16 Rumah Makan Yang Terkenal Lezat dan Halal di Balikpapan
Menyambangi Kota Balikpapan belum lengkap tanpa mencicipi soto banjar atau olahan kepiting kenarinya. Anda juga bisa mencoba kue- kue khas Kalimantan ditemani secangkir kopi atau teh.

Dijuluki kota minyak dengan sumber daya mineralnya yang melimpah membuat Kota Balikpapan berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir. Banyak perusahaan asing yang beroperasi di kota ini, tak heran jika infrastrukturnya pun kian maju. Perkembangan kota juga turut meningkatkan populasi penduduk di Kota Balikpapan, banyak pendatang yang mencari penghidupan di kota ini. Tak heran jika kemudian banyak tempat makan yang bermunculan menyediakan menu selain kuliner khas Kalimantan.

Dari banyaknya warung dan restoran yang tersebar di Kota Balikpapan, setidaknya ada sejumlah rumah makan yang tetap mempertahankan citarasa lokalnya sejak dulu. Olahan seafood dan soto banjar kerap dijumpai di kota ini. Dihimpun dari berbagai sumber, inilah 16 rumah makan yang terkenal enak dan halal yang paling direkomendasikan wisatawan.

1. Ocean’s Restaurant

Kepiting
Menu kepiting saos bangkok di Ocean’s Restaurant

Salah satu resto terbaik di Kota Balikpapan yang direkomendasikan banyak wisatawan bahkan masuk di Lonely Planet. Tak hanya makanannya yang terkenal lezat dan halal, pemandangan di sini juga begitu memukau. Dari resto, pengunjung bisa menikmati keindahan hamparan laut. 

Ocean’s menyediakan makanan seafood dengan beragam bumbu pilihan, citarasa lokal maupun internasional. Sambel yang disediakan juga cukup variatif. Yang jadi primadona di tempat ini adalah kepiting saos bangkok dan udang tepungnya. Untuk pilihan minuman, paling favorit adalah es kelapa muda yang langsung disajikan dengan batoknya.

Saat menyambangi resto ini jangan lupa sediakan budget berlebih, karena harga makanan yang ditawarkan adalah sekelas restoran berbintang. Resto ini pun sering ramai dikunjungi bule karena lokasinya tak jauh dari area perkantoran perusahaan tambang internasional.

2. RM. Kepiting Kenari

RM. Kepiting Kenari
Menu di RM. Kepiting Kenari

Restoran yang berlokasi di Jl. Marsma R. Iswahyudi ini juga menjadi tempat makan seafood favorit di Kota Balikpapan. Sesuai namanya, menu andalan di resto ini adalah kepiting kenari. Selain seafood, resto ini juga menyediakan berbagai olahan ayam. 

Di RM Kepiting Kenari, Anda bisa memilih kepiting dengan berbagai macam bumbu, seperti saos padang, asam manis, atau lada hitam. Banyak pengunjung dari luar Kalimantan yang bahkan rela membawa pulang kepiting kenari dari tempat ini untuk dijadikan oleh- oleh.

3. Bakmi Klandasan

Bakmi Klandasan
Bakmi Klandasan

Selain terkenal lezat dan kerap dikunjungi banyak publik figur, olahan bakmi di tempat ini juga terbilang unik. Bakmi disajikan dengan pangsit berbentuk keranjang. Jadi, pangsit diletakkan di bagian dasar mangkok. Mungkin karena keunikannya ini yang membuat bakmi klandasan beda dengan bakmi lainnya. Bakmi klandasan lokasinya tak jauh dari Ocean’s Resto.

4. Restoran Dandito

Restoran Dandito
Menu di Restoran Dandito

Tak hanya di Balikpapan, resto ini juga ada di Bali. Olahan seafoodnya memang terkenal enak, tapi Anda perlu menyiapkan budget lebih saat mengunjungi resto ini. Harga kepiting kenari di sini dihargai 200-an ribu lebih. Tapi, soal rasa tak perlu diragukan lagi. Banyak juga lho wisatawan yang merekomendasikan. Selain kepiting, ikan bakar dan udang juga menjadi menu andalan di resto ini.

5. RM. Torani

RM. Torani
Ikan bakar RM. Torani

Resto yang berlokasi di Jl. Jenderal Sudirman, Stel Kuda ini juga kerap ramai pengunjung. Selain olahan seafoodnya yang enak, resto ini juga menerima delivery service. Menu yang paling digemari adalah ikan bandeng bakar tanpa duri dan kepiting. Banyak pengunjung yang merasa nyaman saat menyambangi RM Torani karena parkirannya sangat luas.

6. RM. Simpang Tiga

RM. Simpang Tiga
Menu di RM. Simpang Tiga

Makanan di tempat ini juga terbilang murah dengan menu yang lebih variatif dengan citarasa lokal yang tak kalah lezatnya dengan kelas restoran. Rumah makan yang berlokasi di Jl. Penggalang No. 108 ini pun selalu ramai pengunjung. Menu andalannya adalah kepiting saus dan ikan bakar.

