17 Cara Mencegah dan Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil
Salah satu masalah yang sering timbul pada ibu hamil adalah pembengkakan pada kaki. Jika anda saat ini sedang mengalami hal tersebut, tak perlu khawatir, karena kaki bengkak bukan suatu hal yang berbahaya.

Kata.co.id - Masa kehamilan ialah masa yang paling berkesan sekaligus penting bagi para wanita, khususnya bagi kehamilan pertama. Pada masa kehamilan, kerap terjadi berbagai gangguan kesehatan. Salah satunya ialah pembengkakan yang terjadi pada kaki. Jika saat ini anda mengalaminya, tak perlu khawatir karena gejala tersebut masih tergolong wajar dan tidak membahayakan. Untuk mencegah sekaligus mengatasinya anda bisa melakukan cara-cara berikut.

1. Menghindari Suhu Panas

Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil
Menghindari Panas

Cara pertama yang harus anda lakukan ialah menghindari mandi dengan menggunakan air panas, selain itu anda juga perlu menghindari sengatan sinar matahari terlalu lama. Kan tetapi, jika anda sedang merasakan kedinginan, anda boleh menggunakan baju hangat untuk mengurangi suhu dingin pada tubuh.

2. Hindari duduk terlalu lama

Mengatasi kaki bengkak
Jangan duduk terlalu lama

Cara berikutnya adalah dengan mengatur waktu duduk agar tidak terlalu lama. Saat duduk terlalu lama, gaya gravitasi pada bagian kaki mampu mebuat kaki menjadi bengkak. Untuk mengatasinya, saat melakukan pekerjaan yang mebutuhkan waktu duduk cukup lama, ibu hamil sesekali harus berdiri sejenak. 

3. Hindari berdiri terlalu lama

Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil 3
Hindari berdiri terlalu lama

Selain menjaga agar tidak duduk terlalu lama, berdiri terlalu lama juga harus dihindari oleh ibu hamil. Pada ibu hamil, berdiri terlalu lama dapat menyebabkan tekanan pada betis dan tungkai dan mengakibatkan kaki menjadi bengkak. Maka dari itu, saat melakukan aktivitas sambil berdiri, ibu hamil harus sesekali duduk atau berjalan-jalan.

4. Tidur pada sisi kiri

Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil 4
Tidur pada sisi kiri

Tidur pada sisi kiri adalah posisi tidur yang sangat baik untuk ibu hamil, karena dengan posisi yang demikian, ginjal dapat bekerja dan berfungsi dengan lebih baik. Sealin itu, tidur dengan posisi miring kiri juga baik untuk sistem sekresi sehingga tidak terjadi penumpukan cairan, khususnya pada kaki. 

5. Latihan renang secara teratur

Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil 5
Renang secara teratur

Untuk mencegah kaki bengkak, Ibu hamil sebaiknya berenang secara teratur. Berenang sangat berguna agar sistem peredaran darah lancar. Selain itu, berenang juga baik sistem sekresi, sehingga tidak ada cairan berlebih dalam tubuh, terutama pada kaki ibu hamil.

6. Jangan menggunakan kaus kaki ketat

Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil 6
Jangan menggunakan kaus kaki ketat

Hal berikutnya yang perlu diperhatikan yaitu menghindari penggunaan kaus kaki yang ketat karena aliran darah dapat terhenti pada titik tertentu didalam tubuh. Selain itu, menggunakan kaus kaki yang terlalu ketat dapat menyebabkan kaki bengkak. Untuk itu, sebaiknya anda menggunakan kaus kaki yang nyaman dan agak longgar.

7. Angkat kaki saat duduk

Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil 7
Mengangkat kaki saat duduk

Cara berikutnya yang tidak kalah penting untuk mencegah kaki bengkak pada ibu hamil ialah dengan mengangkat kaki ketika sedang duduk. Caranya sangat mudah, anda dapat menyangga betis dan kaki dengan memakai bantal. Cara ini bila dilakukan secara rutin akan melancarkan aliran darah pada tubuh ibu hamil.

8. Kompres kaki 

Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil 8
Kompres Kaki

Jika kaki bengkak, ibu hamil sebaiknya mengompres kaki dengan menggunakan air hangat. Air hangat dapat menanggulangi rasa sakit pada bagian kaki yang bengkak. Mengompres kaki juga dapat membantu kaki ibu hamil agar tidak lelah dan membuat mood menjadi baik.

