15 Jenis Ikan Arwana Yang Paling Dicari Kolektor Ikan Hias
​Jenis Ikan Arwana ada banyak ragamnya, mulai dari yang paling banyak dicari dan dimiliki seperti golden red, hingga Jenis yang termahal seperti Arwana super platinum.

Jenis Ikan Arwana ada banyak ragamnya, mulai dari yang paling banyak dicari dan dimiliki seperti golden red, super red, golden hingga Jenis yang termahal seperti Arwana super platinum.

Jenis Ikan Arwana yang paling banyak dimiliki oleh para kolektor ikan hias adalah jenis Arwana super red karena mudah ditemukan dan harganya yang tidak terlalu mahal. Pemeliharaan dan perawatan ikan arwana jenis ini pun terbilang mudah.

Ikan Arwana sendiri merupakan jenis ikan yang hidup di air tawar. Ikan ini pertama kali ditemukan oleh Schiegle dan Muller di daerah kalimantan Barat pada 1845. Arwana memiliki nama latin Scleopages sp, karena bentuk siripnya yang besar dan berkilauan, Ikan ini dijuluki sebagai ikan naga dan ikan kayangan, oleh penduduk lokal. Ikan ini juga dianggap sebagai perlambang kesuksesan dan kejayaan pemiliknya. Yang menarik ikan ini mampu bertahan hingga usia 50an tahun.

Yuk simak apa saja jenis – jenis dari ikan Arwana ini.

1) Arwana Super Red

15 Jenis Ikan Arwana Yang Disukai Kolektor Ikan Hias
Arwana Super Red

Arwana jenis ini berasal dari Danau Sentarum dan Sungai Kapuas Kalimantan Barat. Ikan ini memiliki dominasi warna merah pada tubuhnya, terutama pada bagian tutup insang. Warna merah yang mendominasi bagian tubuh ikan menjadi daya tarik tersendiri yang membuat orang berlomba mengkoleksi Arwana jenis ini. Anakan Ikan Arwana ini dibandrol dari 3,5 juta dan 25 juta untuk ikan dewasa.

2) Arwana Golden

15 Jenis Ikan Arwana Yang Disukai Kolektor Ikan Hias
Arwana Golden

Arwana Golden ditemukan di berbagai wilayah di Malaysia, terutama Johor dan Danau Bukit Merah. Arwanan Golden memiliki ciri khas warna emas pada bagian depan hingga punggungnya. Kombinasi warna emas pada tubuh Arwana Golden merupakan daya tarik yang sulit diabaikan oleh pengkoleksi ikan hias.

3) Arwana Golden Red

15 Jenis Ikan Arwana Yang Disukai Kolektor Ikan Hias
Arwana Golden Red

Golden Red ditemukan di wilayah Riau. Warna emas pada tubuh Arwana ini hanya sampai baris sisik ke empat dari bagian depan tubuhnya. Golden Red termasuk Jenis Arwana yang agresif dan memiliki nafsu makan yang besar. Harga untuk Golden Red ukuran 12 centimeter umumnya 2 juta, sedangkan untuk ukuran panjang 30 centimeter adalah 3 juta. Meski harganya relatif mahal, namun tidak menghentikan kolektor ikan hias untuk mengkoleksi Arwana jenis ini.

4) Arwana Golden Pino

15 Jenis Ikan Arwana Yang Disukai Kolektor Ikan Hias
Arwana Golden Pino

Arwana ini memiliki dominasi warna kelabu dengan garis pola gelap pada bagian ekor dan kepalanya. Jenis Arwana ini ditemukan di Myanmar, Malaysia, Thailand, Kamboja dan beberapa wilayah Indonesia. Arwana jenis ini dijual kisaran 250 rb untuk anakan ikan hingga 5,5 juta untuk ikan dewasa.

5) Arwana Brasil

15 Jenis Ikan Arwana Yang Disukai Kolektor Ikan Hias
Arwana Brasil

Bentuk Arwana Brasil jika dibadingkan dengan ikan Arwana jenis lainnya nampak lebih panjang dengan sirip yang juga panjang. Pergerakan sirip panjang pada bagian tengah hingga ekor memberikan kesan anggun. Pertumbuhan ikan ini dapat mencapai panjang 60 cm. Ikan ini berasal dari wilayah Brasil. Arwana ini sudah berhasi dikembangbiakan oleh pembudidaya Arwana Indonesia. Harga anakan Ikan ini dijual dari harga 150 ribu dan ikan dewasa dijual sampai 3 juta per ekornya.

Baca Juga : 16 Cara Budidaya Ikan Arwana Agar Mendapatkan Hasil Yang Melimpah

6) Arwana Scleropqges Leichharti

15 Jenis Ikan Arwana Yang Disukai Kolektor Ikan Hias
Arwana Scleropqges Leichharti

Arwana jenis ini memiliki dasar warna hitam kecokelatan dengan hiasan bintik kuning emas dibagian tengah sisik. Arwana ini meski memiliki warna sisik hitam, namun tetap indah saat dipandang di dalam Aquarium. Arwana ini berasal dari Sungai Saratoga, Australia.