7. Raja Udang Resto

Raja Udang Resto
Raja Udang Resto

Meski namanya raja udang, resto ini tetap menyediakan menu lain selain udang. Tapi tentu saja menu yang paling difavoritkan adalah olahan udangnya. Olahan udangnya cukup variatif dengan ukuran besar. Menu ikan bakarnya juga banyak digemari pengunjung. Soal harga, tak perlu khawatir, sangat terjangkau. Resto selalu ramai pengunjung karena lokasinya memang strategis di tengah perkotaan.

8. Restoran Cendrawasih

Restoran Cendrawasih
Menu di Restoran Cendrawasih

Bagi yang ingin menikmati sajian lezat di Kota Balikpapan selain seafood, cobalah datang mencicipi makanan di restoran ini. Resto yang berlokasi di Jl. Ahmad Yani ini adalah speasialis soto banjar dan es campur. Kelezatan soto banjarnya sudah terkenal sejak lama dan selalu ramai pengunjung. Di sini, Anda juga bisa menikmati kue pie isi kacang yang ukurannya lumayan besar.

9. Tahu Sumedang

Tahu Sumedang
Tahu Sumedang

Saat Anda melakukan perjalanan darat dari Kota Balikpapan hendak menuju Kota Samarinda, melewati Jl. Soekarno Hatta di sekitaran km. 50-52, Anda akan menemukan sejumlah rest area yang menyediakan makanan berat ataupun cemilan. Salah satu yang menarik dan kerap ramai pengunjung adalah Tahu Sumedang Samboja. 

Tak hanya cemilan dan minuman hangat, rumah makan ini juga menyediakan menu nasi goreng, soto, dan minuman dingin. Tahu goreng paling banyak dicari di tempat ini, karena terkenal enak dan teksturnya lembut. Tahu goreng Sumedang biasanya disajikan dengan cabe ijo utuh mentah dan saus.

10. Soto Banjar Akbar

Soto Banjar Akbar
Pilihan kue tradisional di Soto Banjar Akbar

Rumah makan sederhana yang menyediakan soto banjar sebagai menu andalannya. Di sini, Anda pun bisa menikmati kue- kue tradisonal khas Kalimantan seperti kue bingka atau kue talam.

11. XO Suki & Dim Sum

XO Suki & Dim Sum
XO Suki & Dim Sum

Meski menunya khas Tiongkok dan Jepang, tapi resto ini 100% makanannya halal. Resto yang memiliki cabang di banyak kota ini memang sudah terkenal dengan kuliner asianya. Suki dan shabu serta pangsit isi menjadi menu favorit yang kerap dicari pengunjung. Di XO Suki, Anda juga bisa menikmati olahan bebek panggang.

12. Bondy

Bondy
Bondy

Menu yang disediakan di tempat ini cukup variatif, tak hanya olahan seafood, Anda juga bisa menikmati steak, burger, roti, dan ice cream. Harga yang ditawarkan sangat bersahabat. Dengan makanan yang lezat dan suasana yang nyaman membuat Bondy selalu diserbu pengunjung.

13. Kedai Kopi Nam Min

Kedai Kopi Nam Min
Kedai Kopi Nam Min

Kedai kopi legendaris yang sudah berdiri sejak tahun 1958 ini berada di dua tempat yakni di Pasar Pandan Sari dan Ruko Baru Kebun Sayur. Menunya sederhana tapi sungguh menggugah selera. Roti yang disajikan merupakan produksi sendiri dan roti serikaya bakar adalah menu yang kerap dicari pengunjung. 

14. Warung Soto Banjar Kuin Abdhu

Olahan soto banjar di sini juga terkenal enak karena menggunakan ayam kampung dan telur bebek. Sate ayamnya juga tak kalah lezat dengan sambel kacang yang melimpah.

Warung Soto Banjar Kuin Abdhu
Warung Soto Banjar Kuin Abdhu

Baca juga: 52 Kuliner Khas Banjarmasin Yang Menggugah Selera

15. Bubur Ayam Samarinda

Bubur Ayam Samarinda
Bubur Ayam Samarinda

Tak hanya porsinya yang besar, bubur ayam di tempat ini juga memiliki isian yang beragam seperti hati empela, suiran daging ayam, telur rebus, dan yang unik ditambahkan irisan tomat.

16. Coto Makassar Hj. Judding 

Coto Makassar Hj. Judding
Coto Makassar Hj. Judding

Karena banyaknya pendatang dari Sulawesi Selatan yang bermukim di sini, jadi banyak pula rumah makan yang menyediakan menu khas Makassar. Yang populer adalah Coto Makassar Hj. Judding, sajian daging sapi berkuah kental yang terbuat dari air tajin.

Baca Juga