29 Jenis Burung Lovebird Paling Bagus dan Diminati Banyak Orang
Burung lovebird merupakan burung yang memiliki warna bulu cerah dan sangat menarik perhatian banyak orang. Tak hanya warna saja, namun beberapa jenis lovebird juga memiliki suara yang sangat diminati oleh pecinta burung, khususnya pecinta burung di Indonesia sendiri.

Jenis Burung Lovebird – Lovebird merupakan jenis burung paruh bengkok yang memiliki sejumlah warna terang. Tentunya warna-warna tersebut memberikan ciri khas sekaligus keunikan dari burung itu sendiri. Berikut ini ada 29 Jenis Burung Lovebird Paling Bagus.

1. Lovebird Muka Salem

Jenis Burung Lovebird
Muka Salem

Burung lovebird jenis ini kerapkali ditemukan di daerah selatan Afrika, Angola dan Namibia. Lovebird jenis ini memiliki warna hijau kekuningan pada bagian tubuh bawahnya, dan dibagian dahi sampai sekeliling matanya memiliki warna merah.

2. Lovebird Topeng

Jenis Burung Lovebird
Topeng

Dinamakan lovebird topeng lantaran warna hitam yang terdapat di kepalanya mirip dengan topeng. Burung ini awalnya ditemukan di wilayah Laut Tanzania, dan saat ini sudah banyak burung jenis ini yang ditangkarkan di daerah Afrika, dan Kenya, hingga pada akhirnya sampai ke Indonesia.

3. Lovebird Nyasa

Jenis Burung Lovebird
Nyasa

Umumnya burung ini memiliki warna hijau, sama seperti burung lovebird lainnya, hanya saja warna hijau pada burung lovebird nyasa lebih kebiru-biruan. Burung ini sendiri berasal dari Tanzania, Zimbabwe dan Malawi.

4. Lovebird Pipi Hitam

Jenis Burung Lovebird
Pipi Hitam

Berbeda dengan lovebird topeng yang memiliki warna hitam pada bagian kepalanya, burung lovebird yang satu ini umumnya memiliki warna hitam di bagian pipinya. Sehingga burung ini sering kali disebut dengan nama lovebird pipi hitam.

5. Lovebird Fischer

Jenis Burung Lovebird
Fischer

Nama fischer pada burung ini diambil dari nama seseorang yang pertama kali menemukan burung tersebut, yakni Gustav Fischer. Burung ini sangat mudah ditemui di pasaran Indonesia. Sedangkan habitat aslinya yakni Afrika dan Tanzania.

Baca Juga : 16 Jenis Anjing Terpintar yang Cocok Dijadikan Peliharaan

6. Lovebird Abisinia

Jenis Burung Lovebird
Abisinia

Dari sekian banyak jenis lovebird, mungkin jenis burung lovebird yang satu ini lah yang memiliki warna kurang menarik, karena hanya terdiri dari merah, hitam dan sebagian besar hijau. Namun dibalik itu, ternyata burung jenis ini memiliki ukuran yang jauh lebih besar dari lovebird lainnya.

7. Lovebird Madagaskar

Jenis Burung Lovebird
Madagaskar

Jika sebelumnya merupakan burung lovebird terbesar, lovebird kali ini merupakan jenis lovebird yang memiliki ukuran paling kecil dari lovebird lainnya. Meskipung terbilang cukup kecil, namun burung ini memiliki warna cantik yang sangat khas.

8. Lovebird Muka Merah

Jenis Burung Lovebird
Muka Merah

Seperti yang bisa kita lihat di atas, lovebird ini dinamakan muka merah lantaran memiliki muka berwarna merah. Burung jenis ini sendiri banyak ditemui di sekitar pantai Afrika.

9. Lovebird Kerah Hitam

Jenis Burung Lovebird
Kerah Hitam

Nah kalau burung yang satu ini sebenarnya cukup sulit untuk ditemukan lantaran populasinya yang mulai sedikit. Dengan ciri khasnya, yakni terdapat kerah di bagian lehernya, burung ini menjadi buruan para penggemar burung, khususnya lovebird.

10. Lovebird Pastel

Jenis Burung Lovebird
Pastel

Burung jenis ini merupakan jenis lovebird hasil perkawinan silang antara satu ekor lovebird dengan satu ekor lovebird lainnya. Sehingga menghasilkan keturunan dengan warna yang cukup unik.

11. Lovebird Biru Cobalt

Jenis Burung Lovebird
Biru Cobalt

Jenis burung lovebird yang satu ini mempunyai warna yang cukup unik juga, yakni warna biru kehijauan yang dipadukan dengan warna putih dan hitam.

12. Lovebird Biru Mangsi

Jenis Burung Lovebird
Biru Mangsi

Tak mau kalah, jenis burung lovebird yang satu ini juga memiliki warna bulu yang sangat cantik. Sama seperti namanya, warna dari burung ini sebagian besar berwarna biru mangsi yang begitu terlihat cantik ketika dipadukan dengan warna putih dan hitam.

13. Lovebird Batman

Jenis Burung Lovebird
Batman

Sama seperti namanya, jenis burung lovebird ini sekilas memang mirip dengan tokoh superhero batman. Uniknya, semakin pekat warna hitam pada bulunya, maka semakin mahal pula harganya.

