18 Game MOBA Terbaik Untuk Android 2018
Game bergenre multiplayer online battle arena (MOBA) sedang diminati saat ini. Nama-nama game MOBA seperti Mobile Legend, AoV, dan Vainglory sudah tak asing di telinga anak zaman now. Namun game MOBA untuk Android bukan hanya tiga game tadi saja, ada 15 game MOBA lain yang tak kalah keren dan layak dicoba. Apa saja itu? Cek jawabannya di sini!

Game MOBA Terbaik - Multiplayer online battle arena (MOBA) merupakan subgenre dari game real-time strategy, di mana seorang pemain mengendalikan karakter tunggal dalam sebuah tim yang bersaing melawan tim pemain lainnya. Tujuannya tak lain dan tak bukan adalah untuk menghancurkan struktur/bangunan/gedung/tower utama tim lawan. Karakter dalam game MOBA biasanya memiliki berbagai kemampuan dan kelebihan yang bisa meningkatkan jalannya game dan berkontribusi pada strategi keseluruhan tim. Game MOBA adalah perpaduan antara action games, role-playing games dan real-time strategy games.

Berikut telah penulis rangkum 18 game MOBA terbaik untuk Android:

1. Mobile Legends: Bang Bang

Game MOBA Terbaik
Mobile Legends: Bang Bang

Mobile Legends: Bang Bang atau yang lebih dikenal dengan Mobile Legends atau ML game MOBA paling populer di Indonesia. ML dikembangkan dan diterbitkan oleh Moonton. Game ini cukup ringan dan dapat dimainkan di platform Android dengan RAM minimal 1 GB.

Download

2. Arena of Valor

Game MOBA Terbaik
Arena of Valor

Arena of Valor atau yang lebih dikenal dengan AoV merupakan game MOBA paling populer di Indonesia setelah ML. Sebelum AoV bernama Mobile Arena. AoV dikembangkan oleh Timi Studio Group dan diterbitkan oleh Tencent Games (di Indonesia disalurkan oleh Garena Indonesia).

Download

3. Vainglory

Game MOBA Terbaik
Vainglory

Vainglory memang tak sepopuler AoV atau ML, namun dari segi grafis dan gameplay tak terlalu berlebihan jika mengatakan Vainglory lebih baik dari AoV maupun ML. Terbukti selama 2017, Vainglory menjadi salah satu dari lima besar game strategi terbaik di Google Play Store. Vainglory sendiri dikembangkan dan diterbitkan oleh Super Evil Megacorp.

Download

4. Heroes Evolved

Game MOBA Terbaik
Heroes Evolved

Selanjutnya ada Heroes Evolved. Game MOBA satu ini juga cukup terkenal. Dikembangkan dan diterbitkan oleh Reality Squared Games atau R2Games, Heroes Evolved dipercaya akan memberikanmu pengalaman bermain game MOBA yang lancar dan bebas lag. Jadi jika kamu ingin bermain game MOBA tapi spek smartphone-mu tak terlalu wow, Heroes Evolved patut dicoba.

Download

5. Ace of Arenas

Game MOBA Terbaik
Ace of Arenas

Ace of Arenas dikembang dan diterbitkan oleh Gaea Mobile. Ace of Arenas mengaku mempunyai gameplay yang lebih menantang dari game MOBA berbasis Android lainnya. Jadi patut dicoba juga nih game MOBA yang satu ini.

Download

6. Heroes of Order & Chaos

Game MOBA Terbaik
Heroes of Order & Chaos

Heroes of Order & Chaos dikembang dan diterbitkan oleh salah satu pengembangan video games paling terkenal, yaitu Gameloft. Game ini juga dipercaya sebagai game MOBA pertama di platform Android. So, bagi kamu yang penasaran untuk memainkan game MOBA pertama di Android, silahkan deh pasang Heroes of Order & Chaos di smartphone-mu!

Download

7. Titan Brawl

Game MOBA Terbaik
Titan Brawl

Titan Brawl merupakan salah satu game MOBA berbasis Android yang paling muda. Bagi kamu pingin memainkan game MOBA namun tak punya banyak waktu, Titan Brawl cocok untuk kamu karena durasi permainannya hanya 3 menit. Namun saat ini Titan Brawl masih versi beta. Game ini sendiri dikembangkan dan diterbitkan oleh Omnidrone.

Download

8. Planet of Heroes

Game MOBA Terbaik
Planet of Heroes

Planet of Heroes juga termasuk game MOBA yang tergolong masih muda. Menariknya, game MOBA yang satu ini mempunyai fitur PVE dan latihan. Jadi kalau lagi nggak ada paket internet, kamu tetap bisa memainkan game ini. Planet of Heroes sendiri dikembangkan dan dirilis oleh My.com B.V.