7) Arwana Bukit Merah Blue

15 Jenis Ikan Arwana Yang Disukai Kolektor Ikan Hias
Arwana Bukit Merah Blue

Ikan Arwana jenis ini berasal dari wilayah Bukit Merah Malaysia. Saat berkembang menjadi ikan dewasa, Arwana jenis ini akan memiliki warna emas hingga bagian punggung. Belakangan ikan ini sudah jarang ditemui, dan hal ini menyebabkan harga ikan menjadi mahal.

8) Arwana Red Banjar

15 Jenis Ikan Arwana Yang Disukai Kolektor Ikan Hias
Arwana Red Banjar

Arwana jenis ini memiliki ciri sirip warna oranye pucat, bagian ekor berwarna kuning atau oranye serta tidak mempunyai warna merah pada pipi maupun badan. Bentuk kepala Arwana Banjar memiliki kecenderungan membulat dan bagian mulut yang tidak lancip. Arwana ini di jual kisaran 650 rb untuk anakan hingga 8 juta untuk dewasa.

9) Arwana Jardini Irian

15 Jenis Ikan Arwana Yang Disukai Kolektor Ikan Hias
Arwana Jardini Irian

Arwana Jardini Irian memiliki dasar warna kecoklat coklatan dengan kecenderungan hitam gelap. Pada ekor serta sirip terdapat bintik keemasan. Sebenarnya Ikan ini berasal dari wilayah Australia, namun di Indonesia, Ikan Arwana yang sering dipasarkan dan di temukan peredarannya adalah Ikan Arwana yang berasal dari Irian. Harga anakan ikan ini dijual dari 125 ribu dan untuk ikan dewasa di jual dari 2,5 juta.

10) Arwana Silver

15 Jenis Ikan Arwana Yang Disukai Kolektor Ikan Hias
Arwana Silver

Bentuk tubuh Arwana Silver panjang dengan sirip yang juga panjang. Arwana silver dapat tumbuh hingga panjang 50 cm. Panjangnya sirip Arwana Silver menjadi daya tarik tersendiri ikan ini saat berenang di dalam Aquarium. Harga anakan ikan Arwana silver di jual kisaran 75 ribu rupiah dan untuk ikan dewasa dijual 2 juta rupiah.

11) Arwana Afrika

15 Jenis Ikan Arwana Yang Disukai Kolektor Ikan Hias
Arwana Afrika

Bagian kepala Arwana Afrika memiliki bentuk bulat lonjong dengan warna perak yang soft. Pergerakan ikan ini di dalam Aqwuarium sangan menarik dan indah, tak heran Arwana jenis ini juga menjadi salah satu ikan yang dicari kolektor ikan untuk dikoleksi.

12) Black Arwana

15 Jenis Ikan Arwana Yang Disukai Kolektor Ikan Hias
Black Arwana

Arwana ini memiliki ciri khas yang mudah dikenali, yakni pada bagian ekornya berwarna hitam solid, namunbegitu meski dinamakan Black Arwana, namun bagian tubuh ikan jenis ini berwarna silver. Sayangnya warna hitam pada ekor ikan ini akan memudar seiringnya tumbuh kembang ikan, dan pada saat dewasa, wrna hitam pada ekor Black Arwana tidak akan sesolid saat masih muda.

13) Arwana Cross Back Golden

15 Jenis Ikan Arwana Yang Disukai Kolektor Ikan Hias
Arwana Cros Back Golden

Jenis ikan arwana asalnya dari Malaysia. Pada saat memasuki usia dewasa, akan terdapat pola ring yang melingkari punggung ikan. Anakan Ikan Arwana jenis ini dibandrol kisaran 1,5 juta dan untuk dewasa di jual dengan harga mencapai 10 juta.

14) Arwana Red Tail Golden

15 Jenis Ikan Arwana Yang Disukai Kolektor Ikan Hias
Arwana Red Tail Golden

Arwana jenis ini termasuk Arwana dengan perilaku Agresif. Ikan ini berasal dari Sumatra, banyak ditemukan di wiilayah Pekanbaru. Memiliki warna dasar yang beragam mulai dari emas, biru dan hijau. Red Tail Golden termasuk ikan yang dapat tumbuh lebih besar dari Ikan Arwana sejenisnya.

15) Arwana Super Platinum

15 Jenis Ikan Arwana Yang Disukai Kolektor Ikan Hias
Arwana Super Platinum

Arwana jenis ini adalah Jenis Arwana yang paling mahal. Mahalnya ikan ini terjadi karena Arwana super platimum sebenarnya adalah ikan yang mengalami kelainan genetika sehingga tidak dapat disengaja dihasilkan melalui perkawinan. Langkanya ikan ini menjadi faktor utama melonjaknya harga ikan. Ikan super platimun hanya muncul 1 dari 100 kelahiran ikan platimun, jadi dari 100 kelahiran ikan, hanya 1 yang memiliki kemungkinan merupakan ikan super platinum. Ikan ini berasal dari benua Amerika. Nakan ikan Arwana ini dibandrol dari kisaran 10 juta, sedangkan untuk ikan dewasa di bandrol dengan kisaran harga 100 juta.

Demikian ulasan mengenai 15 jenis ikan Arwana yang paling dicari kolektor ikan hias. Semoga bermanfaat.

Loading...

Baca Juga