15 Restoran Halal dan Hits di Pulau Belitung
Belitung terkenal akan keindahan pantai dan bawah lautnya. Penduduknya sebagian besar dihuni oleh etnis Tionghoa. Meskipun demikian, pulau ini sangat bersahabat dengan wisatawan Muslim. Hal ini terlihat dengan mudahnya dijumpai restoran halal.

Sejak kemunculan novel dan film Laskar Pelangi, keindahan Pulau Belitung makin populer di kalangan wisatawan. Hampir tiap sudut dari pulau ini selalu menarik untuk disambangi. Tak hanya keindahan pantai dan bawah lautnya, Pulau Belitung juga memiliki makanan khas yang tak kalah lezatnya. Bagi wisataan muslim, tak perlu khawatir, karena di Belitung banyak restoran halal. Saat datang ke sini, cobalah mencicipi menu di beberapa rumah makan berikut.

1. Mie Belitong Atep

Mie Belitong Atep
Mie Belitong Atep

Belum ke Belitung namanya kalau belum makan di tempat ini. Buka sejak pagi hingga malam hari, kedai sederhana yang menyajikan mie khas Belitung ini selalu ramai diserbu pengunjung. Tak salah memang, karena olahan mienya sudah terkenal akan kelezatannya sejak dulu. Belum lagi lokasinya yang sangat strategis di pusat kota. Kedai juga dikelilingi rumah makan dan pusat belanja oleh- oleh. Jadi sekali datang ke tempat ini, Anda sudah bisa melakukan banyak hal, kulineran dan belanja oleh- oleh.

Baca juga: 16 Tempat Makan Halal Yang Terkenal Enak di Kota Medan

2. Adena Restaurant

Adena Restaurant
Ketam isi Adena Restaurant

Berlokasi di Jalan Sriwijaya Kota Tanjung Pandan, rumah makan sederhana ini menawarkan berbagai olahan seafood. Salah satu yang terkenal adalah kepiting ketam isi. Makanan ini pun kerap dijadikan oleh- oleh para wisatawan. Kelezatan ketam isi bahkan sudah tersohor hingga Adena banyak disambangi publik figur baik dari kalangan artis maupun pejabat.

Meski berjuluk restoran, Adena menawarkan harga yang relatif murah lho. Jadi, Anda tak perlu khawatir jika ingin mencicipi makanan di tempat ini atau sekedar berburu oleh- oleh ketam isi untuk dibawa pulang. Sop buntut dan olahan ikan di Adena juga tak kalah lezat. Selain itu, Anda pun bisa menikmati menu nasi goreng spesial campuran seafood yang beraneka ragam.

3. Angkringan Mas Gembul

Angkringan Mas Gembul
Angkringan Mas Gembul

Meski hanya berupa angkringan, tapi tempat ini selalu ramai pengunjung. Terlebih saat malam minggu, angkringan ini akan menjadi tempat tongkrongan asyik sambil menghabiskan malam bersama keluarga atau teman. Meski berada di Pulau Belitung, tempat ini menawarkan menu khas Jawa. Saat datang ke angkringan, Anda akan menemukan jejeran lauk yang diolah dengan citarasa khas Jogja. Menu seperti ayam bakar, penyetan, dan olahan jeroan paling dicari pengunjung. 

Lokasi Angkringan Mas Gembul ini terbilang sangat strategis karena terletak di pusat kota dan langsung di pinggir jalan. Tak heran, saat tiba waktu makan malam, antrian pengunjung pun akan meluber. Banyak yang lebih memilih bungkus karena tidak kebagian tempat duduk. Angkringan ini sendiri baru buka pukul 04.00 sore ini hingga tengah malam.

4. Dapur Sakato

Dapur Sakato
Menu di Dapur Sakato

Rumah makan yang berlokasi di Jalan Gegedek ini menawarkan makanan khas Padang dan olahan seafood. Dengan konsep prasmanan, pengunjung bisa leluasa memilih lauk sesuai keinginan. Uniknya lagi, penyajian makanan selalu menggunakan daun simpur. Daun yang diambil dari tanaman di Belitung yang bentuknya selebar piring.

