15 Jenis Ikan Hias Guppy Yang Bisa Anda Rawat di Rumah
​Ikan guppy adalah salah satu jenis ikan hias yang awalnya berasal dari ikan liar. Karena ikan guppy memiliki karakteristik dasar yang indah, maka ikan tersebut dikembangbiakkan dan disilangkan dengan jenis ikan lainnya.

Ikan guppy adalah salah satu jenis ikan hias yang awalnya berasal dari ikan liar. Karena ikan guppy memiliki karakteristik dasar yang indah, maka ikan tersebut dikembangbiakkan dan disilangkan dengan jenis ikan lainnya.

Sehingga menghasilkan jenis ikan guppy baru dan semakin cantik. Sampai sekarang, sudah banyak sekali jenis ikan hias ini. Ikan guppy termasuk dalam family Poeciliidae. Ikan hias yang mungil dan cantik ini, siapa yang tidak terpikat dengan kecantikannya. Selain kecantikannya, dan lucunya, ikan guppy  juga tidak kalah menggemaskannya.

Karena ikan hias guppy memiliki badan mungil dan berwarna-warni. Sirip-siripnya melambai-lambai kesana kemari saat ia bergerak. Ikan guppy ini memiliki gaya yang sangat unik dan menggemaskan waktu menarik pasangannya. ikan ini memang menjadi salah satu primadonannya ikan hias. Wajar saja banyak pecinta ikan hias yang sering mencari ikan ini sebagai peliharaan favoritnya.

1. Guppy Grass Blue

Guppy Grass Blue
Guppy Grass Blue

Ikan guppy grass blue adalah perubahan dari ikan guppy mozaic. Ciri-ciri pada jenis ikan guppy ini yaitu memilki titik-titik yang berwarna hitam atau biru gelap di sirip ekor dan punggungnya. Ikan guppy ini banyak dicintai para pencinta ikan hias, karena bentuknya yang unik dan menggemaskan.

2. Guppy Green Red Dragon

Guppy Green Red Dragon
Guppy Green Red Dragon

Dapat dibilang ikan guppy ini merupakan primadona dari semua ikan guppy di farm yang ada di Indonesia. Harga ikan guppy ini juga cukup fantastis, bayangkan 3 ekor ikan guppy red dragon ini dapat mencapai 1 juta rupiah. Namun jenis ikan guppy ini agak sedikit aneh waktu berenang. Karena seperti keberatan membawa ekornya yang lebar.

3. Guppy Blue Moscow Albino

Guppy Blue Moscow Albino
Guppy Blue Moscow Albino

Jenis ikan guppy yang ke 4 ini juga berasal dari Moscow. Nama guppy blue moscow albino dilihat dari tubuhnya yang berwana pink dan tercampur dengan warna ungu. Ekornya yang panjang membuat jenis ikan guppy ini terlihat elegan saat berenang. Ditambah lagi warnanya yang putih campuran biru mampu menjadi daya tarik untuk pencinta ikan hias.

4. Guppy Black Moscow

Guppy Black Moscow
Guppy Black Moscow

Ikan guppy black moscow adalah jenis ikan guppy yang memiliki warna hitam gelap di seluruh tubuhnya. Jenis ikan guppy ini juga berasal dari Moscow, Rusia. Ada juga jenis ikan guppy yang memiliki karakter dan warna yang sama yaitu ikan guppy full black Thailand. Beda dari keduanya adalah asal muasal ikan tersebut.

5. Half Black Yellow Guppy

 Half Black Yellow Guppy
Half Black Yellow Guppy

Di ebay ikan guppy ini dijual dengan harga 600 ribu rupiah, warna ekor kuning dengan bagian tubuh hitam dan putih, membuat ikan guppy satu ini banyak digemari oleh pencinta ikan hias. Bagi Anda yang menyukai ikan hias. Silahkan jadikan ini salah satu koleksi Anda. Karena bentuknya yang unik, sehingga jarang orang mengoleksi ikan satu ini

6. Panda Guppy

Panda Guppy
Panda Guppy

Sesuai dengan namanya ikan guppy ini menyerupai panda karena bagian matanya terdapat lingkaran hitam, matanya bulat hitam tak ada titik tengah, dan warnanya hampir persis dengan panda, hitam dan putih. Sehingga membuat ikan ini tampak indah dan menggemaskan.

