18 Menu Makanan Sehat Untuk Dikonsumsi Kelinci
Ada beberapa jenis kelinci yang belakangan banyak diternakkan baik dari jenis kelinci pedaging maupun kelinci hias. Ada jenis kelinci Flemish Giant, New Zealand White, Satin Rex, Angora, dan lain-lainnya tentu membutuhkan jenis makanan yang tidak sama. Intinya jenis makanan kelinci harus disesuaikan dengan jenis kelinci itu sendiri termasuk takaran atau volume makanan yang harus diberikan setiap harinya.

Ada beberapa jenis kelinci yang belakangan banyak diternakkan baik dari jenis kelinci pedaging maupun kelinci hias. Ada jenis kelinci Flemish Giant, New Zealand White, Satin Rex, Angora, dan lain-lainnya tentu membutuhkan jenis makanan yang tidak sama. Intinya jenis makanan kelinci harus disesuaikan dengan jenis kelinci itu sendiri termasuk takaran atau volume makanan yang harus diberikan setiap harinya.

Seperti layaknya hewan pada umumnya, kelinci juga menyukai jenis makanan hijau termasuk rumput dan sayuran. Namun perlu diingat ada beberapa jenis rumput dan sayuran yang tidak cocok untuk sistem pencernaan kelinci sehingga menyebabkan diare. Untuk lebih jelasnya tentang jenis makanan kelinci dan manfaatnya, berikut jenis-jenis makanan untuk kelinci yang direkomendasikan.

1. Wortel

Wortel
Wortel

Kelinci pada dasarnya sangat menyukai wortel, jenis pakan ini merupakan jenis pakan yang berkualitas untuk kelinci. Manfaat serta kandungan pada pakan ini sangat baik untuk membantu segala bentuk kesehatan kelinci . Untuk kandungan pada  wortel di antaranya,Terdapat Vitamin A yang cukup tinggi sebesar 12.000 Sl, Kalori 42 Kal, Lemak 0,3 gram, Protein 1,2 gram, Hidrat arang 9,3 gram, Kalsium 39 miligram, besi 0,8 miligram, vitamin C 6 miligram, vitamin B1 0,06 miligram.

2. Rumput

Rumput
Rumput

Diantara jenis-jenis makanan kelinci, rumput adalah makanan utama kelinci. Dalam rumput terkandung serat yang efektif untuk mencegah penyumbatan pada saluran pencernaan kelinci. Rumput juga baik untuk pertumbuhan gigi untuk mengunyah makanan.

Banyak sekali jenis rumput disekitar kita dan ada beberapa jenis yang baik untuk pakan kelinci. Salah satu jenis rumput yang cocok untuk pakan kelinci adalah jenis Timothy Hay. Kita mudah mendapatkan rumput ini dalam kondisi kering di petshop terdekat. Sebenarnya kita juga bisa memberi rumput yang tumbuh disekitar pekarangan rumah. Hanya saja kita harus pastikan rumput tersebut tidak terkontaminasi pestisida atau zat berbahaya lainnya.

3. Daun pepaya

Daun pepaya
Daun pepaya

Jenis pakan ini termaksud jenis  pakan yang bagus untuk dikonsumsi kelinci.  Kandungan pada daun pepaya memiliki vitamin A 18250 SI, vitamin B1 0,15 miligram, vitamin C140 miligram, kalori 79 Kal, protein 8,0 miligram, lemak 2 gram, hidrat arang 11,9 gram, besi, 0,8 miligram, kalsium 253 miligram, fosfor 63 miligram, air 75,4 gram, dan lemak 2 gram. Kandungan carposide  pada daun pepaya sangat berkhasiat untuk mengobati kelinci yang sedang cacingan. Dalam pemberian pakan jenis ini diharuskan untuk melayukan daun pepaya tersebut selama 4 jam, dikarenakan jika daun tersebut  dalam kondisi basah (segar) maka  akan membuat dan berakibat gatal kerongkongan untuk kelinci.

4. Brokoli

Brokoli
Brokoli

Pakan jenis ini sangat berkhasiat untuk kelinci Anda,  brokoli merupakan sayuran yang terbentuk dalam suku kubis yang memiliki kandungan seperti Glucoraphanin, vitamin A, kalium,  vitamin E, magnesium, vitamin B6 vitamin C dan juga serat dalam jumlah banyak. Brokoli  mengandung senyawa  glukorafanin yang memiliki bentuk  alami senyawa anti kanker. khasiat tambahan pada jenis pakan ini adalah. Karena pakan jenis ini sangat banyak sekali kandungan yang sangat bermanfaat untuk kesehatan kelinci dan tidak memilki efek buruk  sama sekali. Maka untuk jadwal pemberian pakan brokoli pada kelinci, di  sarankan untuk memberinya

5. Tomat

Tomat
Tomat

Tomat merupakan sumber vitamin A dan C untuk kelinci . jenis pakan berkualitas ini sangat baik dan bermanfaat karena 100 gram tomat mencukupi 20% atau lebih dari kebutuhan vitamin C dan vitamin A dalam sehari.

Dalam pemeberian tomat di sarankan untuk sesekali saja dan pastikan pemberian tomat pada kelinci hanya di saat tertentu saja seperti halnya kelinci yang terkena penyakit sembelit. Pakan jenis ini juga merupakan pakan tambahan dalam pembuatan pelet untuk kelinci.  Jadwal  pemberian pakan ini secara baik cukup 2 minggu sekali.