14. Lovebird Merah 

Jenis Burung Lovebird
Merah

Sama seperti jenis lovebird kerah hitam, lovebird jenis ini juga merupakan salah satu lovebird yang sulit untuk ditemukan karena populasinya yang sudah semakin sedikit.

15. Lovebird Albino

Jenis Burung Lovebird
Albino

Sekilas memang terlihat mirip seperti burung merpati, hanya saja ukurannya yang cukup kecil. Lovebird albino memang jarang ditemukan, hal ini dikarenakan warna putih yang dihasilkan karena sebuah kelainan pigmen yang tidak selalu terjadi pada setiap burung yang baru saja menetas.

16. Lovebird Olive

Jenis Burung Lovebird
Olive

Lovebird jenis ini memiliki perpaduan warna yang sangat unik. Bagaimana tidak, burung ini memiliki warna hijau kehitaman di sayap dan punggungnya, serta warna orange dan kuning pada bagian kepala dan bagian bawahnya. Yang menjadikannya unik adalah warna putih yang mengelilingi bola matanya.

17. Lovebird Parblue

Jenis Burung Lovebird
Parblue

Jenis burung lovebird ini merupakan hasil kawin silang yang dilakukan oleh sejumlah peternak lovebird di Eropa. Warna yang dihasilkan pun sangatlah unik, tak heran jika harganya mencapai puluhan juta rupiah.

18. Lovebird Blorok

Jenis Burung Lovebird
Blorok

Sama seperti burung dara, kata blorok dalam burung lovebird juga dimaksudkan pada warna yang aneh. Meskipun memiliki warna yang aneh, burung ini memiliki harga yang cukup mengesankan loh.

19. Lovebird Halfsider

Jenis Burung Lovebird
Halfsider

Tampil dengan degradasi warna yang sangat cantik dan unik, membuat burung ini menjadi salah satu jenis burung lovebird yang cukup langka. Hebatnya, jenis burung lovebird inilah yang memiliki harga jual paling tinggi.

20. Lovebird Lutino

Jenis Burung Lovebird
Lutino

Jenis burung lovebird ini dihargai jutaan rupiah juga karena warnanya yang sangat manis dan begitu cerah, sehingga selalu berhasil menarik perhatian pecinta burung. Burung jenis ini memiliki dua varian warna, yakni mata hitam dan merah.

21. Lovebird Australian Cinnamon

Jenis Burung Lovebird
Australian Cinnamon

Sekilas terlihat begitu mirip dengan jenis burung lovebird pastel. Namun jika didekatkan, maka burung jenis ini akan terlihat memiliki warna lebih lembut.

22. Lovebird Violet

Jenis Burung Lovebird
Violet

Nah kalau burung yang satu ini lebih mirip dengan burung lovebird biru mangsi, hanya saja warna burung jenis ini agak gelap. Menurut saya sih burung ini lebih mirip warna bendera ya.

23. Lovebird Biola

Jenis Burung Lovebird
Biola

Burung yang sempat menjadi perbincangan banyak pecinta burung ini memang merupakan jenis burung lovebird yang sangat bagus lantaran memiliki suara dan warna yang begitu indah.

24. Lovebird Dakocan

Jenis Burung Lovebird
Dakocan

Sebenarnya jenis burung lovebird dakocan memiliki sejumlah varian, namun hanya dakocan hijau yang paling diminati masyarakat Indonesia. Burung ini sendiri berasal dari dataran tinggi Kenya dan Tanzania.

25. Lovebird Dakori

Jenis Burung Lovebird
Dakori

Nah jenis burung lovebird yang satu ini juga sangat diminati oleh banyak orang guys. Terbukti dengan banyaknya grup di sejumlah sosial media yang bernamakan Komunitas Lovebird Dakori Indonesia.

26. Lovebird Euwing

Jenis Burung Lovebird
Euwing

Jensi lovebird yang satu ini ditemukan oleh seorang pria asal Belanda bernama Piet Verhijde pada tahun 2004. Menurut saya pribadi sih warna burung ini tidak begitu menarik, namun entah kenapa burung ini juga banyak diminati oleh sebagian besar pecinta lovebird.

27. Lovebird Taiwan

Jenis Burung Lovebird
Taiwan

Dengan tubuh tambun, burung ini mulai tersebar luas di Indonesia karena banyak peminatnya. Selain itu, lovebird taiwan ini juga memiliki kicauan yang cukup indah.

28. Lovebird Misty

Burung ini juga tergolong sangat cantik dan unik. Sekilas memang terlihat berwarna gelap dan lusuh, namun ketika terpapar dengan sinar matahari secara langsung, burung ini akan memancarkan warna merah pada bagian bulu kuningnya.

29. Lovebird Slaty

Jenis Burung Lovebird
Slaty

Jenis burung lovebird yang terakhir ini sekilas memang terlihat mirip dengan cobalt, namun jika keduanya didekatkan maka warna dari burung jenis ini akan terlihat jauh lebih pudar. Jenis lovebird ini sendiri memiliki dua varian, yakni slaty fischery dan slaty perso.

Baca Juga