benar.

Ikan koi merupakan ikan asli yang berasal dari Jepang. Masyarakat Jepang sangat mempercayai kalau ikan ini membawa hoki bagi pemiliknya. Ikan ini juga dipercaya oleh masyarakat Jepang sebagai simbol cinta dan persahabatan yang abadi. 

Jika Anda tertarik untuk memelihara ikan koi, janganlah khawatir karena memelihara ikan koi tidaklah susah. Untuk itu berikut ini saya akan memberikan 15 cara memeliahara ikan koi bagi Anda yang ingin mulai untuk memelihara ikan koi di rumah. 

1. Memilih Koi yang Sehat

Memilih Koi yang Sehat
Memilih Koi yang Sehat

Koi merupakan ikan hias air tawar yang sangat diminati oleh masyarakat sehingga permintaan pasar cukup besar. Permintaan pasar ini tentunya membuat para peternak koi kewalahan hingga muncul oknum yang tidak bertanggung jawab yang menjual koi tidak berkualitas, bahkan koi palsu. Untuk menghindari hal tersebut Anda sebaiknya memilih toko ikan yang memiliki reputasi cukup baik di sekitar tempat tinggal Anda. 

2. Memilih Kolam yang Tepat

Memilih Kolam yang Tepat
Memilih Kolam yang Tepat

Kolam ikan koi dapat terbuat dari beberapa macam bahan yang berbeda. Anda dapat membuat kolam ikan koi dengan bantuan dari ahli bangunan di dekat Anda. Untuk membuat kolam ikan koi, Anda harus membangun kolam dengan kedalaman sekitar 1 meter yang mampu menampung air sebanyak 1100 liter air untuk setiap ikannya. Jika Anda ingin memelihara lebih dari 1 ikan, maka Anda perlu membangun kolam dengan ukuran yang lebih besar.

3. Atur Jumlah Ikan Koi Dalam Satu Kolam

Atur Jumlah Ikan Koi Dalam Satu Kolam
Atur Jumlah Ikan Koi Dalam Satu Kolam

Ikan koi membutuhkan ruang gerak yang cukup lega agar cepat tumbuh besar. Jumlah ikan yang tidak sesuai dengan kapasitas kolam justru menghambat pertumbuhan ikan koi. Cobalah menyesuaikan kembali jumlah ikan yang Anda miliki dengan besaran kolam yang ada.

4. Menjaga Kesegaran Air Kolam

 Menjaga Kesegaran Air Kolam
Menjaga Kesegaran Air Kolam

Selalu pastikan bahwa kolam ikan koi cukup luas untuk secara natural dapat dialiri udara, dipompa, dan di saring sehingga dapat membuat air kolam selalu segar. Anda dapat menambahkan bahan yang dapat menjaga air tetap segar dan beba dari hama. Bahan kimia ini dapat Anda dapatkan di petshop, dan pastikan bahan kimia tersebut aman untuk ikan Anda.

5. Memberi Makan Ikan Sesuai Kondisi

Memberi Makan Ikan Sesuai Kondisi
Memberi Makan Ikan Sesuai Kondisi

Dalam memberikan makan kepada ikan koi, Anda harus  memperhatikan beberapa kondisi seperti suhu kolam, ukuran ikan, dan beri makan dengan jumlah yang sedikit, karena saluran pencernaan ikan koi yang pendek. Dengan mengetahui kondisi ikan, Anda bisa memberi makanan dalam jumlah yang tepat dan mencegah ikan kelebihan makanan. Jika ikan kelebihan makanan, maka ikan akan lebih beresiko mengalami gangguan kesehatan dan bahkan bisa mengancam nyawanya.

6. Karantina Dulu Koi Tambahan

Karantina Dulu Koi Tambahan
Karantina Dulu Koi Tambahan

Terkadang Anda berkeinginan untuk menambah jumlah ikan koi dalam satu kolam. Hal ini biasanya terjadi ketika pemilik memiliki uang tambahan untuk menambah koleksinya tersebut. Anda perlu memperhatikan terlebih dahulu kondisi ikan tersebut, jangan sampai memasukkan ikan yang terkontaminasi atau membawa bakteri yang bisa mempengaruhi ikan-ikan lama Anda dikolam. Sebaiknya Anda mengkarantina ikan tersebut beberapa hari di bak terpisah, baru setelah Anda yakin ikan tersebut tidak membawa hal buruk Anda bisa memasukkannya kedalam kolam utama Anda. Anda juga harus mengkarantina koi yang kelihatannya tidak sehat didalam kolam. 

7. Memberikan Pellet Ikan yang Berkualitas

Memberikan Pellet Ikan yang Berkualitas
Memberikan Pellet Ikan yang Berkualitas

Selain makanan dasar, ikan koi juga membutuhkan tambahan makanan seperti pellet ikan yang mengandung protein tinggi. Pellet ikan yang dapat Anda berikan adalah pellet yang mengandung protein lebih dari 30 persen dan kandungan lemak sekitar 5 persen. Sebelum membeli pellet ikan, pastikan Anda membaca kandungan nutrisi yang ada di dalamnya, dan sesuaikan dengan kebutuhan dari ikan koi Anda. Pellet ikan ini dapat Anda temukan dengan mudah di petshop terdekat.