6. Seledri

Seledri
Seledri

Seledri memang jenis sayuran yang sangat harum, segar dan menggugah selera. Jika punya persediaan seledri melimpah di kulkas, bisa kok diolah jadi makanan kelinci.

7. Selada Air

Selada Air
Selada Air

Alternatif makanan kelinci selanjutnya adalah selada air. Bisa memberikan selada yang sudah menguning maupun masih hijau. Tapi disarankan yang masih hijau saja dan segar.

8. Kangkung

 Kangkung
Kangkung

Kangkung juga menjadi makanan kelinci. Belilah seikat kangkung yang bisa digunakan untuk 2 kali makan. Tapi sebaiknya, sayuran kangkung ini hanya diberikan 1 minggu sekali saja. Harus digilir dengan jenis sayuran lain. Supaya gizinya lebih seimbang.

9. Kobis

Kobis
Kobis

Makanan kelinci selanjutnya adalah kobis. Daun yang juga disebut Kol ini begitu menggoda selera makan kelinci. Bisa coba berikan Kobis Putih atau Kobis Ungu. Kelinci sangat suka dan lahap.

10. Daun Lobak

 Daun Lobak
Daun Lobak

Buah lobak memang pahit, tapi daunnya sangat disukai kelinci. Makanan kelinci dari daun lobak ini baik sekali dalam memberikan perlindungan antibody pada kelinci lokal maupun hias.

11. Buah

Buah
Buah

Buah yang bagus untuk makanan kelinci yaitu jenis buah yang mengandung serat tinggi. Satu lagi, sebelum buah-buahan diberikan pada kelinci sebaiknya dipotong kecil-kecil terlebih dulu. Hal ini supaya kelinci lebih mudah memakannya sekaligus agar proses pencernaan tidak terlalu ‘berat’. Contoh buah yang bagus untuk kelinci diantaranya, Strawberry, Pisang, Pear, Anggur (buang bijinya), Apel (buang bijinya), Nanas, Pepaya, dan Rasberry.

12. Pelet (Makanan Buatan)

Pelet (Makanan Buatan)
Pelet (Makanan Buatan)

Selain makanan alami seperti sayuran, buah, dan rumput, pelet adalah makanan buatan pabrik yang khusus diproduksi untuk pakan kelinci. Umumnya pelet atau makanan buatan ini kandungan nutrisinya sudah disesuaikan dengan pertumbuhan kelinci dengan aturan pakai menurut usia kelinci.

Sama seperti rumput Timothy Hay, kita bisa mendapatkan pelet kelinci di petshop terdekat. Namun sebaiknya pelet diberikan sebagai makanan selingan saja, artinya jangan terlalu sering diberikan dengan porsi melebihi pemberian makanan alami.

13. Ubi jalar

Ubi jalar
Ubi jalar

Pakan satu ini juga sangat bermanfaat untuk kesehatan kelinci dan termaksud jenis pakan yang berkualitas untuk spesies ini.  Ubi jalar memiliki kandungan  yang cukup baik seperti adanya energi 81,1 ( kj/100gram), gula 2,4 %, serat makanan 1,6 %, protein 1,43%,pati 22,4 %, fosfor 51% (mg/100gram), kalsium 29% (mg/100gram), vitamin A 0,01% (mg/100gram), besi 0,49% (mg/100gram), air 83,3 % gram, vitamin B 1 0,09% (mg/100gram), vitamin C 24% (mg/100gram).

Khasiat pada ubi jalar antar lain mampu menyerap lemak serta kolestrol  darah yang di miliki kelinci. Selain itu juga dapat mencegah sembelit serta memudahkan buang angin dan air besar.  Dalam pemberian ubi jalar di khususkan sebagai pakan tambahan untuk kelinci, yang sebaiknya di berikan 1 minggu sekali.

14. Biji-bijian

Biji-bijian
Biji-bijian

Biji-bijian seperti biji bunga matahari, padi, jagung, kedelai, kacang tanah, gandum, dan kacang hijau berfungsi sebagai makanan penguat bagi kelinci, khususnya bagi kelinci yang sedang hamil atau meyusui.

Sebelum diberikan, biji ditumbuk atau digiling terlebih dahulu. Satu ekor kelinci bisa diberi 200-300 gram biji-bijian per hari.

Baca juga : 18 Jenis Kelinci yang Bisa Anda Pelihara di Rumah

15. Apel

Apel
Apel

Rupanya, kelinci juga sangat menyukai apel. Makanan kelinci yang terbuat dari apel ini bisa memakai jenis apel hijau maupun merah. Sebaiknya apel dalam kondisi segar, jangan yang busuk.

16. Pepaya

Pepaya
Pepaya

Untuk yang punya budget membeli buah yang sedikit. Bisa pilih pepaya saja. Buah ini murah harganya dan sangat baik diberikan pada kelinci.

17. Pisang

Pisang
Pisang

Pilhan jenis pisang untuk makanan kelinci ada banyak. Yang penting pisangnya sudah masak. Supaya rasanya enak dan kelinci mau makan.

18. Melon

Melon
Melon

Melon kuning dan melon hijau amat baik diolah jadi makanan kelinci. Cukup dipotong dadu saja dan sedikit ada yang diblender. Kelinci akan lahap memakannya!

Baca Juga