16 Jenis Anjing Terpintar yang Cocok Dijadikan Peliharaan
Anjing merupakan salah satu hewan yang paling banyak dipelihara manusia. Bukan tanpa sebab, kesetiaan dan kepintarannya memang selalu bisa diandalkan. Sangat banyak ras atau jenis anjing yang terdapat di dunia ini. Namun, terdapat 16 jenis anjing terpintar. Apa saja itu? Cek jawabannya di sini!

Jenis Anjing Terpintar - Anjing dipercaya sebagai hewan pertama yang dijinakkan oleh manusia. Tak heran memang karena anjing merupakan salah satu jenis hewan paling pintar, sehinggga selain sebagai hewan peliharaan, anjing juga acapkali dilatih untuk sebuah pekerjaan, seperti anjing polisi, anjing tentara, anjing pemadam kebakaran, anjing pembawa pesan, anjing pemburu, anjing penggembala, atau anjing penyelamatan. Ya, pada umumnya anjing memang hewan yang pintar sehingga mudah dilatih. Namun ternyata ada beberapa ras anjing yang memiliki kepintaran di atas rata-rata.

Berikut 16 ras atau jenis anjing terpintar yang cocok dijadikan peliharaan:

1. Golden Retriever

Jenis Anjing Terpintar
Golden Retriever

Golden retriever merupakan salah satu ras anjing yang paling banyak diminati untuk dipelihara. Golden retriever memiliki ukuran cukup lebar dan besar. Terkenal sebagai ras yang pintar, penyayang, setia, sabar dan bahkan cocok dengan anak-anak kecil untuk diajak bermain. Golden retriever memiliki rentang umur hidup dari 12 - 15 tahun lamanya.

2. Labrador Retriever

Jenis Anjing Terpintar
Labrador Retriever

Secara tampilan, Labrador Retriever mirip seperti Golden Retriever, perbedakan yang paling mencolok adalah warnyanya. Ras yang satu ini terkenal pintar, energetik, dan suka bersahabat dengan manusia dewasa maupun anak-anak karena mempunyai perilaku serta temperamen yang baik. Labrador Retriever merupakan ras anjing yang paling populer anjing di Amerika Serikat 23 tahun berturut-turut. Anjing ini memiliki umur hidup dari 12 - 16 tahun lamanya.

3. German Shepherd

Jenis Anjing Terpintar
German Shepherd

Sesuai namanya, ras ini berasal dari Jerman. German Shepherd terkenal dengan keberaniaan, ketangguhan, dan yang pasti kepintarannya sehingga sering dijadikan sebagai anjing kepolisian ataupun militer. Walaupun begitu, German Shepherd juga cocok untuk dipelihara karena memiliki insting melindungi pemiliknya sangat kuat. Anjing ini merupakan ras paling populer kedua di Amerika Serikat. Anjing ini memiliki rata-rata rentang hidup mencapai 11 tahun.

4. Border Collie

Jenis Anjing Terpintar
Border Collie

Border Collie merupakan ras yang sangat mudah dilatih dan sangat aktif. Terkenal dengan kepintaran, atletis, energetik dan akrobatiknya. Ras ini bahkan disebut-sebut sebagai anjing paling pintar di dunia karena mampu mengenal lebih dari seribu kata. Umur dari anjing ini memiliki kisaran antara 12-13 tahun.

5. Poodle

Jenis Anjing Terpintar
Poodle

Poodle terkenal dengan keimutan dan bulu yang keriting. Selain itu, ras ini juga sangat pintar, aktif, dan suka bermain dengan air. Walaupun tak sesangar ras atau jenis anjing lain yang ada di daftar ini, namun Poodle sangat bisa diandalkan dalam menjaga rumah. Namun Poodle merupakan ras yang sensitif, jadi sedikit tips nih: jangan suka meninggalkan anjing ini sendirian di rumah ya! Poodle dapat bertahan hidup 13-15 tahun lamanya.

6. Shetland Sheepdog

Jenis Anjing Terpintar
Shetland Sheepdog

Shetland Sheepdog memiliki rupa yang mirip dengan Border Collie, namun bulu yang lebih lebat. Ditambah dengan variasi warna pada bulunya yang lebat membuat penampilan ras satu ini sanga lucu. Sifat Shetland Sheepdog cenderung vokal, energetik, dan riang. Ras ini sangat cocok dipelihara karena sangat setia dan taat. Anjing ini memiliki umur hidup dari 12 hingga 14 tahun.