BACA JUGA: 21 Cara Paling Mudah Untuk Mencegah Terjadinya Kehamilan

9. Memakai sepatu yang nyaman

Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil 9
Memakai sepatu yang nyaman

Pada saat hamil, tentunya tidak dibolehkan menggunakan sepatu dengan hak tinggi karena dapat membuat aliran darah pada kaki tidak lancar sehingga menyebabkan kaki bengkak. Untuk itu, sangat disarankan memakai sepatu datar dengan bantalan yang empuk.

10. Cukupi kebutuhan air

Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil 10
Cukupi kebutuhan air

Pada saat hamil, ibu harus memenuhi asupan cairan dengan bail. Sangat dianjurkan untuk minum air putih sebanyak delapan gelas atau 2 liter per hari. Hal ini, karena air sangat berguna dalam membantu membersihkan organ ginjal dan zat garam yang ada didalam tubuh bisa dikeluarkan dengan baik melalui urine. 

11. Membatasi konsumsi garam

Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil 11
Membatasi konsumsi garam

Terlalu banyak garam ternyata dapat berbahaya untuk tubuh ibu hamil karena membuat jumlah cairan tubuh menjadi tidak seimbang berdampak pada pembengkakan pada kaki. Untuk itu, pada saat hamil, sebaiknya ibu hamil membatasi konsumsi makanan yang mengandung garam tinggi.

12. Pijat kehamilan

Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil 12
Pijat kehamilan

Cara berikutnya yang perlu dilakukan ialah pijat kehamilan. Perlu diingat bahwa pijat kehamilan ini harus oleh orang yang berpengalaman. Pijatan dilakukan agar otot-otot tubuh pada ibu hamil menjadi rileks dan tidak kaku. Manfaat yang sangat terasa dari pijat kehamilan adalah mengatasi bengkak pada kaki.

13. Mencukupi kebutuhan magnesium

Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil 13
Mencukupi kebutuhan magnesium

Kekurangan magnesium adalah salah satu penyebab pembengkakan pada kaki ibu hamil. Sebagian besar ibu hamil biasanya kurang memperhatikan asupan magnesium yang cukup setiap harinya. Untuk memenuhi kebutuhan magnesium, ibu hamil dpat mengonsumsi makanan-makanan yang mengandung banyak magnesium seperti pisang, bayam, alpukat dan sebagainya.

14. Melakukan yoga

Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil 14
Melakukan yoga

Melakukan yoga juga sangat baik untuk Ibu hamil. Yoga dapat memperlancar aliran darah pada tubuh dan membuat tubuh ibu hamil menjadi lebih bugar dan kuat serta dapat melatih otot-otot agar tidak kaku. Akan tetapi, gerakan yoga bagi ibu hamil perlu pengawasan dari pelatih yang profesional.

15. Menggunakan minyak esensial

Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil 15
Menggunakan minyak esensial

Kaki bengkak pada ibu hamil biasanya terjadi karena stress dan kelelahan. Hal seperti ini biasanya dialami oleh sebagian besar ibu hamil. Untuk mengatasinya bisa dilakukan dengan cara mandi menggunakan air hangat yang dicampur minyak esenssial. Anda bisa memilih minyak essensial dengan aroma favorit agar lebih rileks dan nyaman.

16. Merendam kaki 

Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil 16
Merendam kaki

Untuk mengatasi kaki bengkak pada ibu hamil bisa dilakukan dengan cara merendam kaki menggunakan garam epsom yang dicampur dengan air hangat. Air garam epsom sangat berguna untuk memperlancar aliran darah dan membuat kaki  menjadi lebih rileks, sehingga bengkak pada kaki bisa berkurang. 

17. Membuat kaki mengambang

Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil 17
Membuat kaki mengambang

Hal yang satu ini bisa dilakukan untuk mencegah pembengkakan pada kaki ibu hamil. Tekanan yang ditimbulkan oleh air dapat mebuat kaki terasa nyaman lebih lentur. Caranya sangat mudah, Anda bisa menggunakan ember besar untuk mengambangkan kaki. Atau anda juga bisa melakukannya pada kolam renang dengan menggerakkan kaki seperti melakukan gerakan renang.

Baca Juga