 7. Guppy Red Blonde

Guppy Red Blonde
Guppy Red Blonde

Guppy ini berwarna orange dengan ekor yang lebar dan panjang bahkan lebih besar dari tubuhnya. Warnanya orange, kemerahan. Bentuknya kecil, ekornya juga sedang. Untuk Anda yang suka dengan hewan simple tapi indah ada baiknya Anda membeli ikan ini. Untuk dijadikan koleksi akuarium rumah.

8. Guppy German Platinum Crown Tail

Guppy German Platinum Crown Tail
Guppy German Platinum Crown Tail

Ikan guppy ini berasal dari Jerman dengan ekor yang berbeda dari yang lainnya yaitu mempunyai ekor berbentuk sisir, dan berpisah. Ikan satu ini memiliki harga yang cukup menguras kantong, namun tak akan menyesal Anda membelinya, karena ikan satunya terbilang unik.

9. Guppy Japan Blue

Guppy Japan Blue
Guppy Japan Blue

Ikan guppy japan blue diperkirakan berasal dari populasi ikan guppy liar di Jepang. jenis ikan guppy import ini mempunyai warna biru di pinggang guppy jantan. Tetapi ikan guppy ini sebenarnya memiliki banyak variasi warna. Hasil persilangan jenis ikan guppy terbaru pada guppy japan blue adalah memiliki warna biru pada kepala dan pangkal ekor.

10. Guppy Red Mozaic

Guppy Red Mozaic
Guppy Red Mozaic

Jenis guppy red mozaic hampir sama dengan Guppy Red Blonde. Tetapi yang membedakannya yaitu postur tubuhnya yang lebih memanjang dan dibalut warna merah dengan corak keping batu lebih banyak. Guppy satu ini juga memikat banyak pencinta ikan, karena bentuknya yang indah dan menggemaskan.

11. Guppy Cobra

Guppy Cobra
Guppy Cobra

Ikan guppy cobra ditandai dengan corak yang mirip seperti ular kobra di seluruh badannya yang berwarna hitam, putih atau kuning. Karena coraknya yang cantik tersebut, jenis ikan guppy ini banyak diburu oleh para pecinta ikan hias. Harganya pun terbilang biasa untuk pencinta ikan hias.

12. Guppy Metalik

Guppy Metalik
Guppy Metalik

Ikan guppy metalik adalah jenis ikan guppy yang memiliki warna biru atau abu-abu gelap metalik pada guppy jantan. Oleh karena warnanya itu, ikan ini dinamakan ikan guppy metalik. Ikan guppy yang paling mudah didapat yaitu ikan guppy tipe metalik cobra. Jenis ikan guppy ini adalah hasil persilangan dari guppy metalik dengan guppy cobra. Ciri-cirinya yaitu mempunyai warna metalik di dada dan belakang badan berwarna cobra.

13. Guppy Red Blonde

Guppy Red Blonde
Guppy Red Blonde

Dan jenis ikan guppy yang terakhir yaitu guppy red blonde. Jenis ikan guppy ini mempunyai postur tubuh yang lebih kecil dibandingkan ikan guppy lain. Namun tetap cantik karena dibalut dengan ekor yang berwarna merah.

Baca juga : 15 Cara Memelihara Ikan Koi Dengan Baik di Rumah

14. Guppy Super Red Singapore

Guppy Super Red Singapore
Guppy Super Red Singapore

Ikan guppy super red singapore adalah jenis ikan guppy yang bersal dari Singapore. Jenis ikan guppy ini memiliki warna merah cerah di seluruh tubuhnya. Selain itu, ikan guppy ini memiliki ekor dan sirip yang panjang. Jenis ikan guppy ini memiliki postur tubuh yang sama dengan jenis guppy lainnya.

15. Guppy Full Black Thailand

Guppy Full Black Thailand
Guppy Full Black Thailand

Hampir sama dengan jenis ikan guppy black Moscow. Jenis ikan guppy import yang satu ini juga memiliki warna hitam di bagian seluruh tubuhnya. Tetapi yang membedakannya adalah ikan guppy ini berasal dari Thailand sedangkan guppy black moscow berasal dari Moscow.

Baca Juga