7. Papillon

Jenis Anjing Terpintar
Papillon

Papillon juga merupakan anjing dengan postur yang relatif kecil. Memiliki kepala yang kecil, bulu terurai, dan telinga mengangkat membuat ras ini terlihat sangat lucu. Papillon sangat mudah bersosialisasi dengan orang asing termasuk dengan anjing lain. Anjing ini sangat sensitif akan suara asing yang tidak dikenalnya. Jangka hidupnya antara 13 hingga 16 tahun.

8. Rottweiler

Jenis Anjing Terpintar
Rottweiler

Rottweiler sudah sejak dahulu dikenal sebagai salah satu anjing terpintar. Bahkan saat perang dunia ke-1 dan ke-2, anjing ini sering dipercaya sebagai penjaga dan pengantar pesan. Sedangkan saat ini Rottweiler dipercaya kepolisian atau militer sebagai anjing pelacak. Walaupun begitu ras ini juga sangat cocok untuk dipelihara karena sangat jinak dan mampu bersosialisasi dengan baik. Anjing ini Memiliki rentang hidup dari umur 10 - 13 tahun.

Baca Juga: 20 Jenis Anjing yang Bisa Anda Pelihara di Rumah

9. Doberman Pinscher

Jenis Anjing Terpintar
Doberman Pinscher

Doberman sangat identik dengan anjing kepolisian. Ya, anjing yang satu ini merupakan ras yang paling sering digunakan oleh kepolisian atau militer. Memiliki postur badan yang atletis dan mempunyai kekuatan serta ketahan fisik yang bagus. Namun Doberman juga dikenal sebagai anjing keluarga yang luar biasa, yang suka bermain dan sangat setia. Anjing ini memiliki jangka hidup 9 hingga 15 tahun.

10. Australian Cattle

Jenis Anjing Terpintar
Australian Cattle

Australian Casttle merupakan ras yang terkenal karena kemampuannya mengembalakan ternak. Anjing ini memiliki sifat aktif, berpikir cepat, dan cenderung mandiri. Selain itu, ras ini juga sangat bisa diandalkan sebagai pelindung keluarga dan harta pemiliknya. Anjing ini memiliki jangka hidup dari 12 - 14 tahun lamanya.

11. Australian Shepherd

Jenis Anjing Terpintar
Australian Shepherd

Australian Shepherd terkenal dengan matanya yang--umumnya--berwarna terang menyala. Bahkan para orang Indian Amerika menyebut anjing ini sebagai "anjing bermata hantu". Ras ini memiliki sifat melindungi, pengasih, aktif, dan tentunya pintar. Anjing ini memiliki masa hidup 13 sampai 15 tahun.

12. Belgian Malinois

Jenis Anjing Terpintar
Belgian Malinois

Selain kepintarannya, Malinois dikenal sebagai ras anjing yang tekun, siaga, dan waspada. Namun ras ini juga sangat keras kepala. Walaupun begitu Belgian Malinois tetap cocok untuk dipelihara karena bersifat melindungi pemiliknya. Anjing ini memiliki masa hidup 12 sampai 14 tahun.

13. Belgian Groenendael

Jenis Anjing Terpintar
Belgian Groenendael

Ciri khas Groenendael adalah warna bulunya yang hitam pekat. Memiliki sifat yang aktif, dominan, dan aktif. Anjing ini juga sangat pintar dan sangat cocok dijadikan peliharaan karena sangat setia dan pengasih. Masa hidup anjing ini yaitu 13 sampai 14 tahun

14. Belgian Tervuren

Jenis Anjing Terpintar
Belgian Tervuren

Tervuren sangat bersahabat dengan manusia. Sifatnya yang perhatian, melindungi, dan setia sangat cocok untuk kamu yang ingin mencari anjing peliharaan. Selain itu, ras ini juga pintar, siaga, dan energik. Masa hidup anjing ini berkisar antara 12 sampai 14 tahun.

15. Black and Tan Coonhound

Jenis Anjing Terpintar
Black and Tan Coonhound

Black and Tan Coonhound merupakan anjing yang sangat cocok untuk dijadikan sahabat karena sifatnya yang mudah beradaptasi, patuh, kalem, mudah bergaul, dan penyayang. Black and Tan Coonhound diyakini sebagai ras yang paling pintar diantara ras Coonhound yang lain. Masa hidup anjing ini bekisar antara 10 sampai 12 tahun lamanya.

16. Brittany

Jenis Anjing Terpintar
Brittany

Jika kamu orang yang sporty atau aktif, maka Brittany sangat cocok untuk kamu. Ya, selain pintar, ras anjing yang satu ini sangat aktif, tangkas, dan periang. Selain itu, ras Brittany juga mudah beradaptasi dan penyayang. So, jika kamu ingin mencari anjing peliharaan yang pintar, ras yang satu ini patut diperhitungkan. Oiya, Brittany memiliki masa hidup 14 sampai 15 tahun.

Baca Juga