Download

9. Eternal Arena

Game MOBA Terbaik
Eternal Arena

Eternal Arena juga merupakan game MOBA yang cukup menarik dan layak dicoba karena gabungan dari genre ARPG dan MOBA. Selain itu banyak yang mengatakan gameplay dari Eternal Arena juga mantap abis. Game ini sendiri dikembangkan dan diterbitkan oleh NetEase.

Download

Baca Juga: 21 Game 3D Offline Terbaik di Android

10. Heroes of SoulCraft

Game MOBA Terbaik
Heroes of SoulCraft

Kelebihan dari Heroes of SoulCraft adalah keringanannya. Ya, cukup dengan RAM 1 GB kamu sudah dapat memainkan game MOBA yang satu ini dengan lancar. Heroes of SoulCraft sendiri dikembangkan dan diterbitkan oleh MobileBits GmbH.

Download

11. Bug Heroes 2

Game MOBA Terbaik
Bug Heroes 2

Keunikan dari game MOBA yang ini adalah para hero-nya adalah serangga, tak seperti game MOBA lainnya yang telah disebutkan sebelumnya, yang mana heroes-nya seram-seram dan keren-keren. Bug Heroes 2 sendiri dikembangkan dan diterbitkan oleh Foursaken Media.

Download

12. Juggernaut Wars

Game MOBA Terbaik
Juggernaut Wars

Satu lagi game MOBA keren yang dikembangkan dan dirilis oleh My.com B.V., yaitu Juggernaut Wars. Kelebihan dari game MOBA yang satu adalah jalan cerita. Ya, Juggernaut Wars memiliki jalan cerita dan setiap heroes -nya memiliki cerita pribadi yang unik. Sebenarnya game ini adalah game RPG namun dibumbui genre MOBA dalam pertempurannya.

Download

13. League of Masters

Game MOBA Terbaik
League of Masters

League of Masters dipercaya dapat dimainkan di smartphone spesifikasi rendah. Game ini diciptakan dan diterbitkan oleh APPCROSS. Keunikan dari League of Masters adalah kamu bisa menciptakan kepribadian para hero-mu. So, patut dicoba nih game MOBA yang satu ini.

Download

14. Legendary Heroes

Game MOBA Terbaik
Legendary Heroes

Legendary Heroes adalah game MOBA offline. Jadi bagi kamu yang ingin main game MOBA tapi nggak mau kouta internet habis, Legendary Heroes cocok untuk kamu. Game ini memiliki 40 peta yang memiliki tantangan masing-masing, jadi nggak bakal cepat bosen deh. Legendary Heroes dikembangkan dan diterbitkan oleh Monstro.

Download

15. Plant War 2

Game MOBA Terbaik
Plant War 2

Plant War 2 memiliki kesamaan dengan Bug Heroes 2, yaitu para hero-nya yang unik. Jika Bug Heroes 2 para hero-nya adalah serangga, maka Plant War 2 para hero-nya adalah tanaman. Game ini dikembangkan dan diterbitkan oleh Four Thirty Three memiliki gameplay yang sederhana. So, layak dicoba deh game MOBA yang satu ini. Oiya, namun Plant War 2 tak tersedia di Indonesia, jadi jika kamu ingin memasangnya di smartphone-mu, cari APK di google saja sob.

Download

16. Soul of Legends

Game MOBA Terbaik
Soul of Legends

Keunikan dari Soul of Legends adalah kamu bisa mengembangkan para hero milikmu. Jadi di setiap pertempuran, hero-mu akan mendapatkan pengalaman dan akhirnya belajar skill baru. Soul of Legends Sama dengan Plant War 2, game MOBA ciptaan APPCROSS ini juga belum tersedia di Indonesia, jadi cari APK saja di google sob.

Download

17. Call of Champions

Game MOBA Terbaik
Call of Champions

Call of Champions cukup sederhana namun membuat ketagihan. Pertama kamu akan memilih satu hero dari 15 hero yang tersedia, kemudian membangan tim terbaik, dan akhirnya mengalahkan semua musuh. Game MOBA ini dikembangkan dan diterbitkan oleh Spacetime Studio. Sama seperti dua game MOBA sebelumnya, Call of Champions juga belum tersedia di Indonesia.

Download

18. The Witcher Battle Arena

Game MOBA Terbaik
The Witcher Battle Arena

The Witcher Battle Arena juga termasuk salah satu ini game MOBA terbaik untuk Android. Game MOBA yang satu ini sangat berpotensi menjadi pesaing Vainglory namun sayangnya belum tersedia di Indonesia. Grafis yang keren, gameplay yang sedap, serta mudah dipelajari--walaupun kamu belum pernah bermain game MOBA sebelumnya. The Witcher Battle Arena dikembangkan dan diterbitkan oleh CD Projekt RED.

Download

Baca Juga