5. Kedai Madina

 Kedai Madina
Kedai Madina

Terletak di Jalan Badau Km. 11 Kota Tanjung Pandan, kedai yang satu ini menawarkan menu seafood citarasa khas Belitung. Tempatnya agak kecil dan agak terbuka. Hanya berupa balai- balai yang langsung berhadapan dengan jalan poros. 

6. Kopi Ake

Kopi Ake
Kopi Ake

Selain keindahan pantainya, Belitung juga terkenal dengan sajian kopi khasnya. Salah satu kedai kopi yang terkenal dan sudah melegenda di pulau ini adalah Kopi Ake. Kedai kopi yang terletak di KV Senang No. 57 ini sudah buka sejak tahun 1922. Penyajian kopi masih menggunakan cara tradisional. Kedai yang buka dari pukul 05.30 hingga pukul 18.30 ini menawarkan pilihan kopi hitam, kopi susu, jeruk kunci, dan teh tarik ataupun tambahan telur setengah matang pada minuman.

7. Warkop Kong Djie

Warkop Kong Djie
Warkop Kong Djie

Seperti halnya kedai Kopi Ake, Warkop Kong Djie juga sudah melegenda di Belitung. Suasana kedai bahkan tak banyak berubah, kesan otentik masih dipertahankan. Menikmati secangkir kopi di tempat ini bisa membawa Anda seperti dalam suasana tempo dulue.

8. Mr. Jo

Mr. Jo
Mr. Jo

Jangan kaget saat menyambangi rumah makan yang satu ini. Dengan konsep full colour dan tawaran indoor serta outdoor dijamin bisa membuat Anda betah berlama- lama di Mr.Jo. Bagi pemburu foto- foto keren, tempat ini sangat cocok dijadikan tempat nongkrong sambil motret berlatar suasana cafe.

9. Hangar 21 Restaurant

Hangar 21 Restaurant
Hangar 21 Restaurant

Restoran Hangar terletak di Jalan Sudirman Km. 8, lokasi yang cukup jauh dari pusat kota tapi dekat dari bandara. 

10. Fega Restaurant

Fega Restaurant
Fega Restaurant

Tempatnya di Jalan Sudirman, Kota Manggar. Menyuguhkan suasana resto yang berada di pinggir danau. Olahan seafood menjadi andalan dari Restoran Fega. Salah satu yang best seller adalah gangan.

11. Dynasty Restaurant

Dynasty Restaurant
Menu di Dynasty Restaurant

Salah satu restoran bintang lima yang kerap direkomendasikan di Pulau Belitung adalah Dynasty Restaurant. Selain makanan lezat, tempat ini juga menawarkan fasilitas lain seperti wedding hall maupun ruangan untuk perjamuan khusus dengan kapasitas tertentu.

12. RM. Batu Garuda

RM. Batu Garuda
RM. Batu Garuda

Berada di Tanjung Kelayang, dari RM. Batu Garuda, Anda bisa langsung menikmati view pantai yang cantik nan eksotik.

13. RM. Wan Bie

RM. Wan Bie
RM. Wan Bie

Lokasinya di pusat Kota Tanjung Pandan, tepatnya di Jalan Sriwijaya No. 123 A. Suasana rumah makan terbilang sederhana. Menu yang ditawarkan pun sebagian besar adalah olahan seafood seperti kepiting, cumi, dan ikan.

14. RM. Timpo Duluk

RM. Timpo Duluk
RM. Timpo Duluk
Penyajian makanan di RM. Timpo Duluk
Penyajian makanan di RM. Timpo Duluk

Yang unik dari rumah makan ini adalah suasana yang terkesan lawas. Interior rumah makan bahkan ditempeli peralatan masak tradisional. Penyajian makanan juga terbilang unik dan terkesan tempo dulue karena menggunakan baki besar dan wadah berbahan logam maupun kaca bening.

15. RM. Sari Laut

RM. Sari Laut
RM. Sari Laut

Sesuai namanya, rumah makan yang terletak di Jalan Wahab Aziz No. 29 ini juga menawarkan berbagai olahan seafood yang lezat. 

Baca Juga