18 Cara Merawat Cucak Ijo Dengan Baik dan Benar
Sebagian besar dari pemilik burung jenis cucak ijo tentu selalu mengharapkan burung miliknya mempunyai suara yang bagus. Namun apakah kamu tahu bahwa suara yang bagus tidak akan timbul tanpa adanya perawatan yang tepat? Berikut ini ada 18 cara merawat cucak ijo dengan baik dan benar, dan mungkin saja bisa kamu coba di rumah.

Cara Merawat Cucak Ijo - Cucak Ijo merupakan salah satu jenis burung yang memiliki suara cukup indah. Sehingga tak heran jika banyak pecinta burung menggemari jenis burung yang satu ini. Bahkan saat ini terbilang cukup banyak orang-orang yang memiliki beberapa cucak ijo di rumahnya, mungkin kamu juga merupakan salah satu orang yang gemar dengan burung cucak ijo.

Sebagian besar dari mereka tentu sangat berharap agar cucak ijo miliknya menjadi burung yang bersuara indah, tanpa memahami bagaimana perawatan cucak ijo yang tepat. Nah berikut ini ada beberapa cara merawat cucak ijo yang bisa kamu coba di rumah.

18 Cara Merawat Cucak Ijo Dengan Baik dan Benar

1. Memastikan Jenis Kelamin Cucak Ijo

Cara Merawat Cucak Ijo
Jenis Kelamin Cucak Ijo

Kebanyakan dari para pemilik burung Cucak Ijo, kerapkali merek melupakan hal yang cukup sepele ini. Sebagian besar dari mereka hanya mementingkan suara tanpa memperhatikan ataupun memastikan jenis kelamin dari burung itu sendiri.

Cucak Ijo betina umumnya juga memiliki suara yang indah. Namun perlu diketahui bahwa Cucak Ijo jantanlah yang lebih sering diperlombakan. Maka dari itu, pastikan kamu membeli burung Cucak Ijo jantan agar nantinya tidak sia-sia merawat burung lantaran jarang mengikuti sejumlah perlombaan.

2. Mempersiapkan Sangkar Cucak Ijo

Cara Merawat Cucak Ijo
Sangkar

Saat ini sudah begitu banyak jenis atau model sangkar burung. Namun pastikan kamu membeli sangkar burung yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan burung yang kamu miliki.

Untuk Cucak Ijo sendiri sangkar yang tepat yakni sangkar yang berukuran tidak terlalu besar. Hal ini guna memudahkan menyeting burung dalam sangkar. Selain itu, kamu juga perlu menambahkan sejumlah aksesoris seperti tangkringan, cepuk minum, makan dan cepuk mandi.

3. Teliti Dalam Memilih Cucak Ijo

Cara Merawat Cucak Ijo
Cucak Ijo

Selain itu, ketika kamu hendak membeli burung Cucak Ijo pastikan kamu memilih bakalan Cucak Ijo yang sudah memiliki karakter. Sehingga nantinya kamu tidak akan merasa kesusahan dalam melatihnya.

4. Proses Adaptasi Cucak Ijo

Cara Merawat Cucak Ijo
Adaptasi

Umumnya, semua jenis burung yang baru saja kita beli harus melewati proses adaptasi terlebih dahulu sebelum kita melakukan sejumlah perawatan di setiap harinya. Jika tidak, maka burung bisa sakit atau bahkan bisa mati.

Dalam tahap ini sebenarnya tidak banyak yang harus kamu lakukan. Karena disini kamu hanya perlu meletakkan burung ke sangkar dan mendiamkannya sampai burung tersebut terbiasa dengan lingkungan dan habitat barunya.

5. Pengembunan Cucak Ijo

Cara Merawat Cucak Ijo
Pengembunan

Cara merawat Cucak Ijo selanjutnya yakni dengan melakukan pengembunan pada pagi hari. Hal ini guna membuat burung agar terlihat lebih segar dan terhindar dari stres. Kamu bisa melakukan pengembunan pada pukul 5 pagi sampai dengan pukul 6.

Baca Juga : 16 Jenis Anjing Terpintar yang Cocok Dijadikan Peliharaan

6. Proses Angin-Anginan Cucak Ijo

Cara Merawat Cucak Ijo
Angin-anginan

Setelah melakukan pengembunan, sebaiknya burung diangin-anginkan terlebih dahulu supaya burung tidak kaget dan mampu beradaptasi lagi dengan lingkungan sekitarnya. Lakukan tahap ini setidaknya selama setengah jam.

7. Memandikan Cucak Ijo

Cara Merawat Cucak Ijo
Memandikan Cucak Ijo

Setelah burung diangin-anginkan, lebih baik burung tersebut langsung dimandikan agar semakin segar dan terhindar dari stress. Selain itu, mandi juga sangat bermanfaat bagi pertumbuhan bulu burung, karena terbukti dapat memperkuat bulu. Sehingga dengan mandi, bulu yang sering rontok pada burung akan semakin sedikit.