8. Merendam Pellet Di Dalam Air Kolam

Merendam Pellet Di Dalam Air Kolam
Merendam Pellet Di Dalam Air Kolam

Sebelum memberi pellet ikan kepada ikan koi, rendam terlebih dahulu pellet ikan tersebut di dalam air kolam sekitar 30 detik hingga 1 menit. Hal ini dapat membuat pellet menjadi lebiih aman dan mudah untuk dicerna oleh ikan. Pellet yang kering dapat mengembang disaluran cerna ikan dan dapat menyebabkan resiko saluran cerna tersumbat dan mengancam nyawa ikan.

9. Memberi Ikan Koi Makanan Hidup

Memberi Ikan Koi Makanan Hidup
Memberi Ikan Koi Makanan Hidup

Di alam, ikan koi memperoleh makanan dari hewan kecil yang hidup. Untuk itu Anda juga dapat memberi ikan koi makanan hidup seperti larva serangga, cacing, dan tanaman algae. Makanan-makanan ini dapat menjadi sumber nutrisi dasar, vitamin, dan mineral bagi ikan koi.

10. Menyediakan Tanaman Alami Kolam

Menyediakan Tanaman Alami Kolam
Menyediakan Tanaman Alami Kolam

Selain mendapat nutrisi dari makanan yang Anda berikan, beberapa nutrisi untuk ikan juga dapat berasal dari tanaman alami yang tumbuh di sekitar kolam. Beberapa tanaman tersebut adalah alga dan juga duckweed. Selain itu Anda juga dapat memberikan potongan sayuran seperti kacang polong, wortel, bayam, selada yang dapat menjadi suplemen tambahan bagi ikan koi.

11. Mengetahui Umur Koi

 Mengetahui Umur Koi
Mengetahui Umur Koi

Dalam menentukan jumlah makanan bagi ikan koi, Anda perlu mengetahui usia, panjang, serta berat dari ikan koi yang Anda peliahara. Untuk itu ketika Anda membeli ikan koi, Anda perlu mengetaui berapa usia ikan saat itu dan terus catat perkembangan usia ikan yang Anda miliki dari waktu ke waktu.

12. Mengukur Suhu Air Kolam

Mengukur Suhu Air Kolam
Mengukur Suhu Air Kolam

Jumlah makanan dan frekuensi pemberian makan untuk ikan koi juga tergantung kepada suhu air kolam. Perubahan suhu air dapat mempengaruhi metabolisme ikan sehingga dapat merubah kebiasaan makan dari ikan. Semakin tinggi suhu kolam, maka metabolisme ikan akan semakin meningkat dan jumlah makanan serta frekuensi pemberian makan dapat diturunkan. Begitu juga dengan sebaliknya.

13. Memberikan Udang Beberapa Waktu

Memberikan Udang Beberapa Waktu
Memberikan Udang Beberapa Waktu

Cara Memelihara Ikan Koi Untuk Pemula lainnya adalah memberi makan udang. Selain nutrisi yang didapatkan dari makanan sehari-hari, ikan koi juga memerlukan asupan protein yang lebih. Tambahan protein untuk ikan ini dapat Anda berikan dalam bentuk udang beku. Selain itu Anda juga dapat memberikan potongan kecil ikan sebagai tambahan protein. Meskipun demikian, pemberian ini dilakukan jangan terlalu sering melainkan hanya beberapa waktu saja.

Baca juga : 15 Jenis Ikan Aquarium Yang Bisa Anda Pelihara di Rumah

14. Menghitung Kebutuhan Makanan Untuk Satu Ikan

Menghitung Kebutuhan Makanan Untuk Satu Ikan
Menghitung Kebutuhan Makanan Untuk Satu Ikan

Saat Anda telah mengetahui ukuran dari ikan Anda, Anda dapat menghitung kebutuhan makanan ikan koi Anda dalam satu hari. Untuk menghitung kebutuhannya Anda dapat menggunakan rumus berikut yaitu, panjang ikan x persentase kebutuhan makanan dari bobot ikan = jumlah makanan.  Persentase kebutuhan makanan dari bobot ikan ini bergantung pada suhu kolam dan usia dari ikan Anda.

15. Membiarkan Ikan Koi Melihat Anda Saat Pemberian Makan

Membiarkan Ikan Koi Melihat Anda Saat Pemberian Makan
Membiarkan Ikan Koi Melihat Anda Saat Pemberian Makan

Anda perlu untuk membangun ikatan dengan ikan Anda, dan hal ini dapat dibangun saat Anda memberi ikan Anda akan. Tetaplah diam di pinggir kolam saat ikan koi Anda makan dan biarkan mereka mengetahui bahwa Anda adalah yang memberi mereka makan dan Anda tidak akan menyakiti mereka. Kegiatan sederhana ini dapat membantu Anda membangun ikatan dengan ikan Anda.

Baca Juga