8. Membersihkan Sangkar

Cara Merawat Cucak Ijo
Membersihkan Sangkar

Ketika burung sudah bersih karena sudah mandi, maka tahap selanjutnya adalah membersihkan sangkar burung. Tentu agar nantinya burung tidak kotor lagi. Dalam membersihkan sangkar burung, sebaiknya kamu mengganti karpet atau kain yang digunakan untuk alas , dan bersihkan sejumlah kotoran pada karpet tersebut dengan shampo. Dan bersihkan juga sisa-sisa kotoran yang mengering pada sangkar. Jadi jangan hanya menyiramnya dengan air saja, karena itu tidak membuat sangkar menjadi bersih.

9. Memberikan Pakan

Cara Merawat Cucak Ijo
Memberikan Pakan

Asupan makanan yang cukup tentu merupakan hal yang sangat penting bagi perkembangan semua makhluk hidup. Sama seperti manusia, agar burung dapat tumbuh dengan sehat dan baik, maka kita juga perlu memperhatikan pola makan burung dan memahami makanan jeniss apa yang cocok untuk burung cucak ijo yang kita miliki.

10. Menjemur Cucak Ijo

Cara Merawat Cucak Ijo
Menjemur Cucak Ijo

Setelah memandikan cucak ijo, serta membersihkan sangkar dan memberinya pakan, maka tahap selanjutnya menjemur burung tersebut. Menjemur sendiri bukan semata-mata hanya untuk mengeringkan bulu cucak ijo, namun juga untuk merontokkan sejumlah kutu yang berada pada bulu-bulu cucak ijo.

Dalam hal ini, waktu yang paling tepat untuk menjemur yakni sekitar 1-2 jam lamanya. Pastikan juga kamu menjemur burung di bawah jam 11.

11. Memberikan Makanan Tambahan Cucak Ijo

Cara Merawat Cucak Ijo
Makanan Tambahan

Pada siang hari, kamu perlu memberikan sedikit makanan tambahan untuk cucak ijo. Hal ini guna mempercepat perkembangan burung. Selain itu, pastikan kamu sudah menentukan jenis makanan tambahan yang cocok untuk cucak ijo milikmu.

12. Pemasteran Cucak Ijo

Cara Merawat Cucak Ijo
Pemasteran

Selanjutnya kamu bisa mulai melakukan tahap pemasteran terhadap burung. Dalam hal ini kamu bisa melakukannya secara langsung atau juga bisa menggunakan media mp3 player. Pemasteran sendiri berguna untuk memacu dan meningkatkan kualitas suara cucak ijo.

13. Memberikan EF Cucak Ijo

Cara Merawat Cucak Ijo
EF Cucak Ijo

Pada sore harinya, berikan EF untuk cucak ijo. Dalam hal ini kamu bisa menggunkan jangkrik, tak perlu banyak-banyak, cukup 2 ekor saja. Selanjutnya bisa kamu mulai pemasteran lagi terhadap cucak ijo.

14. Menjauhkan Cucak Ijo dari Para Pengganggu

Cara Merawat Cucak Ijo
Menjauhkan Cucak Ijo Dari Pengganggu

Pada tahap selanjutnya kamu perlu memindahkan cucak ijo ke dalam sebuah tempat yang aman. Yang dimaksud tempat aman di sini merupakan tempat yang aman bagi burung itu sendiri. Yakni sebuah tempat yang tidak bisa dijangkau oleh sejumlah hewan penggangu layaknya kucing, anjing, kelelawar, semut dan lain sebagainya.

15. Menjinakkan Cucak Ijo

Cara Merawat Cucak Ijo
Menjinakkan Cucak Ijo

Pada umumnya burung cucak ijo yang jinak akan lebih cepat gacor daripada burung cucak ijo bakalan. Dalam hal ini sebenarnya ada banyak metode yang bisa kamu lakukan, misalnya seperti terapi lapar, atau bisa juga dengan membawa cucak ijo ke tempat yang ramai.

16. Melatih Mental Cucak Ijo

Cara Merawat Cucak Ijo
Melatih Mental

Sebagian besar burung cucak ijo yang sudah pernah mengikuti beberapa perlombaan tentu pernah mengalami tahap ini. Karena melatih mental burung merupakan salah satu persiapan yang perlu dilakukan ketika akan mengikuti sebuah perlombaan. Dalam hal ini sebenarnya juga banyak cara yang bisa kamu lakukan, bahkan hampir mirip dengan cara menjinakkan burung cucak ijo, seperti membawanya ke tempat ramai, membawanya ke tempat perlombaan burung, atau juga bisa dengan mengganti-ganti sangkarnya.

17. Memberikan Vitamin

Cara Merawat Cucak Ijo
Memberikan Vitamin

Sama seperti manusia, burung juga perlu sejumlah asupan vitamin agar tetap vit dan sehat. Dalam hal in ikamu bisa menambahkan beberapa tetes vitamin ke dalam capuk minuman burung.

18. Memberikan Buah-buahan

Cara Merawat Cucak Ijo
Memberikan Buah-buahan

Tak hanya vitamin saja, namun buah-buahan juga bisa membantu mencukupi kebutuhan energi, mineral dan vitamin. Seperti yang sering kita lihat, kamu bisa mengganti makanan burung dengan beberapa buah-buahan, seperti pisang dan lain sebagainya.  

 

 

Baca Juga